bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Bahan Dapur / Yuk, Kenali 8 Merk Roombutter yang Dijual di Pasaran

Yuk, Kenali 8 Merk Roombutter yang Dijual di Pasaran

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 9 November 2020

Sekilas, roombutter terlihat sama seperti mentega pada umumnya. Namun, jika ditilik lebih detail lagi, roombutter punya ciri khas yang bikin dia beda dari mentega biasa.

Salah satunya ada pada aroma. Roombutter punya aroma yang begitu wangi dan khas. Roombutter sendiri cocok dipakai sebagai bahan pembuat kue kering ataupun cake.

Banyak orang yang mengakui kalau roombutter bisa bikin kue lebih lembut dan enak. bahkan, aroma kuenya jadi lebih harum, terutama saat pertama kali dikeluarkan dari oven.

Roombutter sudah tersedia di pasaran dalam berbagai merk. Harga tiap merk roombutter sendiri tergolong mahal. Hal tersebut wajar, lantaran kualitas roombutter memang tinggi. Lebih tinggi dari mentega biasa. Lalu, apa saja merk roombutter yang kini tersedia di pasaran?

1. Wijsman Butter

Wijsman Butter

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk roombutter ini merupakan yang paling lazim dipakai oleh masyarakat Indonesia. Baik untuk bahan pengolahan kue, roti atau bahkan martabak manis. Merk roombutter ini juga cocok dioleskan di atas permukaan kue.

Kue yang diolesi roombutter Wijsman akan memiliki tampilan yang enak dilihat. Wijsman sendiri tergolong roombutter yang bercita rasa asin, serta punya tekstur yang khas.

Bila kamu memakai Wijsman sebagai bahan adonan kue, maka kamu perlu menggunakannya sebanyak satu ons saja. Satu ons Wijsman itu lantas dicampur dengan mentega biasa, agar bisa menghasilkan kue bercita rasa lezat.

Wijsman memiliki aroma yang harum seperti roombutter pada umumnya. Wijsman kini dijual dalam beragam ukuran, mulai dari gram hingga kilogram. Satu kilogram Wijsman sendiri bisa didapatkan dengan harga Rp 310.000. Wijsman kini sudah teruji kehalalannya. Jadi, bagi kamu yang Muslim, jangan sungkan untuk membeli roombutter satu ini.

2. Orchid Butter

Orchid Butter (1)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk roombutter ini dikenal lantaran kandungan vitamin A dan E-nya yang kaya. Orchid Butter sendiri dibuat dari lemak susu yang berkualitas. Ada dua jenis Orchid Butter yang dijual di pasaran, yakni salted dan unsalted butter.

Kamu bisa pilih salah satunya yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Orchid Butter sendiri dijual dengan harga Rp 337.000 untuk ukuran 2 kg. Kalau mau ukuran gram, kamu bisa beli Orchid Butter 340 gram yang dibanderol dengan harga Rp 77.000.

3. Anchor Pure New Zealand Butter

Anchor Pure New Zealand Butter

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain memproduksi keju, Anchor juga memproduksi roombutter yang berkualitas. Anchor Pure New Zealand Butter adalah produk roombutter yang mereka hasilkan.

Merk roombutter asal Selandia baru ini tak hanya cocok untuk dijadikan bahan kue. Tetapi, juga cocok untuk adonan roti, bahkan dipakai untuk menggantikan minyak goreng kala menumis.

Merk roombutter produksi Anchor ini dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 37.000 untuk ukuran 227 gram, hingga Rp 129.000 untuk ukuran 1 kilogram.

4. Land O’Lakes

Land O Lakes Butter

Kalau merk satu ini merupakan roombutter impor yang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Keunggulan roombutter ini adalah proses pengolahannya yang bebas dari berbagai bahan khimia.

Seperti halnya Orchid Butter, Land O’Lakes juga punya pilihan rasa salted dan unsalted. Selain itu, Land O’Lakes juga menyajikan light butter, extra creamy salted butter, dan butter with olive oil and sea salt in half sticks.

Baca juga: 10 Merk Unsalted Butter untuk Memasak dan Membuat Kue

5. Hollmann Butter

Butter Hollman

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Roombutter satu ini lazim dipakai oleh para pembuat oti di Indonesia. Bahan utama roombutter ini sendiri adalah susu sapi yang murni tanpa dicampur bahan lainnya.

Butter Hollman punya aroma wangi yang khas, serta tidak memiliki banyak lemak. Hollman menjual roombutter-nya dengan beragam ukuran. Yang terkecil adalah ukuran 100 gram dengan harga Rp 16 ribu, sedangkan yang terbesar berukuran 1 kilogram dengan harga mencapai 110 ribu.

Hollman juga menyajikan roombutter yang dikembangkan menjadi cream. Roombutter cream tersebut tersedia dalam beberapa varian rasa. Mulai dari vanilla hingga mocca.

Roombutter cream vanilla mempunyai cita rasa yang manis, serta beraroma kuat. Cream tersebut cocok dijadikan topping kue dan es krim. Adapun cream mocca tekstur yang kental dan lembut, serta bercita rasa mocca yang kuat. Cream mocca sangat cocok untuk olesan roti, bahan puding, campuran minuman, serta kue yang memiliki cita rasa mocca.

6. Golden Churn Butter

Golden Churn Butter

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selandia Baru tak hanya memiliki Anchor sebagai produsen roombutter. Masih ada beberapa merk lainnya yang dihasilkan oleh Negeri Kiwi tersebut. Golden Churn adalah salah satunya.

Golden Churn memiliki tekstur yang creamy, serta tentu saja beraroma harum. Roombutter ini lazim dipakai oleh chef profesional untuk dijadikan bahan makanan. Khususnya kue atau pastry.

Pengolahan Golden Churn sendiri konon masih memakai cara tradisional. Selain cocok buat bahan kue, Golden Churn juga bisa dijadikan pengganti minyak untuk menumis ataupun memanggang.

Seperti roombutter lainnya, Golden Churn juga dijual dalam berbagai ukuran dan harga. Ukuran paling kecil Golden Charn adalah 340 gram yang dijual dengan harga Rp 99.000. Adapun ukuran terbesar yang dijual Golden Churn adalah 2 kg. Golden Churn seberat 2 kg bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp 545.000.

7. Blue Triangle Pure Creamery Butter

Blue Triangle Pure Creamery Butter

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini adalah roombutter lainnya yang berasal dari Negeri Kiwi. Merk roombutter yang terbilang baru di Indonesia ini dibuat dari susu sapi murni yang diproses secara modern.

Roombutter merk Blue Triangle juga punya nutrisi yang cukup banyak. Dua di antaranya adalah vitamin A dan juga vitamin E. Blue Triangel seberat 340 gram bisa didapatkan dengan harga Rp. 74.000. Sedangkan untuk berat 2 kilogram, kamu bisa membelinya dengan kocek Rp 548.000.

8. Lurpak Butter

Lurpak Butter

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini merupakan merk roombutter yang berasal dari Negeri Dinamit, Denmark. Lurpak lazim dipakai oleh restoran steak. Roombutter ini biasanya dioleskan ke atas roti yang lazim disajikan sebelum hidangan steak datang.

Lurpak punya cita rasa yang lezat, serta tidak memiliki kandungan lemak berlebih. Saking lezatnya, Lurpak bisa kamu santap langsung tanpa harus diolah atau dioleskan ke dalam roti.

Lurpak punya varian roombutter yang bisa dipilih. Mulai dari slightly salted, unsalted, hingga organic.

Di antara ketiganya, slighty salted adalah yang paling difavoritkan pembeli. Varian roombutter itu punya tekstur yang gurih, serta cita rasa yang kaya. Di pasaran, Lurpak dijual dalam kemasan gram. Mulai dari ukuran 125 gram yang dihargai Rp 52 ribu, sampai ukuran 200 gram yang harganya mencapai Rp 85.000.

Dibanding mentega biasa, roombutter punya aroma yang lebih harum, cita rasa yang kuat, serta harga yang mahal. Di pasaran, roombutter kini tersedia dalam berbagai merk. Bagi kamu yang mau membuat kue atau penganan lainnya, salah satu merk roombutter yang kini ada di pasaran barangkali bisa menjadi pilihan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram