Bacaterus / Bahan Kue / 13 Merk Ragi Instan yang Bagus untuk Membuat Roti & Kue

13 Merk Ragi Instan yang Bagus untuk Membuat Roti & Kue

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika ditelaah lebih dalam, bahan-bahan untuk membuat kue ternyata cukup banyak. Mulai dari tepung terigu, telur, sampai dengan ragi. Ya, ragi diperlukan untuk proses fermentasi adonan roti dan kue.

Proses fermentasi terjadi saat gula diubah menjadi gas karbondioksida (CO2) sehingga adonan jadi mengembang. Di sini, fungsi ragi adalah mematangkan dan mengempukkan gluten sehingga adonan dapat menerima gas CO2 saat proses pembuatan roti.

Dewasa ini, Anda juga sudah bisa membeli ragi instan yang bisa langsung dipakai untuk pizza, roti, atau kue lainnya. Bacaterus akan memberikan ulasan mengenai 13 merk ragi instan yang bagus dan berkualitas.

1. Koepoe Koepoe Gist Korels

Koepoe Koepoe Gist Korels

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 65 gram, 1 kg
  • Cocok untuk: Pengembang roti
  • Benefit: Proses perendaman cepat. Aroma ragi lebih wangi. Bisa dipakai sebagai pengembang roti atau hidangan lainnya.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Koepoe Koepoe adalah merk yang memproduksi bumbu dapur dan bahan-bahan pembuatan kue. Sejauh ini, merk tersebut sudah memproduksi pewarna makanan, perasa makanan, lada putih, bumbu kue lapis, cabe bubuk, kunyit bubuk, sampai dengan ragi kering. Kualitas ragi kering Koepoe Koepoe memang tidak perlu diragukan lagi. Merk ini membuat ragi kering dalam bentuk butiran kasar.

Ragi ini bisa langsung dicampur ke dalam adonan roti dan akan membuat adonan mengembang lebih cepat dibanding biasanya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Koepoe Koepoe Gist Korels ini berkualitas dan diolah secara higienis. Produk ini sangat aman dikonsumsi karena halal dan sudah terjamin kualitasnya.

2. Fermipan

Fermipan Merk Ragi Instan yang Bagus

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 11 gram, 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti, donat, dan berbagai makanan yang memerlukan baking atau kukus
  • Benefit: Termasuk jenis ragi kering instan yang praktis dan best-selling di Indonesia. Proses mengembangkan adonan tergolong cepat.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingat ragi, ingat Fermipan. Nampaknya, Fermipan berhasil menjadi merk ragi instan yang bagus di Indonesia. Hampir semua masyarakat di Indonesia mengandalkan Fermipan jika membutuhkan ragi kering untuk membuat kue dan roti.

Ragi ini dijamin halal dan bisa langsung dicampurkan pada adonan roti. Fermipan akan membantu Anda mengembangkan adonan roti secara lebih cepat sehingga rotinya pun jadi lebih cepat matang.

Ada yang mengatakan bahwa ragi instan yang bungkusnya sudah dibuka harus segera dihabiskan dalam waktu 48 jam. Namun, Fermipan yang kemasannya sudah dibuka bisa bertahan hingga berhari-hari jika disimpan di dalam lemari es.

3. Saf-Instant

Saf-Instant

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 11 gram, 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti, donat, bakpau
  • Benefit: Membuat adonan mengembang secara cepat. Sudah HALAL MUI. Membantu terbentuknya aroma dan rasa selama proses fermentasi pada pembuatan roti maupun kue.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Saf-Instant adalah ragi yang dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari Fermipan. Lantas, apakah kualitas yang ditawarkan Saf-Instant ini lebih baik dibanding Fermipan? Ragi kering ini dapat mengembangkan roti, bakpau, donat, dan kue. Namun, hal tersebut juga tergantung pada kualitas bahan-bahan lain yang digunakan.

Ragi Saf-Instant sudah berlabel halal dan sudah lolos uji keamanan dari BPOM. Aroma tape yang dihasilkan produk ini tentu saja akan menambah cita rasa dari roti atau makanan lain yang sudah ditambahkan dengan ragi ini.

Meskipun bisa dipakai untuk membuat berbagai macam makanan, Saf-Instant lebih cocok jika dipakai untuk membuat roti.

4. Mauri-Pan

Mauri-Pan

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 12 gram, 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti, donat, bakpau
  • Benefit: Membuat adonan mengembang secara cepat. Tidak mengandung pengawet. Terjamin halal.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi merk ragi instan yang bagus dan berkualitas, yaitu Mauri-Pan. Merk ragi ini juga sudah banyak dijual di toko-toko bahan kue yang tersebar di Indonesia. Mauri-Pan adalah ragi kering yang sudah dijamin kehalalannya. Ketika dicoba untuk membuat roti, Mauri-Pan berhasil membuat adonan roti mengembang dengan lebih cepat.

Tidak cuma bisa dipakai sebagai bahan pembuatan roti saja, Mauri-Pan ternyata dapat menjadi campuran bahan membuat bakpau, donat, dan martabak. Produk ini tidak mengandung pengawet sehingga dijamin aman untuk kesehatan. Anda bisa mengombinasikan ragi Mauri-Pan ini dengan berbagai merk tepung terigu.

5. Gloripan

Gloripan

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti dan hidangan lainnya
  • Benefit: Tahan tekanan osmotik tinggi sehingga bisa dipakai untuk membuat adonan roti yang menggunakan banyak pemanis maupun minyak. Proses fermentasi adonan jadi lebih cepat.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Gloripan merupakan ragi instan yang diimpor langsung dari negeri tirai bambu. Produk ini termasuk jenis ragi kering yang siap pakai. Bahkan, Gloripan adalah ragi yang bersifat sugar tolerant. Artinya, ragi ini bisa diolah bersama dengan gula sebanyak apapun.

Gloripan adalah ragi yang tahan tekanan osmotik tinggi sehingga ideal untuk memproduksi roti dengan kadar glukosa yang tinggi (24%) dan minyak yang tinggi (20%). Di samping itu, penggunaan Gloripan juga akan mempersingkat waktu fermentasi adonan.

6. Bruggeman

Bruggeman

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti, donat, bakpau
  • Benefit: Tersedia dalam dua varian, Brown untuk adonan dengan kadar gula yang tinggi dan Blue untuk adonan dengan kadar gula di bawah 10%. Mempercepat proses pengembangan adonan sehingga lebih cepat matang ketika dipanggang di dalam oven.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi merk ragi impor yang mulai dipasarkan secara luas di Indonesia, yaitu Bruggeman. Ragi ini dipercaya dapat mempercepat proses fermentasi pembuatan adonan roti. Alhasil, adonan jadi lebih cepat mengembang, cepat dipanggang di dalam oven, dan cepat matang.

Terdapat dua jenis ragi Bruggeman yang dijual di pasaran, yakni Bruggeman Brown yang cocok untuk adonan roti manis yang lebih banyak gulanya. Tipe ragi ini cocok untuk membuat croissant. Sedangkan Bruggeman Blue adalah ragi yang cocok untuk adonan dengan kadar gula di bawah 10% yang cocok untuk membuat kue atau roti yang tidak terlalu manis, contohnya adalah pastel.

7. Angel

Angel

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 11 gram, 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti manis, roti tawar, bakpau, donat
  • Benefit: Fleksibel dipakai untuk adonan dengan gula yang rendah maupun tinggi. Kualitas impor tapi sudah bersertifikat HALAL MUI.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ragi instan merk Angel juga cukup terkenal di kalangan pembuat kue. Proses fermentasi pada saat membuat roti jadi lebih cepat ketika Anda menambahkan ragi Angel ini pada adonan yang sudah tersedia.

Ragi kering ini tidak hanya bisa dipakai pada saat membuat roti, tapi bisa juga untuk membuat roti manis, roti tawar, bakpau, dan donat. Ragi dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus ini cocok sekali dicampurkan pada adonan roti dengan kadar gula di atas 5%.

Meskipun Angel Ragi Instant ini adalah produk impor, tetapi produk ini sudah memiliki sertifikasi halal MUI yang tercantum pada kemasannya. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat menggunakan ragi instan Angel.

8. Victoria

Victoria Ragi (1)

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 500 gram
  • Cocok untuk: Pengembang roti manis, roti tawar, dan beragam jenis makanan lain yang membutuhkan proses pemanggangan di dalam oven
  • Benefit: Ragi dengan kualitas impor. Mengembangkan adonan secara lebih cepat. Sudah bersertifikat HALAL.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk ragi kering instan memang lebih digemari ketimbang ragi basah. Selain lebih praktis, jenis ragi kering juga dianggap menawarkan proses pengembangan adonan yang lebih cepat. Nah, saah satu ragi instan yang hendak kami rekomendasikan di sini adalah ragi merk Victoria.

Merk ragi instan ini cocok dipakai untuk membuat adonan roti tawar maupun manis. Tak hanya sampai di situ, ragi dengan kualitas impor ini sudah bersertifikat HALAL sehingga kamu tak perlu khawatir ketika hendak memakainya.

9. Pakmaya

Pakmaya

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 11 gram, 500 gram
  • Cocok untuk: Mengembangkan aneka jenis roti atau jenis makanan apapun yang adonannya membutuhkan proses pengembangan
  • Benefit: Merk ragi kering instan yang sudah best-selling di Indonesia. Fleksibel untuk semua jenis adonan, baik yang mengandung gula tinggi maupun rendah.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Pakmaya adalah sebuah merk ragi instan yang bagus. Wajar saja karena Pakmaya lebih sering dipakai untuk proses pembuatan roti secara industri. Sementara untuk rumah tangga biasanya menggunakan ragi Fermipan atau Saf-Instant.

Pakmaya merupakan ragi berkualitas yang dapat mempercepat proses pengembangan adonan roti. Selain itu, harga ragi Pakmaya memang lebih mahal dibanding merk ragi instan lainnya. Pasalnya, Pakmaya adalah produk impor, tetapi sudah banyak dijual di Indonesia. Belum ada sertifikasi halal untuk produk ini sehingga sebaiknya Anda mempertimbangkan dulu sebelum membeli.

10. Kethobetic

Kethobetic (1)

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 150 gram
  • Cocok untuk: Mengembangkan beragam jenis roti, terutama roti yang tidak memerlukan tambahan pemanis
  • Benefit: Tidak perlu menambahkan gula sebagai makanan ragi. Proses pengembangan adonan lebih cepat tanpa perlu mencairkan raginya dahulu. Bisa dipakai untuk membuat makanan-makanan sehat bebas gula

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jenis ragi instan yang satu ini agak berbeda dengan jenis ragi lainnya. Ketika menggunakan ragi Kethobetic, kamu tak perlu menambahkan gula lagi sebagai makanan ragi. Jadi, kamu bisa membuat roti sugar free dengan produk ragi ini.

Meskipun tidak menambahkan gula ke dalam adonan, roti yang kamu buat akan mengembang dengan sempurna. Bahkan, kamu tidak perlu mencairkan ragi ini dulu untuk aktivasi, langsung campurkan saja secukupnya ke dalam adonan.

11. Special Soft Bread

Special Soft Bread

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 14 gram
  • Cocok untuk: Membuat roti, donat, dan kue apem
  • Benefit: Harga yang cukup ekonomis dan fleksibel untuk diapaki membuat aneka jenis roti maupun jajan pasar.

Cek Harga di Shopee

Salah satu kendala yang sering ditemukan kalau menggunakan ragi kering adalah proses penggunaan yang ribet. Beberapa jenis ragi harus dicampurkan dulu dengan air untuk mengaktifkannya. Namun, hal tersebut tidak perlu dilakukan ketika kamu memakai ragi Special Soft Bread.

Ragi kering instan yang satu ini bisa langsung dicampur ke dalam bahan-bahan kering lainnya. Ragi Special Soft Bread akan bercampur dengan bahan-bahan lain untuk membentuk adonan yang lebih cepat mengembang.

12. Super GS Donat Special

Super GS Donat Special

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 10 gram
  • Cocok untuk: Membuat donat, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk membuat roti lainnya
  • Benefit: Harga terjangkau dan mudah ditemukan karena beredar bebas di Indonesia.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukan hanya roti yang membutuhkan ragi di setiap adonannya, ternyata donat juga merupakan makanan yang adonannya harus dicampur dengan ragi agar cepat mengembang. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa untuk donat sebaiknya Anda menggunakan ragi khusus.

Super GS Donat Special adalah ragi instan yang dikemas dalam bentuk sachet. Di samping itu, adonan donat yang dicampur dengan ragi ini dapat mengembang dengan sempurna sehingga ketika digoreng dalam minyak panas, donatnya akan terlihat cantik dan lebih cepat kenyal sehingga Anda tidak perlu menggorengnya terlalu lama.

13. Big One

Big One

  • Jenis: Kering
  • Ukuran: 10 gram
  • Cocok untuk: Membuat bakpao
  • Benefit: Bisa dijadikan sebagaia ragi untuk mengembangkan adonan bakpau secara lebih cepat.

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau Super GS Donat Special diformulasikan khusus sebagai ragi pengembang donat, beda halnya dengan ragi merk Big One. Ragi kering lebih cocok dipakai untuk membuat bakpai. Bahkan, di kemasannya terdapat bonus kertas tipis untuk alas bakpau.

Big One sendiri adalah ragi yang diproduksi di Medan. Walaupun diproduksi di Medan, banyak masyarakat yang tetap setia membeli ragi ini.

13 pilihan merk ragi instan yang bagus ini akan membuat adonan roti dapat mengembang dengan sempurna. Sediakan salah satu produk ragi yang ada di atas ketika Anda hendak membuat roti dan kue. Ingat, tidak semua produk ragi sudah mendapat sertifikasi halal. Jadi, sebagai konsumen Anda harus lebih cermat dalam memilih produk ragi yang aman.

Oh iya, ragi punya banyak jenisnya, bukan hanya sekedar ragi instan saja, ya. Untuk mengetahui jenis-jenis ragi, silakan baca ulasan selengkapnya di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. PAKMAYA merupakan ragi instant yang diimport dari Turkey. PAKMAYA merupakan ragi instant yang tepat digunakan untuk pembuatan aneka roti manis, roti tawar, bakpao, dan donat. Selain tersedia dalam kemasan 500 Gram juga terdapat kemasan 11 Gram (sachet), sehingga dapat digunakan juga untuk keperluan skala rumah tangga.
    Kualitas bagus untuk waktu fermentasi juga tergolong cepat, harga juga tidak lebih mahal dibandingkan merk lainnya. Dokumen Halal juga tersedia.

    Info saja, bahwa kemasan 125 Gram sudah lama tidak tersedia. Yang exist di pasar adalah kemasan 500 Gram dan 11 Gram.

    Saran, jika ingin mereview baiknya selalu gunakan informasi yang “up to date”

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *