Bacaterus / Belanja Online / Yuk Kenali 4 Metode Pembayaran Saat Belanja Online

Yuk Kenali 4 Metode Pembayaran Saat Belanja Online

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jual beli secara online saat ini sudah mulai menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Proses jual beli ini sangatlah praktis karena kita tidak perlu repot dan capek keluar rumah untuk mencari barang yang kita inginkan.

Dalam jual beli online, salah satu proses paling vital yang ada di dalamnya adalah pembayaran. Ya, dengan melakukan pembayaran, maka barang yang kita beli dapat langsung dikirimkan oleh si penjual. Saat ini terdapat banyak metode pembayaran yang bisa kita pilih, namun ada empat metode yang saat ini cukup populer di Indonesia, yaitu:

Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang dianggap paling praktis ketika kita berbelanja online. Hanya dengan memasukan detail kartu kredit yang kita miliki, kita sudah bisa membeli barang idaman secara langsung.

Selain praktis, dengan kartu kredit biasanya kita juga dapat membeli barang tersebut dengan proses cicilan dalam jangka waktu tertentu. Bahkan, beberapa bank sering memberikan promo cicilan 0% dengan menggunakan kartu kredit mereka.

blanja.com

Sayangnya, penggunaan kartu kredit untuk transaksi online ini cukup rawan akan tindak kejahatan, seperti pencurian data dan semacamnya. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda melakukan transaksi di toko online yang sudah dilindungi oleh GeoTrust.

GeoTrust sendiri merupakan sertifikat keamanan digital yang akan melindungi kita ketika berbelanja secara online. Salah satu toko online di Indonesia yang sudah memiliki sertifikat GeoTrust adalah www.blanja.com. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir berbelanja menggunakan kartu kredit di toko online tersebut.

Bank Transfer

Metode pembayaran selanjutnya yang cukup populer di indonesia adalah bank transfer. Metode ini paling banyak digunakan karena sebagian besar masyarakat Indonesia belum memiliki kartu kredit. Metode ini juga sangat efektif apabila pembeli dan penjual berada di lokasi yang berjauhan.

Dengan metode ini, kita hanya tinggal mengirimkan sejumlah uang ke rekening milik si penjual barang. Pengiriman uang ini bisa dilakukan melalui bank, ATM, SMS banking, internet banking, dan lainnya. Biasanya kita juga akan diminta untuk menunjukan bukti pembayaran jika menggunakan metode bank transfer ini.

RekBer

Metode pembayaran melalui bank transfer sering dijadikan ajang penipuan oleh para penjual yang tidak bertanggung jawab. Terkadang kita sudah mentransfer uang, namun ternyata barang yang kita beli tidak dikirimkan oleh si penjual.

Oleh karena itu munculah sistem pembayaran menggunakan rekening bersama atau yang biasa disebut dengan rekber. Sistem ini akan melibatkan pihak ketiga sebagai pemegang dana sementara antara si pembeli dan penjual.

Dengan sistem ini, kita akan mengirimkan sejumlah uang kepada pihak ketiga (pemilik rekber), lalu si penjual akan mengirimkan barangnya kepada kita. Jika barang tersebut sudah sampai di tangan kita, maka si pemilik rekber akan mengirimkan uangnya kepada si penjual barang.

COD

COD atau cash on delivery merupakan metode pembayaran terakhir yang banyak dilakukan di Indonesia. Metode ini sangat cocok dilakukan jika si penjual dan pembeli barang berada di wilayah yang sama.

Kita hanya tinggal bertemu dengan si penjual di suatu tempat yang sudah disepakati, kemudian kita membayar, dan si penjual akan langsung menyerahkan barangnya. Dengan menggunakan metode ini kita juga bisa mengecek terlebih dahulu barang yang kita beli tersebut.

Nah, itulah 4 macam metode pembayaran yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang terpenting, kita harus selalu teliti dan berhati-hati ketika membeli barang secara online.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Bambang Edi Susilo berkata:

    Wah artikel yg sangat ngebantu buat pelaku bisnis online…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *