Bacaterus / Sepeda / 5 Merk Sepeda Onthel Terbaik serta Tips untuk Membelinya

5 Merk Sepeda Onthel Terbaik serta Tips untuk Membelinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sepeda onthel merupakan sepeda yang tak lekas oleh zaman. Sejak zaman Hindia Belanda hingga sekarang, sepeda yang bernama lain pit kebo itu tetap diminati oleh banyak orang.

Kalau dulu onthel dipakai sebagai sarana transportasi utama, maka sekarang onthel dipakai untuk beragam kepentingan. Mulai dari barang koleksi, hingga dijadikan kendaraan untuk bersepeda santai. Mau tahu selengkapnya? Baca terus artikel ini, yuk!

Merk Sepeda Onthel Terbaik

Ada beberapa merk sepeda onthel yang tergolong bagus, serta layak dibeli. Ada yang harganya lumayan tinggi, da nada pula yang terjangkau. Beberapa merk tersebut adalah:

1. Sepeda Onthel Fongers

Sepeda Onthel Fongers

* sumber: sepeda-tua-onthel-koleksi-fongers.business.site

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk sepeda onthel ini sudah dijual di Indonesia sejak 1899. Saat itu, Fongers pertama kali di Surabaya via beberapa toko. Semisal Van Vianen & co dan Vader. Setahun setelahnya, merk sepeda onthel ini pun mulai dijual di Batavia (Jakarta).

Ciri khas utama sepeda onthel Fongers adalah spatbord-nya yang lekukannya menonjol ke atas, sistem remnya yang masih memakai kawat, serta gir depannya yang mirip obat nyamuk.

Ciri khas lainnya yang dimiliki Fongers adalah stangnya yang dilengkapi sistem pengunci, serta desainnya yang unik. keunikan desain stang tersebut bisa dilihat dari adanya klem di bagian batang sepeda. Sampai saat ini, Fongers masih diminati banyak orang. Fongers lazim dijual dengan range harga Rp 950 ribu – Rp 75 juta.

2. Sepeda Onthel Gazelle

Sepeda Onthel Gazelle

* sumber: inreview.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di pasaran, merk sepeda onthel ini bisa didapatkan dengan range harga Rp 3,5 juta hingga Rp 50 juta. Ada beberapa varian dari merk sepeda onthel ini. salah satunya adalah Gazelle Seri 11.

Gazelle Seri 11 merupakan salah satu varian Gazelle paling tua. Selain itu, Gazelle Seri 11 juga tergolong langka, dan diminati oleh para pecinta sepeda onthel.

Ciri khas Gazelle Seri 11 adalah rangkanya yang melengkung, serta memiliki warna hitam mengkilat. Ciri khas lainnya adalah sadelnya yang terbuat dari kulit.

Gazelle 60 Seri 1 adalah varian onthel Gazelle lainnya. Varian Gazelle ini dibuat dari bahan logam berkualitas, terutama di bagian bingkainya. Bahan tersebut bikin sepedanya tahan lama.

Di bagian-bagian tertentu, varian Gazelle ini telah diberi lapisan vernikel. Lapisan tersebut bikin sepeda ini begitu mengkilap kala disinari cahaya matahari. Gazelle 60 Seri 1 tergolong tua, di mana usianya kini sudah mencapai 90 tahun lebih.

3. Sepeda Onthel Phoenix

Sepeda Onthel Phoenix

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Phoenix merupakan merk sepeda onthel yang berasal Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Merk ini pernah menjadi primadona masyarakat pecinta sepeda onthel Indonesia pada 1970 silam.

Salah satu alasan mengapa Phoenix begitu diminati adalah harganya yang terjangkau. Saat ini, sepeda onthel Phoenix dijual dengan mulai dari Rp 2 jutaan. Tak hanya di Indonesia, sepeda onthel Phoenix juga dijual di beberapa negara lainnya. Selain menjual sepeda onthel, Phoenix juga menjual sepeda jengki berkualitas dengan harga cukup terjangkau.

4. Sepeda Onthel Raleigh

Sepeda Onthel Raleigh

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau yang satu ini adalah merk sepeda onthel yang berasal dari Inggris. Hingga saat ini, merk sepeda onthel Raleigh sudah punya banyak model. Mulai dari yang klasik, modern, hingga elektronik.

Salah satu varian dari merk ini adalah Raleigh Helen. Varian Raleigh ini sudah ada dan dipakai masyarakat Indonesia pada 1960 silam. ciri khas Raleigh Helen terletak dari sadelnya yang terbuat dari bahan kulit sintetis.

Penggunaan bahan itu bikin sadelnya tergolong awet. Kelebihan lainnya adalah tarikan sepedanya yang ringan, serta bannya yang tips dan berdiameter besar.

Baik Raleigh Helen maupun varian Raleigh lainnya, semua varian Raleigh dijual dengan harga bervariasi. Tak jauh dari kisaran harga Rp 2,5 juta hingga Rp 30 juta.

5. Sepeda Onthel London Taxi

Sepeda Onthel London Taxi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah merk sepeda onthel lainnya yang berasal dari Negeri Ratu Elizabeth. Daya tarik utama merk ini adalah desain sepedanya yang bergaya kuno, namun diberi material kualitas premium, serta diberi sedikit sentuhan modern.

London Taxi juga punya banyak varian yang bisa dipilih. Satu di antaranya adalah London Taxi CRB26 L. Varian ini sangat cocok buat para perempuan yang aktif.

London Taxi CRB261 punya ciri khas berupa batang rangkanya yang rendah. Hal itu bikin perempuan bisa menaiki sepeda ini dengan mudah, bahkan ketika mereka mengendarai sepeda ini dengan mengenakan rok. London Taxi CRB261 bisa didapatkan dengan kocek Rp 4,5 juta.

Masih banyak varian sepeda onthel London Taxi lainnya yang bisa dibeli. Secara keseluruhan, harga semua varian sepeda onthel merk London Taxi dibanderol dengan harga mulai dari Rp 4 jutaan.

Baca juga: Inilah 15 Jenis Sepeda yang Umum Digunakan Sehari-hari

Tips Membeli Sepeda Onthel Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Sepeda Onthel Agar Tidak Tertipu

* sumber: lindungbudi.blogspot.com

Membeli sepeda onthel dari merk ternama harus berhati-hati. Soalnya, sekarang banyak sekali sepeda onthel bermerk yang palsu dan dijual di pasaran.

Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan sejumlah tips yang akan kami bagikan di artikel ini. Tips-tips tersebut bisa kamu simak sebagai berikut:

  • Periksalah Bagian Rangka Sepeda

Rangka atau frame merupakan bagian sepeda yang amat penting. Pasalnya, rangka adalah merupakan “rumah” bagi bagian-bagian sepeda lainnya. Semisal roda, fork, stang, stem, dan juga sadel.

Khusus sepeda onthel, kamu bisa memeriksa bagian rangkanya dengan cara dipijat. Pijatlah bagian rangka tersebut, seolah-olah kamu tengah memijat atau mengurut badan orang yang pegal.

Jika tekstur rangkanya agak kasar, berarti sepeda onthel tersebut palsu atau pernah rusak sebelumnya. Kalau menemukan rangka sepeda onthel semacam itu, lebih baik kamu jangan membelinya sama sekali.

  • Periksa Pula Kelengkapan dan Cat yang Ada Pada Sepeda Onthel

Selain rangka, kelengkapan lain yang ada pada sepeda onthel juga perlu kamu periksa. Mulai dari rantai, sadel, rem, ataupun ban sepedanya. Pastikan kelengkapan sepeda onthelnya lengkap semua, dan tidak ada yang rusak sama sekali.

Cat pada sepeda onthel pun mesti kamu perhatikan. Sepeda onthel yang asli punya warna cat yang tergolong mengkilap. Sedangkan yang palsu atau yang cacat. Warna catnya akan terlihat seperti ditutupi oleh dempul.

  • Ajak Teman yang Paham Soal Sepeda Onthel

Kalau mau aman, kamu bisa mengajak teman yang memahami soal sepeda onthel. Temanmu itu bisa membantumu menemukan sepeda onthel yang asli dan sesuai dengan keinginanmu

Mengajak teman yang paham sepeda onthel juga bisa bikin kamu terhindar dari pedagang yang culas. Dengan pengalaman dan intuisi yang dia punya, temanmu itu bisa membedakan mana pedagang yang culas dan mana yang jujur.

Sepeda onthel bisa dipakai sebagai barang koleksi, atau dipakai untuk bersepeda santai. Ada beberapa merk sepeda onthel yang bisa kamu beli, bila kamu hendak memakai atau memiliki sepeda onthel.

Lima di antaranya sudah disebutkan di atas. Apa pun merk sepeda onthel yang hendak dibeli, kamu harus tetap mawas diri. Sebab, kini banyak merk sepeda onthel tiruan yang dijual di pasaran.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *