bacaterus web banner retina

Ini Dia 6 Minuman yang Harus Dihindari Saat Bulan Puasa

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Maret 2021

Tanda-tanda bulan puasa datang, salah satunya, adalah munculnya iklan sirup di televisi. Gambaran minuman manis yang dicampur es dan berbagai buah-buahan potong terlihat menggiurkan, bukan? Entah sejak kapan hal ini menjadi kebiasan di Indonesia. Tapi setiap kali muncul iklan sirup di televisi, penonton sudah langsung ngeh kalau bulan puasa sudah di depan mata.

Berbicara tentang minuman, setiap kita pasti menginginkan sesuatu yang segar dan manis penghilang dahaga setelah berpuasa seharian. Tak jarang ibu kita dibikin pusing memikirkan minuman apa yang sedap di bulan puasa. Tapi kamu perlu tahu bahwa tidak semua minuman baik dikonsumsi selama bulan puasa. Apa saja minuman yang harus dihindari? Kami akan paparkan lebih dalam di artikel ini.

1. Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman pertama yang harus kamu hindari saat bulan puasa adalah minuman yang mengandung kafein. Bagi orang yang terbiasa mengawali kegiatan di pagi hari dengan meminum minuman berkafein, kopi misalnya, bisa jadi sedikit sulit menyesuaikan waktu minum kopi selama bulan puasa.

Peminum kopi biasanya mengawali kegiatan dengan meminum kopi di pagi hari. Namun, ketika bulan puasa tentu kita tidak boleh mengkonsumsi kopi di jam tersebut. Saat bulan tersebut kegiatan makan dan minum hanya diperbolehkan dilakukan di rentang waktu tertentu saja.

Misalnya, berbuka atau sahur. Namun, untuk minuman yang mengandung kafein seperti kopi, tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Menurut tinjauan kesehatan, mengkonsumsi kopi saat sahur akan membuat tubuh dehidrasi, mudah lapar dan kemungkinan bikin sering kencing.

Pada dasarnya kafein sangat baik bagi tubuh. Ia mampu merangsang norepinefrin yang bagus untuk memperkuat memori. Selain itu, mengkonsumsi kafein dapat memperkuat komunikasi antar saraf-saraf yang terletak di region CA2 hipokamus.

Tapi jika kamu mengkonsumsi minuman berkafein sebelum sahur, ada sebab-sebab yang tidak baik bagi tubuhmu. Dengan minum kopi kamu akan mudah haus. Jika sedang berpuasa dahaganya akan terasa luar biasa. Jadi sebaiknya hindari kafein untuk sementara waktu.

Jika ingin minum kopi, sebaiknya setelah berbuka saja. Itu pun harus ada jeda selama beberapa menit setelah menyantap makanan. Jangan saat perut sedang kosong.

Oh ya, kafein tidak hanya ada di kopi. Teh hitam pun mengandung kafein meski kadarnya berbeda. Selain itu, cokelat hitam dan minuman berenergi pun ada kafein di dalamnya. Jadi sebaiknya jangan konsumsi minuman tersebut di jam sahur ya. 

2. Minuman Asam

Energi yang kita dapatkan dari konsumsi makanan yang kita makan selama puasa belum tentu menjamin kita akan kuat berpuasa seharian. Maka dari itu, asupan makanan dan minuman selama bulan puasa perlu diperhatikan.

Salah satu minuman yang baik untuk menambah energi dan mengontrol berat badan adalah air lemon. Air lemon biasa digunakan sebagai detoks tubuh yang dikonsumsi setiap pagi. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari rutin mengkonsumsi air perasan buah lemon ini.

Air lemon mengandung antioksidan dan serat pektin yang bisa menahan nafsu makan berlebih, melancarkan pencernaan dan membuang racun di dalam tubuh.

Namun, karena perubahan pola makan, minum yang mempengaruhi asupan makanan ke dalam tubuh berubah, kamu harus hati-hati mengkonsumsi air lemon selaman bulan puasa.

Air lemon memang mengandung asam yang akan membuat tubuh segar tapi saat perut kosong malah akan membuat perih lambung. Terutama bagi mereka yang punya penyakit maag, minum air lemon saat berbuka puasa hanya akan membuat penyakit maag kambuh.

Jika kamu ingin mengkonsumsi air lemon sebagai minuman detoks di bulan puasa, awali terlebih dahulu dengan meminum air putih atau memakan beberapa kurma. Agar lebih aman, rendam buah lemon dengan air hangat untuk mengurangi efek kurang baik bagi tubuh.

Perhatikan pula waktu konsumsinya. Kasih jeda selama kurang lebih 30-60 menit sebelum kamu sikat gigi setelah berbuka puasa.

Bagi kamu memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya hindari mengkonsumsi air lemon. Jika keukeuh ingin mengkonsumsi, sebaiknya campurkan dengan madu dan perhatikan jumlahnya air lemonnya.

3. Air Es

Meskipun sama-sama air putih, tapi kalau suhunya berbeda tetap tidak baik dikonsumsi di waktu puasa. Air es memang terasa segar ketika membasahi tenggorokan apalagi saat udara panas dan cuaca terik tapi tidak baik jika kamu meminum air dingin saat berbuka puasa dalam kondisi perut belum diisi.

Air es yang kamu konsumsi akan membuat perut kaget dan kembung nantinya. Seharusnya setelah berpuasa, perut harus adaptasi dulu dengan minuman atau makanan yang kita makan. Kalau kamu suka air es, usahakan awali dengan minum air yang suhunya lebih tinggi dari suhu air es.

Baca juga: Aneka Gorengan dari Berbagai Negara untuk Berbuka Puasa

4. Susu

Ada lho orang yang hobi minum susu. Bahkan saking sukanya sama susu, ia harus mengkonsumsinya setiap hari. Tapi di bulan puasa, kita harus memperhatikan waktu-waktu konsumsi susu. Susu memang baik bagi kesehatan apalagi jika rutin dikonsumsi.

Tetapi di bulan puasa ada hal yang harus kamu pahami mengenai metabolisme tubuh di bulan puasa. Karena ada ketentuan puasa, pola makan, tidur dan kegiatan rutin mengalami perubahan. Tubuh pun perlu beradaptasi dengan perubahan pola tersebut.

Perubahan di dalam tubuh selama bulan puasa berhubungan dengan organ dan cairan yang ada di dalam tubuh seperti darah, cairan elektrolit dan lain-lain.

Menurut pakar diet Hala Abu Thaha dari The American Surgecenter Clinic menyebutkan bahwa tubuh memasuka fase berpuasa saat ia tidak makan dan minum selama 8 jam terhitung dari terakhir ia makan dan minum.

Di waktu tersebut usus sudah selesai mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Di bulan puasa, kita berpuasa selama kurang lebih 12 jam sehari. Ada waktu jeda selama 4-5 jam perut kosong.

Nah, meminum susu saat perut kosong, seperti saat berbuka puasa sebaiknya dihindari saja, terutama jika kamu mempunyai keluhan gangguan pencernaan. Minum susu di waktu tersebut akan membuat mual dan mungkin bisa sampai muntah.

Tapi ini tidak berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi susu selama bulan puasa. Kamu masih bisa kok minum susu favoritmu di waktu sahur. Minum susu saat sahur bisa memberikan energi yang baik untuk menjalani puasa seharian penuh.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang dingin terlihat segar. Apalagi saat cuaca panas dan kita sedang merasa kehausan. Sepertinya dalam sekali tenggak, satu kaleng minuman bersoda sudah habis kamu minum.

Minuman bersoda memang terasa segar. Terasa sekali segarnya ketika minuman tersebut membasahi mulut dan mengalir di tenggorokan. Tapi perlu kamu ingat bahwa minuman soda tidak baik kamu konsumsi saat bulan puasa baik itu saat berbuka atau pun saat sahur.

Jangan tertipu gambaran kesegaran yang ditawarkan oleh minuman satu ini. Justru sebaliknya, minuman bersoda malah bikin tambah haus. Selain itu, kandungannya bisa membuat kadar asam lambung meningkat dan perut jadi kembung.

6. Minuman Manis

“Berbukalah dengan yang manis”. Kamu pasti sering mendengar kalimat ini diucapkan selama bulan puasa. Memang tidak salah. Pasalnya selama bulan puasanya rasanya kita ingin selalu menyantap makanan yang manis-manis untuk mengembalikan energi di dalam tubuh setelah seharian puasa.

Ini adalah hal yang wajar. Mengkonsumsi minuman dan makanan yang manis dapat mengembalikan kadar glukosa di dalam darah. Sebagian keluarga ada yang mempunyai kebiasanya meminum teh manis hangat saat berbuka puasa.

Jika kadar gulanya masih normal, misalnya hanya satu sendok untuk satu gelas air teh, minuman teh hangat tersebut masih aman bagi tubuh. Namun, jika berlebih, ini yang berbahaya.

Gula dan pemanis lainnya akan menstimulasi insulin yang saat diproses secara berlebihan akan menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Kalau sudah begini bukan akan menambah energi, malah tubuh akan terasa lemas. Jadi, sebaiknya saat bulan puasa konsumsi minuman manis sebaiknya dihindari atau minimal dikurangi jumlahnya. Ganti dengan pemanis alami seperti madu atau stevia.

Itu dia beberapa minuman yang harus kamu hindari selama bulan puasa. Minuman tersebut sebetulnya masih aman dikonsumsi tetapi karena perubahan waktu di bulan puasa, sebaiknya kita sesuaikan saja. Dengan begitu kamu bisa tetap berpuasa dengan nyaman dan semangat.

Pada saat berpuasa, konsep gizi seimbang harus dipertahankan agar tubuh tetap sehat dan puasa lebih semangat. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram