Bacaterus / Cuci Piring / 10 Merk Dishwasher (Mesin Cuci Piring Otomatis) Terbaik

10 Merk Dishwasher (Mesin Cuci Piring Otomatis) Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memang, dishwasher atau mesin cuci piring otomatis tidak sebegitu populer mesin cuci baju di Indonesia. Namun bukan berarti produk ini sama sekali tidak ada peminatnya di sini. Orang-orang yang sibuk dan punya budget lebih mungkin menginginkannya.

Mencari mesin pencuci piring yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda dapat membingungkan dengan ratusan model berbeda untuk dipilih. Untuk membuatnya mudah, Bacaterus dengan hati-hati telah mengumpulkan mesin pencuci piring otomatis terbaik. Tapi, sebelum itu, ketahuilah poin-poin penting yang harus Anda perhatikan dari dishwasher.

Perhatikan Ini Ketika Membeli Dishwasher

Seperti produk apa pun juga, ada faktor-faktor tertentu yang harus dipertimbangkan saat membeli mesin pencuci piring otomatis. Berikut diantaranya:

1. Kinerja Cuci dan Pengeringan

* sumber: www.ajmadison.com

Pencuci piring harus bisa mencuci dan mengeringkan piring secara efektif. Percuma saja jika mesin ini tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan benar dan Anda harus menyucinya ulang menggunakan tangan. Perlu dicatat, mesin cuci otomatis yang paling mewah dengan inovasi teknologi terbaru belum tentu dapat mencuci dengan baik.

Sangat penting bagi mesin cuci otomatis untuk memiliki siklus pencucian dan opsi yang cukup untuk mencakup semua jenis dan tingkat kekotoran piring. Perhatikan juga apakah mesin tersebut hemat energi, hemat air, pilihan durasi waktu mesin bekerja.

Sementara itu, efektivitas pengeringan sama pentingnya dengan pencucian. Sejauh ini, ada dua teknik pengeringan pada dishwasher. Yang pertama menggunakan elemen pemanas untuk menguapkan kelembaban pada piring. Metode ini memiliki dua kelemahan utama, yaitu bisa melelehkan piring plastik dan membakar sisa makanan jika mesin gagal membersihkan residu makanan sebelumnya.

Metode pengeringan kedua adalah pengeringan kondensasi. Metode ini mendinginkan dinding baja stainless yang mengelilingi piring untuk menarik uap air ke dindingnya. Ini merupakan metode pengeringan paling efektif dan juga aman. Merk-merk pabrikan Eropa seperti Bosch dan Miele menggunakan teknik ini untuk mesin-mesinnya.

Fitur pengeringan lainnya adalah auto-opening door alias pintu pembuka otomatis (digunakan oleh brand Miele dan Bosch). Jadi, setelah selesai mencuci piring, mesin akan membuka pintu dengan sendirinya. Biasanya metode ini juga memiliki kipas terintegrasi yang membantu mengurangi kelembaban setelah mencuci.

2. Kesunyian

* sumber: www.telegraph.co.uk

Mesin pencuci piring modern memiliki siklus pencucian yang lebih lama karena standar sistem kekinian hanya membutuhkan lebih sedikit air dan energi. Tentu Anda tidak ingin terganggu dengan suara bising selama mesin bekerja (dan dalam waktu yang cukup lama juga), kan? Jadi, pastikan untuk membeli dishwasher yang sunyi, ya.

3. Desain

* sumber: www.thoughtco.com

Visual itu penting, tak bisa dipungkiri. Dari luar, dishwasher yang elegan akan terlihat lebih cantik di dapur (atau di manapun Anda menyimpannya nanti). Tapi, dishwasher masa kini semuanya elegan dengan pilihan warna hitam, putih atau silver.

Lalu, Anda harus memperhatikan desain bagian dalam juga. Seperti fitur raknya ada berapa banyak dan posisinya seperti apa, bisa dipindah/digeser tidak raknya, karena itu berpengaruh pada berapa banyak dan betapa bersih piring setiap kali mesin digunakan.

Mesin Cuci Piring Otomatis Terbaik

Setelah mengetahui beberapa tips memilih dishwasher, kini Anda bisa menentukan dishwasher terbaik yang sudah Bacaterus pilihkan untuk Anda.

1. Bosch 500 Series Dishwasher SHPM65Z55N

Cek Harga di Lazada

Bosch 500 Series Dishwasher SHPM65Z55N memiliki desain yang indah. Pencuci piring ini memberi Anda fitur luar biasa dan beberapa keandalan terbaik. Dishwasher ini hadir dengan pintu AutoAir Dry yang terbuka sedikit segera setelah mesin selesai mencuci agar kelembaban ekstra keluar dan piring kering lebih cepat.

Opsi Sanitize-nya memberi Anda pembersihan yang menyeluruh, dan higienis setelah dicuci. Anda dapat memilih banyak mode pencucian dan tingkat suhu pembilasan akhir untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel pada piring.

Dari bak stainless steel hingga tingkat kebisingan 44 dB (desibel) yang sangat sunyi, mesin pencuci piring otomatis ini sangat sempurna untuk dapur Anda. Psst, saking heningnya, Bosch menambahkan Infolight alias lampu merah indikator untuk memperlihatkan kalau mesin masih bekerja atau tidak.

Mesin ini juga memiliki fitur unggulan seperti tiga rak EasyGlide dan FlexSpace yang memungkinkan Anda menyesuaikan bagian dalam mesin. Produk serupa Bosch 500 Series Dishwasher SHPM65Z55N berikut sparepart-nya bisa Anda beli secara online.

2. Whirpool Dishwasher with Sensor Cycle WDT710PAHZ

Whirpool Dishwasher with Sensor Cycle WDT710PAHZ adalah mesin pencuci piring otomatis dengan sensor cycle. Pencuci piring ini memungkinkan Anda memilih siklus pencucian yang paling tepat.

Sensor Cycle alias siklus sensor dalam mesin ini secara otomatis mengatur mode pencucian dan pengeringan yang tepat untuk setiap perabot. Dengan dua sensor yang mengukur suhu, soil level (menunjukkan jumlah noda dan kotoran pada piring) dan ukuran beban selama pra-cuci dan saat siklus pencucian.

Dan, ketika mesin-mesin lain membutuhkan waktu pencucian yang lama, Whirpool WDT710PAHZ hanya membutuhkan waktu 1 jam saja (yang berarti separuh waktu daripada mesin brand lainnya). Mesin ini juga hemat energi dengan teknologi Energy Star-nya.

3. Thermador Star-Sapphire Luxury Dishwasher

Star-Sapphire adalah mesin pencuci piring otomatis mewah tercepat yang tersedia di pasaran saat ini. Revolusi pengalaman mencuci Anda dengan mesin pencuci piring Thermador Star-Sapphire.

Mesin ini menggunakan fitur-fitur unggulan industri seperti siklus air panas 20 menit, StarDry yang kuat dan sistem pengeringan pencuci piring Zeolite, memberikan pengalaman pengeringan terbaik tanpa menggunakan bahan kimia yang keras.

4. Miele Dishwasher G 6625 SCU AM

Hal pertama yang akan Anda perhatikan pasti kecantikan dishwasher Miele ini. Body-nya semua terbuat dari baja stainless yang halus dan mulus. Desain elegan adalah nilai tambah dari Miele Dishwasher G 6625 SCU AM. Miele, secara konsisten, mendefinisikan kembali fungsionalitas mesin pencuci piring otomatis yang sempurna.

Dari eksterior yang menyenangkan, hingga bak interior yang kokoh, Miele dishwasher versi ini merupakan paket lengkap. Meskipun tingkat kebisingan 45 dB bukan yang terbaik di kelasnya, tingkat kebisingan ini masih tergolong sangat sunyi hingga kebanyakan orang tidak akan menyadarinya saat mesin beroperasi.

Miele dishwasher dari seri EcoFlex Crystal ini memiliki kemampuan pengeringan terbaik di pasaran. Mesin cuci Miele memiliki masa hidup 20 tahun, yang mana merupakan yang terpanjang dan terlama diantara mesin dishwasher lainnya.

Saat Anda mencuci piring dengan Miele, Anda akan mendapatkan hasil yang bersih berkat teknologi water softener yang juga membantu menghilangkan endapan kalsium (seperti bekas air pada gelas). Anda dapat mempercayai Miele dengan gelas anggur berkualitas dan piring termahal yang Anda punya sekalipun.

5. Electrolux ESF7552ROX Dishwasher

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mesin cuci piring otomatis seharga 18 jutaan ini tenang (tidak berbunyi berisik), bebas repot, dengan hasil yang luar biasa bersih. Dengan penumpukan ergonomis dan siklus cepat, Electrolux ESF7552ROX Dishwasher akan menjaga peralatan makan favorit Anda tetap bersih.

Dilengkapi dengan teknologi Air Dry, mesin akan secara otomatis membuka pintu tepat sebelum siklus cuci selesai, memaksimalkan pengeringan dengan memanfaatkan aliran udara alami. Energi yang dibutuhkan pun semakin minimum. Electrolux ESF7552ROX Dishwasher bisa Anda beli secara online.

6. Ariston Built In Dishwasher LLK7S112XEX

Cek Harga di Lazada

Dishwasher tanam seharga 20 jutaan ini memiliki rak yang lebar dengan 15 tempat peletakan, rak bawah untuk pot & pan (panci & penggorengan), knob dengan digit display, Turbidity Sensor, daya 1900 W, menggunakan 11 liter air dan berat 35 kg.

Ariston Built In Dishwasher LLK7S112XEX juga dilengkapi dengan 7 program Auto Intensive, Auto Normal, Delicates, Eco, Express 30′, Soak dan Trio Wash. Dengan material stainless steel yang kuat dan cantik untuk mendukung penampilan dapur Anda.

7. LG LDT7808ST Smart Dishwasher

Siapa yang tak kenal brand LG? Selain mengeluarkan handphone, mesin cuci baju dan lemari es, LG juga punya dishwasher. Namanya adalah LG LDT7808ST Smart Dishwasher Top Control Smart wi-fi Enabled Dishwasher with QuadWash and TrueSteam. Panjang sekali, ya, namanya? Hihi.

Model inovatif ini memiliki empat lower spray arms yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan model dishwasher lainnya yang hanya memiliki dua semprotan (makanya produk ini disebut QuadWash). Semprotan ini akan berputar dan berputar, sehingga mengarahkan air ke setiap sudut dan setiap inci piring serta gelas.

Lalu, teknologi TrueSteam LG akan mengisi mesin dengan uap untuk pembersihan yang lebih baik serta membantu menghilangkan bercak air. Namanya juga dishwasher pintar, produk ini ada aplikasi Smart Diagnosis LG yang bisa diinstal ke ponsel Anda.

Aplikasi ini aka membantu Anda mendiagnosis dan menyelesaikan masalah jika terjadi sesuatu yang tidak major dengan dishwasher Anda. Aplikasi ini juga akan memberi tahu Anda ketika proses pencucian sudah selesai melalui Google Assistant, Alexa, dll.

8. Tecnogas Dishwasher TDW11AF

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tecnogas Dishwasher TDW11AF adalah mesin pencuci piring yang menggunakan semprotan jet kuat berefisiensi tinggi. Dengan pemakaian tenaga listrik 1930 W, dimensi 60 cm x 60 cm x 84 cm, kapasitas 12 piring per rak, 6 program pencucian, pengaman Child Lock, konsumsi air 12 Liter (termasuk eco/cycle), tingkat kebisingan 49 dB dan berat 46 kg. Anda tak perlu pergi ke mall karena produk ini dijual juga secara online.

9. Modena Valido WP 600

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin dishwasher murah yang harganya tidak sampai 8 juta? Ada, kok. Modena Valido WP 600 namanya. Free-standing dishwasher ini dibuat dengan warna abu untuk body dan stainless untuk pintunya. Untuk cabinet luarnya metal sedangkan bagian dalamnya stainless.

Dishwasher ini sudah dilengkapi dengan Water Overflow Protection, 6 Program (intensive, normal, eco, crystal, rapid & pre-rinse), detergent box, rinse box, adjustable feet & basket.. Terus ada juga fungsi tambahan seperti Delay Start, Child Lock, aksesoris tambahan (1 set upper & lower basket, 1 cup rack, 1 fork basket) dan masih banyak lagi.

10. Beko DFN16410X

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Terakhir, ada Beko DFN16410X. Harganya tidak terlalu berbeda dengan dishwasher Modena di atas. Berkat Auto Program yang disematkan, soil level pada piring dan gelas akan langsung terdeteksi oleh sensor. Kemudian, mesin secara otomatis akan menentukan siklus pencucian yang sesuai untuk setiap perkakas makan yang ada di dalamnya, sehingga membebaskan Anda dari tugas memilih program sendiri.

Dishwasher ini juga memiliki A+ Energy Efficiency, yaitu penghemat energi dan sumber daya. Lalu WaterSafe+ yang akan memberikan keamanan ekstra dengan mematikan pasokan air secara otomatis jika selang air mulai bocor.

Tentunya setiap dishwasher harus ada Dirt Sensor yang secara otomatis akan menentukan seberapa kotor piring dan memilih program mencuci yang paling tepat.

Karena semua dishwasher itu besar dan berat, pastikan rumah Anda juga cukup besar untuk memilikinya. Belum lagi daya listrik yang besar dalam sekali pencucian dan juga banyaknya air yang dikeluarkan harus dipertimbangkan ulang. Jadi, mana mesin cuci piring pilihanmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *