bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Yuk, Intip 10 Rekomendasi Merk Ukulele yang Bagus

Yuk, Intip 10 Rekomendasi Merk Ukulele yang Bagus

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 18 Februari 2021

Suka bermain musik? Jenis alat musik satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk kamu. Yap, ukulele. Bentuknya yang mirip dengan gitar, ukulele memiliki ukuran yang lebih kecil. Alat musik asal Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879 ini, ternyata dapat menghasilkan suara yang tidak kalah merdu dari gitar, lho! Cara mainnya sama dengan gitar, yaitu dipetik.

Dalam dunia per-YouTube-an, banyak pula yang meng-cover lagu menggunakan ukulele. Tidak hanya itu, kini orang-orang di dunia musik semakin tertarik juga untuk belajar ukulele.

Jika gitar memiliki banyak jenis dan merek, ukulele pun memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, sampai pegs-nya. Ukulele mempunyai 5 jenis yang umum digunakan. Di antaranya ukulele jenis soprano, concert, dan tenor yang memiliki tuning sama, yaitu G-C-E-A. Sedangkan ukulele jenis baritone dan bass memiliki tuning yang berbeda.

Maka dari itu, pilihlah jenis ukulele yang sesuai dengan karakter musik dan kepribadian kamu. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan alat musik unyu satu ini, yuk cari tahu merek ukulele apa saja yang bagus di pasaran!

1. Ukulele Kala

Ukulele Kala

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dilansir dari laman resmi Kala, merek ini sudah ada sejak tahun 2005 dan menjadi salah satu produsen ukulele ternama di dunia. Sudah ada lebih dari 120 model ukulele dengan desain cutaway neck, yakni terdapat lekukan antara tubuh dan leher ukulele.

Tidak hanya untuk pecinta musik saja, Kala juga menyediakan ukulele untuk para pemula hingga untuk pemain professional. Dilihat dari harga, Kala mematok harga sesuai dengan kategori. Mulai dari Rp 1,6 juta untuk ukulele tipe KA-SEM Exotic Mahogany Soprano, hingga Rp 6,2 juta untuk ala KA-ASFM C-C Solid Flame Maple Concert Cutaway.

Bagusnya lagi, terdapat plug in jack untuk menghubungkan ukulele pada speaker sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih keras. Selain itu, ada pula build in tuner untuk mengatur nada senar sesuai dengan yang diinginkan.

2. Ukulele Donner

Ukulele Donner

* sumber: www.gotaukulele.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain menghasilkan alat musik ukulele, Donner juga menyediakan berbagai alat musik lainnya. Didirikan pada tahun 2012, Donner merupakan produsen ukulele yang berbeda dari lainnya. Ukulele milik Donner adalah ukulele bass listrik dengan tipe sederhana, tetapi memiliki desain yang unik, konstruksi kokoh, serta menghasilkan nada yang keras dan penuh.

Untuk satu ukulele Donner dibanderol dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 1,1 juta hingga Rp 1,4 juta. Dengan harga segitu kamu akan mendapat ukulele dengan kualitas yang cukup bagus. Tentunya akan menghasilkan nada yang merdu.

3. Ukulele Hricane

Ukulele Hricane

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produsen ukulele selanjutnya ialah Hricane. Terletak di Kota Huizhou, Provinsi Guangdong, Tiongkok, Hricane merupakan produsen ukulele independen yang sudah didirikan sejak 2004.

Uniknya, Hricane menyediakan ukulele dengan ukuran dan bahan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan konsumen. Ada pula ukulele yang terbuat dari kayu koa, kayu asli endemik khas Hawaii. Tentunya, suara yang dihasilkan akan mempunyai ciri khas tersendiri.

Meskipun terbuat dari kayu koa asli Hawaii, harga yang ditawarkan untuk satu buah ukulele Hricane tidak terlalu mahal. Kamu hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,9 juta saja.

4. Ukulele Lohanu

Ukulele Lohanu

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Q1oUmyi5u58

Cek Harga di Lazada

Masih dengan produsen ukulele dari luar negeri, kini kita beralih ke Kanada. Produsen ukulele satu ini memiliki filosofi dari namanya, yaitu love (cinta), ohana (kata Hawaii untuk menyebut keluarga), dan unity (persatuan).

Maka, Lohanu ingin setiap konsumen yang menikmati ukulele buatan mereka dapat merasakan cinta untuk keluarga, melalui suara dari nada-nada yang keluar dari ukulele. Berbeda dari ukulele lainnya, Lohanu sangat peduli pada konsumennya. Lohanu pun menyediakan garansi seumur hidup untuk ukulele dan aksesoris ukulele itu sendiri. Wah, menarik sekali, ya?

5. Ukulele Fender

Ukulele Fender

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi kamu pemilik tangan mungil, ukulele Fender sangat cocok untuk kamu genggam dan mainkan. Pasalnya, ukulele Fender memang memiliki ukuran kecil dan ramping, sehingga mudah untuk dimainkan. Ya, hal ini karena keunikannya yang dapat mengganti senar dengan lebih mudah. Kamu bisa lihat adanya no-tie bridge pada ukulele ini.

Suara yang dihasilkan juga unik, yaitu menghasilkan suara yang klasik. Untuk harga, tidak perlu khawatir. Masih sama seperti merek ukulele lainnya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 1,2 juta saja untuk satu ukulele. Siap bawa pulang ukulele Fender?

Baca juga: Jernih Berdenting, 8 Rekomendasi Merk Senar Gitar Terbaik

6. Xiaomi Smart Ukulele

Xiaomi Smart Ukulele

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika biasanya Xiaomi dikenal sebagai produsen ponsel pintar, kini Xiaomi juga menghasilkan ukulele juga, lho! Ialah Xiaomi Smart Ukulele yang bisa menghubungkan ukulele ke ponsel pintarmu melalui aplikasi Populele App.

Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu dapat mempelajari dan menguasai lagu-lagu yang bisa dimainkan dengan ukulele. Terdapat pula mode bermain untuk latihan dari level pemula hingga level professional. Uniknya lagi, pada beberapa bagian fret terdapat titik LED light yang menyala sebagai petunjuk senar mana yang harus dipetik. Wah, seru sekali, ya?

Dilihat dari mereknya, mungkin kamu berpikir ukulele satu ini memiliki harga yang mahal. Namun, jangan salah! Ternyata ukulele Xiaomi ini hanya dibanderol mulai dari harga Rp 1,1 jt saja. Cukup terjangkau, bukan?

7. Ukulele Kuya

Ukulele Kuya

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi kamu yang hobi bermain ukulele, merek satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Ukulele Kuya merupakan ukulele dengan bahan perpaduan antara kayu dan papan. Didesain dengan ukuran neck dan body yang lebih kecil, slim, dan ringan, ukulele Kuya dapat menghasilkan tone suara yang merdu.

Tidak hanya untuk dimainkan, ukulele Kuya juga cocok untuk menjadi sekadar pajangan di rumah karena desainnya yang unik dan warnanya yang beragam. Masalah harga tidak perlu khawatir. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau mulai dari Rp 630.000 hingga Rp 995.000 saja kamu sudah bisa membawa pulang satu ukulele Kuya.

8. Ukulele Yamaha

Ukulele Yamaha

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa tak kenal dengan merek satu ini? Yamaha memang sudah dikenal luas bahkan hingga seluruh dunia. Salah satu produk yang Yamaha hasilkan adalah ukulele. Memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama, ukulele Yamaha didesain dengan sederhana, pilihan warna yang menarik, serta memiliki 2 pilihan senar, yaitu 4 senar dan 6 senar.

Dilansir dari laman resmi Yamaha, ukulele buatan Yamaha dapat menghasilkan instrumen musik dengan string nilon skala 322 mm. Bentuknya yang mini dan ringan juga memudahkan kamu untuk membawa ukulele ini ke mana saja. Harga yang ditawarkan untuk satu ukulele Yamaha cukup terjangkau. Mulai dari Rp 480.000 hingga Rp 690.000 saja.

9. Ukulele Zebra

Ukulele Zebra

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ukulele satu ini dipercaya memiliki kualitas terbaik dengan menghasilkan suara yang mengagumkan. Didesain dengan konstruksi yang baik, ukulele zebra terbuat dari kayu dengan fondasi lebih tahan lama dibanding lainnya.

Tidak usah risau dengan harga ukulele Zebra. Untuk satu ukulele, dibanderol mulai dari harga Rp 595.500 hingga Rp 625.000, kamu sudah bisa membawa pulang satu ukulele jenis sapele wood dengan jenis ukulele tenor.

10. Ukulele Mahalo

Ukulele Mahalo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Terakhir ada ukulele yang sudah pasti dikenal banyak pemain ukulele dan laris di seluruh dunia, ialah ukulele Mahalo. Bentuknya yang sangat tradisional dan unik, menjadikan ukulele satu ini banyak diminati para pemula.

Terdapat berbagai tipe ukulele Mahalo, di antaranya seri kahiko, kahiko plus, rainbow, u- smile, art, creative, designer, hano, java, custom, laser engraved, dan bass yang bisa menghasilkan suara indah, seimbang, keras, dan merdu.

Dilengkap dengan senar aquila, ukulele Mahalo dijual dengan harga mulai Rp 320.000 hingga Rp 620.000 saja. Cukup murah, bukan?

Nah, itulah 10 rekomendasi merek ukulele yang bagus, berkualitas, dan laris di pasaran. Setiap merek di atas mempunyai daya tarik sendiri dan kelebihan dari ukulele mereka. Sudah tentukan ukulele mana yang akan kamu beli? Semoga artikel ini membantu kamu dalam memilih ukulele, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram