Bacaterus / Tepung Terigu / 16 Merk Tepung Terigu yang Bagus untuk Aneka Masakan

16 Merk Tepung Terigu yang Bagus untuk Aneka Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di antara berbagai jenis tepung yang dijual di Indonesia, mulai dari tepung tapioka, tepung sagu, sampai dengan tepung terigu, yang paling populer adalah tepung terigu. Pasalnya, terigu adalah jenis tepung yang paling sering digunakan untuk membuat makanan, terutama kue dan gorengan. Oleh karena itu, untuk menemukan merk tepung terigu yang bagus tidak sesulit ketika mencari tepung maizena yang bagus.

Mengenal Perbedaan Kadar Protein Tepung Terigu

Tepung terigu atau yang dalam bahasa Inggris disebut wheat flour, berasal dari biji gandum yang mengandung karbohidrat, serat, dan juga protein. Kadar protein inilah yang membedakan jenis-jenis tepung terigu dan juga memengaruhi manfaatnya. Kadar protein dalam terigu pun dibedakan menjadi tiga, yaitu terigu dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Lantas, apakah perbedaannya?

1. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu dengan kadar protein rendah biasanya digunakan untuk membuat penganan yang bersifat renyah, ringan, atau crunchy seperti halnya kue kering atau cookies, biskuit, atau juga gorengan. Hal ini disebabkan karena tepung terigu berprotein rendah hanya mengandung protein di bawah 11% saja sehingga dengan kadar gluten yang rendah, terigu jenis ini memiliki daya serap terhadap air yang sangat sedikit dan tingkat elastisitas yang rendah pula.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Dengan kadar protein sekitar 11%-13%, terigu kategori ini bisa dibilang tepung yang paling fleksibel untuk membuat berbagai makanan. Sebut saja untuk kue kering yang bertekstur nanggung seperti nastar atau kastengel, campuran tepung ini tentu sangat cocok digunakan. Atau untuk campuran adonan kue-kue bertekstur lebih lembut dan elastis seperti pancake, martabak dan kue-kue basah, juga bisa menggunakan tepung terigu berprotein sedang.

3. Tepung Terigu Protein Tinggi

Semakin tinggi kadar protein tepung terigu, maka akan semakin tinggi pula kadar gluten yang dihasilkan sehingga tekstur makanan menjadi kenyal dan elastis. Dengan kadar protein antara 13%-14 %, tepung terigu protein tinggi cocok untuk membuat makanan seperti mie dan roti.

Merk Tepung Terigu Protein Tinggi

Ada banyak merk tepung terigu yang dijual di Indonesia. Akan tetapi, Anda harus cermat dalam memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan. Nah, jika Anda bingung memilih tepung terigu yang bagus dengan kadar protein sesuai kebutuhan maka Bacaterus sudah merangkum merk tepung terigu berprotein tinggi terbaik di Indonesia ini. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Nippon Komachi

https://invol.co/aff_m?offer_id=100730&aff_id=117891&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fsearch%3Fkeyword%3Dterigu%2520nippon%2520komachi&source=deeplink

  • Produsen: Nippon Flour Mills Co., Ltd. – Jepang
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 13% – 14%
  • Cocok untuk: Membuat roti, donat, dan makanan lain yang melibatkan ragi sebagai salah satu bahannya
  • Benefit: Tekstur tepung halus. Produk diimpor langsung dari Jepang. Menghasilkan roti yang halus, empuk, dan tahan lama.

Cek Harga di Shopee

Nippon Komachi adalah tepung terigu berprotein tinggi yang banyak digunakan oleh para pengusaha makanan. Tepung dengan kualitas impor ini sangat cocok untuk dipakai membuat adonan yang membutuhkan ragi.

Mengingat tepung terigu ini berkualitas premium, maka tekstur tepungnya pun sangat halus. Bahkan, kalau kamu mencoba membuat roti dengan Nippon Komachi, dijamin hasil rotinya akan empuk dan lembut seperti layaknya roti-roti yang dijual di toko.

2. Sriboga: Tali Emas

Sriboga Tali Emas (1)

  • Produsen: PT Sriboga Flour Mill
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 11,4%
  • Cocok untuk: Membuat roti manis atau roti tawar
  • Benefit: Tepung dengan tekstur yang bersih, halus, dan putih. Bisa dipakai untuk menghasilkan roti yang empuk dengan pori-pori yang nampak konsisten.

Cek Harga di Shopee

Tepung terigu yang diproduksi di dalam negeri juga tak kalah berkualitas. Kali ini, ada Tali Emas yang juga termasuk tepung terigu tinggi protein. Tepung ini akan menghasilkan roti yang lembut dengan tekstur yang sangat pas.

Dilihat dari segi rupa, Tali Emas adalah tepung dengan tekstur yang bersih, halus, dan putih. Percayakan semua resep roti atau kue yang membutuhkan proses pengembangan adonan secara cepat pada tepung terigu Tali Emas.

3. Bakerstar Hijau

Bakerstar Hijau

  • Produsen: PT Cerestar Flour Mills
  • Ukuran: 1 kg (Repack), 25 kg
  • Kandungan Protein: 13%
  • Cocok untuk: Membuat berbagai jenis roti
  • Benefit: Fleksibel untuk dipakai membuat aneka jenis roti. Tekstur dan kualitas tepung bagus. Dapat menghasilkan roti dengan tampilan yang cantik.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk tepung terigu yang satu ini sudah cukup populer di kalangan bakery dan pastry. Ya, apalagi jika bukan Bakerstar Hijau. Apabila kamu memerlukan tepung terigu berkualitas baik dengan protein yang tinggi, maka Bakerstar varian hijau adalah pilihan yang tepat.

Dengan Bakerstar Hijau, kamu dapat membuat aneka jenis roti dengan tekstur yang sempurna. Tak hanya dari segi tekstur saja, tampilan roti yang dihasilkan dari adonan yang dicampur dengan tepung ini juga nampak sangat menggoda.

4. Bogasari: Cakra Kembar

Cakra Kembar

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 13%
  • Cocok untuk: Membuat semua jenis roti, mie, roti burger (bun), martabak telur, dan masih banyak lagi
  • Benefit: Mudah diperoleh di pasaran. Tidak hanya cocok untuk membuat roti, tapi bisa juga dipakai untuk membuat mie.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tahukah Anda bahwa bukan cuma kue dan cake saja yang mengandalkan tepung terigu sebagai bahan utamanya? Ternyata roti dan mie juga terbuat dari tepung terigu. Oleh karena itu, Bacaterus juga merekomendasikan Cakra Kembar sebagai tepung terigu yang cocok untuk membuat roti dan mie.

Produk ini cocok untuk membuat roti, donat, burger, mie, dan martabak telur. Segala jenis makanan yang kami sebutkan tersebut pasti rasanya akan lebih lezat jika diolah menggunakan tepung Cakra Kembar. Yang membuat tepung ini sangat cocok untuk mengolah roti dan mie adalah kadar protein di dalamnya yang cukup tinggi.

Cakra Kembar tersedia dalam kemasan 1 kg sampai dengan 25 kg. Anda bisa membeli tepung terigu ini secara online atau di mini market dan supermarket terdekat.

5. Bungasari: Golden Eagle

Bungasari Golden Eagle

  • Produsen: Bungasari Flour Mills
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 13%
  • Cocok untuk: Membuat roti dan mie
  • Benefit: Bisa diandalkan untuk membuat roti dan mie. Mie yang dibuat dengan tepung ini tidak mudah hancur dan teksturnya pas.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk membuat roti yang berkualitas, kamu memerlukan tepung terigu yang kualitasnya juga baik. Nah, salah satu syarat agar adonan roti bisa mengembang dengan sempurna saat dipanggang adalah dengan menggunakan tepung terigu berprotein tinggi. Bungasari: Golden Eagle adalah tepung terigu protein tinggi yang akan kami rekomendasikan.

Produk ini tak hanya kompatibel untuk adonan roti saja, tapi bisa juga untuk membuat mie. Mie yang dibuat dengan tepung terigu Golden Eagle ini hasilnya nampak kenyal, sempurna, dan tidak mudah hancur.

6. Sriboga: Hime

Sriboga Hime

  • Produsen: PT Sriboga Flour Mill
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 12% – 13,5%
  • Cocok untuk: Membuat pastry ala Eropa atau pizza
  • Benefit: Dirancang khusus untuk membuat pastry dan bakery yang memerlukan protein tinggi. Bahkan, adonan dari tepung ini cocok dipanggang di dalam perapian tradisional (seperti perapian untuk memanggang pizza) atau oven modern.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi kamu yang hobi membuat kue, tentu kamu sudah tahu bahwa beberapa jenis kue dan roti memerlukan terigu dengan kadar protein yang tinggi. Sriboga: Hime hadir untuk memenuhi kebutuhanmu yang mencari tepung terigu dengan kualitas terbaik.

Sriboga: Hime sangat cocok dipakai untuk membuat adonan pastry khas Eropa, seperti croissant, baguette, sampai dengan pizza tradisional. Jika kamu menggunakan perapian tradisional untuk membuat pastry atau roti khas Eropa tersebut, maka tepung ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Meskipun demikian, kamu pun tetap bisa mengandalkan tepung terigu Sriboga: Hime untuk membuat roti maupun pastry yang dipanggang di dalam oven modern kok.

Merk Tepung Terigu Protein Sedang

Selanjutnya, ada beberapa merk tepung terigu berprotein sedang yang akan kami rekomendasikan di sini. Simak daftarnya berikut ini, ya!

1. Segitiga Biru

Segitiga Biru Merk Tepung Terigu yang Bagus

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 11% – 12,5%
  • Cocok untuk: Membuat kue kering, biskuit, cake, sampai dengan krupuk
  • Benefit: Merk yang sudah terkenal. Kualitas tepung sudah tidak perlu diragukan lagi. Dapat dipakai untuk membuat kue kering yang gurih dan renyah.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Nama Segitiga Biru dikenal sebagai merk tepung terigu yang bagus dan serbaguna di Indonesia. Tepung terigu kualitas premium ini diproduksi oleh Bogasari. Disebut sebagai terigu serbaguna karena Segitiga Biru termasuk terigu yang mengandung kadar protein yang sedang, sehingga cocok untuk membuat berbagai jenis makanan.

Beberapa jenis makanan yang bisa diolah menggunakan Segitiga Biru adalah aneka kue, pastry, martabak manis, kue basah atau tradisional, dan masih banyak lagi. Sejak puluhan tahun yang lalu tepung terigu Segitiga Biru sudah dipercaya sebagai tepung yang dimanfaatkan untuk mengolah berbagai jenis makanan yang lezat.

2. Sriboga: Beruang Biru

Sriboga Beruang Biru

  • Produsen: PT Sriboga Flour Mill
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 11%
  • Cocok untuk: Membuat donat, cake, brownies, dan gorengan
  • Benefit: Harga ekonomis, tapi memiliki kualitas dan fungsi yang sangat baik.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Yang satu ini adalah tepung terigu yang juga laris di Indonesia. Adalah Sriboga: Beruang Biru yang merupakan tepung terigu ekonomis tapi kualitasnya tidak kalah dengan merk tepung terigu lainnya. Sriboga: Beruang Biru sangat cocok dipakai untuk membuat donat, cake, brownies, dan gorengan.

Apabila saat ini kamu sedang mencari tepung dengan kandungan protein sedang, maka pilih antara Bogasari Segitiga Biru atau Sriboga Beruang Biru yang lebih ekonomis.

3. Sania

Sania

  • Produsen: PT Wilmar Nabati Indonesia
  • Ukuran: 1 kg
  • Cocok untuk: Membuat roti, martabak, kue, mie, muffin, cake, bakpia, jajanan pasar, dan masih banyak Kandungan Protein: 10% – 11%
  • lagi

Benefit: Tepung terigu dengan protein sedang yang serbaguna dan bisa dipakai untuk membuat apapun

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukankah Sania adalah merk minyak goreng yang cukup terkenal di Indonesia? Selain memproduksi minyak goreng, ternyata Sania juga memproduksi tepung terigu serbaguna. Jika Anda ingin mencari tepung terigu yang tidak mengandung protein tinggi maupun rendah, tepung terigu Sania ini adalah pilihan yang tepat.

Tekstur tepung Sania ini halus dan putih sehingga tidak perlu disaring berkali-kali. Yang paling penting, produk ini bisa diolah menjadi berbagai makanan, mulai dari roti, kue, donat, mie, dan masih banyak lagi. Saat ini, Sania Tepung Terigu bisa diperoleh di toko bahan kue atau secara online.

4. Bungasari: Bola Salju

Bungasari Bola Salju (1)

  • Produsen: Bungasari Flour Mills
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 10% – 12%
  • Cocok untuk: Membuat martabak, lapis Surabaya, donat, brownies, soes kering, dan masih banyak lagi
  • Benefit: Tepung terigu dengan protein sedang yang serbaguna dan bisa dipakai untuk membuat apapun.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Percayakan kebutuhan tepung terigu protein sedang pada tepung cap Bola Salju. Terigu yang diproduksi oleh Bungasari tergolong laris di pasaran. Kadar protein yang hanya 10% – 12% membuat orang banyak memilih produk ini.

Lantas, apa yang bisa dibuat dengan tepung terigu Bola Salju? Kamu bisa membuat martabak, lapis Surabaya, donat, brownies, soes kering, dan masih banyak lagi.

Merk Tepung Terigu Protein Rendah

Butuh rekomendasi tepung terigu yang kadar proteinnya rendah? Cek beberapa merk tepung terigu protein rendah berikut ini.

1. Kunci Biru

Kunci Biru

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 8% – 9%
  • Cocok untuk: Membuat cake, kue kering, dan biskuit
  • Benefit: Kandungan protein yang rendah membuat kue kering menjadi lebih renyah dan gurih jika adonannya dibuat dengan produk ini.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sejatinya Segitiga Biru adalah tepung terigu serbaguna yang bisa dipakai untuk mengolah kue kering. Akan tetapi, kue kering buatan Anda akan terasa lebih lezat jika Anda menggunakan tepung terigu rendah protein, seperti Kunci Biru. Produk ini juga termasuk rangkaian tepung terigu dari Bogasari.

Kualitas tepung Kunci Biru memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Manfaatkan tepung terbaik ini untuk membuat kue kering, biskuit, cake, dan krupuk. Tentu saja segala kue yang Anda buat dengan Kunci Biru pasti rasanya sangat lezat. Apalagi produk-produk tepung terigu Bogasari juga sudah bersertifikasi halal.

2. Kotobuki

Kotobuki

  • Produsen: Nippon Flour Mills Co., Ltd. – Jepang
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 6% – 8%
  • Cocok untuk: Membuat kue kering atau makanan dengan tekstur renyah lainnya
  • Benefit: Tekstur tepung halus. Produk diimpor langsung dari Jepang. Dapat dicampur ke dalam adonan untuk kue kering, biskuit, sampai pizza.

Satu pabrik dengan Nippon Komachi, tepung terigu merk Kotobuki ini memiliki kandungan protein yang lebih rendah. Kualitas produk ini sama bagusnya dengan Nippon Komachi. Perbedaan hanya terletak pada kandungan proteinnya saja.

Jika selama ini kamu gagal saat membuat kue kering karena rasanya kurang renyah, saatnya mengganti tepun terigu yang biasa kamu pakai dengan tepung merk Kotobuki ini. Dijamin, semua kue kering atau biskuit yang kamu buat bakal jadi lebih crispy.

3. Sriboga: Pita Merah

Sriboga Pita Merah (1)

  • Produsen: PT Sriboga Flour Mill
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 7% – 8%
  • Cocok untuk: Membuat donat, cake, brownies, dan gorengan
  • Benefit: Tepung terigu rendah protein yang mampu membuat hasil kue kering, krupuk, atau makanan lain tetap renyah. Mudah diperoleh di pasaran.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pita Merah masuk dalam daftar tepung terigu rendah protein. Semua jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung ini sudah pasti rasanya nikmat. Walaupun produk dalam negeri, Sriboga: Pita Merah tetap menjadi best-selling di Indonesia.

Pita Merah adalah tepung serbaguna yang bisa dipakai untuk membuat aneka jenis makanan. Beberapa makanan yang cocok dibuat dengan menggunakan adonan dari tepung terigu Pita Merah adalah kue kering, krupuk, dan gorengan. Anda bisa membeli tepung terigu Pita Merah ini di toko atau supermarket terdekat dan bisa juga secara online.

4. Bungasari: Hana Emas

Bungasari Hana Emas

Lengkapi semua resep cookies dan pastry yang hendak dibuat dengan tepung terigu Bungasari: Hana Emas. Tepung lokal dengan kualitas yang baik ini sudah terjamin kualitasnya. Warna tepungnya pun jernih dan teksturnya tidak mudah menggumpal ketika dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

5. Lencana Merah

Lencana Merah

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 8% – 9%
  • Cocok untuk: Membuat gorengan dan jajan pasar
  • Benefit: Menghasilkan makanan yang lebih garing dan renyah, terutama untuk makanan yang digoreng.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Apakah Anda termasuk orang yang sering membuat makanan yang garing dan renyah, seperti gorengan dan krupuk? Jika iya, tepung terigu Lencana Merah dari Bogasari ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda. Lencana Merah adalah merk tepung terigu yang bagus dan mengandung protein lebih rendah dibanding tepung terigu Kunci Biru. Kandungan protein di dalam produk ini hanya 11% saja.

Tepung ini bisa menghasilkan makanan yang lebih garing dan renyah sehingga cocok sekali untuk membuat makanan yang digoreng. Sama seperti ketiga tepung terigu Bogasari sebelumnya, Lencana Merah juga tersedia dalam kemasan 1 kg dan 25 kg.

6. Bogasari: Cap Payung

Bogasari Cap Payung

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
  • Ukuran: 1 kg, 25 kg
  • Kandungan Protein: 8% – 9%
  • Cocok untuk: Membuat gorengan dan jajan pasar
  • Benefit: Menghasilkan makanan yang lebih garing dan renyah, terutama untuk makanan yang digoreng.

Cek Harga di Shopee

Kita semua tahu bahwa tepung terigu tidak hanya bisa dipakai untuk membuat roti, kue, dan mie. Beberapa jenis masakan yang digoreng juga menggunakan tepung terigu, seperti tempura atau gorengan. Untuk membuat makanan gorengan jadi lebih lezat dan renyah, gunakan tepung terigu yang rendah protein, seperti Cap Payung.

Kriteria tepung ini cocok untuk dipakai membuat gorengan, cookies, dan krupuk. Namun, jika Anda ingin membuat kue yang membutuhkan tepung terigu rendah protein, Anda bisa turut menggunakan tepung terigu Cap Payung.

Inilah merk tepung terigu yang bagus dan terlaris di Indonesia. Jika selama ini Anda bingung membedakan tepung terigu saat memasak, ulasan di daftar ini sekiranya dapat memberi Anda pencerahan untuk memilih tepung terigu yang tepat untuk masakan Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. mau nanya mbak….
    tepung untuk pembuatan lumpia kering sebaiknya memakai tepung apa ya…
    trims b4

    1. Hai, bisa coba segitiga biru 🙂

  2. Alhamdulillah.. jadi tau deh kalau mau pilih terigu protein rendah itu yang manaa..
    Jazakillahu khaira

  3. untuk pembuatan donat yang paling ekonomis tapi tetep bagus pake tepung apa ya kak ? makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *