Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 10 Merk Tepung Tapioka yang Bagus dan Berkualitas

10 Merk Tepung Tapioka yang Bagus dan Berkualitas

Banyak yang bertanya-tanya mengenai perbedaan tepung tapioka dan tepung maizena. Jika tepung maizena terbuat dari biji jagung, tepung tapioka ini terbuat dari singkong. Manfaat tepung tapioka adalah menambah kekenyalan makanan. Alhasil, sampai saat ini tepung tapioka masih dipakai sebagai bahan pembuatan siomay, bakso, dan aneka kue basah.

Seperti yang sudah bisa Anda tebak, Bacaterus akan memberikan informasi seputar pilihan merk tepung tapioka yang bagus dan berkualitas. Ada beberapa merk tepung tapioka yang dijual bebas di Indonesia. Jadi, Anda hanya perlu memilih salah satu yang kami sebutkan di dalam daftar ini. Cek daftarnya berikut ini.

10 Merk Tepung Tapioka yang Bagus

1. Rose Brand

Rose Brand Merk Tepung Tapioka yang Bagus

Siapa yang tidak mengenal Rose Brand? Merk tepung tapioka yang bagus ini sudah menjadi brand nomor satu di Indonesia. Tepung ini banyak dipakai untuk keperluan memasak dan membuat kue di dalam rumah tangga atau industri.

Kualitas tepung tapioka Rose Brand memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa membuat aneka kue dan masakan dengan tekstur yang lebih kenyal atau kental dengan menggunakan produk ini. Selain itu, produk tepung dari Rose Brand memang sangat mudah diperoleh. Anda bisa mendapatkan tepung tapioka Rose Brand di toko bahan-bahan kue atau situs belanja online lokal.

2. Gunung Agung

Gunung Agung

Bagi Anda yang membutuhkan tepung tapioka berkualitas super yang dapat mengenyalkan makanan atau membuat tekstur masakan menjadi lebih kental, gunakan tepung tapioka cap Gunung Agung. Meskipun tidak sepopuler Rose Brand, tepung tapioka Gunung Agung ini memiliki kualitas yang sama.

Tekstur tepungnya juga halus dan tidak menggumpal sehingga mudah dicampur ke dalam berbagai masakan atau adonan kue tanpa perlu diayak kembali. Di samping itu, harga tepung tapioka Gunung Agung ini cukup terjangkau.

3. Pak Tani Gunung

Pak Tani Gunung

Ada banyak merk tepung tapioka yang bagus dan bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah tepung tapioka Pak Tani Gunung. Produk ini terbuat dari singkong pilihan yang diolah dengan teknologi modern dan higienis. Selain itu, tepung tapioka ini juga dikemas dalam plastik rapat untuk menjaga kesegaran tepungnya sampai dipakai untuk memasak.

Tepung tapioka Pak Tani Gunung bisa ditambahkan pada adonan kue basah, masakan, dan berbagai macam hidangan yang memerlukan tambahan tepung tapioka. Tak hanya itu saja, merk tepung tapioka Pak Tani Gunung ini juga sudah terkenal di Nusantara. Banyak masyarakat Indonesia yang mempercayakan aneka hidangannya pada produk ini. Anda bisa membelinya melalui Lazada di link ini.

4. Tjap Orang Tani

Tjap Orang Tani

Liauw Liong Pit atau yang dikenal dengan nama Tepung Tapioka Tjap Orang Tani merupakan tepung tapioka yang sudah dipasarkan sejak puluhan tahun yang lalu. Kualitas produk yang satu ini memang sangat terkenal. Bahkan, tepung ini sudah membantu untuk mengenyalkan tekstur makanan sejak zaman orang tua atau kakek-nenek kita.

Ciri khas dari tepung ini adalah halus, lembut, dan tidak menggumpal. Penggunaan tepung ini juga tidak perlu terlalu banyak karena sedikit saja sudah bisa mengenyalkan tekstur makanan. Namun, Anda harus waspada karena banyak tiruan dari tepung tapioka Tjap Orang Tani yang beredar di pasaran.

5. Tirta Kencana Cap Pak Tani

Tirta Kencana Cap Pak Tani

Sebelum membeli tepung tapioka perlu Anda cermati bahwa ada beberapa merk tepung yang gambar di kemasannya sama. Contohnya seperti tepung tapioka Tirta Kencana Cap Pak Tani. Tepung ini juga mengusung logo petani pada kemasannya sama dengan merk Tjap Orang Tani dan Pak Tani Gunung.

Akan tetapi, jika diperhatikan pose dan tampilan petani dalam kemasan tiga produk ini berbeda-beda. Alhasil, Anda sendiri lah yang harus menentukan produk yang tepat. Tirta Kencana Cap Pak Tani merupakan tepung tapioka yang juga sering dipakai oleh ibu rumah tangga maupun industri makanan. Produk ini juga sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI dan izin dari DEPKES RI.

6. Gajah Mas Jaya

Gajah Mas Jaya

Jika ditelusuri lebih dalam ternyata banyak merk tepung tapioka yang bagus selain Rose Brand. Salah satu produk tepung tapioka yang bisa kita temukan di pasaran adalah Gajah Mas Jaya. Tepung tapioka yang mengusung logo bergambar gajah ini dikemas dalam kemasan 500 gram sehingga lebih cocok dipakai untuk memasak secara personal di dalam rumah tangga.

Walaupun tidak sepopuler Rose Brand, tepung tapioka Gajah Mas Jaya ini bisa mengenyalkan makanan tanpa mengubah cita rasa aslinya. Di samping itu, produk ini juga sudah dijual di toko bahan-bahan kue atau situs jual beli online lokal.

7. Cap Bunga Melati

Cap Bunga Melati

Di antara begitu banyak pilihan merk tepung tapioka yang dijual di pasaran, ternyata tepung tapioka Cap Bunga Melati dipasarkan dengan harga yang paling ekonomis. Meskipun demikian produk ini tetap memiliki kualitas yang baik. Jika ingin mengenyalkan tekstur makanan seperti kue basah atau bakso, produk ini dapat diandalkan.

Selain tekstur tepungnya yang halus dan tidak menggumpal, ternyata tepung ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang belum pernah Anda masak sebelumnya. Keunggulan tepung ini adalah harganya yang terjangkau dan memang kualitasnya yang cukup baik dalam mengenyalkan hidangan.

8. Rumah Kelinci

Rumah Kelinci

Lengkapi kelezatan hidangan yang Anda buat dengan menambah kekenyalannya menggunakan tepung tapioka. Salah satu produk tepung tapioka yang cukup terkenal di kalangan pembuat kue adalah Rumah Kelinci. Tepung ini akan membuat makanan jadi lebih kenyal secara pas.

Aneka somay, bakso, kue basah, sampai dengan cilok bisa dibuat dengan mengandalkan tepung tapioka Rumah Kelinci ini. Produk ini tersedia dalam kemasan ½ kilogram dan 1 kilogram. Pilih saja kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Mahkota “Dollar”

Mahkota Dollar

Tahukah Anda bahwa proses pembuatan tepung tapioka adalah dengan menjemur air pati singkong sampai kering dan menjadi tepung? Merk tepung tapioka yang bagus sejatinya sudah diolah melalui proses penjemuran sampai benar-benar kering.

Mahkota “Dollar” adalah merk tepung tapioka yang 100% dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Proses penjemuran yang alami inilah yang membuat cita rasa tepung tapioka Mahkota “Dollar” dapat membuat hidangan jadi lebih lezat.

10. Bob’s Red Mill

Bob’s Red Mill

Satu-satunya merk tepung tapioka impor yang ada di dalam daftar ini adalah Bob’s Red Mill. Produk ini sangat populer di berbagai negara. Walaupun masih jarang dipasarkan di Indonesia, tepung tapioka Bob’s Red Mill ini memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Walaupun merupakan produk impor, Bob’s Red Mill bisa dipakai untuk mengolah aneka kue-kue tradisional. Tepung ini juga diolah dengan cara dan teknologi modern dan kehigienisannya hingga sampai ke tangan Anda.

Melalui 10 merk tepung tapioka yang bagus ini, Anda bisa memilih produk tepung tapioka yang berkualitas untuk mengolah berbagai jenis hidangan. Jika Anda ingin merekomendasikan merk tepung tapioka lainnya, silakan tulis rekomendasinya di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment