bacaterus web banner retina
Bacaterus / Binatang / 10 Merk Obat Kutu Anjing Terbaik, Dijamin Ampuh!

10 Merk Obat Kutu Anjing Terbaik, Dijamin Ampuh!

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 23 April 2021

Bagi kamu pencinta hewan peliharaan terutama anjing, merawat dan mengasihinya menjadi hal utama. Kamu tentunya tidak ingin jika anjing kesayanganmu merasakan sakit. Apalagi yang terparah sampai anjing peliharaanmu mati.

Salah satu hal yang paling sering menimpa anjing peliharaan adalah adanya kutu, si parasit kecil yang bandel. Parasit satu ini memang sulit sekali dihilangkan. Kamu memerlukan obat khusus untuk membasminya.

Pasti merasa kasihan bukan jika anjing peliharaanmu terus menerus menggaruk sekujur tubuhnya? Biasanya langkah apa yang kamu ambil untuk membasminya? Memberikannya shampoo anti kutu?

Eits, ternyata memberikan shampo anti kutu anjing saja tidak cukup lho. Kamu juga harus memberikannya obat khusus, untuk menghilangkan kutu yang bersarang di tubuh anjingmu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus menjaga lingkungan sekitar anjing peliharaanmu supaya tetap bersih dan sehat. Nah, sebelum memilih obat kutu penting bagi kamu untuk memerhatikan beberapa hal.

Pilihlah obat anti kutu yang sesuai dengan jenis dan bobot anjing peliharaanmu. Jika anjingmu memiliki bulu yang sensitif, maka berikanlah obat yang ditelan. Langsung saja yuk simak 10 merek obat kutu untuk anjing yang dijamin bisa hilangkan kutu anjingmu.

1. Fluffy Magic Tonic for Dog

Fluffy Magic Tonic for Dog

Obat kutu yang satu ini sering direkomendasikan oleh beberapa pecinta anjing. Dengan komposisi berbahan alami, anjing peliharaanmu dijamin tidak akan merasa terganggu. Hal ini karena aromanya yang tidak berbau.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp315.000, obat anti kutu untuk anjing ini dinilai tidak hanya bisa menghilangkan kutu saja. Namun, bisa juga membasmi jamur, ringworm, dan scabies. Hebatnya lagi, Fluffy bisa melebatkan dan melembutkan bulu anjing peliharaanmu.

2. Advocate for Extra-Large Dogs

Advocate for Extra-Large Dogs

Memiliki kemasan dengan berbagai gambar anjing yang lucu, Advocate for Extra-Large dikhususkan untuk anjing dengan bobot 25—40 kg. Bukan tanpa sebab, obat anti kutu ini memang diracik untuk anjing dengan usia di atas 7 minggu.

Advocate mengandung moxidectin dan imidacloprid yang dapat membunuh parasit, khususnya kutu. Tidak hanya membasmi pada permukaan kulit saja, tetapi dapat membunuh parasit yang berada dalam tubuh pula.

Dengan harga sekitar Rp170.000, Advocate juga tidak hanya dapat membasmi kutu. Akan tetapi Advocate juga bisa membasmi tungau telinga, kudis, hingga berbagai cacing pada tubuh anjing peliharaanmu.

3. Nexgard Chewable Tablets for Dogs

Nexgard Chewable Tablets for Dogs

Jika anjing peliharaanmu susah untuk minum obat, cobalah untuk memberikannya produk satu ini. Nexgard dibentuk mirip seperti makanan anjing pada umumnya. Warnanya yang kecoklatan dan memiliki rasa daging sapi membuat anjing peliharaanmu dijamin suka.

Tidak usah khawatir dengan khasiatnya, Nexgard sudah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) sebagai produk yang aman, untuk membasmi kutu pada anjing. Maka dari itu, produk ini banyak digunakan oleh dokter hewan untuk mengobati anjing yang memiliki kutu.

Meskipun harganya cukup mahal, yaitu sekitar Rp150.000 per satu tablet, tapi efek yang dihasilkan ampuh menghilangkan kutu yang bersarang. Satu tablet Nexgard dapat bekerja melindungi anjingmu selama satu bulan.

4. Virbac Preventic Collar for Dog

Virbac Preventic Collar for Dog

Kalau kamu tidak tega memberikan obat telan ataupun suntikan kamu bisa mencoba produk satu ini. Ya, Virbac memiliki produk berupa kalung anti kutu untuk anjing, yaitu Preventic Collar for Dog. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp200.000.

Kamu dapat memasangkannya ke leher anjingmu selama kurang lebih satu bulan. Preventic Collar fo Dog ini mengandung Amitraz, insektisida dengan aktivitas spesifik terhadap semua tahap perkembangan kutu. 

Disarankan untuk selalu mengganti kalung anti kutu setiap bulannya. Dengan begitu, leher anjingmu tidak akan iritasi, serta untuk melihat perkembangan penyembuhannya pula. Langsung saja dicoba yuk!

5. Frontline Spray

Frontline Spray

Tidak hanya anjing dewasa saja yang juga memiliki kutu, tak jarang anak anjing pun memilikinya. Nah, kali ini ada Frontline Spray obat kutu yang bisa digunakan untuk anak anjing dengan usia 2 hari ke atas. Cocok banget buat peliharaanmu!

Dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari 100 ml, 250 ml, dan 500 ml, kamu dapat menyemprotkannya ke anjing peliharaanmu tiap 12 minggu sekali. Meskipun diberikan dalam jangka waktu yang lama, tetapi efek yang hasilkan dijamin dapat membasmi kutu.

Biasanya, Frontline Spray dijual dengan harga mulai dari Rp134.000 per botol. Kamu dapat membelinya diberbagai online store, atau toko hewan terdekat.

6. Revolution for Puppies and Kittens

Revolution for Puppies and Kittens

Masih dengan produk khusus anak anjing, Revolution ini diperuntukkan bagi anak anjing berusia 6 minggu ke atas. Tidak hanya itu, perhatikan pula bobot anak anjing jika akan diberikan obat satu ini. Hanya anak anjing dengan bobot maksimal 2,5 kg saja yang dapat diberikan.

Dengan memberikan Revolution kepada anak anjing peliharaanmu, kamu sudah melindunginya sejak dini dari berbagai parasit terutama kutu. Memiliki formula yang cepat bereaksi, kamu hanya perlu memberikannya satu ampul untuk satu kali pemakaian.

Dibanderol dengan harga  sekitar Rp127.000, kamu akan akan mendapatkan satu ampul. Cara pemakaiannya cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskannya pada beberapa bagian tubuh. Kutu, cacing, dan berbagai parasit lainnya akan hilang dalam beberapa hari.

7. Frontline Plus for Dogs

Frontline Plus for Dogs

Kutu yang bersarang pada tubuh biasanya akan terus berkembangbiak. Nah, jika anjing peliharaanmu memiliki kutu, jangan risau. Kamu dapat memberikan Frontline Plus yang bisa membasmi kutu sampai ke telur kutu sekalipun.

Dikhususkan untuk anjing dengan bobot 10—20 kg, Frontline Plus juga dapat diberikan kepada anjing yang sedang hamil atau menyusui. Cara memberikannya cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskannya pada beberapa bagian tubuh anjing.

Frontline Plus dijual per saset, sebanyak 1,34 ml dengan mengandung bahan aktif fipronil dan methoprene. Kamu dapat membeli Frontline Plus sekitar Rp115.000, dengan jangka pemakaian kurang lebih satu bulan.

8. Virbac Effipro Spot-On

Virbac Effipro Spot-On

Tidak hanya ampuh untuk membunuh kutu, produk keluaran Vibrac yang satu ini juga ampuh untuk menghilangkan scabies pada anjing peliharaanmu. Vibrac Effipro Spot-On, dapat membasmi kutu dalam waktu satu minggu.

Produk ini memiliki berbagai jenis obat untuk beberapa bobot anjing, mulai dari 2— 10 kg, dan 10—20 kg. Harga yang ditawarkan juga berbeda. Mulai dari Rp94.000 hingga Rp310.000 untuk satu pack Virbac Effipro.

9. Detick

 Detick

Detick memiliki manfaat untuk mengobati dan mencegah munculnya kutu pada anjing. Produk buatan Thailand ini dikhususkan untuk anjing dengan bobot maksimal 10 kg. Jika berat anjing di bawah 10 kg, maka berikanlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Hebatnya lagi, Detick juga dapat menyembuhkan kemerahan akibat gigitan kutu. Cara pemakaiannya cukup mudah. Punya banyak manfaat, Detick ternyata dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp38.000 per botol. Jika ingin memberikannya pada anjing peliharaanmu, berikanlah dengan waktu satu kali dalam 4 minggu.

10. Be-Tick Dog Flea and Tick Drop

Be-Tick Dog Flea and Tick Drop

Masih dengan produk obat anti kutu dari Thailand, Be-Tick dapat membasmi kutu pada anjing dengan ampuh. Be-Tick dikhususkan untuk anjing dengan bobot maksimal 10 kg, atau berusia di atas 3 bulan. Harganya dibanderol sekitar Rp34.000 per tube. 

Jika ingin mendapatkan hasil yang baik, mandikan anjing terlebih dahulu lalu teteskan Be-Tick pada bagian tengkuk anjing.  Dengan begitu, anjing peliharaanmu tidak akan menjilatinya. Meski begitu Be-Tick tahan air dan mudah mengering pada kulit anjing.

Itulah 10 merek obat kutu untuk anjing yang bisa kamu berikan untuk anjing peliharaanmu. Jika sudah diberikan obat, kamu juga harus membersihkan berbagai tempat yang sering dikunjungi anjingmu. Dengan begitu, kutu tidak akan hinggap lagi, dan anjingmu akan merasa nyaman.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram