Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 8 Minuman Pelega Tenggorokan Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

8 Minuman Pelega Tenggorokan Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Masalah pada tenggorokan memang terlihat sepele. Namun, jika dibiarkan begitu saja maka hal tersebut akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Anda jadi tidak bisa menyantap makanan gorengan, suara menjadi serak, dan bahkan tenggorokan bisa terasa gatal. Singkatnya, masalah pada tenggorokan tidak bisa dianggap sepele.

Ketika Anda merasakan gatal dan serak pada tenggorokan, hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperparah kondisi tenggorokan Anda. Bila perlu, buat 8 minuman pelega tenggorokan alami ini untuk meredakan berbagai masalah tenggorokan. Bacaterus akan memberikan informasi lengkap melalui minuman pelega tenggorokan alami di sini.

8 Minuman Pelega Tenggorokan Alami

1. Teh Madu

Teh Madu Minuman Pelega Tenggorokan

Madu adalah salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi batuk atau berbagai masalah pada tenggorokan. Kombinasi antara madu dengan teh hitam dapat menjadi racikan minuman pelega tenggorokan alami yang besar manfaatnya.

Pertama-tama, seduh teh hitam terlebih dahulu. Setelah air seduhan teh berwarna cokelat kental, tuangkan 1 sendok teh madu murni ke dalamnya. Teh madu ini dapat melegakan tenggorokan atau batuk kambuhan. Minuman hangat ini akan membuat seluruh bagian tenggorokan menjadi hangat dan lebih lega.

2. Teh Chamomile

Teh Chamomile

Tak perlu bingung mencari minuman pelega tenggorokan dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa bahan sederhana bisa diolah menjadi minuman alami untuk melegakan tenggorokan. Salah satu contoh minuman sederhana yang dapat melegakan tenggorokan adalah teh chamomile.

Minuman yang satu ini dibuat dari seduhan teh dan bunga chamomile. Bahkan, Anda bisa meminum air rebusan chamomile ini tanpa perlu menambahkan teh. Namun, hindari menambahkan gula ke dalam teh chamomile yang Anda buat agar tenggorokan tidak bertambah serak.

Teh chamomile dapat menghilangkan gatal atau serak pada tenggorokan secara alami. Akan tetapi, Anda juga harus menghindari makanan dan minuman pemicu sakit tenggprpkan untuk sementara waktu.

3. Wedang Jahe

Wedang Jahe

Wedang jahe biasa dinikmati untuk menghangatkan tubuh saat udara sedang dingin. Namun, tahukah Anda bahwa wedang jahe dapat menjadi minuman pelega tenggorokan alami? Ya, sifat panas dari jahe ini akan membuat tenggorokan yang tadinya terasa serak dan gatal menjadi lebih lega.

Jahe juga merupakan ekspektoran alami untuk membersihkan lendir yang berada di tenggorokan. Lendir inilah yang dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman. Jadi, apabila Anda merasakan gejala tak nyaman pada tenggorokan, seduh saja jahe yang sudah digeprek. Anda pun boleh menambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis pada wedang jahe yang Anda buat.

4. Air Rebusan Daun Kemangi

Air Rebusan Daun Kemangi

Ketika tenggorokan terasa gatal, serak, dan tidak nyaman, Anda harus menghindari minuman dingin yang dapat memperparah kondisi tenggorokan Anda. Sebaiknya, buat minuman untuk melegakan tenggorokan dari bahan alami, yakni daun kemangi.

Daun kemangi yang biasa dijadikan lalapan ini harus direbus di dalam air. Kemudian, air rebusan daun kemangi tersebut harus diminum sampai habis selagi hangat. Anda tidak perlu menambahkan gula ke dalam air rebusan daun kemangi ini agar tenggorokan tidak bertambah serak.

Percaya atau tidak, air rebusan daun kemangi ini akan membuat tenggorokan terasa lebih lega. Yang paling penting minuman ini benar-benar tanpa efek samping karena dibuat dari bahan alami.

5. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel

Tahukah Anda bahwa cuka sari apel menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan? Salah satu manfaat cuka sari apel adalah untuk melegakan tenggorokan yang sakit atau tidak nyaman. Tak tanggung-tanggung, racikan cuka sari apel ini dapat meringankan rasa sakit di tenggorokan sehingga Anda merasa lebih nyaman.

Cara membuat minuman untuk melegakan tenggorokan dari cuka sari apel adalah siapkan secangkir air hangat, lalu tuangkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalamnya. Setelah diaduk secara merata, tambahkan satu sendok teh madu murni ke dalam racikan cuka sari apel tersebut. Selanjutnya, tunggu sampai hangat lalu habiskan seduhan cuka sari apel tersebut untuk menghilangkan masalah pada tenggorokan.

6. Teh Kunyit

Teh Kunyit

Salah satu resep minuman yang bagus untuk melegakan tenggorokan dari zaman nenek moyang terdahulu adalah teh kunyit. Minuman yang satu ini dapat mengatasi berbagai masalah tenggorokan, baik radang maupun iritasi. Alhasil, tenggorokan yang semula terasa tidak nyaman akan menjadi lebih lega setelah meminum teh kunyit ini.

Untuk membuat teh kunyit, Anda memerlukan kunyit bubuk yang sudah banyak dijual di pasaran. Kalau tidak ada kunyit bubuk, maka Anda harus menggeprek kunyit dan merebusnya sampai airnya berubah warna.

Kunyit memiliki sifat anti-radang dan anti-bakteri alami sehingga dapat mengatasi masalah pada tenggorokan yang kebanyakan disebabkan oleh radang atau iritasi. Untuk memberi rasa manis pada teh kunyit, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya. Minum teh kunyit ini selagi hangat agar tenggorokan Anda terasa lebih segar.

7. Rebusan Akar Manis

Rebusan Akar Manis

Akar manis alias licorice merupakan bahan alami yang diklaim dapat melegakan tenggorokan. Bahkan, bahan yang satu ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan permen pelega tenggorokan. Jadi, apabila Anda memiliki masalah di area tenggorokan, manfaatkan bahan alami ini untuk membuat minuman untuk melegakan tenggorokan secara alami.

Menurut penelitian yang dilakukan Chinese Academy of Medical Sciences pada tahun 2015, akar manis mengandung senyawa anti-mikroba yang dapat melawan virus atau bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

Untuk membuat minuman pelega tenggorokan dari akar manis, cukup seduh akar manis ini sampai airnya berubah warna jadi kecokelatan. Setelah itu, tunggu sampai hangat dan minum air rebusannya. Tak hanya diminum, air rebusan akar manis juga bisa dipakai untuk berkumur selama Anda masih mengalami masalah pada tenggorokan.

8. Air Rebusan Cengkeh

Air Rebusan Cengkeh

Terakhir, ada sebuah minuman pelega tenggrokan yang benar-benar terbuat dari bahan alami dan bisa langsung Anda buat sendiri di rumah. Hanya dengan memiliki cengkeh, Anda sudah bisa langsung membuat minuman alami untuk melegakan tenggorokan ini.

Cara membuat air rebusan cengkeh ini benar-benar mudah, Anda hanya perlu merebus cengkeh di dalam air sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan. Untuk membuat aroma air cengkeh ini menjadi lebih pekat, tambahkan beberapa lembar daun salam saat merebus air cengkeh tersebut.

Air rebusan cengkeh ini benar-benar berkhasiat untuk melegakan tenggorokan. Selain itu, air cengkeh ini juga cocok untuk meredakan sakit gigi. Minuman yang sederhana ini benar-benar memberikan manfaat yang sangat besar untuk melegakan tenggorokan Anda.

Saatnya membuat 8 minuman pelega tenggorokan alami berikut ini untuk memiliki tenggorokan yang lebih sehat dan terhindar dari sejumlah masalah kesehatan. Kunjungi artikel merk permen pelega tenggorokan untuk mencari solusi cepat lainnya dalam mengatasi gangguan tenggorokan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment