Bacaterus / Sepeda Gunung / Gowes yuk, Bersama 10 Merk Sepeda Gunung Lokal Terbaik Ini!

Gowes yuk, Bersama 10 Merk Sepeda Gunung Lokal Terbaik Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

All terrain bike (ATM) atau mountain bike (MTB) adalah sepeda yang bisa dipakai dalam medan yang lebih berat. Sepeda jenis ini pertama kali dipasarkan pada tahun 1970 di San Francisco, California. Sepeda ini lebih kepada petualangan dan keperluan olahraga.

Hal yang membuat sepeda gunung berbeda dengan sepeda lainnya adalah adanya faktor sistem suspensi motor, juga jajaran gigi yang lebih kuat. Biasanya ukuran ban sepeda ATM berkisar 26 inci (66 cm), 27.5 inci (67 cm), 29 inci (73.66 cm).

Pada kesempatan ini, Bacaterus mau share sepuluh sepeda gunung terbaik dari merk lokal asli Indonesia. Ada apa saja? Yuk, langsung saja disimak!

1. Polygon

Cek Harga di Shopee

Sepertinya semenjak kita kecil sudah familiar sekali dengan merk sepeda yang satu ini, ya. Perusahaan sepeda yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur ini sudah ada sejak tahun 1989. Polygon menyediakan beragam jenis sepeda, mulai dari sepeda anak kecil, sepeda dewasa, dan tentunya ada sepeda gunung juga.

Salah satu produk andalannya adalah Collosus DH9 yang telah diperkaya atlet dunia dan telah berlaga dalam berbagai ajang kompetisi sepeda di berbagai negara.

2. United Bike

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=or7eayXjvJE

Cek Harga di Shopee

Merk sepeda lokal selanjutnya yang juga menyediakan MTB adalah United Bike. Sepeda yang diproduksi oleh PT Terang Dunia Internusa ini sudah mulai melanglang buana sejak tahun 1991. Buat para pecinta sepeda pasti sudah tahu kualitas United Bike.

Sepeda-sepeda gunung United Bike memiliki harga bervariasi, ada Oxyde Pro dengan harga Rp 64 juta, Sterling R2 dengan harga Rp 30 juta, Geneva Rp 14.7 juta, dan Detroit 2.00 Hydraulic Rp 2.8 jutaan.

3. Pacific Bike

Cek Harga di Shopee

Pernah menyangka brand ini dari luar negeri? Salah. Karena, Pacific Bike diproduksi oleh PT Roda Pasifik Mandiri di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pacific Bike juga memiliki series MTB yang banyak.

Semua sepedanya cocok digunakan di medan berat seperti perkampungan dengan jalan yang tidak rata dan juga pegunungan. Sepeda gunung Pacific Bike memiliki cengkraman kuat, kenyamanan tinggi, dan kecepatan yang bisa diatur sesuai kesukaan penggunanya.

4. Wimcycle

Cek Harga di Shopee

Ini, sih, merk sepeda sejuta umat. Ketika kecil, pasti banyak orang yang pakai sepeda dari Wimcycle. Kamu pasti ingat iklannya, berupa satu kata yang diucapkan dalam nada unik, “Hebooohh”. Merk sepeda yang diproduksi di Surabaya ini sudah ada lebih lama lagi dibandingkan merk-merk di atas, lebih tepatnya pada tahun 1976.

Untuk sepeda orang dewasanya, Wimcycle mungkin lebih dikenal dengan seri BMX-nya, yaitu sepeda off-road yang biasa dipakai saat perlombaan akrobatik dan adu kecepatan. Tapi, Wimcycle juga punya ATM dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan brand lainnya. Kisaran harganya 2-3 jutaan.

5. Thrill

* sumber: www.sepeda.me

Cek Harga di Shopee

Penjual sepeda cross country (lintas alam) nomor wahid di Indonesia ini bernama Thrill. Sebenarnya, Thrill adalah bagian dari brand Wimcycle yang akhirnya berkembang sendiri secara terpisah. Sepeda-sepeda Thrill dirancang khusus dengan preferensi atlet, sehingga mereka bisa menghasilkan produk yang bisa beradu di kancah profesional dunia.

Desain frame semua sepeda Thrill mengacu pada geometri badan si pengendaranya. Karena buatan Indonesia, tentunya body sepedanya juga disesuaikan dengan ukuran tubuh orang Asia. Yang paling serunya, nih, sepeda Thrill memiliki garansi 5 tahun untuk fork (rigid) dan frame-nya. Keren!

6. Adrenaline Agent

Sama seperti Thrill, Adrenaline Agent juga merupakan bagian dari Wimcycle. Dulunya, Thrill dan Adrenaline Agent merupakan ‘series’ sepeda Wimcycle. Tapi, karena target pasarnya khusus dan ternyata peminatnya membludak, akhirnya mereka menjadi brand mandiri.

Adrenaline Agent berfokus pada memproduksi sepeda gunung dengan suspensi full dan tipe downhill (genre bersepeda gunung di medan yang curam dan kasar).

Karena sepeda tipe ini sering dipakai untuk trik ekstrim seperti lompatan, maka material dan teknologinya pun dibuat mumpuni agar tahan banting. Terutama brand Adrenaline Agent ini termasuk lebih super daripada brand saudaranya, jadi pasti kualitasnya terbaik.

7. Odessy

Cek Harga di Shopee

Rekomendasi merk sepeda selanjutnya adalah Odessy. Perusahaan sepeda yang berdiri sejak tahun 1960 ini lokasinya ada di Blitar, Jawa Timur. Jika merk-merk sepeda lokal sebelumnya sudah ada sejak zaman 1990-an, kalau Odessy ini tergolong baru, yaitu pada tahun 2005.

Odessy mengeluarkan aneka sepeda seperti BMX, F0lding, Mini, Racing, daj MTB tentunya. Jika kamu mencari sepeda yang lebih mewah lagi dari Odessy, pilihlah dalam lini Celcius.

8. Element

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Di posisi ke-8 ada Element. Tak sedikit orang yang mengira kalau Element adalah sepeda luar negeri. Padahal, Element lokal punya. Sepeda-sepedanya dibuat dengan teknologi terbaru dan kualitas terbaik.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2016 ini menciptakan aneka produk seperti sepeda anak, listrik, lipat, fixie, balap, BMX, dan MTB, tentunya. Dengan spesifikasi yang baik dan harga yang terjangkau, pantas saja Element memiliki banyak penggemar.

9. Atlantis

* sumber: www.lazada.co.id

Cek Harga di Shopee

Ternyata semua pabrik sepeda ada di daerah Jawa, ya. Buktinya, Atlantis Bike juga berada di Semarang, Jawa Tengah. Mereka menjual sepeda dan sparepart-nya. Rakitan sepeda Atlantis sangat kokoh. Sepedanya punya 20 ring rotor yang kuat dan roda 20 inci.

Remnya dijamin kuat banget dan bodynya juga sekeras baja karena terbuat dari Hi-Ten Steel, yaitu besi premium berkualitas tinggi. Hadir dalam pilihan desain dan warna, paling bagus yang mana, nih, buat kamu?

10. Spedagi

* sumber: mytrip.co.id

Kamu anak go green yang suka olahraga? Spedagi menawarkan sepeda yang lain daripada yang lain, yaitu sepeda bambu. Ada Spedagi Dwiguna yang dirancang untuk jalan raya dan track pedesaan (jalan kasar), Spedagi Dalantara untuk bersepada di jalan raya aspal atau jalan mulus, dan Spedagi Gowesmulyo dan Spedagi Rodacilik untuk bersepeda jalur pendek.

Untuk sepedaan di gunung, kamu bisa pakai Spedagi Dwiguna. Oh ya, kamu bisa beli full bike utuh ataupun frame (rangka)-nya saja, loh!

Itu dia sepuluh merk sepeda gunung buatan perusahaan asli Indonesia. Hampir semua brand di atas sudah mendapatkan kepercayaan secara internasional dan digunakan oleh profesional juga, sehingga kualitasnya sudah pasti terbaik.

Kita patut bangga ada banyak brand lokal yang memberikan performa terbaiknya. Kalau kamu mau gowes-gowes sehat sambil mendukung produk lokal, wajib banget beli sepeda dari merk-merk di atas. Yuk, gowes!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *