bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 10 Rekomendasi Merk Pelampung Tangki Air yang Bagus

10 Rekomendasi Merk Pelampung Tangki Air yang Bagus

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 23 April 2021

Tangki air adalah wadah untuk menampung air dalam jumlah besar. Biasanya tangki air diletakan di atap rumah maupun di atas gedung. Peletakan tersebut bertujuan agar airnya mampu mengalir secara vertikal sehingga mempermudah proses pengaliran.

Akan tetapi pernah tidak kalian penasaran kenapa air dalam tangki tidak luber padahal diisi terus menerus? Ternyata karena di dalam tangki ada pelampung air, yang bertujuan memberi sinyal pada mesin saat air sudah penuh. Dengan begitu air dalam tangki tidak akan luber, meski pemilik rumah lupa mematikan pompa mesin.

Lalu, ada merk pelampung air apa saja ya yang bagus? Berikut rekomendasinya untuk Anda. Baca sampai bawah ya!

1. Wasser LS 15

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wasser LS 15 merupakan merk pelampung air yang recommended. Benda satu ini memiliki ukuran yang kecil sekitar 7cm. Wesser memiliki dua pelampung berwarna oren dengan ukuran yang sama.

Kemudian, yang berwarna itu adalah induk peralihan arus listrik. Peralihan arus listrik ini fungsinya untuk mematikan mesin pompa. Mesin pompa akan berhenti dengan sendirinya jika air dalam tangki berada di batas tertinggi pelampung. Wasser merk pelampung yang paling banyak digunakan. Hal itu karena harganya yang murah dengan kualitas baik. Harganya dibanderol sekitar Rp 53.000.

2. Oto Level Penguin PS 70

Oto Level Penguin PS 70

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Oto Level merupakan salah satu merk pelampung air yang cukup terkenal. Hal itu karena merk satu ini berada di bawah naungan PT Penguin Indonesia. Sudah berdiri sejak tahun 1982, kualitas produk dari perusahaan ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pelampung air merk Oto Level memiliki warna putih. Untuk switch-nya bagian kepala berwarna abu-abu, sedangkan bawahnya berwarna hitam. Oto Level cukup tahan lama pemakaiannya. Bahkan bisa sampai setahun lebih tanpa perlu ganti berkali-kali. Untuk mendapatkan satu alat ini, kamu perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 58.000.

3. YUTA Floating Valve YBF

YUTA Floating Valve YBF

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

YUTA Floating Valve bentuknya mirip seperti lampu taman. Bulat pada bagian kepalanya dan panjang di bagian badannya. Sekilas pelampung air satu ini juga mirip dengan lampu bohlam berwarna putih. Meskipun hanya memiliki satu pelampung, tetapi fungsinya sama dengan pelampung air pada umumnya.

Bagian kepalanya terbuat dari plastik sehingga ringan digunakan. Untuk gagangnya terbuat dari kuningan yang tidak mudah berkarat. YUTA Floating Valve termasuk pelampung air yang tahan lama atau awet. Sensornya pun bekerja dengan baik saat air surut maupun penuh. Untuk mendapatkan benda ini kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 64.500.

4. Kido KI-121

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kido KI-121 merupakan pelampung air yang cukup digemari masyarakat. Merek pelampung satu ini memiliki berat 500 gram. Bentuk pelampungnya terlihat lebih besar dan pendek berwarna oren. Switch-nya memiliki sensor yang baik untuk mematikan dan menyalakan arus listrik.

Merek pelampung yang satu ini cukup awet dan tahan lama. Harganya pun terjangkau dengan kualitas terbaik. Sebelum memasang pelampung air, sebaiknya sudah mengukur jarak kedua pelampung. Sebisa mungkin jangan terlalu dekat, kalau bisa semakin jauh jaraknya justru lebih baik. Harganya dibanderol sekitar Rp 80.000.

5. Velco

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Velco pelampung air yang bentuknya cukup unik, yaitu tidak memiliki bola pelampung. Pelampung satu ini mempunyai desain yang ringkas, padat, dan mungil. Ukuran dimensinya 7cm x 6cm x 9,5cm. Velco bisa menampung sebanyak 10 bar air. Terbuat dari plastik yang sangat tebal sehingga dijamin anti karat 100%.

Pelampung air Velco bisa bertahan dalam temperature 120oC. Keunggulan lainnya, pelampung satu ini bisa terpasang di luar dan di dalam tangki air. Meskipun ukurannya mungil, tetapi sistem kerja Velco canggih dan berkualitas tinggi. Harganya dibanderol mulai dari Rp 119.000.

Baca juga: 10 Rekomendasi Merk Tandon Air yang Bagus dan Berkualitas

6. RADAR ST-70

RADAR ST-70

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Radar ST-70 merupakan pelampung air yang cukup terkenal di masyarakat. Memiliki dua pelampung berukuran sekitar 8cm berwarna putih. Nantinya kedua dua pelampung itu akan diikat oleh tali dengan ukuran tertentu.

Pelampung air merk Radar ini terkenal tahan lama. Sensornya juga dapat berjalan dengan baik. yang terpenting tidak mudah berkarat karena pelampung terbuat dari plastik. Harganya cukup murah, yaitu sekitar Rp50.900.

7. JP Pelampung Air

Cek Harga di Shopee

JP Pelampung Air memiliki warna yang unik, yakni serba oren. Mulai dari pelampung hingga tutup switch berwarna oren terang. Terdapat dua pelampung atau sinker yang bertuliskan JP dengan huruf Jepang.

Cara pasangnya sama saja dengan pelampung air pada umumnya. Pertama, switch dipasang langsung di bagian atas tangki secara vertikal. Lalu, tambahkan pipa sambungan berukuran ¾ inch atau 1 inch. Setelah itu, sambungkan tali pada dua sinker dan atur jaraknya sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan satu pelampung air ini harganya sekitar Rp 47.000.

8. Onda Pelampung Air

Onda Pelampung Air

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Onda merk pelampung air yang menyediakan dua jenis pelampung berbeda. Pertama pelampung air berbentuk dua sinker. Kedua pelampung air yang berbentuk bulat dengan besi kuning sebagai penyangga. Kamu bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 119.000 – Rp 170.000.

Pelampung air satu ini dapat bertahan hingga mencapai 80oC di dalam air. Cara pakai bentuk bulat lebih sederhana. Kamu tinggal memasangkan switch pada saluran air. Lalu, biarkan pelampung mengarah vertikal ke bawah. Untuk sistem kerjanya sama saja, jika sudah menyentuh batas tertentu air akan berhenti dengan sendirinya.

9. Juny Pelampung Air

Cek Harga di Shopee

Juny merupakan pelampung air serba guna. Hal ini karena ukurannya yang mungil sehingga bisa ditempatkan di mana saja. Tidak hanya untuk pelampung otomatis tangki air. Akan tetapi juga bisa untuk kran otomatis di kamar mandi.

Terbuat dari bahan plastik yang cukup tebal sehingga bisa dipastikan bebas karat. Jika air sudah naik kurang lebih 2cm setelah mengenai pelampung, air akan berhenti secara otomatis. Pelampung jenis ini bisa digunakan di luar maupun dalam tangki air. Harganya cukup terjangkau sekitar Rp 75.000.

10. Aer Floating Valve

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Aer Floating Valve pelampung air yang cukup populer di kalangan masyarakat. Memiliki satu sinker berwarna oren dengan bentuk oval. Memiliki berat bersih 520 gram, termasuk gagang dan switch-nya. Memiliki daya sensor yang canggih dan berkualitas tinggi.

Harga satuannya dibanderol mulai dari sekitar Rp 135.000. Hal itu seimbang dengan kualitas yang diberikan, yakni tahan lama dan tidak mudah karatan. Keunggulan lainnya, dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol dan menjaga kebersihan Valve.

Pelampung air benda kecil yang sangat bermanfaat untuk mengatur valume air dalam tangki. Ada berbagai macam bentuk pelampung yang bisa digunakan. Mulai dari yang memakai sinker dua, bulat, dan yang tidak memakai sinker sama sekali. Harga pelampung terjangkau sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Jenis pelampung air favoritmu yang mana? Jawab dan berikan alasannya di kolom komentar ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram