Bacaterus / Tepung / 10 Merk Tepung Gandum yang Bagus dan Berkualitas 2020

10 Merk Tepung Gandum yang Bagus dan Berkualitas 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beberapa dari Anda pasti bertanya-tanya, apakah tepung gandum sama dengan tepung terigu? Pasalnya, tepung terigu juga terbuat dari gandum. Jika dalam bahasa Inggris terigu disebut wheat flour, maka tepung gandum biasa disebut dengan wheat saja. Mengapa?

Karena meskipun keduanya sama-sama berasal dari gandum dan sama-sama mengandung gluten, tetapi tepung terigu hanya menggunakan bagian dalam gandum saja dan membuang bagian luarnya yang kaya serat. Sementara itu, tepung gandum utuh menggunakan seluruh bagian gandum, yaitu endosperm, bran, dan germ.

Kesimpulannya, tepung gandum mengandung serat 3-4 kali lebih banyak dibanding tepung terigu biasa. Sayangnya, produk tepung gandum masih jarang ditemukan di pasaran. Namun, Bacaterus sudah merangkum 10 merk tepung gandum yang bagus dan bisa Anda peroleh di pasaran.

1. Bogasari Naturich Whole Wheat Flour

Bogasari Naturich Whole Wheat Flour

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
  • Ukuran: 5kg
  • Cocok untuk: Membuat kue, roti gandum, biskuit, kue kering, dan aneka dessert lainnya
  • Benefit: Terbuat dari gandum terbaik, kaya serat, dan bisa diolah menjadi beragam jenis makanan lezat.

Cek Harga di Shopee

Merk tepung gandum yang bagus yang akan kami bahas adalah Bogasari Naturich Whole Wheat Four. Ini adalah tepung gandum yang dibuat oleh brand spesialis aneka tepung, Bogasari. Kualitas tepung gandum ini memang yang terbaik dan tidak perlu diragukan lagi. Produk ini dijamin tidak mengandung benzoyl peroksida. Selain itu, cita rasa dari tepung gandum ini sangat original.

Yang paling penting, tepung gandum ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, termasuk untuk membuat saus dressing. Bogasari Naturich juga diperkaya dengan protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mempertahankan massa otot pada tubuh Anda.

2. Bob’s Red Mill Whole Wheat Flour

Bob’s Red Mill

  • Produsen: Bob’s Red Mill – An Employee-Owned Company
  • Ukuran: 2,27 kg
  • Cocok untuk: Membuat roti, brownies, kue kering (cookies), muffins, pancake, dan pizza
  • Benefit: Salah satu tepung gandung best-selling di Amerika. Memiliki kualitas terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan membuat kue atau makanan lain.

Cek Harga di Shopee

Sebagai merk tepung terkenal di berbagai negara, Bob’s Red Mill juga turut memproduksi tepung gandum. Tak tanggung-tanggung, merk ini menyediakan dua varian tepung gandum premium yang bisa dipilih sesuai kebutuhan konsumennya.

Adapun dua varian tepung gandum yang ditawarkan Bob’s Red Mill adalah White Whole Wheat Flour dan Whole Wheat Pastry Flour. Untuk membeli kedua jenis tepung ini, Anda bisa membelinya di situs jual beli online internasional karena belum dipasarkan secara bebas di Indonesia.

3. Taj Mahal

Taj Mahal

  • Produsen: PT Indofood Sukses Makmur Tbk. – bogasari flour mills
  • Ukuran: 2 kg
  • Cocok untuk: Membuat aneka panganan khas timur tengah, seperti chappati, poori, paratha, dan halwa
  • Benefit: Tepung gandum yang diformulasikan untuk membuat roti-roti khas timur tengah. Namun, kamu juga bisa menggunakan tepung gandum berkualitas ekspor ini untuk membuat adonan makanan lain.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa bilang Bogasari hanya memproduksi beberapa jenis tepung terigu saja? Kali ini, Bogasari membuktikan eksistensinya dengan turut memproduksi tepung gandum. Ya, tepung gandum yang kemasannya bergambar Taj Mahal ini memiliki kualitas premium seperti tepung terigu lainnya yang diproduksi Bogasari.

Tepung ini dihasilkan dari penggilingan gandum utuh dan diproses secara khusus sehingga aroma dan kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga sampai ke tangan Anda. Produk ini sangat cocok untuk membuat makanan khas Timur Tengah dan India. Bahkan, Anda juga bisa membuat roti gandum dari tepung ini.

4. Pillsbury Chakki Atta

Pillsbury Chakki Atta

  • Produsen: Unipex Dairy Products Co. Ltd.
  • Ukuran: 1 kg
  • Cocok untuk: Membuat aneka hidangan khas timur tengah. Bisa juga untuk membuat kue dan makanan lain.
  • Benefit: Tepung gandum impor dengan kualitas terbaik. Tepung ini best-selling di berbagai negara timur tengah.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah produk tepung gandum impor yang sudah dijual di Indonesia, yaitu Pillsbury Chakki Atta. Kualitas tepung gandum ini memang sangat bagus dan warna putih pada tepungnya juga nampak seputih susu. Pillsbury Chakki Atta adalah tepung gandum yang bisa dipakai untuk segela kebutuhan membuat kue atau makanan.

Cita rasa yang dihasilkan oleh produk ini juga dapat membuat aroma dan rasa makanan jadi lebih lezat. Walaupun Pillsbury Chakki Attas merupakan produk impor, tetapi Anda bisa memperoleh tepung gandum ini secara online.

5. Aashirvaad

Aashirvaad

  • Produsen: ITC Limited India
  • Ukuran: 1 kg
  • Cocok untuk: Membuat aneka hidangan khas India seperti naan, paratha, dan chapati. Namun, bisa juga dipakai untuk membuat jenis makanan lainnya.
  • Benefit: Best-selling di India dan mengantongi predikat kualitas ekspor. Tekstur halus dan tidak mudah menggumpal saat diolah.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Aashirvaad whole wheat atta adalah merk tepung gandum yang bagus dan cukup populer di India. Akan tetapi, produk ini juga sudah mulai dijual di situs jual beli online. Tepung gandum ini dijamin memiliki tekstur yang halus, tidak menggumpal, dan memiliki cita rasa yang lezat.

Tak perlu ragu dengan kualitas Aashirvaad karena tepung ini benar-benar mengolah gandum utuh untuk menghasilkan tepung berkualitas premium. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Aashirvaad whole wheat adalah gizi dan nutrisi di dalam gandumnya yang tetap terjaga hingga sampai ke tangan Anda.

6. Harvest Gold Chakki Fresh

Harvest Gold Chakki Fresh

  • Produsen: Soyagreen Private Limited – Surat Gujarat, India
  • Ukuran: 1 kg
  • Cocok untuk: Membuat aneka kue, roti, dan beberapa makanan khas India yang membutuhkan tepung gandum.
  • Benefit: Kualitas impor dengan tekstur tepung yang standar. Memiliki aroma gandum yang khas dan tidak mudah menggumpal saat dicampur cairan.

Cek Harga di Shopee

Tepung gandum yang satu ini juga berasal dari India, namanya Harvest Gold Chakki Fresh. Sesuai dengan namanya, produk ini hanya menggunakan bahan-bahan segar yang terbaik. Kualitas tepungnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena kamu bisa berkreasi membuat makanan apapun dengan tepung gandum ini.

Aroma gandum yang khas akan langsung tercium ketika kamu membuka bungkus tepungnya. Tekstur tepungnya standar, tidak halus dan tidak kasar. Yang paling penting tepung ini tidak mudah menggumpal saat dalam kondisi basah.

7. Trio Natural Whole Wheat Flour

Trio Natural Whole Wheat Flour

  • Produsen: Trio Natural
  • Ukuran: 450 gram
  • Cocok untuk: Membuat aneka kue atau panganan lain yang memerlukan tepung sebagai bahan bakunya
  • Benefit: Tekstur padat, kering, dan nutty. Bisa menjadi pengganti tepung terigu yang lebih sehat.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin membuat hidangan yang lebih sehat? Yuk, ganti tepung terigu yang biasa digunakan dengan tepung gandum. Bacaterus merekomendasikan Trio Natural Whole Wheat Flour sebagai salah satu tepung gandum yang sehat dan enak.

Tepung gandum dari Trio Natural ini menawarkan beragam manfaat, seperti sebagai salah satu sumber Vitamin B. Tak sampai di situ saja, kamu yang punya masalah sembelit akan berangsur-angsur membaik setelah mengganti tepung terigu yang biasa dipakai dengan tepung gandum.

8. King Arthur Flour

King Arthur Flour

  • Produsen: The King Arthur Flour Company
  • Ukuran: 2,27 kg
  • Cocok untuk: Membuat roti, cookies, brownies, pancake, dan masih banyak lagi
  • Benefit: Tepung gandum yang kaya serat alami. Tidak ditambahkan pewarna sehingga lebih aman bagi kesehatan. Serbaguna karena bisa diolah menjadi makanan apapun.

Cari tepung gandum utuh dengan kualitas terbaik? Cobalah membeli King Arthur Flour Whole Wheat Flour. Ini merupakan tepung gandum impor yang diolah dari 100% gandum utuh. Hanya gandum terbaik yang diolah dan dikemas dalam label King Arthur Flour ini.

Tekstur tepung yang dihasilkan sedikit kasar tetapi tidak menggumpal. Selain itu, warna tepungnya juga kekuningan karena tidak ditambahkan pemutih atau pewarna makanan lainnya. Untuk mendapatkan King Arthur Flour, Anda bisa membelinya melalui situs jual beli online internasional yang melayani pengiriman ke berbagai negara.

9. Rajdhani Chakki Fresh Atta

Rajdhani Chakki Fresh Atta

  • Produsen: Victoria Foods Pvt. Ltd.
  • Ukuran: 1 kg, 2kg, 5 kg, 10 kg
  • Cocok untuk: Melengkapi berbagai resep makanan yang membutuhkan tepung gandum maupun tidak.
  • Benefit: Diimpor langsung dari India dengan kualitas yang luar biasa bagus. Teksturnya halus dan bisa dicampur dengan mudah ke dalam bahan-bahan lainnya.

Tepung gandum Rajdhani Chakki Fresh Atta adalah produk impor yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari tekstur tepungnya yang halus. Meskipun berasal dari India, kamu tetap bisa memakai tepung ini untuk membuat hidangan apapun selali makanan khas India.

10. MSH Rempah Wheat Starch

MSH Rempah Wheat Starch

Tidak semua tepung gandum bisa menjadi pengganti tepung terigu yang lebih sehat. Namun, MSH Rempah Wheat Strach bisa menjadi pengganti terigu yang tentunya lebih sehat. Mengapa? Tepung ini bebas gluten. Di samping itu, teksturnya yang sangat halus membuatnya lebih mudah diolah tanpa khawatir menggumpal.

Inilah 10 merk tepung gandum yang bagus untuk mengolah berbagai jenis makanan. Beberapa merk di atas hanya dijual di situs belanja internasional. Jadi, jika Anda butuh tepung gandum dalam waktu dekat, beli saja merk-merk lokal, seperti Taj Mahal dan Semolina.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Terimakasih untuk review-nya. Maaf Kak, untuk yang produk Malaysia, tepung faiza dan cap sauh, itu adalah tepung terigu biasa. Kalau di Malaysia, tepung terigu biasa itu disebutnya tepung gandum. Jadi kedua merek tsbt bukan tepung whole wheat, melainkan tepung terigu biasa spt kunci biru atau segitiga biru. Saya pernah tinggal di Malaysia selama 7thn dan sudah biasa menggunakan tepung sauh atau faiza. Terimakasih.

    1. Terima kasih atas masukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *