Bacaterus / Tepung / 10 Rekomendasi Merk Tepung Sagu yang Bagus dan Berkualitas

10 Rekomendasi Merk Tepung Sagu yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini kita mengetahui bahwa sagu adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di beberapa provinsi di Indonesia Timur, seperti Maluku dan Papua. Namun, itu bukan berarti kita yang tinggal di provinsi lain tidak membutuhkan sagu untuk membuat makanan. Tepung sagu bermanfaat sebagai bahan untuk membuat pempek, kue bika ambon, bubur sagu, dan masih banyak lagi.

Sekedar informasi, tepung tapioka dan tepung sagu berbeda. Jika tepung tapioka terbuat dari ekstrak umbi singkong, tepung sagu ini berasal dari pohon rumba atau pohon aren yang memang tumbuh sangat subur di wilayah Indonesia Timur. Bacaterus akan memberikan informasi seputar 10 merk tepung sagu yang bagus dan dijual di Indonesia.

1. Merbabu

Merbabu Merk Tepung Sagu yang Bagus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tepung sagu tani Merbabu memang cukup terkenal di kalangan pembuat kue atau makanan lain yang memerlukan sagu sebagai bahan dasarnya. Merbabu merupakan merk tepung sagu yang bagus dan berkualitas tinggi, sehingga bisa membuat makanan jadi lebih gurih dan renyah.

Anda dapat memanfaatkan tepung sagu Merbabu ini untuk keperluan membuat krupuk, kue, pempek, rempeyek, dan masih banyak lagi. Produk ini dijual di toko bahan-bahan kue sampai dengan warung kelontong.

2. Alini

Alini

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain Merbabu, ternyata ada satu merk tepung sagu yang cukup terkenal, yakni Alini. Sebagai tepung sagu yang berkualitas, tekstur tepung Alini ini benar-benar sesuai dengan kriteria tepung sagu yang baik, yakni sedikit berpasir dan terasa kesat. Berbeda jauh dengan tepung tapioka yang cenderung memiliki tekstur halus.

Produk ini memang cocok untuk membuat berbagai macam makanan garing dan renyah, seperti krupuk. Akan tetapi, tepung sagu Alini juga cocok dicampurkan ke dalam bahan-bahan untuk membuat makanan atau kue. Mengingat produk ini sudah cukup populer, maka Anda juga bisa membelinya secara online.

3. Pondok Daun

Pondok Daun

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebuah merk tepung sagu yang satu ini menjamin bahwa produknya benar-benar terbuat dari aren murni, produk tersebut adalah Pondok Daun. Tepung sagu ini dikemas dalam kemasan 500 gram sehingga lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan memasak dalam rumah tangga.

Pondok Daun bisa dipakai untuk membuat bakso, kue basah, cincau, cilok, dan pempek. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat krupuk, tepung sagu ini juga bisa diandalkan.

Tak perlu diragukan lagi, kualitas tepung sagu aren Pondok Daun memang terbukti yang terbaik. Segala jenis makanan yang berbahan dasar sagu akan terasa lebih nikmat dan gurih jika Anda mencampurkan tepung sagu Pondok Daun.

4. Api Abadi

Api Abadi

Api Abadi adalah merk tepung sagu yang bagus dan turut memproduksi sagu mutiara. Namun, jika Anda ingin menggunakan sagu ini untuk memasak, maka pilihlah yang tepung sagu aren. Berbicara soal kualitas, tepung sagu Api Abadi memiliki kualitas ekspor yang tidak perlu diragukan lagi.

Tepung ini 100% murni terbuat dari pohon aren terbaik dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Yang paling penting, tepung sagu Api Abadi ini dijamin halal karena sudah bersertifikasi halal. Manfaatkan produk ini untuk mengolah berbagai macam kue dan makanan yang membutuhkan sagu sebagai bahan utamanya.

5. Kunci Kembar

Kunci Kembar

Bagi Anda yang membutuhkan tepung sagu terbaik dalam kemasan 50 kg sehingga lebih hemat dan praktis, cobalah untuk membeli tepung sagu aren Kunci Kembar. Tepung ini dijual dalam kemasan karung 50 kg, tetapi beberapa toko atau warung menjual tepung ini dalam ukuran yang lebih kecil.

Tepung sagu Kunci Kembar dapat memudahkan Anda dalam membuat krupuk, pempek, dan aneka kue basah. Tekstur tepung Kunci Kembar sedikit kasar, tapi tidak menggumpal sehingga tidak perlu menyaring tepung berkali-kali sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Dapatkan tepung sagu Kunci Kembar di toko-toko bahan kue terdekat atau Anda bisa memesannya secara online di beberapa situs jual beli lokal.

6. Sentani Meer

Sentani Meer

Ingin membuat papeda, makanan khas Papua dan Maluku yang berbahan dasar sagu? Mudah saja, Anda bisa menggunakan tepung sagu siap pakai dari Sentani Meer. Tepung ini terbuat dari 100% sari pati sagu murni. Proses pengolahan tepung ini sangat higienis dan tidak ditambahkan pengawet atau bahan-bahan kimia berbahaya lainnya.

Selain cocok dipakai untuk membuat papeda, Sentani Meer juga bisa dipakai untuk membuat krupuk dan aneka kue. Jika Anda ingin memasak papeda dengan Sentani Meer, satu bungkus tepung sagu tersebut yang berukuran 1 kg bisa dimasak papeda untuk 10 porsi.

7. Healthy Choice

Healthy Choice

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berikan yang terbaik untuk keluarga Anda, termasuk dalam memilih merk tepung sagu yang bagus dan sehat sebagai bahan untuk membuat kue dan makanan. Salah satu tepung sagu organik yang dijual di Indonesia adalah Healthy Choice. Merk ini menawarkan tepung yang terbuat dari pati pohon sagu yang dibudidayakan secara alami.

Produk ini bisa dipakai untuk membuat bakso, mie, kue, cake, puding, dan masih banyak lagi. Manfaat dari tepung sagu organik ini adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko kanker usus, dan melancarkan sistem pencernaan.

8. Merapi

Merapi

Selanjutnya, ada sebuah merk tepung sagu yang cukup populer di kalangan pembuat kue, yakni tepung sagu tani Merapi. Tepung ini memiliki kualitas yang baik untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tepungnya tidak terlalu halus dan sedikit kasar seperti layaknya tepung sagu lainnya.

Produk ini diproduksi dan dikemas di Yogyakarta, tetapi tepung sagu Merapi ini sudah dipasarkan secara luas ke seluruh Indonesia. Anda juga bisa menggunakan tepung ini untuk membuat papeda, lho.

9. Javara

Javara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa bilang untuk mendapatkan tepung sagu yang asli dari Papua maka Anda harus terbang ke Papua terlebih dahulu? Javara adalah tepung sagu yang asli dari Papua. Tepung ini berasal dari pohon aren yang ditanam di Papua.

Selain itu, tepung ini diracik dengan bahan-bahan yang bebas gluten sehingga lebih sehat dan aman untuk penderita diabetes. Javara bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis makanan, tetapi paling cocok jika dijadikan bahan untuk membuat kue.

10. KebonQta

KebonQta

Tepung sagu premium dari KebonQta ini juga merupakan tepung sagu organik yang bebas gluten. Produk ini sangat baik bagi kesehatan karena dapat mengurangi kegemukan, melancarkan sistem pencernaan, dan tidak meningkatkan kadar gula darah.

Walaupun tepung sagu organik, KebonQta tetap memberikan rasa yang lezat untuk setiap makanan yang dibuat dengan tepung ini. Yuk, buat makanan yang sehat dan lezat dengan mengandalkan tepung sagu KebonQta.

10 merk tepung sagu yang bagus di Indonesia ini bisa Anda peroleh di toko bahan-bahan kue atau situs jual beli online. Punya rekomendasi merk tepung sagu lain yang biasa Anda pakai untuk memasak? Silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

  1. Cap Kolang Kaling juga termasuk tepung sagu yang sangat recommended

    1. Terima kasih atas masukannya.

  2. masa tapioka dari batang singkong?
    umbinya mungkin mbak.. ?

    1. Terima kasih atas masukannya. ??

  3. Sekarang tepung sagu bahan bakunya dari singkong, bukan dari sagu..Silahkan cek komposisi tepung pati sagu dari brand2 tersebut..
    Makanya sagu itu hanya “brand” saja yang menandakan tapioka kelas premium..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *