Bacaterus / FYI / Inilah Merk Rubik (Speed Cubes) Terbaik, Cocok untuk Pemula

Inilah Merk Rubik (Speed Cubes) Terbaik, Cocok untuk Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Februari 2020

Sebenarnya Rubik itu merk. Rubik cube adalah puzzle kombinasi 3D yang ditemukan pada tahun 1974. Kubus Rubik dibuat oleh pemahat dan profesor arsitektur asal Hongaria bernama Ernő Rubik. Untuk nama bendanya sendiri adalah speed cube.

Alasan mengapa Rubik cube menjadi begitu populer adalah karena desainnya yang sangat sederhana, namun memiliki tingkat kesulitannya ekstrem dengan lebih dari 43.252.003.274.489.856.000 kemungkinan yang berbeda.

Speedcubing menjadi lebih dan lebih populer sekian waktu. Itulah sebabnya Bacaterus membuat panduan untuk membantu Anda tidak hanya memilih merk kubus terbaik tapi sekaligus membantu Anda memahami poin-poin apa saja yang harus Anda lihat ketika membeli kubus.

Poin Penting dalam Memilih Rubik

rubik

Karakteristik utama dari speedcube menentukan kualitas keseluruhan yang ditawarkan dari setiap produk. Ini adalah beberapa karakteristik terpenting dari speedcube yang perlu Anda perhatikan.

1. Turning

Turning adalah kecepatan berputar setiap kubus. Turning juga ada dua macam, yaitu fast turning (kecepatan berputar sangat cepat) or smooth turning (kecepatan biasa, tapi lembut dan tanpa suara).

  • Fast Turning

Speedcube yang dioptimalkan untuk kecepatannya memiliki sedikit gesekan di antara lapisan-lapisannya, sehingga resistensinya minimal. Inilah yang membuat kubus menjadi sangat cepat. Speedcube fast turning terasa ringan dan hanya membutuhkan sedikit usaha untuk diputar-putar.

Kekurangannya, speedcube ini memiliki kontrol minimal karena tidak ada gesekan di antara lapisannya. Ini akan menyulitkan para pemula. Lalu, mereka cenderung bersuara (berisik) dan ada rasa dry feeling ketika memainkannya.

  • Smooth Turning

Speedcube yang smooth memiliki lebih banyak gesekan di antara lapisannya, memberikan sensasi yang halus sekaligus pemutaran setiap lapisan yang tepat.

Kubus seperti ini membutuhkan sedikit tenaga untuk diputar, tapi memiliki kontrol yang cukup. Cocok untuk pemula. Kubus ini juga tidak berisik dan tidak memberikan perasaan kering seperti fast turning speedcube. Karena pembuatannya lebih rumit, speedcube smooth turning biasanya lebih mahal.

2. Corner Cutting

Corner cutting, atau sudut pemotongan, adalah kemampuan kubus untuk berbelok bahkan ketika bentuk kubus tidak sepenuhnya selaras lagi akibat permainan kubus yang ‘barbar’ atau karena kubusnya pernah terjatuh.

Sebagian besar speedcube modern memungkinkan pemotongan sudut 45 derajat, yang berarti kubus tersebut dapat lurus kembali ketika permukaan atas diputar lebih dari 45 derajat ke depan. Teknologi ini memberikan ruang untuk kesalahan dan meningkatkan fluiditas.

3. Stabilitas

Setiap cuber, pemula apalagi profesional, akan menginginkan speedcube yang stabil. Kestabilan menentukan apakah kubus lentur dan tidak banyak berubah bentuk. Kubus yang kurang stabil cenderung lebih sering melengkung atau bahkan pecah/terlepas.

4. Kontrol

Kontrol speedcube tergantung dari banyak faktor, tetapi yang paling penting dari semuanya adalah kecepatan beloknya. Kubus yang lebih cepat memiliki kontrol lebih sedikit dan cenderung terjadi overshoot saat Anda melakukan algoritma (memainkan kubus pakai algoritma, kan).

Dengan adanya tren baru ‘magnetisasi’, speedcube magnet memberikan kontrol lebih besar daripada speedcube non-magnet. Namun, speedcube magnet tidak direkomendasikan untuk pemula, karena mereka terasa berbeda dan lebih baik jika pemuka belajar cubing yang ‘natural’.

Merk Rubik Terbaik

Speedcube yang tercantum di bawah ini adalah yang terbaik saat ini tersedia di pasaran. Salah satu dari pilihan ini akan cocok bagi pemula dan cuber profesional. Pilihlah salah satu yang paling menarik bagi Anda karena preferensi pribadi adalah yang paling penting. Beberapa merk rubik terbaik diantaranya:

1. GANCube GAN356 AIR SM SuperSpeed Magneto

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

GANCube GAN356 AIR SM SuperSpeed Magneto, atau mari kita singkat menjadi GAN 356 Air SM saja, adalah GAN 356 Air SM jauh lebih tenang dan halus bila dibandingkan speed cube lainnya yang tersedia saat ini.

Produk ini juga sekaligus merupakan kubus terbaik dari lini produksi 356. Desain potongan inti dan sudutnya telah memengaruhi banyak kubus baru-baru ini di pasar. Tepuk tangan buat trendsetter kita, GAN 356 Air SM!

Kubus magnetik ini memberi Anda lebih banyak kontrol dan mengurangi overshooting hingga ke batas minimum, bahkan jika Anda seorang rough cuber. Seorang speedcuber bernama Feliks Zemdegs, dia memegang penyelesaian tunggal tercepat dengan waktu 4,73 detik.

Anda bisa melihat videonya di YouTube Feliks di sini. Di video tersebut, Feliks menggunakan GANCube GAN356 AIR SM SuperSpeed Magneto tentunya. Kubus ini memang lebih mahal daripada kubus berkualitas lainnya, tetapi itu sesuai dengan desain inovatifnya, adanya magnet yang terpasang dan penggunaan bahan terbaik yang mutlak.

Kubus ini juga sangat ringan, makanya dia diberi nama “Air” alias udara. GAN 356 Air SM masih jelas merupakan salah satu speedcube terbaik yang ada saat ini. Anda bisa membeli speedcube ini secara online.

2. MoYu WeiLong GTS3 M Magnetic Speed Cube

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

MoYu adalah salah satu brand yang paling dikenal di dunia speedcubing, dan untuk alasan yang bagus. MoYu membuat beberapa speedcube terbaik yang pernah ada di pasaran dan selalu ada produk baru hasil inovasinya. MoYu WeiLong GTS3 M Magnetic Speed Cube contohnya.

Ini adalah penerus dari GTS2 MoYu WeiLong yang terkenal dan telah diulas banyak orang di seluruh dunia. Nah, model speedcube yang ke-3 ini membawa banyak fitur baru. GTS3 jelas merupakan salah satu speedcube 3×3 yang terbaik yang pernah dibuat.

Beberapa orang mungkin tidak suka dengan pinggiran luar di tepinya. Padahal, punggungan ini ada untuk meningkatkan cengkeraman dan membantu ketika Anda melakukan eksekusi yang sangat cepat.

Inovasi lain yang mereka berikan adalah sistem pegas yang dapat disesuaikan dengan cara menyesuaikan sekrupnya, sehingga Anda memiliki lebih banyak opsi penyesuaian. GTS3 memiliki kecepatan yang tak tertandingi bahkan lebih baik dari produk sebelumnya, tetapi ini bukan sesuatu para pemula nikmati.

Jadi, untuk pemula mungkin tidak akan melirik kubus ini karena agak mahal dan perpindahannya sangat cepat. Adanya magnet di dalam kubus ini memang banyak membantu kontrol, tapi untuk pemula lebih baik memilih kubus non-magnetik pada awalnya.

3. QiYi The Valk 3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

QiYi The Valk 3, atau Valk 3 saja, adalah salah satu speedcube yang paling dinanti. Kubus ini telah direkomendasikan dan digunakan oleh speedcuber terkenal, Mats Valk. Dia menggunakan kubus ini untuk menetapkan rekor dunia tercepatnya, yaitu 4,74 detik. Kubus ini juga memenangkan penyelesaian tunggal tercepat ke-3 (dengan waktu 4.69 detik) oleh speedcuber Patrick Ponce.

Valk 3 memiliki fitur stiker vinil berkualitas tinggi yang tebalnya hanya 0,13 mm dalam skema QiYi Half-Bright Color. Kalau membelinya, Anda merasa seperti diberi kado, karena kemasan Valk 3 termasuk hadiah eksklusif dari QiYi, kubus Valk 3, kartu eksklusif dan berbagai pamflet Mats Valk dengan link ke video demo Valk 3-nya.

Speedcube ini memiliki keseimbangan, kecepatan dan stabilitas. Menjadikannya pilihan yang bagus untuk pemula. Kubus ini disertai oleh beberapa panduan tentang menyelesaikan kubus oleh Mats Valk dan panduan ini tersedia melalui kode QR dalam paket kubus.

Ini menjadikannya hadiah yang sempurna bagi seseorang yang pemula. Kubus ini memiliki ukuran lebih kecil dari standar dengan sisi 55,5 mm. Kalau tangan Anda tidak terlalu lebar, cocok banget pilih Valk 3!

Speedcube ini memiliki pemotongan sudut yang baik dan mampu berbelok dengan baik, meskipun kubus ini hampir tidak memotong sudut 45 derajat dan cukup keras. Kubus ini juga mengeluarkan suara ‘berisik, jadi jika Anda ingin menggunakannya di tempat umum yang tenang, itu mungkin bukan pilihan terbaik.

4. Rubik’s Cube 3×3

Cek Harga di Lazada

Rubik’s Cube original, everyone!! Speedcube dengan brand Rubik’s diciptakan pada tahun 1974 oleh Ernõ Rubik, seorang profesor dari Budapest, Hongaria. Mainan puzzle colour-matching ini diciptakan untuk membantu murid-muridnya memahami masalah tiga dimensi.

Kubus ini mudah berbelok, dipelintir ke sana-sini tanpa mudah pecah. Dengan 450 juta item terjual secara global, Rubik’s Cube merupakan salah satu speedcube paling dikenal di seluruh muka bumi.

Rubik’s Cube adalah teka-teki pencocokan warna klasik yang dapat dinikmati di rumah atau saat bepergian. Kubus ini cocok untuk profesional maupun pemula, orang dewasa maupun anak-anak.

Cube 3×3 klasik ini merupakan permainan asah otak yang sangat adiktif yang telah memikat penggemar di seluruh dunia selama beberapa dekade. Bagian terbaiknya, ini tidak mahal, bisa dibilang yang termurah diantara speedcube terbaik lainnya, yaitu cuma 130 ribuan.

Kesimpulan

Setelah membaca panduan membeli kubus, dan beberapa merk speedcube yang bagus, Bacaterus harap Anda tidak salah beli speedcube yang paling cocok buat Anda.

Akan tetapi, perlu diperhatikan kalaupun speedcube tersebut digunakan oleh profesional, di-review bagus oleh banyak orang, belum tentu cocok dengan Anda, karena kecocokan setiap orang berbeda-beda. List ini hanya bertujuan untuk membantu Anda mengetahui beberapa speedcube yang telah menjadi buah bibir komunitas speedcubing.

Memilih speed cube tentu akan sangat subjektif, karena ada banyak preferensi pribadi di dalamnya. Anda sebaiknya memilih kubus yang fiturnya paling Anda sukai, karena itu akan menentukan hobi ini akan berjalan lama atau tidak, apalagi jika Anda seorang pemula.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *