Bacaterus / Saus / 10 Merk Saus Tiram yang Paling Enak untuk Aneka Masakan

10 Merk Saus Tiram yang Paling Enak untuk Aneka Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah Anda, saus tiram ditemukan secara tidak sengaja? Oyster sauce, alias saus tiram, ditemukan pertama kali pada tahun 1888 oleh Lee Kum Sheung di Nanshui, Zhuhai, Provinsi Guangdong, Cina. Ia sebenarnya mengelola sebuah kedai teh yang juga menjual tiram masak. Suatu hari, Lee memasak tiram seperti biasa, tetapi dia kelupaan dan membiarkan rebusannya mendidih.

Tapi, ia mencium aroma yang kuat dari masakan tiramnya yang gagal itu. Akhirnya terciptalah saus tiram yang hingga kini menjadi bumbu penting dalam banyak masakan, terutama masakan Asia. Di Indonesia sendiri, yang beberapa masakannya memiliki influence dari masakan Cina, banyak menambahkan saus tiram. Seperti saat menumis sayuran, saat memarinasi daging ayam atau sapi, dan lain sebagainya.

Saus tiram itu ada banyak merknya, loh! Lalu, tidak semua saus tiram 100% pure dari oyster, tapi ada juga yang diinfus oleh bahan lainnya. Nah, daripada bingung, lihatlah hampir merk saus tiram di bawah ini. Daftar ini terdiri dari hampir semua merk oyster sauce yang ada di pasaran Indonesia yang sudah Bacaterus kumpulkan untuk Anda.

1. Lee Kum Kee Saus Tiram Cap Panda

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin merasakan masakan terenak di dunia? Masak dengan Lee Kum Kee Saus Tiram Cap Panda saja! Karena, kabarnya, ini adalah oyster sauce nomor wahid seantero bumi selama lebih dari 12 tahun lamanya! Saus tiram ini sering menjadi bumbu andalan dalam setiap masakan keluarga.

Saus tiram yang legendaris ini menggunakan ekstrak tiram pilihan untuk menjaga kualitasnya. Dan, produk ini tidak mengandung bahan pengawet, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi! Tak heran, kenapa saus tiram dengan logo panda ini jadi pilihan banyak orang, ya.

2. Kikkoman Saus Tiram Premium

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kikkoman Premium Oyster Sauce, saus tiram dengan logo halal dan sertifikasi BPOM. Dengan kemasan bening 300 gram, saus ini bisa Anda pakai masak hingga berkali-kali dan bisa disimpan hingga berbulan-bulan (jika disimpan dengan benar).

Sesuai namanya, saus tiram ini berkualitas premium. Bahkan pewarna karamel yang digunakannya saja kelas satu. Anda bisa menggunakan produk ini untuk memasak, memarinasi, atau pun untuk cocolan makanan jadi!

Jika Anda memiliki usaha kuliner, Kikkoman Premium Oyster Sauce juga hadir dalam kemasan jeriken 2 liter. Dan, memang, produk ini sudah menjadi langganan merchant kenamaan seperti KFC, Yoshinoya, Hyatt, Texas Chicken, Sushi Tei, Shangri-La dan masih banyak lagi. Mau cita rasa masakan Anda mirip seperti restoran terkenal? Pakai Kikkoman Saus Tiram Premium setiap memasak!

3. Knorr Saus Tiram

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kenal dengan Knorr? Ia adalah merk makanan dan minuman asal Jerman yang dimiliki oleh perusahaan Inggris-Belanda Unilever, kecuali produksi Jepang yang berlisensi Ajinomoto. Knorr membuat produk sup kering instan dan aneka bumbu, seperti chicken stock, sup krim, salted egg powder dan saus tiram.

Sebenarnya Knorr memiliki nama lain, yaitu Royco, yang lebih kita kenal secara akrab. Tapi, barang-barang Knorr entah kenapa lebih premium dibandingkan Royco.

Misalnya Knorr Bubuk Saus Telur Asin 270 gram yang dijual seharga Rp 90.000 dengan Royco Ayam Saus Telur Asin 22 gram yang dijual dengan harga Rp 6.900. Walaupun jika dikalikan dengan ukuran gram yang sama, harganya tidak beda jauh, tapi tetap saja merk Knorr lebih mahal.

Kembali lagi ke oyster sauce-nya. Knorr Saus Tiram hadir dalam kemasan botol mungil hingga kemasan 1 kg. Saus tiram Knorr dikenal memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan merk sebelah karena dibuat dari ekstrak tiram asli yang berkualitas.

Menghasilkan perpaduan rasa gurih dan manis yang seimbang, cocok banget dengan lidah orang Indonesia. Saus ini akan melapisi setiap masakan dengan merata. Produk ini juga tanpa perasa maupun pewarna sintetis, jadi lebih sehat.

4. Saori Saus Tiram

* sumber: review.bukalapak.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini sih merk yang sudah dikenal banget sama ibu-ibu, namanya adalah Saori Saus Tiram. Tersedia di supermarket hingga warung kelontong, merk saus tiram yang satu ini jadi akrab banget di hati orang Indonesia.

Terus, ukurannya pun ada bermacam-macam yang memudahkan kita memilihnya, seperti kemasan sachet sekali pakai 23 mL, botol 133 mL, botol 275 mL, dan kemasan besar untuk usaha makanan dengan total 1000 mL.

Yang disukai dari saus tiram ini adalah harganya yang ramah di kantong. Untuk kemasan sachet-nya dijual dengan harga 2.500-an saja. Terus, kemasan sachet juga lebih higienis karena kalau sudah dipakai langsung dibuang kemasannya, tidak seperti kemasan botol besar yang dibuka tutup berkali-kali.

Lalu, untuk kemasan botol kecil dan sedangnya dihargai 12.000 dan 27.000. Sangat terjangkau dibandingkan dua merk sebelumnya. Saori Saos Tiram mengklaim bahwa saus mereka dibuat dari tiram asli, bukan perisa tiram, jadi rasanya lebih otentik!

Cita rasanya didominasi rasa tiram asli yang kuat dan rasa gurih – asin khas tiram. Jadi, tidak perlu menambah garam apalagi MSG pada masakan Anda, karena saus ini sudah memiliki rasa asin gurih yang pas.

5. ABC Saus Tiram

* sumber: review.bukalapak.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain Saori, saus tiram kesayangan ibu-ibu lainnya adalah ABC Saus Tiram. Sama-sama memiliki kemasan variatif, mulai dari sachet hingga botol berbagai ukuran, saus ini menjangkau setiap lapisan masyarakat.

Selain murah dan higienis, adanya kemasan sachet juga membantu untuk orang yang mau coba-coba terlebih dahulu. Untuk kemasan sachetnya berisi 18 mL saus, lalu kemasan botolnya Anda bisa memilih yang 135 mL atau 425 mL.

Nuansa rasa saus tiram ABC berbeda dengan Saori. Pertama-tama, saus ABC lebih kental. Itu karena proses membuatnya adalah dengan memasak tiram sampai sarinya mengental. Untuk rasa, saus tiram ABC itu terasa lebih manis, sedangkan Saori lebih asin gurih. K

arena ABC tidak menggunakan garam atau pun penyedap rasa, sehingga rasa gurih saus tiram ini tidak terlalu dominan. Jadi, ketika memasak menggunakan saus tiram ABC ini, Anda bisa menambahkan garam atau pun MSG lagi sesuai selera.

6. Delisaos Saus Tiram Manis

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Delisaos Saus Tiram Manis mengklaim kalau mereka yang pertama di Indonesia untuk mengombinasikan rasa gurih tiram dengan rasa manis kecap yang lebih dikenal secara luas. Hasilnya? Perpaduan rasa unik yang pas dan familiar untuk masakan khas Nusantara dan Asia.

Saus ini cocok untuk memasak nasi goreng, mi goreng, oseng tempe, teriyaki dan sebagainya. Tersedia dalam kemasan sachet 23 gram, serta botol 130 mL dan 260 mL.

7. Selera Saus Tiram

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Saus Tiram Selera adalah saus premium karena diproses dengan teknologi tinggi dari tiram asli berkualitas, sehingga rasanya asin gurih alami khas tiram. Saus ini juga praktis. Ia bisa digunakan untuk semua masakan. Saus dari Dapur Kobe ini memiliki tekstur yang lebih kental dan pekat.

Saus ini tetap segar karena proses pembuatannya yang canggih, jadi bisa awet walaupun tanpa tambahan pewarna buatan atau pun pengawet. Anda bisa menambahkannya ke sup, tumisan, nasi goreng, aneka masakan ikan, ayam panggang, mi goreng. Dan, semuanya akan terasa lebih lezat, semua anggota keluarga Anda akan lebih berselera untuk memakannya.

8. Liang Shi Fu Oyster Sauce

*Sumber: https://www.instagram.com/p/B3ML3LcFRrs/

Cek Harga di Shopee

Liang Shi Fu Oyster Sauce bisa Anda lihat profilnya di Instagram perusahaan mereka, @ibm_indonesia. Ini adalah oyster sauce ala restoran. Jadikan masakan rumahan Anda menjadi selevel dengan masakan hotel bintang lima dengan Liang Shi Fu Premium Oyster Sauce.

Cita rasa saus tiram produk asal Malaysia ini sangat pekat dan melekat di masakan. Anda bisa membelinya dengan kemasan 230 gram (Rp 18.000).

9. Mabin Oyster Sauce

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi selanjutnya adalah Mabin Oyster Sauce yang diimpor dari Thailand. Yang membuat saus Mabin ini istimewa adalah konsentrasi bahan asli-nya yang membuat rasa tiramnya sangat kuat. Bahan utamanya dipilih secara hati-hati, diambil dari alam dengan standar khusus, sehingga menghasilkan cita rasa favorit semua orang. Tersedia dalam kemasan 325 gram.

10. Wan Ja Shan Vegetarian Mushroom Oyster Sauce

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Anda tak makan hewan? Tenang saja, saus tiram ini tidak dibuat dari tiram sungguhan, jadi cruelty free! Karena, produk asal Taiwan yang bernama Wan Ja Shan Vegetarian Mushroom Oyster Sauce ini terbuat dari jamur yang memiliki aroma dan rasa seperti daging, tahu dan sayuran.

Produk ini terbuat dari kecap (air, kacang kedelai, gandum dan garam), tepung jagung, gula, bumbu sodium, serta benzoate (kurang dari 0,1% sebagai pengawet makanan). Sudah, tanpa hewan sama sekali, jadi para vegetarian bisa menyantapnya dengan tenang (sudah ada BPOM RI-nya).

Anda bisa menggunakan saus aromatik ini untuk menggoreng, menumis, memanggang, atau pun sebagai saus celup. Produk ini tersedia dalam kemasan 300 mL dan 1 Liter.

Ya, itulah beberapa merk oyster sauce atau saus tiram yang ada di pasaran Indonesia. Selain sepuluh brand di atas, coba juga Amoy Oyster Sauce, Woh Hup Oyster Sauce, Taste Me Oyster Sauce, Golden Mountain Oyster Sauce dan Cantine Oyster Sauce. Kalau Anda lebih suka cita rasa saus tiram dari brand apa, nih?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *