Bacaterus / Puasa / 15 Minuman Segar untuk Buka Puasa yang Nikmat

15 Minuman Segar untuk Buka Puasa yang Nikmat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bulan puasa sudah dekat! Siapkan tubuh dan hati agar dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Dalam rangka menyambut bulan puasa ini, mungkin Anda sudah berpikir hendak membuat daftar menu buka puasa atau sahur untuk keluarga. Namun, sudahkah Anda memikirkan resep minuman segar untuk buka puasa?

Minuman segar ini dapat menjadi takjil untuk membatalkan puasa. Anda tak perlu membeli minuman ini, karena pada dasarnya semua minuman segar tersebut bisa dibuat sendiri dengan mudah. Kali ini, Bacaterus ingin berbagi mengenai beberapa minuman segar untuk buka puasa yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia.

1. Sop Buah

Sop Buah

Minuman segar yang satu ini adalah menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia. Cara membuat sop buah pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 4-5 jenis buah favorit Anda. Sebagai petunjuk, buah yang sering dipakai untuk membuat sop buah antara lain adalah melon, kiwi, stroberi, pepaya, dan anggur. Akan tetapi, Anda pun bisa menggunakan buah-buahan lain, seperti buah naga, jeruk, dan semangka.

Nah, untuk membuat kuah sop buah, cukup siapkan air matang, susu kental manis, dan sirop rasa stroberi. Namun, tak masalah jika Anda tidak ingin menggunakan sirop. Campurkan buah-buahan ke dalam susu dan sajikan dengan es batu.

2. Es Cendol atau Es Dawet

Es Cendol minuman segar untuk buka puasa

Es Cendol atau yang juga dikenal dengan nama Es Dawet ini juga merupakan minuman favorit untuk dinikmati saat buka puasa. Bahan utama dari minuman ini adalah dawet yang terbuat dari tepung beras dan hunkwe.

Kemudian, dawet ini diberi pewarna makanan, biasanya pewarna yang berwarna hijau. Kuah dari es cendol ini berasal dari santan dan air rebusan daun pandan. Untuk menambahkan rasa manis pada es cendol ini, Anda bisa menambahkan gula merah cair sesuai selera.

3. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Yang paling laris di bulan puasa, pasti es kelapa muda. Soalnya, es kelapa muda ini punya daging kelapa yang gurih. Untuk rasa manisnya bisa didapatkan dari air kelapanya yang segar. Lebih segar lagi jika kelapa mudanya diberi potongan es yang dingin. Kalau kurang manis, Anda bisa menambahkan sirup atau susu kental manis ke dalam es kelapa mudanya.

Untuk penyajiannya beragam, ada yang diminum langsung dari buah kelapanya dan ada juga yang memilih untuk menumpahkan isi kelapa mudanya ke dalam satu wadah. Apapun cara minumnya, tentu tidak mengurangi kenikmatan dan kesegaran dari es kelapa muda, setuju?

4. Es Kolak Pisang

kolak pisang

Siapa yang tak kenal dengan minuman yang satu ini? Ya, kolak pisang adalah takjil favorit saat bulan puasa. Rasanya yang sangat Indonesia membuat minuman ini banyak dijual di pinggir jalan saat bulan puasa tiba. Namun, Anda juga bisa membuat kolak pisang sendiri di rumah.

Gunakan pisang kepok dan ubi kuning untuk isi kolak yang akan dibuat. Sementara untuk membuat kuah kolak, Anda hanya memerlukan air, santan, sedikit tepung maizena, dan gula merah. Kolak pisang adalah minuman sederhana yang selalu menjadi menu buka puasa andalan bagi banyak keluarga di Indonesia. Minuman ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera Anda.

5. Es Blewah

Es Blewah

Kalau Anda familiar dengan buah blewah, cobalah untuk mengolahnya menjadi minuman segar di bulan puasa. Cara mengolahnya mudah, Anda hanya perlu memotong daging buah blewah dengan ukuran kecil-kecil. Kemudian, campurkan dengan es batu dan tambahkan gula cair. Selesai, kini es blewah siap santap!

Namun, kalau Anda tidak ada waktu untuk membuatnya, bisa juga membeli es blewah di pasar. Pasalnya, es blewah sendiri adalah menu minuman yang paling populer dan banyak dijual saat bulan puasa lho!

6. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

Cari minuman segar yang sehat dan mudah dibuat? Mengapa Anda tak coba membuat es lidah buaya? Resep minuman segar yang satu ini sangat praktis dan tidak memerlukan bahan-bahan yang susah didapat. Lebih praktis lagi jika Anda memiliki tanaman lidah buaya (aloe vera) di rumah Anda karena bahan utama dalam membuat minuman ini adalah lidah buaya segar yang baru dipetik.

Cara membuat es lidah buaya adalah dengan mengambil dan mencuci daging lidah buaya. Lalu rebus air, gula, dan pandan sampai mendidih. Setelah hampir matang, masukkan daging lidah buaya dan matikan api. Diamkan es lidah buaya selama 1 jam, lalu sajikan dengan es batu.

7. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Jika Anda sedang berada di luar Jakarta, mungkin Anda akan sedikit kesulitan untuk menemukan Es Selendang Mayang. Padahal, minuman ini akan menjadi takjil buka puasa yang sangat segar, lho. Untuk membuat es selendang mayang, sediakan adonan tepung hunkwe yang dicampur dengan air dan sagu tani. Kemudian adonan tersebut diberi pewarna merah dan hijau, jangan lupa untuk membuat adonan yang tidak diberi pewarna.

Tumpuk adonan dengan susunan pink, putih, dan hijau.  Selanjutnya, Anda tinggal membuat kuahnya dengan air rebusan daun pandan, santan, dan gula merah. Sajikan es selendang mayang ini dengan es batu, karena minuman ini lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin.

8. Es Kacang Hijau

Es kacang hijau kelapa (Copy)

* sumber: tyasiandesserts.com

Anda tentu sudah tahu bahwa kacang hijau menyimpan banyak manfaat sehat untuk tubuh. Nah, di dalam daftar minuman segar untuk buka puasa ini, Bacaterus akan merekomendasikan es kacang hijau. Minuman yang satu ini sangat mudah dibuat dan banyak dijual di warung kaki lima.

Proses pembuatan kacang hijau ini cukup mudah, Anda hanya perlu merendam kacang hijau mentah di dalam air hangat hingga mengembang. Selanjutnya, kuah es kacang hijau ini terbuat dari air rebusan daun pandan, susu kental manis, sedikit santan, dan gula merah cair. Es kacang hijau ini cocok diminum dalam keadaan hangat maupun dingin.

9. Es Buah Selasih

Es Kelapa Muda Selasih

* sumber: resepmasakankue.com

Gurihnya biji selasih bercampur dengan nata de coco yang kenyal dan potongan buah segar. Hmm.. Tentunya Anda bisa membayangkan bagaimana segarnya minuman yang satu ini. Es biji selasih adalah minuman favorit lainnya untuk membatalkan puasa saat adzan maghrib mulai berkumandang.

Cukup rendam biji selasih mentah ke dalam air hingga mengembang. Selanjutnya, buat kuah untuk minuman ini dengan cara mencampurkan air matang dengan sirup rasa melon. Masukkan potongan buah melon, nata de coco, dan biji selasih yang sudah mengembang ke dalam sirup melon. Tambahkan es batu agar rasanya semakin besar.

10. Es Dalimun

Es Dalimun

Mungkin nama Es Dalimun masih terdengar asing di telinga Anda, lalu bagaimana dengan es cincau? Tentu Anda sudah akrab dengan nama minuman tersebut, bukan? Es dalimun adalah nama lain dari es cincau yang kita kenal selama ini.

Minuman segar ini terbuat dari cincau hijau. Cincau hijau yang sudah matang ini dicampur dengan kolang-kaling, kuah santan, dan gula merah cair. Untuk membuat es dalimun ini menjadi terasa semakin segar, jangan lupa menambahkan es batu yang sudah diserut ke dalamnya.

11. Es Kopyor

Es Kopyor

Setelah berpuasa sehari penuh, segelas minuman segar untuk buka puasa akan menjadi suatu hal yang sangat nikmat untuk membasahi tenggorokan yang terasa kering. Mungkin Anda bisa membuat es kopyor untuk disajikan sebagai minuman segar saat berbuka puasa. Es kopyor yang asli umumnya terbuat dari daging buah kelapa yang diserut. Akan tetapi, bila tak ada kelapa, Anda bisa membuat serutan kelapa imitasi.

Caranya, buat agar-agar tanpa warna dan campurkan dengan santan. Setelah agar-agar sudah berbentuk padat, potong agar-agar dengan bentuk dadu. Siapkan air yang sudah dicampur dengan sirup cocopandan.  Selanjutnya, masukkan agar-agar ke sirup cocopandan dan tambahkan es batu sebelum disajikan.

12. Es Tape Ketan Hitam

es tape ketan hitam

Tak perlu ribet ketika hendak membuat minuman segar untuk berbuka puasa. Karena hanya dengan bahan-bahan sederhana dan cara yang simple Anda bisa menghasilkan minuman segar untuk membasahi tenggorokan setelah sehari penuh berpuasa.

Es ketan hitam adalah alternatif minuman untuk buka puasa. Ketan hitam yang sudah dikukus dan ditaburi dengan ragi serta gula ini dicampur dengan kuah santan dan gula merah. Kemudian, tambahkan es batu agar es tape ketan hitam ini menjadi dingin.

13. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Minuman segar lainnya yang cocok untuk berbuka puasa adalah es pisang ijo. Sesuai dengan namanya, minuman ini punya bahan utama dari pisang. Namun, pisangnya ini dibalut dengan adonan berwarna hijau. Selain itu, es pisang ijo juga disiram dengan kuah manis yang terbuat dari sirup, gula, dan santan.

Meskipun es pisang ijo adalah minuman khas Makassar, namun Anda bisa mudah menemukan es pisang ijo di kota mana pun. Dan biasanya, es pisang ijo paling sering dijual di pasar. Apakah Anda pernah mencicipinya?

14. Jus Buah

Jus Jeruk Minuman Peninggi Badan

Kalau mau minuman buka puasa yang lebih simpel dan praktis, cobalah untuk membuat jus buah. Bahan buah-buahan yang bisa dijus beragam, Anda dapat memilih buah alpuka, jambu, melon, semangka, dan masih banyak lagi. Jika bosan dengan satu rasa buah, cobalah kombinasikan beberapa buah, misalnya buah jambu dengan jeruk.

Nah, agar rasanya tidak terlalu plain atau asam, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke dalam jusnya. Opsi lainnya, Anda bisa menambahkan susu kental manis jika dirasa terlalu asam.

15. Wedang Ronde

* sumber: www.pegipegi.com

Minuman segar tidak melulu soal es dan air dingin. Pasalnya, minuman segar juga bisa didapatkan dari minuman hangat yang menyehatkan, salah satunya adalah wedang ronde. Minuman ini punya aroma dan rasa jahe yang menenangkan tenggorokan, jadi minuman ini cocok diminum di tempat yang dingin atau dalam kondisi sedang kurang fit.

Selain rasa kuahnya yang menghangatkan, isian wedang ronde juga sangat nikmat. Dalam satu mangkuk wedang ronde, ada kacang tanah goreng, ronde, sagu, kolang kaling, hingga roti tawar. Hmm, sudah menghangatkan, segar, dan mengenyangkan!

15 minuman segar untuk buka puasa ini sangat mudah dan praktis, lho. Selain itu, minuman ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Anda bisa membuat minuman ini sebagai takjil yang akan dinikmati sekeluarga atau dibagikan kepada orang lain. Namun ingat, beberapa minuman di atas mungkin kurang cocok untuk menu diet terutama jika menggunakan gula yang berlebihan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *