Bacaterus / Butter / 10 Merk Unsalted Butter untuk Memasak dan Membuat Kue

10 Merk Unsalted Butter untuk Memasak dan Membuat Kue

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di antara kedua jenis butter yang pada umumnya dijual di pasaran, tidak sedikit orang yang lebih memilih unsalted butter atau mentega tawar terutama untuk baking. Hal ini dikarenakan, kadar garam pada makanan menjadi lebih mudah untuk dikontrol dengan unsalted butter. Selain itu, unsalted butter memiliki umur yang lebih pendek dari salted butter, yang artinya unsalted butter ini lebih fresh.

Ketika kita berkunjung ke supermarket ataupun toko bahan kue, kita akan melihat berbagai merk yang menyediakan produk butter baik salted ataupun unsalted. Bagi yang masih bingung merk apa saja yang menyediakan produk unsalted butter, kami akan merekomendasikan 10 merk unsalted butter dengan kualitas bagus, baik untuk memasak ataupun membuat kue.

1. Anchor

Anchor

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Unsalted butter dari Anchor ini terbuat dari krim segar yang berasal dari sapi yang dikembangkan dengan model pasture-raised dan grass-fed atau sapi yang dikembangkan di padang rumput dan diberi pakan rumput serta tidak diberikan suntikan hormon.

Butter yang dikembangkan dengan model tersebut mengandung omega 3, beta karoten serta vitamin A yang lebih tinggi. Selain itu, cita rasanya pun lebih kaya dibandingkan dengan butter dari sapi yang dikembangkan dengan model barn raised dan grain fed.

Anchor Unsalted Butter ini dapat digunakan untuk memasak ataupun baking. Ia mampu memperkuat cita rasa tanpa mengubah rasa asli dari makanan. Merk unsalted butter dari New Zealand ini tersedia dalam kemasan kotak berukuran 227g yang dijual dengan harga sekitar 35.000.

2. Lurpak

Lurpak

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lurpak menyediakan produk unsalted butter yang terbuat dari krim segar tanpa tambahan bahan lainnya. Krim yang mereka gunakan berasal dari susu sapi murni dari peternakan sapi di Denmark. Sehingga, unsalted butter yang mereka produksi memiliki aroma dairy yang fresh dengan rasa otentik butter yang khas.

Karena butter ini tidak mengandung garam sedikitpun, kalian dapat dengan bebas mengatur kadar garam pada makanan sesuai dengan selera. Dan unsalted butter Lurpak juga dapat membuat tekstur kue kering dan pastry menjadi lebih renyah dibandingkan dengan salted butter.

Merk unsalted butter asal Denmark ini tersedia dalam bentuk paket yang berisi 10 kemasan kecil berukuran 20g dan juga dalam bentuk block berukuran 100g dan 200g yang dijual dengan kisaran harga mulai dari 60.000 hingga 140.000.

3. Orchid

Orchid

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Orchid butter ini merupakan merk butter yang diproduksi oleh salah satu perusahaan produsen makanan terbesar dalam negeri yaitu Indofood. Selain salted butter, Orchid juga menyediakan produk mentega tanpa kandungan garam sama sekali yang terbuat dari susu murni yang pilihan.

Karena bahan butter merupakan susu, mentega tawar ini mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin A, D dan juga E. Unsalted butter ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga ia dapat dengan mudah dioleskan pada roti. Selain itu, ia juga dapat digunakan untuk berbagai aneka makanan baik manis ataupun gurih.

Dan unsalted butter yang diproduksi oleh Orchid ini dikemas dalam bentuk block berukuran 227g dan ditawarkan dengan harga sekitar 35.000.

4. Elle & Vire

Elle & Vire

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Elle & Vire Unsalted Butter ini olah dengan metode tradisional dan terbuat dari krim yang sudah di pasteurisasi dengan lemak sebesar 87%. Untuk menjaga konsistensi dan cita rasa butter, Elle & Vire menggunakan krim pilihan yang sudah dipastikan kesegarannya serta kualitasnya.

Baik digunakan untuk olesan, memasak ataupun membuat kue, unsalted butter Ellle & Vire ini akan menambah cita rasa serta aroma pada makanan.

Unsalted butter dari Elle et Vire ini tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari paket berisi 10 kemasan mini berukuran 10g, kemasan block berukuran 200g hingga kemasan roll dengan ukuran 500g, yang dapat dibeli dengan harga sekitar 37.000 hingga 190.000.

5. Paysan Breton

Paysan Breton

Payson Brenton merupakan merk unsalted butter premium asal Prancis. Butter yang mereka produksi terbuat dari susu berkualitas tinggi yang berasal dari peternakan sapi di Britanny, Prancis. Mereka memastikan butter yang mereka produksi tidak ditambah pewarna dan perasa artifisial. Sehingga, rasa asli dari butter tetap terjaga.

Unsalted butter memiliki tekstur yang sangat creamy, sehingga ia mudah untuk dioleskan pada roti. Dan tentunya butter ini ideal untuk memasak maupun membuat aneka kue dan pastry.

Unsalted butter milik Payson Brenton dikemas dalam paket berisi 10 kemasan kecil dengan berat total 100g dan juga tersedia dalam kemasan kotak yang dibungkus dengan kemasan foil berukuran 200g. Dan keduanya bisa anda dapatkan di supermarket besar ataupun e-commerce dengan harga sekitar 28.000 hingga 64.000.

Baca juga: Merk Butter yang Bagus untuk Membuat Kue & Olesan Roti

6. Westgold

Westgold

Cek Harga di Shopee

Unsalted butter Westgold diolah dengan metode tradisional frizt churn dan menggunakan krim yang berasal dari sapi yang dikembangkan dengan model pasture fed cow. Sehingga, susu yang dihasilkan memiliki nutrisi yang lebih baik. Dan butter ini hanya terbuat dari krim segar tanpa campuran kandungan artifisial lainnya.

Butter ini dapat dikonsumsi secara langsung dengan mengoleskannya diatas roti ataupun diolah menjadi berbagai makanan mulai dari ayam saus mentega hingga kue pie.

Sayangnya, sejauh ini supermarket Indonesia belum menyediakan produk ini. Namun, kalian tak perlu khawatir, karena beberapa e-commerce dan toko kue menyediakan unsalted butter Westgold dalam bentuk repackaged dengan ukuran 500g dan 1kg dan dijual dengan harga sekitar 100.000 hingga 190.000.

7. Corman

Corman

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Corman merupakan salah satu brand yang menyediakan produk unsalted butter premium dengan persentase kandungan lemak susu yang berbeda-beda. Mereka juga memastikan bahan baku yang digunakan merupakan cream dengan kualitas terbaik agar konsistensi tekstur dan juga cita rasa butter tetap terjaga.

Jika merk unsalted butter sebelumnya rata-rata memiliki bentuk block, Corman menyediakan dalam bentuk sheet atau lembaran. Bentuk butter seperti ini akan memudahkan kalian untuk mendapatkan layered dough sempurna baik untuk puff pastry, croissant ataupun danish pastry.

Satu pack butter Corman ini terdiri dari 5 sheet unsalted butters dengan berat total 2kg. Dan satu pack unsalted butter premium Corman ini dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar 400.000.

8. Kerrygold

Kerrygold

Unsalted butter dari Kerrygold ini terbuat dari krim segar murni berkualitas premium yang dihasilkan dari sapi yang hanya diberi pakan rumput dan tidak diberi suntikan hormon. Dengan kandungan butterfat sebesar 82%, tekstur yang dihasilkan oleh butter ini creamy dan rasanya pun lezat.

Teksturnya yang sangat creamy, membuatnya dapat langsung dioleskan dengan mudah meskipun ia baru dikeluarkan dari kulkas. Unsalted butter ini dapat menghasilkan kue yang lembut, puff pastry yang renyah, buttercream yang lembut hingga garlic butter sauce yang lezat.

Sayangnya, merk unsalted butter dari Irlandia ini ditawarkan dengan harga yang mahal yaitu sekitar 100.000 untuk ukuran 227g.

9. Organic Valley

Organic Valley

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika kalian concern dengan bahan makanan organik, maka Organic Valley ini merupakan brand yang tepat untuk kalian. Berbeda dengan merk sebelumnya yang menyediakan regular unsalted butter, Organic Valley ini hadir dalam bentuk clarified butter atau ghee.

Ghee ini berasal dari dari organic unsalted butter dengan kadar lemak 80-84% yang dimasak hingga air dan milk solid-nya hilang, hingga yang tersisa hanya butterfat-nya saja. Dan karena proses memasak tersebut, ghee tidak mengandung laktosa dan kasein. Selain itu, proses memasak juga membuat rasa ghee menjadi lebih buttery dan aromanya pun lebih wangi.

Dan tentunya Ghee tetap dapat digunakan untuk menumis, memanggang ataupun untuk baking. Ghee dari Organic Valley tersedia dalam 2 ukuran yaitu 212g dan 368g yang dijual dengan harga sekitar 200.000-300.000. Organic Valley, sebenarnya menyediakan juga unsalted butter reguler, namun sayangnya ia belum tersedia di marketplace Indonesia.

10. Land O Lakes

Land O Lakes

Jika sedang membicarakan butter rasanya kurang lengkap jika kita tidak menyebutkan brand butter klasik asal Amerika ini. Unsalted butter dari Land O Lakers ini mengandung sweet cream murni yang sudah dipasteurisasi dengan kandungan lemak sebesar 80%. Land O Lakers juga menjamin setiap produk butter-nya berasal dari susu segar sehingga cita rasa butter-nya pun tak perlu dipertanyakan lagi.

Unsalted butter ini mampu menambah rasa buttery pada makanan tanpa menutup rasa asli dari makanan tersebut. Tidak hanya itu, banyak orang menyukai merk unsalted butter ini karena ia dapat andalkan untuk membuat kulit pie yang crusty serta membuat tekstur kue menjadi lebih ringan.

Itu dia sepuluh rekomendasi merk unsalted butter yang dapat digunakan untuk memasak dan juga membuat kue. Dari kesepuluh merk diatas kira-kira merk apa yang akan kalian masukan dalam daftar belanja? Share, jawaban kalian di kolom komentar ya! Dan selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *