Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Merk Pasir Kucing (Cat Litter) yang Bagus & Berkualitas

10 Merk Pasir Kucing (Cat Litter) yang Bagus & Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa bisa makhluk berbulu yang imut-imut seperti kucing bisa jadi sangat bau? Namanya juga makhluk hidup, kucing pasti mengeluarkan kotoran juga. Tapi, berbanding terbalik dengan wajahnya yang lucu, kotoran mereka memiliki bau yang luar biasa. Kalau si kitty pipis atau poop di dalam rumah, pasti baunya tercium ke mana-mana dan bakal menempel kalau tidak segera dibersihkan.

Jika Anda memelihara kucing di rumah, Anda wajib punya yang namanya pasir kucing (cat litter) beserta boksnya. Bak plastik berisi pasir berfungsi sebagai spot kucing Anda buang air kecil dan besar. Soalnya, kalau tidak disediakan boks pasir kucing, mereka bakal pipis dan poop di mana saja. Selain itu, pasir kucing juga memudahkan Anda sebagai pemilik untuk membersihkan kotoran peliharaan Anda.

Sebelum membahas merk pasir kucing yang bagus, ada beberapa jenis pasir kucing di pasaran yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa macam pasir kucing (cat litter) yang bisa Anda gunakan untuk kucing.

Jenis-jenis Pasir Kucing

1. Pasir Bentonit (Pasir Gumpal)

Pasir Bentonite (Pasir Gumpal)

* sumber: www.greenpetcare.com.cn

Jenis pasir kucing yang pertama adalah pasir bentonit. Cat litter ini dibuat dari bentonit, yaitu tanah lempung. Bentonit digunakan sebagai pasir kucing karena memiliki daya serap tinggi dan sifat memadatkan sesuatu. Sehingga, ketika pasir bentonit terkena pipis atau poop kucing, pasir akan menggumpal sehingga memudahkan Anda untuk membuang kotoran tersebut.

Biasanya, pasir ini dilengkapi dengan aroma yang alami, seperti buah-buahan dan bunga-bungaan. Kekurangan pasir bentonit adalah boros. Pasir ini sekali pakai, jika sudah terkena kotoran maka Anda harus membuangnya, tidak bisa dicuci ulang.

Selain itu, pasir bentonit dapat memicu beberapa masalah untuk kucing. Pertama, pasir bentonit memiliki sifat menyerap, bukan? Ketika si kucing selesai buang hajat, mau tidak mau pasir atau bubuk pasir yang halus akan menempel pada bulu kucing. Dan, kita semua tahu kalau kucing suka menjilat tubuhnya, terutama bagian kaki.

Butiran pasir bentonit yang masuk ke dalam perut kucing lama kelamaan dapat menumpuk karena tidak bisa dicerna dan langsung dikeluarkan melalui feses. Sistem pencernaan kucing akan mengeluarkan pasir ini melalui diare, dan selama diare, si kucing tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Kebanyakan dokter hewan mendiagnosis kucing terkena diare biasa, padahal kalau di-röntgen akan terlihat penumpukan pasir bentonit. Akhirnya kucing pun bisa mati, lebih rentan lagi jika kucingnya masih anak-anak.

Kedua, pasir bentonit memiliki serbuk yang mudah terbang. Ketika selesai pipis atau poop, kucing memiliki kebiasaan mengubur kotoran mereka. Dari situlah serbuk pasir dapat beterbangan dan terhisap oleh si kucing. Serbuk pasir bentonit dapat mengendap di paru-paru kucing.

Jika hal ini terjadi, ciri-cirinya adalah kucing Anda akan bersin-bersin setiap setelah buang air. Tapi, semua kembali lagi kepada Anda sebagai pemilik, tetap menggunakan pasir bentonit atau beralih ke pasir jenis lain.

2. Pasir Zeolit

Pasir Zeolit merk pasir kucing yang bagus

Sesuai dengan namanya, pasir ini dibuat dari batuan zeolit yang dipecah hingga berukuran mini. Varian pasir zeolit dibagi menjadi tiga, yaitu pasir halus, sedang, dan kasar. Tapi, untuk lebih spesifiknya, pasir zeolit dibagi dalam ukuran (mesh), yaitu:

  • No. 1 (mesh 14 – 20) = 0.7 – 1.4 mm
  • No. 2 (mesh 8 – 16) = 1 – 2 mm
  • No. 3 (mesh 6 – 8) = 2 – 3 mm
  • No. 4 (mesh 2 – 4) = 5 – 8 mm
  • Dan pasir zeolit halus (zeolite powder)

Kelebihan pasir kucing ini adalah hemat karena bisa dicuci ulang. Harga pasir zeolit juga cukup murah, bisa setengah harga dari pasir bentonit. Kekurangan pasir zeolit adalah dapat menyebabkan genangan air dan kotoran di bawah bak pasir, karena pasir ini kurang baik dalam menyerap kotoran.

3. Pasir Kristal (Silica Gel)

Pasir Kristal (Silica Gel)

* sumber: www.greenpetcare.com.cn

Jenis pasir kucing yang selanjutnya adalah pasir kristal atau disebut juga sebagai silica gel cat litter. Pasir kucing tipe ini populer di kalangan orang-orang yang jarang ada di rumah untuk mengawasi kucing terus menerus. Kekuatan menyerap pasir ini sangat baik, bahkan bisa menyerap cairan hingga 40X dari berat pasir itu sendiri. Jadi, selain dapat menyerap kotoran kucing, aroma kotoran pun tidak akan menguap ke mana-mana.

Kelebihan lainnya dari pasir kristal adalah lebih efisien, bersih, warnanya cantik, dan tidak berdebu. Di mana ada kelebihan pasti ada kekurangan. Nah, kekurangan pasir kristal adalah dapat membahayakan kesehatan si kucing. Kucing dapat sengaja atau pun tak sengaja menelan pasir kristal, dan ini cukup membahayakan karena partikel pasir ini lebih besar daripada pasir kucing lainnya.

Selain itu, pasir silica gel dibuat dari bahan sintetis natrium silikat, sehingga memiliki fungsi sebagai penyerap air dan lembab (sama seperti silica gel yang suka Anda temui pada barang elektronik, tas, sepatu, dan makanan). Pada tahun 1997, Agensi Internasional untuk Riset Kanker mengkategorikan silica gel sebagai karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker) bila tertelan.

Harga pasir kristal juga cukup mahal. Jika pasir bentonit dapat Anda beli dengan Rp 135 ribu/20 kg, dan pasir zeolit dengan harga Rp 45 ribu/20 kg, harga pasir kristal berkisar Rp 80 – 90 ribuan/5 kg saja! Tapi, kalau Anda menyukai boks pasir yang terlihat cantik dan lebih higienis, tentunya harga bukan menjadi masalah, bukan?

4. Pasir Organik/Vegan

Pasir Organik/Vegan

* sumber: www.greenpetcare.com.cn

Jenis pasir kucing yang terakhir adalah pasir organik, pasir vegan, pasir sehat, atau mungkin Anda punya julukan lain untuk pasir ini? Yang jelas, pasir ini dibuat dari bahan-bahan natural sehingga jauh lebih aman buat kucing, buat Anda, dan buat lingkungan sekitar.

Umumnya, pasir ini dibuat dari serbuk kayu, gandum, jagung, pinus, tahu, walnut, dan kertas. Ada juga yang merupakan campuran dari dua bahan alami seperti pinus dan karbon aktif. Kelebihan pasir ini adalah bebas debu, lebih aman buat kesehatan, dan harganya cukup murah (sekitar Rp 50 ribu/20 kg).

Itulah beberapa jenis pasir kucing yang umum tersedia di pasaran. Setiap jenis pasir memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semua kembali lagi kepada Anda mau pakai yang mana buat kucing. Sekarang Bacaterus mau membahas merk pasir kucing yang bagus. Yuk, disimak!

Merk Pasir Kucing yang Bagus

1. Ever Clean Extra Strength
 Unscented

Ever Clean Extra Strength
 Unscented

Merk pasir kucing yang bagus pertama adalah Ever Clean Extra Strength
 Unscented. Katakan selamat tinggal pada boks pasir kucing yang bau. Pasalnya, produk ini mampu memerangkap dan menghilangkan bau dengan kandungan karbon aktifnya yang dicampur dalam butiran-butiran pasir.

Pasir kucing Ever Clean Extra Strength
 mengandung agen antimikroba yang menghambat pertumbuhan bau bakteri pada pasir. Dan, pasir ini tidak mengandung parfum, sehingga tidak akan ada aroma lain yang bercampur dengan aroma tak sedap dari kotoran kucing. Rumah Anda akan senantiasa terbebas dari bau kotoran kucing dengan menggunakan Ever Clean Extra Strength
 Unscented.

2. Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter

Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter

Beri servis terbaik layaknya untuk kucing kerajaan dengan menggunakan Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter. Pasir kucing ini 100% dibuat dari bahan alami, yaitu dari serutan kayu pinus Rusia. Tidak ada tambahan bahan kimianya sama sekali. Sehingga, pasir ini dijamin aman untuk peliharaan, untuk Anda, dan untuk lingkungan.

Pasir berbentuk pelet ini akan berubah menjadi serbuk gergaji setelah digunakan. Merupakan biodegradable, yaitu limbah yang dapat hancur atau terurai oleh organisme hidup lainnya dan berasal dari tumbuhan atau hewan. Nah, pasir yang sudah terpakai ini dapat berfungsi sebagai pupuk yang baik untuk kebun Anda. Produk ini dijual dengan harga Rp 165 ribu dan bisa Anda beli di Bukalapak dengan klik link ini.

3. Eco Clean Tofu Cat Litter

Eco Clean Tofu Cat Litter

Merk pasir kucing yang bagus ke-3 adalah Eco Clean Tofu Cat Litter. Sama seperti produk di atas, pasir kucing ini juga dibuat dari bahan natural. Tapi, kali ini bahannya bukan kayu pinus, melainkan tofu alias tahu! Ya, memang tahu merupakan salah satu bahan utama pembuatan pasir kucing natural yang populer.

Nah, Eco Clean Tofu Cat Litter ini dibuat dengan teknologi Jepang dari kembang tahu dan teh hijau sehingga dijamin aman banget buat teman berbulu Anda. Pasir kucing Eco Clean Tofu ini akan berubah jadi menggumpal setelah terkena kotoran kucing, jadi lebih mudah dibersihkan.

Produk ini juga telah dilengkapi anti bakteri dan odor control, sehingga pasir terbebas dari jamur dan bakteri serta tak akan ada aroma bau dari kotoran kucing lagi. Karena biodegradable dan ramah lingkungan, Anda dapat membuang pasir yang sudah kotor ke saluran toilet. Pasir ini hadir dalam tiga aroma, yaitu Original, Green Tea, dan Corn. Anda dapat membeli produk ini di Bukalapak lewat link ini.

4. Pet’s Dream Universal Hygienic Litter

PET'S Dream Universal Hygienic Litter

Jika produk-produk di atas cuma bisa dipakai kucing, berbeda dengan Pet’s Dream Universal Hygienic Litter, karena pasir ini universal alias bisa dipakai untuk semua jenis hewan peliharaan. Pet’s Dream adalah produk yang 100% natural. Dibuat dari bahan baku serat tumbuhan (diperoleh dari pohon cemara asli) tanpa aditif kimia buatan sama sekali.

Pasir ini bisa Anda pakai untuk kucing, kelinci, hamster, banyak spesies burung, chinchilla, musang, dan marmut. Jadi, kalau Anda tidak hanya pelihara kucing saja, pasir ini merupakan pilihan yang ekonomis karena bisa sekalian dipakai oleh hewan peliharaan Anda yang lainnya. Beli Pet’s Dream Universal Hygienic Litter sekarang juga di Bukalapak dengan klik link ini.

5. ARM & HAMMER Clump & Seal Cat Litter

ARM & HAMMER Clump & Seal Cat Litter

Rekomendasi merk pasir kucing yang bagus ke-5 adalah ARM & HAMMER Clump & Seal Cat Litter. Rasakan kenyamanan rumah yang terbebas dari bau selama 7 hari dengan formula revolusioner yang menyegel dan menghancurkan bau bahkan sebelum mereka dapat meninggalkan kotak pasir. Ini sangat efektif, jutaan orang telah beralih menggunakan pasir kucing dari ARM & HAMMER.

Kekuatan mengunci aroma tak sedap didapatkan dari moisture-activated micro-granule membentuk segel ketat di sekitar bau kotoran kucing. Lalu, penghilang bau berat ditambah baking soda khas ARM & HAMMER menghancurkan bau yang sudah tersegel.

Karena dibuat dari tanaman, pasir ini akan membatu ketika terkena kotoran, sehingga lebih memudahkan Anda ketika membersihkannya. Pasir ini memiliki formula minimal dust, sehingga rumah jadi lebih bersih dan tentunya lebih aman juga karena tidak terhirup kucing.

6. Feline Fresh Natural Pine Cat Litter

Feline Fresh Natural Pine Cat Litter

Satu lagi merk pasir kucing yang bagus yang dibuat dari bahan alami, yaitu Feline Fresh Natural Pine Cat Litter. Produk ini dapat meminimalisir bau kotoran dan bau hewan peliharaan serta membantu menjaga Anda dan teman berbulu Anda tetap bahagia. Produk ini terbuat dari 100% pelepah pinus kuning selatan, yang mampu menetralisir bau amonia dari urin yang dapat bertahan di dalam kotak kucing.

Cat litter biodegradable ini tidak mengandung aditif kimia, menjadikannya pilihan yang lebih ramah lingkungan yang lebih aman untuk hewan peliharaan Anda. Produk yang tidak beracun dan mudah terbakar ini menyerap hingga empat kali lebih banyak cairan penyebab bau daripada merk pasir kucing lainnya. Pasir ini memiliki tekstur yang lembut tapi tidak akan menciptakan debu sama sekali.

7. Dr. Elsey’s Classic Litter

Dr. Elsey's Classic Litter

Jika Anda menyukai pasir kucing yang akan keras menggumpal ketika terkena kotoran dan meninggalkan paling sedikit remah kotoran kucing, Anda harus menggunakan Dr. Elsey’s Classic Litter. Pasir kucing ini memiliki fitur yang lebih besar dan partikel yang lebih padat, sehingga akan tinggal di kotak pasir kucing lebih baik dari pada pasir yang butirannya halus.

Setelah kucing buang air kecil atau pun besar, pasir ini akan menggumpal sangat keras dan tidak akan pecah di kotak pasir, jadi Anda tinggal membuang bagian yang menggumpal saja nantinya.

Pasir ini dilengkapi dengan sistem odor control juga, karena pasir yang sudah kotor akan menggumpal keras dan tidak tersisa di kotak pasir, maka kotak pasir tidak akan berbau. Berbeda dengan pasir yang menggumpal lemah atau tidak menggumpal sama sekali, yang bisa tertinggal di kotak pasir ketika Anda bersihkan. Nah, pasir bekas yang tertinggal itulah sumber bau berasal.

Dr. Elsey’s Classic Litter ini diperuntukkan buat multi cat (bisa dipakai oleh semua jenis kucing di segala usia), hypoallergenic, dibuat dari bahan natural tanpa tambahan bahan kimia sama sekali, dan 99.9% dust free.

Cek juga produk Dr. Elsey’s lainnya, seperti: Long Haired Litter (untuk kucing dengan bulu panjang), Senior Litter (untuk kucing tua yang mengalami infeksi saluran kemih), Post Surgery Litter (untuk kucing yang baru melalui proses operasi), dan masih banyak lagi.

8. SmartCat All Natural Clumping Litter

merk pasir kucing yang bagus SmartCat All Natural Clumping Litter

Rekomendasi merk pasir kucing yang bagus yang selanjutnya adalah SmartCat All Natural Clumping Litter. Sama seperti produk pasir dari Dr. Elsey’s di atas, pasir ini dibuat dengan multi cat formula, jadi bisa dipakai oleh semua jenis kucing dalam usia berapa pun. Walaupun tidak seutuhnya natural, pasir ini didesain untuk membuat segalanya jadi lebih mudah. Pasir ini lebih mudah dibawa ke mana-mana, lebih mudah di-scoop, dan lebih mudah dibersihkan.

Dibuat dari 100% Rumput pertanian USA yang ditanam tanpa bahan kimia atau wewangian sama sekali. Karena bahan dasarnya alami, pasir kucing ini termasuk biodegradable. Butiran pasir kucingnya lembut, sehingga aman digunakan oleh kucing yang masih muda sekalipun.

9. Best In Show Cat Sand

Best In Show Cat Sand merk pasir kucing yang bagus

Mencari pasir kucing yang akan clumping dan memiliki wewangian yang enak? Bacaterus merekomendasikan Best In Show Cat Sand. Pasir ini digadang-gadang sebagai yang terbaik di kelasnya. Dilengkapi dengan aroma Lavender, Lemon, Apel, Mocha, dan Rose Bouquet, pasir kucing ini memiliki keharuman yang pas yang disukai oleh si kucing dan juga oleh Anda.

Best In Show Cat Sand dibuat dari 100% bentonit alami asal Australia. Diformulasikan secara unik, sehingga pasir mudah menyerap dan menangkap odor (bau tak sedap) sebelum menyebar. Pasir ini dijamin dapat menjaga kebersihan kucing Anda dengan sangat baik.

Biasanya ketika membeli pasir ini Anda sudah diberi bonus sekopnya juga. Pasir ini dijual mulai dari harga Rp 9.000 hingga 200.000, tergantung ukuran. Anda dapat membelinya di Bukalapak dengan klik link ini.

10. Volk Pets Ultra-Odor Seal Clumping Litter

Volk Pets Ultra-Odor Seal Clumping Litter

Volk Pets Ultra-Odor Seal Clumping Litter adalah merk pasir kucing yang bagus yang ke-10. Pasir ini tidak berbau, dapat menggumpal secara maksimal, dan jauh lebih irit. Karena dibuat dari 100% bentonit berkualitas tinggi, cat litter ini dapat mengunci aroma tak sedap dengan baik.

Pasir kucing ini biodegradeable, tidak ada tambahan bahan kimia sama sekali juga. Segera setelah terkena kotoran kucing, pasir ini akan berubah menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang mudah dibersihkan. Hadir dalam tiga pilihan aroma, yaitu Natural Scent, Sweet Scent, dan Fresh Scent. Anda bisa membeli semua variannya di Bukalapak lewat link ini. Kisaran harganya mulai dari Rp 100 – 170 ribuan.

Rekomendasi Pasir Kucing Lainnya

Nah, tadi itu sepuluh merk pasir kucing yang bagus dari Bacaterus. Kebanyakan pasir yang bagus ternyata dari jenis bentonit dan vegan, ya? Jika produk-produk di atas belum sesuai dengan keinginan Anda dan si kucing, kami masih punya tambahan rekomendasi lainnya. Yuk, dilihat!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment