Bacaterus / Gitar / Jernih Berdenting, 8 Rekomendasi Merk Senar Gitar Terbaik

Jernih Berdenting, 8 Rekomendasi Merk Senar Gitar Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wah, senar gitar putus! Mungkin karena darurat, terkadang kita asal dalam memilih senar gitar yang akan kita gunakan. Kadang juga kita memiliki alasan sendiri seperti: ‘Toh, hanya digunakan saat nongkrong bersama teman-teman saja’. Atau, ‘Kan namanya juga masih belajar, enggak usah pakai yang mahal’.

Tanpa kita sadari, pemilihan senar gitar yang kurang tepat berpengaruh pada suara yang dihasilkan oleh gitar itu sendiri. Pun, yang tengah belajar untuk memainkan gitar, jangan mentang-mentang masih pemula lantas jadi meremehkan senar gitar yang kamu gunakan. Dan inilah dia, rekomendasi merek senar gitar akustik terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. RC Strings

RC Strings

* sumber: www.thomann.de

Salah satu hal mengapa RC Strings direkomendasikan adalah, selain merek, mereka menyediakan beragam senar yang terbuat dari fluorcarbon. Lantas, apa kelebihan dari bahan ini? Fluorcarbon mampu untuk mengatasi suara ‘blur’ pada senar. Hasilnya adalah, denting suara gitar kamu akan terdengar lebih jernih atau bright dibanding dengan senar Nylon.

Selain dari segi suara, fluorcarbon adalah bahan yang memiliki permukaan yang keras sehingga memiliki daya tahan yang sangat baik. Para pemain gitar memang menyukai bahan ini karena kemampuannya untuk memberikan suara yang stabil. Meski begitu, karena permukaannya yang keras, jenis senar ini memang memiliki sifat high tension atau lebih sulit untuk ditekan, tapi bunyinya tidak diragukan lagi.

2. D’Addario

D’Addario

* sumber: www.strings.ie

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan merek senar gitar yang satu ini, karena mudah didapatkan di toko-toko alat musik. Mengapa D’Addario tampaknya merupakan salah satu merek senar gitar yang populer? Karena senar buatan Amerika ini disebut-sebut sangat cocok untuk pemula dan memiliki permukaan bahan yang lembut.

D’Addario juga memiliki banyak tipe sesuai kegunaan juga selera. Mulai dari 80/20 Bronze, EXP 80/20 Bronze, Phosphor Bronze, EXP Phosphor Bronze, hingga Flat Tops, Gypsy Jazz, Silk & Steel, juga Acoustic Singles. Sementara bagi kamu yang masih pemula atau pun juga baru belajar untuk bermain gitar, bisa menggunakan tipe EJ10.

3. Ernie Ball

Ernie Ball

* sumber: www.strings.ie

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi merek senar gitar yang dapat dikatakan sangat populer. Mungkin salah satu hal yang membuat merek Ernie Ball begitu ternama adalah karena senarnya digunakan oleh John Petrucci, yaitu musisi handal yang merupakan gitaris dari band metal progresif Dream Theater. Namun, kepopuleran Ernie Ball dikalangan para musisi bukan hanya karena John saja.

Ernie Ball menyuguhkan kualitas senar yang sangat baik karena umurnya yang panjang, juga konsistensinya. Selain itu, tentu saja senar merek ini memiliki kualitas suara yang sangat baik. Ernie Ball juga memiliki tipe senar yang variatif. Meskipun menghadirkan kualitas yang sangat baik, namun harganya juga bisa dikatakan cukup terjangkau yaitu sekira Rp 80.000 untuk satu senar.

4. Aquila

Aquila

* sumber: www.thisisclassicalguitar.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merek ini menyediakan senar dari bahan gut. Ya, benar, senar yang terbuat dari usus sapi atau domba. Karena memang, sebelum senar gitar terbuat dari nylon, bahan inilah yang digunakan. Gut string direkomendasikan untuk kamu yang menyukai gitar dengan nada mencolok seperti untuk memainkan melodi atau solo gitar, karena memiliki harmonisasi suara yang lembut.

Tapi memang senar dari bahan gut memiliki kekurangan, yaitu mudah putus. Sehingga, membutuhkan perawatan ekstra. Tapi jangan khawatir, kamu juga bisa memilih senar Aquila yang terbuat dari bahan nylgut. Yaitu, bahan nylon yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan suara dengan kualitas gut string.

5. Elixir

Elixir

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika kamu adalah seorang pemain gitar profesional, tentunya kamu memilih untuk menggunakan senar gitar terbaik untuk kamu gunakan. Merek yang cocok untuk kamu apalagi jika memang bermain musik terutama gitar telah menjadi mata pencaharian adalah Elixir. Karena senar ini memang mampu memberikan kualitas suara yang sangat baik untuk gitar akustik.

Bukan hanya masalah suara yang dihasilkan. Pastinya, Elixir juga menjanjikan kualitas terbaik untuk senar buatan mereka ini. Pihak Elixir menjanjikan bahwa produk hasil buatan mereka ini bisa menahan karat selama 6 hingga 12 bulan. Elixir memiliki 3 tipe senar gitar akustik terbaik, yaitu: Acoustic Phosphor Bronze with NANOWEB Coating, Acoustic 80/20 Bronze with NANOWEB Coating, dan Acoustic 80/20 Bronze with POLYWEB Coating.

6. Augustine

Augustine

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu hal perlu kamu perhatikan saat membeli senar gitar adalah, karakteristik dari senar itu sendiri. Bagaimana menentukannya, tentu saja semuanya tergantung dari kamu sebagai orang yang memainkannya. Kamu ingin suara gitar kamu terdengar seperti apa, maka senar itulah yang kamu pilih. Jika kamu memang bermain gitar solo, banyak dipetik dengan memainkan lagu-lagu yang mellow, Augustine adalah merek yang tepat.

Augustine merupakan salah satu penghasil senar gitar akustik pertama di dunia. Bahkan, pihak Augustine melibatkan Andrés Segovia yang disebut-sebut sebagai bapak dari gitar klasik modern  dalam pembuatan senar mereka. Maksudnya adalah, agar Augustine dapat menghasilkan suara gitar yang diinginkan oleh Andrés.

7. Savarez

Savarez

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mungkin kamu menginginkan agar gitar akustik kamu cocok untuk memainkan musik apapun. Tidak hanya untuk solo gitar, tapi juga terdengar renyah saat kamu memainkan ‘power chord’. Untuk itu, kamu bisa mencoba merek Savarez yang merupakan produsen senar gitar asal negara Perancis ini. Karena, merk yang satu ini terkenal menghasilkan senar-senar gitar unik dan juga inovatif.

Savarez menjual beragam senar gitar. Salah satu produk kenamaan yang dihasilkan oleh merek ini bahkan digunakan oleh gitaris flamenco kenamaan, Mr. Tomatitto. Savarez juga dikenal sebagai salah satu perusahaan yang merilis senar yang terbuat dari fluorcarbon. Sangking banyaknya jenis senar yang mereka produksi dengan keunikannya masing-masing, biasanya pemain gitar akan bereksperimen dengan senar-senar milik Savarez.

8. Hannabach

Hannabach

* sumber: www.musik-produktiv.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa alangkah lebih baiknya jika kamu mengenal karakter dari senar gitar kamu, dengan keperluan atau gaya yang ingin untuk kamu mainkan. Karena, senar-senar gitar memang diciptakan berbeda-beda. Jika kamu adalah tipe pemain gitar yang mementingkan tension untuk permaian kamu, maka Hannabach adalah pilihan yang tepat.

Biasanya, merek senar hanya memiliki 3 jenis tension, yaitu: light, normal dan hard. Tapi Hannabach menyuguhkan 5 jenis tension yang dapat kamu pilih. Dari segi kualitas, Hannabach memiliki kualitas yang sama dengan merek D’Addario. Senar merek ini terkenal sangat responsif, dan mampu menghasilkan bunyi bahkan dengan satu sentuhan ringan sekalipun. Tentu saja merek ini sangat cocok digunakan oleh para pemula.

Itulah beberapa merek gitar terbaik yang dapat kamu pilih. Jika bermain gitar hanya sebatas hobi seperti untuk menghibur diri sendiri atau sekedar seru-seruan bersama dengan teman-teman, mungkin kamu bisa memperlengkapi gitar kamu dengan merek senar apapun.

Namun beda halnya jika kamu ingin menjadi gitaris profesional atau berkarir sebagai seorang pemain musik. Meskipun bisa dibilang pemula, tentunya, kamu juga telah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari merek gitar, hingga senar terbaik.

Adakah seorang gitaris diantara kamu baik itu pemula atau juga gitaris profesional? Siapa tahu kamu punya pendapat tentang merek-merek senar gitar yang telah kita bahas di atas. Silahkan berbincang-bincang lewat kolom komentar di bawah. Baca juga artikel gitar elektrik termahal di dunia ini untuk menambah informasimu seputar gitar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *