Bacaterus / Kamar Mandi / 7 Merk Water Heater Listrik Terbaik Agar Mandi Makin Nyaman

7 Merk Water Heater Listrik Terbaik Agar Mandi Makin Nyaman

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu cara membuat diri nyaman adalah mandi air hangat. Apalagi bila kamu sudah beraktivitas seharian penuh. Kenyamanan yang maksimal bisa didapatkan. Namun, karena sudah seharian beraktivitas tentu malas bila harus menunggu air dimasak. Belum lagi keterbatasan volume air yang dipakai.

Untuk itu, kamu perlu memasang water heater di rumah. Water heater bisa membantu kamu mandi air hangat dengan lebih cepat. Namun, sebelum membeli merk water heater listrik yang bagus, ada baiknya kamu mengetahui cara memilih water heater agar tak salah pilih atau malah over budget.

Cara Memilih Water Heater

Cara Memilih Water Heater

* sumber: www.money.co.uk

Bila kamu langsung melihat ke toko elektronik atau bangunan rumah, tentu senang sekali melihat berbagai jenis dan bentuk water heater. Namun bisa saja salah beli atau memilih yang kurang maksimal saat dipasang di tempatmu bila tak mengikuti cara memilih water heater yang baik.

Pertama, cari water heater dengan pengatur temperatur yang konstan. Ini karena pengatur temperatur yang konstan akan lebih menghemat waktu. Kamu juga tak perlu repot menyesuaikan temperatur yang tepat untuk mandi.

Kedua, jangan lupa untuk membaca spesifikasi pemanas air. Perlu diketahui bahwa water heater memiliki indikator hemat energi dengan satuan Energy Factor (EF). Kisaran indikator ini biasanya 0,5-2,0. Nah, semakin hemat energi semakin tinggi angka indikatornya.

Ketiga, jangan lupa memilih water heater dengan pengaman agar menghindarkan dari konsleting listrik. Biasanya elemen pengaman berupa switch anti kontak, ELCB, dan safety device. Keempat, kapasitas pemanas air juga perlu diperhatikan. Ini berkaitan dengan jumlah air yang dibutuhkan di rumah.

Bila kamu memiliki bathub pada kamar mandi, perlu setidaknya memiliki water heater dengan kapasitas 80 liter. Namun, bila hanya shower, kamu bisa memilih dengan kapasitas 15 liter. Berbeda bila ingin memenuhi satu rumah tangga. Ada baiknya memilih water heater dengan kapasitas 150 sampai 250 liter.

Kelima, jangan lupa menanyakan panjang pipa pemanas air sekaligus biaya pemasangan. Kedua hal ini biasanya terlupakan begitu saja saat membeli water heater. Padahal ini tak kalah penting untuk ditanyakan. Kamu bisa menanyakan kepada penjual apakah ada biaya pemasangan dan juga berapa biaya pipa pemanas air per meter. Pastikan kamu sudah mengukur panjang yang dibutuhkan.

Merk Water Heater Listrik yang Bagus untuk di Rumah

Sudah mengetahui cara memilih water heater agar kamu terhindar dari kerugian, saatnya membeli. Nah, Bacaterus memiliki rekomendasi 7 merk water heater listrik yang bagus agar mandi makin nyaman di rumah.

1. Krisbow

Krisbow

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari water heater dengan kapasitas 15 liter, kamu bisa mencoba merk Krisbow. Dengan kapasitas tersebut, daya yang dibutuhkan sebesar 350 watt saja. Selain itu, Krisbow sudah melengkapi diri dengan ELCB (Earth-leakege circuit breaker). Jadi tak perlu khawatir bila muncul konsleting listrik.

2. Ariston

Ariston

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu merk water heater dengan berbagai jenis kapasitas dan desain adalah Ariston. Ariston memang terkenal akurat, hemat listrik, serta pemasangan instalasi yang mudah. Selain itu desainnya juga mewah dengan pilihan jenis.

Ariston LUX adalah jenis water heater yang hanya membutuhkan daya 350 watt saja untuk kapasitas 15 liter. Lalu sistem temperaturnya pun sudah menggunakan derajat celcius, jadi memudahkanmu menghitung kebutuhan temperatur air panas. Lalu, produk ini sudah dilengkapi dengan indeks proteksi IPX4.

Produk asal Italia ini memiliki elemen tembaga dan lapisan incoloy enamel sehingga membuatnya lebih tahan lama. Ditambah keamanan ELCB (Earth-leakege circuit breaker) dan thermostat sudah disematkan pada Ariston.

3. Modena

Modena

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Modena memiliki lebih dari 20 jenis water heater yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ada yang berkapasitas 10 liter sampai 100 liter. Untuk kebutuhan listriknya pun tentu menyesuaikan. Bila berkapasitas 10 liter maka kebutuhan listriknya sebesar 250 watt. Sedangkan untuk 100 liter bisa sampai 1000 watt.

Kesamaan dari semua produk water heater listrik yang dikeluarkan Modena adalah temperatur untuk air panas maksimal 75 derajat celcius dan dilengkapi dengan indeks proteksi IPX4. Kemudian kapasitas drum airnya sudah terbuat dari baja dan dilapisi dengan titanium porcelain enamel. Jadi, akan lebih aman, bebas karat, dan bebas lumut.

Baca juga: Merk Dishwasher (Mesin Cuci Piring Otomatis) Terbaik

4. Rinnai

Rinnai

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dalam dunia peralatan rumah tangga, Rinnai adalah salah satu merk yang cukup diandalkan. Memang Rinnai lebih dikenal pada jenis produk kompor. Padahal merk Jepang ini juga mengeluarkan produk water heater. Ada sekitar 15 jenis water heater listrik yang bisa kamu pilih dari Rinnai.

Desainnya cukup beragam, mulai dari desain horizontal, vertikal, bahkan persegi dengan sisi yang dinamis. Semua jenisnya sudah dipasang material incoloy pada elemen pemanas air. Sehingga water heater pun akan lebih bebas karat dan bebas keropos. Selain itu dilengkapi juga dengan Extra Super Sensitive ELCB sebagai pengaman dari kebocoran listrik.

Produk water heater keluaran Rinnai juga dilengkapi dengan heating element. Heating element ini bisa membuat efisiensi tinggi sekaligus lebih hemat listrik. Ukuran kapasitas tanki air nya ada pilihan 10 liter, 15 liter, 30 liter, 40 liter, 50 liter, sampai 140 liter.

5. WIKA

WIKA

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari water heater dengan kapasitas air yang besar, bisa melirik WIKA. WIKA memiliki water heater dengan ukuran tanki air 60 liter, 80 liter, sampai 100 liter. Selain itu, ia dilengkapi dengan LED untuk memudahkan pengaturan dan kenop kontrol. Kamu pun tak perlu menerka-nerka suhu yang diinginkan.

6. Electrolux

Electrolux

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Aktivitas padat seharian lalu membayangkan mandi air hangat tentu menjadi hal yang dinantikan. Akan tetapi bila menunggu terlalu lama sampai air menghangat tentu tak menyenangkan. Nah, kalau kamu tipikal yang ingin pemanas air bekerja lebih cepat, bisa memilih produk keluaran Electrolux.

Electrolux dilengkapi dengan fitur double action termostat yang bisa membuat proses pemanasan air lebih cepat. Dengan begitu, listrik akan lebih hemat. Tak hanya itu, water heater keluaran Electrolux sudah dipasang dengan hitting indicator lamp dengan desain minimalis dan modern. Kamu tak perlu bingung lagi mengoperasikan water heater listrik ini.

7. Aqua

Aqua

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari water heater dengan kemampuan setingkat merk Sanyo, bisa mencoba melirik Aqua. Water heater keluaran Aqua memiliki daya hanya 200 watt saja untuk ukuran tanki air sebesar 10 liter. Tak hanya 10 liter, Aqua juga punya water heater dengan kebutuhan air 15 liter maupun 30 liter.

Keamanannya pun tak perlu diragukan karena sudah memiliki sertifikasi waterproof grade IPX4. Desainnya juga cantik, cocok disematkan pada kamar mandi dengan desain klasik, minimalis, sampai industrial.

Dari tujuh water heater listrik di atas, mana yang memang sudah terpasang manis di kamar mandi? Kalau ada, silakan bagikan pengalaman menggunakan water heater tersebut, yuk. Bila belum, bisa mempertimbangkan merk di atas dan sesuaikan dengan kebutuhan harian.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *