Bacaterus / Sepeda / 10 Merk Sepeda Gunung Terbaik dari Dalam & Luar Negeri 2020

10 Merk Sepeda Gunung Terbaik dari Dalam & Luar Negeri 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Bersepeda sekarang sudah menjadi tren. Tak hanya untuk kesehatan, orang kini menggunakan sepeda untuk pergi ke ke kantor atau sekolah. Salah satu jenis olahraga yang menggunakan sepeda yang kembali tren adalah mountain bike. Penasaran merk sepeda gunung apa saja yang bagus? Kalau kamu mau tahu, cukup simak ulasan mengenai 10 merk sepeda gunung dalam dan luar negeri.

1. Santa Cruz

Santa Cruz

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di dunia bersepeda, Santa Cruz adalah sebuah anomali. Dengan hanya 13 model yang berfokus pada tipe untuk lumpur, merek sepeda gunung ini sudah mampu memantapkan diri sebagai pemain utama dalam waktu yang cukup singkat. Perusahaan sepeda ini berdiri pada tahun 1993.

Sekarang dengan penambahan model terbaru, termasuk Nomad, Bronson dan Hightower, Santa Cruz menawarkan 16 model sepeda gunung yang unik. Namun, hal terpenting adalah fakta bahwa perusahaan ini bisa tumbuh besar secara signifikan tanpa mengorbankan keeksklusivan mereknya.

Perusahaan ini lebih mementingkan kualitas bukan hanya kuantitas. Santa Cruz telah menetapkan untuk membuat sepeda yang paling maju dan andal secara teknologi. Penyeimbangan yang dilakukan oleh perusahaan sukses menjadikan sejumlah model sepeda gunung mereka populer selama bertahun-tahun.

2. Giant

Giant

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Didirikan pada tahun 1972, Giant dianggap sebagai salah satu perusahaan manufaktur sepeda terbaik di dunia. Menurut Giant, ada tiga ide utama yang mereka perhatikan saat membuat model sepeda, yaitu inspirasi, inovasi juga keahlian.

Mereka selalu mengikuti ketiga prinsip tersebut setiap saat dan menciptakan produk terbaik mereka untuk para pecinta sepeda. Yang membuat Giant begitu menarik bagi kebanyakan orang adalah fakta bahwa perusahaan ini menciptakan sepeda modern yang andal dan terjangkau.

Giant yang memiliki lebih dari 12.000 toko ritel yang beroperasi di seluruh dunia, bertengger di puncak sebagai perusahaan pembuat sepeda dan tidak mungkin turun dalam waktu dekat. Giant selalu lekat dengan Trance yang telah menjadi sepeda trail sejak kemunculannya 15 tahun yang lalu.

3. Cannondale

Cannondale

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Perusahaan sepeda gunung ini dikenal karena pendekatannya yang unik dalam membangun dan merancang sepeda. Cannondale yang berbasis di Connecticut ini tidak pernah takut untuk mencoba hal-hal yang baru.

Beberapa desain Cannondale yang patut untuk dicatat dan membedakan dari yang lain selama bertahun-tahun adalah Lefty. Lefty adalah sokbreker depan yang hanya satu sisi saja, yaitu sebelah kiri juga yang unik adalah unit Headshok. Keduanya mengganti garpu suspensi standar pada model lain.

Bagaimanapun, yang benar-benar membedakan Cannondale dari yang lain adalah penggunaan pipa aluminium berukuran besar. Pada 1980-an, saat kebanyakan perusahaan lain masih menggunakan kerangka sepeda dari baja, Cannondale mengambil pendekatan berbeda dengan paduan ringan mereka.

Bahkan hingga saat ini, perusahaan Cannondale masih menggunakan materi ini secara bebas dalam produksi mereka. Pernah menjadi lokomotif di industri ini, Cannondale telah kehilangan popularitasnya pada dekade terakhir. Sebagai referensi, di akhir tahun 90-an, Volvo Cannondale pernah sangat populer.

4. Kona

Kona

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sepeda gunung Kona yang didirikan pada tahun 1988 di Vancouver, selalu lebih mementingkan fun-nya. Mungkin salah satu model paling populer cari Kona selama bertahun-tahun adalah model Stinky yang terkenal di akhir tahun 90-an sampai awal 2000-a.

Stinky adalah sepeda “freeride” 130mm yang terdepan dibanding yang lain. Kona sedikit meredup ketika berfokus pada sepeda yang berorientasi pada trotoar di masa lalu, tapi merek ini kembali bangkit berkat model Proses dengan suspensi penuh dan hardtail Honzo yang terkenal.

Perusahaan Kona juga mempunyai sejumlah model lain dalam produksi mereka, termasuk apapun mulai dari sepeda gemuk atau fatbike hingga komuter. Dan tak jauh beda dengan beberapa merek besar lain, Kona menawarkan garansi seumur hidup untuk semua frame sepeda yang diproduksi setelah 2009.

5. Trek

Trek

Mulai bisnisnya pada pertengahan tahun tujuh puluhan sebagai proyek kecil, Trek Bicycle Corporation yang didirikan oleh Richard Burke dan Bevil Hogg dengan cepat menjadi salah satu merek sepeda gunung terbaik di negaranya. Sekarang sudah mempunyai sekitar 1.700 dealer di seluruh Amerika.

Sepeda merek Trek dikenal karena kualitas juga daya tahannya. Sepeda hybrid produksi Trek menggabungkan beberapa aspek berbeda menjadi satu sepeda. MultiTrack merupakan sepeda hybrid mereka yang pertama dan yang sangat sukses pada saat itu.

Model MultiTrack merupakan sepeda yang menyertakan kenyamanan sepeda gunung juga keandalan sepeda jalan. Jika kamu mencari sepeda Trek, pilihan tepat tentu saja Trek Fuel EX 9 29, dengan harga yang sedikit lebih tinggi, tapi memiliki kualitas yang terjamin.

6. Wim Cycle

Wim Cycle

Cek Harga di Shopee

Merek sepeda gunung ini ternyata asalnya dari Indonesia. Tak hanya menjual sepeda lipat, model BMX, dan sepeda roda tiga, Wim Cycle juga memproduksi sepeda gunung. Wim Cycle juga menyediakan beragam sepeda yang cocok untuk bermacam-macam umur.

Tak hanya dijual di Indonesia, produksi sepeda Wim Cycle sudah merambah negara lain. Sepeda merek Wim Cyle juga sudah dijual di negara-negara, seperti Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Tak mengherankan jika merek sepeda ini sangat terkenal. Sepeda ini juga bisa didapat secara online.

7. Pacific

Pacific

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi para pemula di dunia sepeda gunung, Pacific bisa menjadi pilihan yang tepat. Sepeda ini memang dikhususkan bagi para pemula. Walaupun dikhususkan untuk pemula, merek Pacific kualitasnya terjamin karena sudah berstandar SNI.

Pacific meskipun masih tergolong baru di Indonesia tapi berkat desainnya yang menarik, harganya yang menggiurkan dan jangkauan pasarnya yang luas, mampu menarik perhatian para penggemar sepeda. Merek ini semakin terkenal karena ikut mendukung tim balap sepeda Indonesia di Asian Games 2018.

8. Turanza

Turanza

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kini bersepeda melewati medan cross country tak akan ada lagi masalah. Telah hadir merek sepeda Turanza 2906. Meskipun Turanza masih baru tapi perusahaan ini punya  komitmen untuk menghasilkan produksi sepeda dengan kualitas tinggi sehingga tak heran jika namanya mulai banyak dikenal.

Turanza 2960 merupakan salah satu model sepeda gunung terbaik. Sepeda yang punya 24 opsi kecepatan ini menggunakan kerangka alloy ringan juga tahan karat. Produk sepeda ini cocok digunakan oleh remaja juga dewasa karena memiliki desain yang modern dan terlihat kokoh.

9. Polygon

Polygon

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Polygon model Rayz 1 yang sudah berstandar SNI ini memiliki tampilan yang minimalis. Tak nampak bekas las karena sepeda ini diproduksi dengan mengikuti standar yang ketat plus quality control yang berpengalaman. Tampilannya terlihat modis dan rapi karena kabel rem berada di di dalam rangka.

Kelebihan Polygon Rayz 1 antara lain yaitu memiliki 21 pilihan kecepatan sehingga bisa digunakan untuk berbagai medan. Karena frame sepeda menggunakan bahan alloy maka sepeda ini enteng untuk diangkat. Merek sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan roda ukuran 27,5 inci.

10. United

United

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu model dari merek sepeda gunung ini adalah United Hydraulic Detroit 2 yang adalah sepeda gunung dengan full suspension yang memiliki ukuran ban berdiameter  27,5 inci. Adapun lebar bannya mencapai 2,10 inci.

Rim menggunakan bahan alloy double wall sehingga ban terasa lebih kuat meskipun dibawa di jalan yang berkontur. Tak perlu usaha yang besar untuk mengerem karena menggunakan sistem rem hidraulis. Hanya dengan menggunakan dua jari saja, laju sepeda sudah dapat diperlambat.

Daftar merek di atas merupakan daftar merek sepeda gunung yang terbaik dan juga populer. Merek sepeda di atas merupakan produk buatan luar negeri juga Indonesia. Sebagian merek sepeda ini ada yang sudah di ekspor ke luar negeri. Apakah kamu penyuka olahraga bersepeda? Kalau ya, merek sepeda gunung apa yang kamu gunakan? Yuk, baca juga artikel jenis-jenis sepeda gunung.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *