Bacaterus / Minyak Zaitun / 10 Merk Truffle Oil Terbaik untuk Menambah Cita Rasa Masakan

10 Merk Truffle Oil Terbaik untuk Menambah Cita Rasa Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah tahukah kamu bahwa dalam masakan terdapat jenis minyak truffle oil? Truffle oil adalah minyak zaitun yang diberikan aroma truffle. Truffle sendiri adalah salah satu jamur yang berbentuk bongkahan kecil, tebal, aroma mewah, serta mahal. Alasan jamur ini mahal karena budidaya yang cukup sulit dilakukan. Selain itu, kemampuannya yang bisa menambah cita rasa masakan.

Tertarik? Sebelum mengetahui merk truffle oil yang bisa menambah cita rasa masakanmu versi Bacaterus, kamu perlu tahu dulu jenis jamur truffle yang ada di dunia dan bagaimana cara mengkonsumsinya. Jangan lupa juga baca artikel 10 Jenis Jamur yang Enak dan Bisa Dimakan.

Black Truffle vs White Truffle

Jamur truffle

* sumber: www.healthline.com

Ada dua jenis truffle di dunia, yaitu black truffle dan white truffle. Black truffle berasal dari Perancis dan merupakan barang mewah. Cara mengkonsumsi black truffle dengan cara diiris lalu disantap langsung atau dipanaskan lebih dulu. Nah, black truffle sering disebut dengan black diamond.

Akan tetapi, black truffle ada juga yang berasal dari China. Aromanya tentu berbeda dari black truffle yang berasal dari Perancis. Dari segi harga pun lebih murah black truffle yang berasal dari China.

Sedangkan white truffle berasal dari Italia dengan aroma yang kuat. Cara mengkonsumsi white truffle adalah cukup diiris mentah saja. Aromanya tentu lebih kuat white truffle daripada black truffle.

Merk Truffle Oil untuk Menambah Cita Rasa Masakan

Setelah mengetahui dua jenis truffle yang ada di dunia, saatnya menjelajah merk truffle oil yang bisa menambah cita rasa masakan versi Bacaterus.

1. Turci Firenze Cold Pressed

Turci Firenze Cold Pressed

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari truffle oil praktis dan mudah dipakai, bisa memilih merk Turci Forenze Cold Pressed. Minyak truffle satu ini dikemas dalam bentuk botol spray. Jadi kamu tinggal menyemprotkan ke bahan masakan yang akan kamu olah, seperti daging, kentang, makanan laut, sampai pasta.

Truffle yang digunakan dalam Turci Forenze Cold Pressed adalah white truffle sebesar 51% lalu ditambahkan dengan minyak bunga matahari serta rasa tambahan. Dalam ukuran 40 ml, kamu bisa menyemprotkan sampai 200 kali semprotan. Jenis truffle oil ini cukup aman digunakan karena GMO free.

2. La Tourangelle White Truffle Infused Oil

La Tourangelle White Truffle Infused Oil

* sumber: latourangelle.com

La Tourangelle bisa juga dijadikan pilihan merk minyak truffle untuk digunakan di rumah. Minyak ini dikemas dalam ukuran 250 ml. Jenis truffle yang digunakan adalah white truffle dari Italia yang didapat menggunakan teknik infused bersama minyak bunga matahari.

Kamu bisa menggunakan minyak truffle ini untuk salad dressing, cocolan makanan, taburan roti maupun pasta. Bahkan mengaplikasikan minyak truffle ini untuk garnish pada makanan bisa juga dilakukan.

3. Appennino

Appennino

* sumber: luxofood.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari seasoning untuk menambah rasa dalam sayuran, minyak truffle merk Appennino bisa dijadikan pilihan. Appennino paling cocok ditaburi pada sayuran seperti kentang, asparagus, wortel, tomat lalu di baked. Yum! Lalu sandingkan dengan makanan utama yang kamu sukai.

Appennino memiliki dua jenis minyak truffle. Ada yang terbuat dari black truffle, ada pula yang terbuat dari white truffle. Untuk Appennino White Truffle ini aromanya memang lebih kencang dari jenis black truffle tapi tidak membuat sayuran kehilangan rasa aslinya.

4. Urbani

Urbani

* sumber: luxofood.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lebih menyukai truffle oil yang diproses menggunakan minyak zaitun, kamu bisa memilih merk Urbani. Merk yang berasal dari Italia ini menyajikan minyak truffle menggunakan white truffle dan black truffle. Kelebihan lain dari Urbani adalah produk ini bisa tetap terjaga kualitasnya walau sudah dibuka dalam waktu lama.

Bila kamu menggunakan Urbani Black Truffle Oil, masakanmu akan memiliki aroma khas yang menambah selera makan. Cukup gunakan satu sendok teh ke dalam spaghetti, daging atau roti. Sedangkan Urbani White Truffle Oil bisa kamu gunakan untuk olahan daging dan ikan.

5. Viander

Viander

* sumber: luxofood.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Viander White Truffle Oil adalah merk yang bisa kamu pilih untuk membuat makananmu lebih keluar rasanya dengan aroma white truffle yang cukup kencang. Kamu bisa menambahkan minyak ini ke semua makanan yang disukai. Minyak truffle ini berasal dari Italia dan menggunakan minyak zaitun di dalamnya.

6. Pietro Coricelli

Pietro Coricelli

* sumber: dentistvschef.wordpress.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Nama Pietro Coricelli cukup sering terlihat produknya di supermarket di Indonesia. Apalagi bila kamu sering membeli Extra Virgin Olive Oil atau Extra Light Olive Oil. Merk ini bisa jadi merk yang bisa diandalkan kualitasnya dalam perminyakan untuk menambah cita rasa masakan. Itu karena Pietro Coricelli sudah muncul sejak 1939.

Pietro Coricelli juga mengeluarkan Truffle Oil yang berasal dari black truffle. Esensi black truffle dicampur dengan extra virgin olive oil untuk dijadikan sentuhan akhir dalam menghidangkan makanan. Coba saja tuangkan sedikit minyak ini ke dalam hidangan, yum!

7. La Chinata

La Chinata

* sumber: www.jamonshop.es

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Menyukai rasa manis pada hidangan masakanmu? Kamu perlu mencoba minyak truffle satu ini. La Chinata Truffle Flavoured adalah minyak truffle yang memiliki aroma khas dengan sentuhan rasa manis sehingga masakanmu akan lebih lezat.

La Chinata Truffle Flavoured menggunakan black truffle kering yang dicampur dengan extra virgin olive oil. Tambahkan pada masakanmu akan membuatmu serasa sedang makan malam romantis yang mewah.

8. Plantin

Plantin

* sumber: rareteacellar.com

Cek Harga di Shopee

Beberapa merk cenderung memberikan pilihan pada white truffle atau black truffle, berbeda dengan Plantin. Plantin memberikan pilihan padamu dalam memilih minyak truffle dengan penggunaan minyaknya, yaitu minyak bunga matahari atau extra virgin olive oil.

Keduanya sama-sama menginfus minyak dengan aroma white truffle untuk memberikan rasa sedap pada masakan. Bila kamu ingin memberikan sentuhan akhir pada salad, seafood, atau daging bisa memberikan Plantin White Truffle Sunflower Oil.

Sedangkan Plantin White Truffle Extra Virgin Olive Oil paling baik bisa digunakan untuk tambahan rasa pada pasta keju, risotto, mashed potato sampai daging. Serunya, minyak truffle keluaran Plantin ini adalah gluten free. Jadi bisa dikonsumsi oleh para vegan.

9. Geofoods

Geofoods

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selama lebih dari 20 tahun, Geofoods sudah memberikan pembuktian maksimal dalam memberikan minyak truffle yang berkualitas tinggi. Saat kamu membuka kemasan, aroma truffle menyeruak ke permukaan. Nah, kalau kamu bingung mencari hadiah untuk teman yang suka memasak, Geofoods Tartuo Bianco Truffle Oil bisa dijadikan pilihan.

10. Casa Rinaldi

Casa Rinaldi

* sumber: shopee.co.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sejatinya menambahkan aroma kayu pada makanan bisa meningkatkan indera penciuman dan selera makan. Casa Rinaldi menggunakan teknik ini dalam memproduksi minyak truffle. Kamu bisa menambahkan Casa Rinaldi pada pasta, salad, roti atau sup untuk membuatnya makin nikmat.

Dari 10 rekomendasi merk truffle oil di atas, kira-kira mana yang bisa membantumu meningkatkan serta menambah cita rasa masakan? Jangan ragu untuk bagikan ceritamu pada kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *