bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 10 Rekomendasi Merk Tandon Air yang Bagus dan Berkualitas

10 Rekomendasi Merk Tandon Air yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 April 2021

Fungsi paling utama dari tandon air adalah untuk menampung atau menyimpan air bersih yang akan digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam kehidupan rumah tangga. Dengan adanya tandon air maka ketersediaan air akan tetap terjaga meskipun pompa air tak bisa dipakai karena aliran listri di rumah sedang mati. Paling tidak dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih selama dua atau tiga hari ke depan.

Memilih tandon air susah-susah gampang. Karena akan digunakan dalam waktu lama, tandon air harus memiliki daya tahan yang kuat dan tidak menimbulkan bau ketika digunakan untuk menampung air. Kalau kamu sedang mencari tandon air untuk digunakan di rumah perhatikan material dan kualitasnya. Berikut ini ada rekomendasi merk tandon air yang bagus yang bisa kamu pilih.

1. Penguin TB500

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Penguin merupakan merk tandon air yang dikenal karena kualitas tabung penampung yang bagus. Ia punya beragam jenis dengan ukuran yang berbeda-beda. Namun, yang paling utama adalah jenis material yang digunakan untuk membuat tandonnya adalah dari material kuat yang sudah terjamin kualitasnya

Tandon air penguin TB500 terbuat dari bahan plastik polyethylene yang dapat didaur ulang. Plastik jenis ini tergolong bahan yang ramah lingkungan. Sehingga aman digunakan sebagai bahan dasar barang-barang untuk keperluan rumah tangga seperti tandon air.

Tandon air Penguin yang rusak atau tak terpakai lagi bisa difungsikan dan diolah menjadi tandon air yang baru. Ini bisa mengurangi sampah plastik yang selalu menjadi permasalahan yang dihadapi manusia.

Pada bagian dalam tandonnya dilapisi Plascobrite yang membuat tandon tidak akan ditumbuhi lumut sehingga kebersihan air tetap terjaga. Plus, ada bahan anti bakteri yang mencegah air tercemar dari bakteri-bakteri jahat selama disimpan dalam tandon.

Bahan anti bakteri tersebut ditandai dengan stiker Biocote, stiker penanda bahwa bahan yang digunakan untuk membuat produk itu adalah bahan anti mikroba yang melindungi produk dari jamur dan segala jenis bakteri. Produsen juga memberi tambahan item berupa plumbing kit untuk setiap pembelian.

Harga: Rp 7.000.000 - Rp 8.800.000

2. Profil Tank

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tandon air Profil Tank dirancang dengan menggunakan jenis plastik yang aman dan higienis untuk menampung cadangan air bersih. Ukuran tandon air ini cocok digunakan sebagai tempat penampungan air untuk skala kebutuhan rumah tangga dan industri.

Profil Tank terbuat dari bahan plastik polyethylene (PE) yang sudah diakui oleh badan internasional yang menguji efek samping produk terhadap kesehatan manusia, FDA (Food and Drug Administration).

Dinding tandon air Profil Tank punya tiga lapisan yang disebut Triple Force Body, yakni lapisan dinding luar yang punya lapian pelindung yang menghasilkan kekuatan sempurna, lapisan dinding tengah yang terbuat dari busa yang dapat menahan sinar UV.

Pada lapisan dalam tandon terdapat lapisan berwarna putih dan licin yang mudah dibersihkan. Kombinasi tiga lapisan ini menghasilkan kepadatan sempurna sehingga tahan di segala kondisi cuaca.

Di samping itu, Profil Tank aman jika ditempatkan sebagai Ground Tank atau yang disebut dengan tank penyimpanan di dalam tanah. Ia punya ketahanan yang baik terhadap bahan kimia dan panas sampai 800C dan punya tutup ulir yang rapat sehingga kotoran tidak dapat masuk.

Harga: Rp 700.000- Rp 53.000.000

3. MPOIN Plus Wave 600L

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

MPOIN Plus Wave hadir dengan kualitas yang sangat baik dan daya tahan yang bagus. Produk ini punya beberapa teknologi antimicroba silver ion yang dapat membunuh bakteri dan jamur. Sehingga kebersihan air selama berada di dalam tanki penampungan tetap terjaga.

Tandon MPOIN Plus Wave dibuat dari bahan Dow Chemical Amerika yang elastis yang tidak mudah pecah. Bodi tandon dapat meregang sampai 10 kali lebih elastis dibanding merk lain. Body tandon tersebut dilengkapi dengan sistem lightblock.

Teknologi ini dipercaya mampu yang memberikan perlindungan terhadap sinar UV sehingga lumut tidak tumbuh di dalam tanki. Bahan ini sudah banyak digunakan oleh para produsen produk-produk peralatan rumah tangga.

Selain itu, tandon air ini punya thermal stabilizer yang bisa menstablikan suhu di dalam tandon agar tetap segar. Tandon air merk MPOIN Plus Wave adalah salah satu merk terbaik di Indonesia. Produk ini sudah banyak menyabet penghargaan dan sertifikasi mulai baik lembaga di dalam dan di luar negeri.

Harga: Rp 1.300.000 - Rp 7.650.000

4. Tirta Tank Air T1000

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berbeda dari tandon air di Indonesia pada umumnya, Tirta menghadirkan tandon air yang terbuat dari bahan stainless steell. Kelebihan tandon air dari bahan tersebut adalah dari segi perawatannya. Tandon air stainless steel mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor serta tampilannya terkesan mewah.

Bodi tandon yang kokoh membuat tandon Tirta ini aman digunakan sebagai tandon penampungan air sempurna. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk menampung cairan kimia tertentu.

Harga: Rp 1.600.000 - Rp 6.400.000

5. Excel ALB1200

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tandon air keluaran Excel seri ALB ini berbeda dari seri sebelumnya yang dikeluarkan Excel. Tandon air Excel seri ALB terbuat dari plastik yang dilengkapi dengan teknologi blow sehingga menghasilkan partikel plastik yang lebih rapat, kuat dan tahan lama.

Excel ALB mempunyai sistem Triple Construction yang bertujuan untuk membuat pemasangan yang lebih efisien. Bodi tandon yang kuat dan awet membuat tanki ini bisa digunakan sebagai penyimpanan bahan kimia berbentuk cair.

Harga: Rp 999.000 - Rp 3.000.000

Baca juga: 10 Rekomendasi Merk Pompa Air yang Bagus dan juga Awet

6. Penguin TE 50

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tandon air terbaik selanjutnya datang dari merek Penguin lagi. Seri ini berbeda dari seri yang dikeluarkan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1982 ini. Tandon air Penguin seri TE 50 mempunyai bentuk segi empat dengan dinding bodi tandon yang bergelombang.

Penguin TE 50 dilengkapi dengan teknologi rotamould 4 yang memungkinkan tandon awet dan kuat serta kualitas air di dalamnya terjaga. Lapisan luar tandon air memiliki perlindungan UV20+ yang menahan paparan sinar matahari.

Lapisan tersebut tahan terhadap segala jenis cuaca bahkan saat cuaca ekstrem. Teknologi tersebut mampu menghambat pertumbuhan jamur dan lumut sehingga iar tidak terkontaminasi. Penguin TE 50 dilengkapi teknologi thermal stabilizer yang bisa menjaga suhu air tetap stabil.

Harga: Rp 1.280.000 - Rp 3.350.000

7. Surya Utama

Surya Utama

Tandon air dari Surya Utama ini terbuat dari bahan fiberglass impor yang kualitasnya terjamin. Tandon air ini punya daya tahan yang kuat, tahan bocor dan anti karat. Bahan fiberglass yang digunakan oleh Surya Utama mampu menjaga air tetap bersih dan mencegah bakteri yang menyebabkan air bau.

Lapisan luar dari tandon air Surya Utama terbuat dari lapisan yang mampu menahan sinar UV. Warna bodi dari tandon air ini pun tidak mudah pudar. Tandon air Surya Utama didesain sedemikian rupa sehingga mempermudah pemasangan. Selain itu, tandon air ini mudah digabungkan dengan kerangka besi.  

Harga: Rp 2.800.000 - Rp 4.800.000

8. Polytank LS1100

Politank hadir untuk memenuhi kebutuhan penampungan air dengan harga yang terjangkau. Salah satu merk terbaik ini dijual dengan ukuran 1.100 liter, diameter 106,5 cm dan tinggi bodi 136 cm. Tandon air ini sudah berstandar internasional.

Bodi tandon terbuat dari plastik polyethylene murni yang awet dan tahan lama. Bodinya dilapisi dengan tiga lapisan yang mampu menjaga kebersihan air. Tiga lapisan tersebut membuat pertumbuhan lumut menjadi terhambat sehingga kualitas air lebih terjaga.

Harga: Rp 1.160.000 - Rp 1.900.000

9. Tandone

Tandone

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tandon air merk Tandone dibuat dari bahan anti pecah berdinding tebal dengan ketebalan 6-9mm. Dinding tandon ini diklaim mampu menahan sinar UV agar tidak tembus ke dalam. Tutup tanki Tandone menggunakan tutup ulir yang rapat sehingga kotoran tidak akan masuk ke dalam tandon.

Kapasitas Tandone tersedia dalam ukuran mulai dari 250 liter-1.200 liter. Ada beberapa varian warna tandon air yang bisa kamu pilih, misalnya warna hitam, biru, merah dan kuning.

Harga: Rp 450.000 - Rp 1.200.000

10. Penguin TH 200

Penguin sepertinya selalu memproduksi tandon yang kualitasnya sudah tak bisa diragukan lagi. Produk tandon air selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan air adalah Penguin seri TH 200.

Produk ini sudah mengantongi sertifikasi SNI dan sertifikasi food grade di mana hal tersebut menandakan produk aman digunakan oleh manusia. Material yang digunakan oleh Penguin TH 200 terbuat dari Polyethylene yang dapat didaur ulang.

Selain itu, ia aman dari bakteri dan jamur penyebab air berbau tak sedap. Tandon air keluaran Penguin seri TH 200 tersedia dalam ukuran 2000 liter dengan panjang tandon sekitar 2.025 meter. Cukup untuk memenuhi kebutuhan air di tempat usaha.

Kisaran harga: Rp 4.650.000 - Rp 5.100.000

Nah, sudah dapat merk tandon air yang sesuai dengan kebutuhanmu? Pastikan kamu membeli tandon air yang berbahan terbaik yang kualitasnya terjamin serta bersertifikasi dari lembaga-lembaga terpercaya. Jangan lupa pula untuk mengecek garansinya ya. Beberapa merek memberikan garansi pemakaian yang bisa kamu gunakan jika produk yang kamu beli ternyata cacat produksi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram