Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Merk Permen Jaman Dulu yang Bikin Kangen Masa Kecil

10 Merk Permen Jaman Dulu yang Bikin Kangen Masa Kecil

Masih ingatkah Anda pada jajanan anak sekolah yang dulu sering Anda beli? Di antara sekian banyak jenis jajanan jadul, tentu Anda pernah membeli permen-permen yang dulu sangat terkenal. Tak disangka-sangka masih banyak merk permen jaman dulu yang masih dicari hingga saat ini, lho.

Rindu pada permen-permen jaman dulu yang pernah menemani masa kecil Anda? Berikut ini Bacaterus akan mengajak Anda nostalgia mengenai 10 permen jaman dulu yang bikin kangen masa kecil. Penasaran? Yuk, langsung saja kita bernostalgia!

10 Merk Permen Jaman Dulu yang Bikin Kangen Masa Kecil

1. Permen Karet Marukawa

Permen Karet Marukawa Merk Permen Jaman Dulu

Anak-anak tahun 90’an pasti sangat familiar dengan merk permen jaman dulu. Ya, Permen Karet Marukawa adalah permen karet yang diimpor dari Jepang. Akan tetapi, harga produk ini cukup terjangkau. Kemasan Permen Karet Marukawa nampak seperti penghapus pensil.

Isi dari permen ini berbentuk bulat-bulat kecil dengan aneka warna. Adapun permen ini menawarkan rasa apel, anggur, jeruk, soda, dan lain-lain. Apabila saat ini Anda ingin membeli permen ini, Anda bisa mencarinya melalui situs jual beli lokal atau online shop di Instagram.

2. Coklat Payung

Coklat Payung

Berbicara mengenai coklat payung, anak-anak di tahun 80 – 90’an pasti mengetahui permen legendaris yang satu ini. Meskipun terkadang tidak ada merk yang tertera di bungkus permen ini, tetapi sampai sekarang kita masih bisa membeli coklat payung ini di situs jual beli online yang tersebar di Indonesia.

Yang membuat produk ini menarik dan disukai banyak orang adalah bentuknya yang unik. Anda akan menemukan coklat dengan bentuk seperti payung ketika membuka bungkusnya. Selain itu, bungkus permen ini juga berwarna-warni sehingga menarik perhatian anak-anak.

3. Hot Hot Pop

Hot Hot Pop

Hot Hot Pop atau permen kaki merupakan permen yang hits sejak jaman dulu sampai dengan saat ini. Hingga saat ini, Anda masih bisa menemukan permen ini di supermarket atau toko kelontong.

Permen ini berbentuk menyerupai kaki manusia dan berwarna merah. Rasa permennya manis tapi tidak terasa serik di tenggorokan. Hot Hot Pop dijual dengan harga yang cukup murah, yakni sekitar seribu sampai dengan dua ribu rupiah. Kalau makan permen ini lidah kita bisa menjadi merah, lho.

4. Permen White Rabbit

Permen White Rabbit

Ini dia permen yang “plastik”-nya bisa dimakan. Ya, apalagi jika bukan Permen White Rabbit. Permen rasa susu ini tetap eksis sejak tahun 80’an sampai dengan sekarang. Bahkan, Anda dapat menemukan permen ini dengan mudah di supermarket atau kawasan-kawasan pecinan di kota Anda.

Permen ini memiliki lapisan seperti plastik yang bisa dimakan. Padahal, itu bukan plastik melainkan selaput seperti agar-agar yang bisa dengan mudah hancur ketika terkena air liur kita. Keunikan dari permen ini tidak hanya terletak pada plastik tersebut, tetapi juga rasa susunya yang sangat pas. Permen susu White Rabbit ini menawarkan rasa manis yang pas dan tekstur yang sangat empuk.

5. Permen Ting Ting Jahe

Permen Ting Ting Jahe

Sama seperti Permen White Rabbit, Ting Ting Jahe ini adalah merk permen jaman dulu yang sudah dijual di Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Ini adalah permen favorit bagi masyarakat dari segala usia.

Gurihnya permen kacang ting-ting berpadu dengan rasa pedas dari jahe yang tidak terlalu pekat. Meskipun sudah dipasarkan sejak puluhan tahun yang lalu, tapi Anda masih bisa menemukan Permen Ting Ting Jahe ini di situs jual beli online atau supermarket, lho. Salah satunya Anda bisa membelinya di Lazada melalui link ini.

6. Tac dan Ciz Ciz

Tac dan Ciz Ciz

Kedua permen jadul yang satu ini nampaknya diproduksi oleh perusahaan yang sama. Hal tersebut dapat terlihat dari desain bungkusnya yang nampak sama. Tac adalah permen rasa strawberry, sedangkan Ciz Ciz adalah permen rasa jeruk. Keduanya memiliki bentuk yang menyerupai pil dan tekstur yang sedikit empuk.

Selain menawarkan rasa yang manis, isi di setiap kemasan permen ini juga sangat banyak, yakni 10 butir. Hal tersebut membuat Tac dan Ciz Ciz menjadi salah satu permen jadul yang cukup disukai oleh anak-anak. Harga setiap bungkus Tac dan Ciz Ciz ini adalah Rp 500 – 1.000 saja. Berminat untuk memburu permen jadul ini?

7. Permen Karet Yosan

Permen Karet Yosan

Masih ingat dengan merk permen jaman dulu yang satu ini? Ya, Permen Karet Yosan memang sangat populer di era tahun 90’an. Ada undian berhadiah yang dibuat oleh perusahaan permen ini, di mana Anda harus mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N dari setiap kemasan. Setiap kemasan biasanya terdapat satu huruf.

Jadi, Anda harus makan permen ini lebih banyak untuk dapat mengumpulkan semua huruf yang dibutuhkan. Namun, berdasarkan anak-anak generasi tahun 90’an sampai saat ini mereka tidak pernah berhasil menemukan huruf “N” dari bungkus permen karet ini. Wah, kira-kira kemana ya huruf “N” tersebut? Permen Yosan ini bisa Anda beli di Lazada melalui link ini.

8. Permen Sanca

Permen Sanca

Jika Anda mendengar nama permen Haw Flakes, tentu sebagian dari Anda tidak tahu permen apa yang dimaksud. Akan tetapi, jika kami menyebutkan nama Permen Sanca, Anda pasti tahu, bukan? Permen lawas ini berbentuk seperti koin yang ditumpuk-tumpuk.

Dinamakan Permen Sanca karena permen ini terbuat dari buah sanca sehingga rasanya pun sedikit asam. Sebenarnya rasa permen ini lebih mirip dengan manisan. Namun, rasa permen ini sangat enak dan bisa bikin Anda ketagihan.

9. Dreamy

Dreamy

Permen yang dikemas dalam bentuk sachet atau rentengan ini merupakan salah satu permen favorit di tahun 90’an. Permen Dreamy berbentuk persegi kecil yang dengan aneka rasa. Bahkan, rasa-rasa yang ditawarkan produk ini terbilang unik, seperti rasa Black Forest dan juga Cola.

Harga permen ini juga terbilang sangat murah. Kita bisa membeli aneka rasa dengan harga sekitar seribu rupiah pada jaman dulu. Sampai sekarang Anda masih bisa menemukan permen ini meskipun tidak banyak dijual di pasar atau toko. Namun, masih ada beberapa situs belanja online yang menjual produk ini.

10. Magic Pop

Magic Pop

Terakhir, ada Magic Pop yang merupakan permen jadul yang sampai saat ini juga masih dijual di pasaran. Sedikit berbeda dari permen lainnya, Magic Pop menawarkan sensasi permen yang bisa “meletus” seperti petasan saat berada di dalam mulut.

Jadi, ketika Anda menaburkan permen berbentuk butiran gula ini ke dalam mulut, maka reaksi permen ini akan seperti “meletus” ketika terkena air liur. Tak perlu khawatir untuk makan Magic Pop karena permen ini aman dan sudah terdaftar di BPOM.

Yuk, coba salah satu dari 10 merk permen jaman dulu di atas. Anda juga bisa bernostalgia mengenang masa-masa kecil atau remaja dengan mengonsumsi permen-permen di atas ini. Jika Anda memiliki rekomendasi merk permen jadul lainnya, jangan lupa untuk menulis rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. lady at - Reply

    Trebor gak masuk ya padahal favorit jg tuh…
    Trus Mr.Sarmento

  2. lady at - Reply

    Yosan,Dreamy blackforrest & permen Tac jajanan favorit pas SD

Leave A Comment