Bacaterus / Mesin Jahit / 15 Merk Mesin Jahit untuk Pemula yang Bagus 2020

15 Merk Mesin Jahit untuk Pemula yang Bagus 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin belajar menjahit? Jangan terburu-buru untuk membeli mesin jahit khusus profesional terlebih dahulu. Jika Anda merupakan pemula dalam bidang jahit-menjahit, maka kami sarankan Anda untuk menggunakan mesin jahit portable. Selain mudah dipindah ke mana saja, mesin jahit ini juga menawarkan pengaturan yang sangat mudah.

Pada kesempatan kali ini, Bacaterus ingin berbagi beberapa rekomendasi merk mesin jahit untuk pemula. Mesin-mesin yang akan kami rekomendasikan di sini sangat mudah dan praktis digunakan oleh orang awam atau yang baru belajar menjahit.

1. Singer EM 200

Singer EM 200

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebagai pemula dalam bidang menjahit, Anda tentu memerlukan mesin jahit yang bisa mengerjakan pekerjaan bordir dengan mudah. Singer EM 200 adalah mesin jahit yang memiliki kemampuan bordir secara otomatis. Singer melengkapi mesin ini dengan 200 pola bordir.

Singer EM 200 bukan sekadar mesin jahit biasa karena mesin ini tergolong canggih. Mesin yang sudah dilengkapi dengan panel LCD ini bisa mengerjakan 700 jahitan per menit. Ada sejumlah fitur yang semakin memudahkan kegiatan menjahit Anda, seperti pemotong benang otomatis dan tombol pengatur kecepatan menjahit.

2. Singer 2250

Singer 2250

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Percayakan aktivitas menjahit Anda pada Singer 2250. Mesin jahit ini tidak terlalu canggih tapi bisa dioperasikan dengan mudah. Pada mesin ini, Singer menerapkan 10 pola jahitan yang tentunya akan semakin mempermudah kegiatan menjahit.

Mesin ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena pemutar bobbin otomatis, pelubang kancing, sampai dengan pemotong benang. Ukuran mesin ini juga tidak terlalu besar dan praktis dibawa ke mana saja.

3. Singer 3232

Singer 3232

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dari sekian banyak mesin jahit yang diproduksi Singer, seri Singer 3232 ini adalah favorit bagi para pemula. Pasalnya, pengoperasian mesin jahit ini tergolong sangat mudah, bahkan oleh awam sekalipun. Apalagi Singer merancang mesin jahit ini agar bisa mengerjakan 32 pola jahitan.

Memasang benang pada mesin ini juga mudah karena Singer 3232 dirancang agar mampu memasang benang secara otomatis. Mesin ini turut dilengkapi dengan pengatur panjang dan lebar jahitan serta pengatur tekanan benang atas.

4. Singer Messina L9 London

Singer Messina L9 London

Mesin jahit yang satu ini adalah jenis portable. Spesifikasi yang dibawa oleh Singer Messina L9 London ini cukup menarik, mulai dari tersedianya 8 fungsi jahitan + 1 pembuat lubang kancing, 4 langkah pembuat lubang kancing, dan pengaturan untuk melebarkan jahitan.

Merk mesin jahit untuk pemula ini hanya memerlukan daya listrik 85 watt saja. Pemula dapat belajar menjahit dengan menggunakan mesin ini secara lebih mudah, karena instruksi manual yang terdapat pada mesin ini sudah berbahasa Indonesia. Anda bisa membeli mesin jahit ini secara online melalui Bukalapak di link ini.

5. Brother FS50

Brother FS50

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di era digital seperti ini tentu saja penggunaan mesin jahit yang sudah dilengkapi dengan komputerisasi akan sangat membantu, terutama bagi Anda yang awam dalam bidang jahit menjahit. Brother menghadirkan FS 50 sebagai mesin jahit yang sudah mengusung teknologi komputer.

Sebagai mesin jahit otomatis, tentu pengoperasian Brother FS 50 ini sudah tidak menggunakan pedal. Brother memberikan 50 pola jahitan untuk mesin jahit ini. Tampilan mesin jahit ini juga terlihat semakin keren berkat adanya LCD Display dan built-in LED Light.

6. Butterfly 5832

Butterfly 58332 merk mesin jahit untuk pemula

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, pemula sebaiknya belajar menjahit dengan mesin jahit portable. Nah, mesin jahit portable yang akan kami rekomendasikan di sini adalah Butterfly 5832. Ada lampu LED di dalam mesin serta alat untuk memasukkan benang ke jarum secara otomatis.

Tak hanya itu saja, mesin jahit ini juga menyediakan 32 fungsi jahitan + 1 pembuat lubang kancing otomatis. Di mesin jahit ini, Anda bisa melakukan pengaturan panjang dan lebar jahitan secara lebih praktis. Butterfly 5832 ini hanya membutuhkan daya listrik sekitar 70 watt saja. Anda bisa membelinya secara online di link ini.

7. Butterfly JH 8190A

Butterfly JH 8190A

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebagian orang justru merasa bingung ketika harus memakai mesin jahit dengan sistem komputerisasi yang canggih. Butterfly memahami hal tersebut dan mengeluarkan JH 8190A sebagai mesin jahit portable dengan sistem yang tidak terlalu canggih tapi sangat mudah dioperasikan.

Adapun fitur yang ditawarkan mesin jahit ini antara lain adalah 11 fungsi jahitan, 1 fungsi lubang kancing dan 4 langkah lubang kancing. Mesin yang menggunakan tenaga listrik ini tidak menimbulkan suara bising ketika dipakai sehingga Anda bisa menjahit kapanpun tanpa mengganggu ketenangan orang lain.

8. Yoko YK-1212

Yoko YK-1212

Cek Harga do Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi mesin jahit portable yang tidak memakai komputerasasi membingungkan, yakni Yoko YK-1212. Mesin jahit yang hadir dalam warna pink dan biru ini terbuat dari rangka besi baja sehingga lebih awet. Yoko menyematkan 12 fungsi jahitan pada mesin jahit ini.

Walaupun pemasangan benang pada mesin ini masih manual, tapi Anda bisa menemukan 4 langkah membuat lubang kancing yang sudah tersedia. Bahkan, Yoko YK-1212 ini juga bisa diandalkan untuk menjahit di bagian yang sempit.

9. Janome NS311A

Janome NS311A

Dilihat dari desainnya, Janome NS311A ini memang dirancang khusus untuk para kaum hawa. Ada motif bunga-bunga kecil di body mesin jahit. Nah, mesin jahit mini ini juga bisa menjadi alternatif pembantu bagi para pemula yang ingin menekuni teknik menjahit.

Janome NS311A ini menyediakan 15 motif jahitan. Selain itu, untuk membuat lubang kancing dengan lebih rapi, Anda dapat memanfaatkan 4 langkah pembuat lubang kancing yang terdapat pada mesin jahit ini. Tiang benang yang terdapat di Janome NS311A ini bisa naik-turun dengan mudah. Pilih motif jahitan secara lebih cepat dan praktis dengan menggunakan mesin jahit ini. Anda bisa membelinya secara online di link ini.

10. Singer 1306

Singer 1306

Selama ini, Singer dikenal sebagai merk mesin jahit profesional. Namun, sekarang Singer juga dikenal sebagai merk mesin jahit untuk pemula yang juga menaungi merk Messina. Akan tetapi, kali ini Singer mengeluarkan seri 1306 yang tidak disertai dengan embel-embel Messina. Singer 1306 ini adalah mesin jahit portable yang menyediakan 6 fungsi jahitan + 1 fungsi lubang kancing.

Sama seperti mesin jahit portable lainnya, mesin ini juga memberikan 4 langkah pembuat lubang kancing. Mesin yang menggunakan sistem bobbins bawah ini menyediakan alat pemutus benang agar Anda tidak perlu lagi menggunakan bantuan gunting.

Singer 1306 adalah mesin jahit masa kini yang sudah dilengkapi dengan lampu LED di dalam mesin. Anda bisa mendapatkannya secara online melalui Bukalapak di link ini.

11. Butterfly JA-1

Butterfly JA-1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau Anda lebih memilih belajar menjahit dengan mesin jahit manual yang terkesan jadul, Butterfly JA-1 adalah mesin jahit tradisional yang masih dijual di pasaran. Jika mesin jahit lainnya ditenagai oleh listrik, Butterfly JA-1 masih menggunakan tenaga manual yang artinya si pengguna harus menginjak pedal untuk menjalankan mesin ini.

Butterfly JA-1 cocok bagi pemula maupun profesional. Namun, mesin jahit tradisional ini lebih disarankan untuk menjahit rumahan, bukan untuk menjahit secara grosir atau dalam jumlah yang banyak.

12. Singer 15 Class

Singer 15 Class

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebagai merk mesin jahit yang sudah ada sejak zaman dulu, Singer tak ingin ketinggalan untuk tetap memproduksi mesin jahit tradisional. Melalui Singer 15 Class, brand ini membuktikan bahwa tak hanya mesin jahit dengan sistem komputer saja yang disediakan, tapi ada juga mesin jahit dengan tenaga pedal.

Singer 15 Class hanya bisa menjahit dengan pola lurus. Itulah sebabnya mesin jahit ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang baru terjun ke dalam dunia menjahit. Bahkan, banyak orang berpendapat bahwa penggunaan mesin jahit manual seperti Singer 15 Class tergolong lebih mudah dibanding mesin jahit canggih yang sudah dilengkapi dengan komputerisasi.

13. Janome 1008

Janome 1008

Bagi Anda yang masih awam dalam dunia menjahit, Anda tidak memerlukan mesin jahit yang terlalu rumit. Cukup pilih mesin jahit portable dengan spesifikasi minimalis, seperti Janome 1008. Ini adalah merk mesin jahit untuk pemula dengan 10 motif jahitan. Mesin ini juga memungkinkan Anda untuk dapat memasang kancing secara otomatis.

Material yang digunakan untuk body mesin jahit ini adalah aluminium, sehingga tahan terhadap karat. Dengan keberadaan pemutar bobbins otomatis, kegiatan menjahit Anda jadi lebih mudah dan praktis. Mesin jahit ini bisa dibeli secara online melalui Bukalapak di link ini.

14. Juki HZL 12z

Juki HZL 12z

Bila Anda pemula yang sedang berlatih menjahit, mesin jahit Juki HZL 12z ini sangat kompatibel untuk Anda gunakan di mana saja. Pasalnya, mesin jahit yang dilengkapi dengan 10 pola jahitan ini berjenis portable.

Meskipun ukurannya kecil, Juki HLZ 12z ini bisa digunakan untuk menjahit berbagai jenis kain, seperti sifon, licra, hingga jeans. Mesin ini menyediakan 4 langkah pembuat kancing secara otomatis, serta alat pemutus benang. Salah satu merk mesin jahit untuk pemula yang terbaik ini hanya memerlukan daya listrik 64 watt. Anda bisa membelinya secara online melalui Bukalapak di link ini.

15. Brother JS1410

Brother JS1410

Bukankah Brother merupakan sebuah merk untuk printer? Ya, selain memproduksi printer, Brother juga mengeluarkan produk lain berupa mesin jahit, seperti seri JS1410 ini. Mesin jahit portable dari Brother ini mengusung desain trendi dengan motif bunga. Saat dioperasikan, mesin jahit ini tidak mengeluarkan suara yang bising.

Ada 14 motif jahitan yang disediakan oleh Brother JS1410 ini. Terdapat lampu LED yang berfungsi sebagai penerangan saat Anda menjahit di tempat dengan pencahayaan yang kurang. Brother JS1410 hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 55 watt saja. Anda bisa membeli mesin jahit ini secara online di link ini.

Itulah lima belas merk mesin jahit untuk pemula yang kami rekomendasikan untuk Anda. Sebelum Anda mencoba menjahit dengan mesin jahit profesional, ada baiknya jika Anda berlatih terlebih dahulu dengan menggunakan mesin jahit portable yang lebih mudah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *