Bacaterus / Bahan Kue / Bagus untuk Diet, Ini 10 Rekomendasi Merk Maple Syrup Terbaik

Bagus untuk Diet, Ini 10 Rekomendasi Merk Maple Syrup Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bila kamu menonton tayangan drama show luar negeri akan terlihat saat mereka makan pancake akan menuangkan sebotol sirup. Sirup tersebut biasanya maple syrup. Walau sering dimakan orang luar sebagai pendamping pancake atau demiglace, orang Indonesia juga suka memakainya untuk diet. Ini karena sirup yang terbuat dari pohon maple memiliki kandungan kalori lebih rendah dari madu.

Namun, memilih maple syrup tak bisa sembarangan. Maple syrup yang sudah terbukti kualitasnya berasal dari Kanada. Selain itu, maple syrup memiliki grade sehingga memberikan rasa dan warna yang berbeda. Sebelum memilih merk, simak grade maple syrup yang perlu diketahui agar sesuai selera dan kegunaan.

Grade Maple Syrup yang Perlu Kamu Ketahui

Grade Maple Syrup yang Perlu Kamu Ketahui

* sumber: www.healthline.com

Setidaknya ada lima grade maple syrup yang perlu kamu ketahui. Grade pertama adalah Canada No. 1 Extra Light. Grade ini memiliki light transmittance sebesar 75% atau lebih dengan rasa yang paling lembut. Sirup maple dibuat dengan merebus dengan kadar murni lebih dari 66% tanpa pencampuran apapun. Jenis ini jarang bisa ditemui di Indonesia.

Grade kedua ada Canada No.1 Light dengan light transmittance 60,5% sampai 75%. Rasa yang dimiliki pada sirup maple grade ini adalah rasa lembut namun lebih matang. Sirupnya direbus dengan kadar lebih dari 66% dan tanpa pencampuran tapi lebih gelap warnanya. Kamu pun masih akan sulit menemukan maple syrup jenis ini di Indonesia.

Grade ketiga yaitu Canada No.1 Medium dengan light transmittance sebesar 44%-60,5%. Rasa yang dimiliki adalah rasa manis seimbang dan paling direkomendasikan. Selanjutnya ada Canada No.2 Amber sebagai grade keempat. Ia memiliki light transmittance sebesar 27%-44% dengan rasa seimbang tapi lebih kuat dan warna lebih pekat dibandingkan grade ketiga.

Selain itu, sirup maple grade empat ini bisa digunakan untuk memasak dengan wangi unik. Menariknya kadar lemak yang dimilikinya sebesar nol, kaya mineral dengan kalori paling rendah dibanding grade lain.

Grade kelima ada Canada No.3 Dark dengan light transmittance sebesar 27% atau kurang. Rasa yang dimiliki lebih kuat dengan warna gelap. Tak sedikit yang menyukai maple syrup grade ini. Kamu bisa gunakan untuk memasak.

10 Merk Maple Syrup yang Bisa Ditambahkan ke Dalam Makanan

Lagi cari rekomendasi merk maple syrup, tapi tak tahu merk yang tepat? Yuk, simak daftar rekomendasi merk maple syrup terbaik ini!

1. Maple Joe Pure Maple Syrup

Maple Joe Pure Maple Syrup

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sudah lama menjadi favorit di negara asalnya, yaitu Kanada, Maple Joe Pure Maple Syrup memiliki grade No.2 Amber. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak atau tambahan pada yoghurt, pancake, crepes, sampai kopi. Rasa manis yang otentik ini dikemas dalam botol kaca dengan harga terjangkau.

2. Great Northern

Great Northern

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu seorang vegan dan mencari maple syrup yang ramah vegetarian, bisa memilih Great Northern Amber Colour. Sirup maple ini terbuat dari 100% organik tanpa campuran apapun. Tenang saja, rasa sirupnya akan tetap kata dengan kandungan mineral  seimbang serta zat antioksidan.

Kamu bisa memilih sirup maple keluaran Great Northern ini bila ingin mengurangi asupan gula. Apalagi ia memiliki Glucemic Index (GI) rendah. Tak hanya itu, sirup maple dengan Grade No.2 Amber ini  bisa juga untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Selain mengeluarkan sirup maple untuk vegetarian, Great Northern juga mengeluarkan grade No.3 Dark yang bisa digunakan sebagai pelengkap makanan. Great Northern Dark Colour ini memiliki rasa lebih manis dibanding Amber Colour dan bisa digunakan untuk memasak. Coba deh!

3. Now Real Food Organic

Now Real Food Organic

Cek Harga di Shopee

Dikemas dalam ukuran 473 ml, Now Real Food Organic Maple Syrup bisa kamu pilih untuk membantu menyukseskan program penurunan berat badan. Grade yang dimiliki adalah No.3 Dark. Bahkan, merk maple syrup satu ini bisa digunakan juga sebagai detoks. Silakan meminumnya sebanyak 6-12 gelas sehari.

4. Shady Maple Farms

Shady Maple Farms

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari maple syrup yang bisa dibawa saat traveling? Pilih Shady Maple Farms No.1 Medium. Sirup maple ini dikemas dalam plastik yang mudah dibawa, praktis, serta ekonomis. Rasanya tentu lezat dengan grade no.1 Medium.

Tak hanya itu, Shady Maple Farms juga mengeluarkan grade No.2 Amber dengan warna lebih gelap dan rasa lebih pekat. Walau pekat, tetap terasa ringan di mulut. Namun Shady Maple Farms No.2 Amber dikemas dalam botol kaca.

5. Hampton House Canadian Pure Maple Syrup

Hampton House Canadian Pure Maple Syrup

Maple syrup dengan kualitas tinggi bisa kamu dapatkan di Hampton House Canadian Pure Maple Syrup. Grade untuk sirup maple ini adalah No.1 Medium dengan rasa manis yang cocok di lidah. Silakan nikmati maple syrup ini bersama pancake hangat untuk sarapan.

Baca juga: Cara Membuat Gula Cair untuk Minuman Dingin yang Segar

6. Coombs Family Farms Organic Maple Syrup

Coombs Family Farms Organic Maple Syrup

Coombs Family Farms Organic Maple Syrup mengeluarkan sirup maple dengan sistem eco-friendly. Keberadaan merk satu ini bisa dibilang dimulai pada tahun 1800-an. Dengan Grade No.2 Amber, sirup ini nikmat dimakan sebagai pendamping pancake.

Selain itu, Coombs Family Farms Organic Maple Syrup sudah memiliki sertifikasi organik dan halal. Proses produksi tanpa pengawet buatan, tanpa perasa, tanpa pemanis buatan serta proses boiling yang lebih lama menjadi kunci rasa otentik dari sirup maple satu ini.

7. B&G MacDonald’s Pure Maple Syrup

B&G MacDonald’s Pure Maple Syrup

Cek Harga di Shopee

Sekilas maple syrup terlihat mirip dengan madu. Bahkan bila tak membaca kemasannya akan terlihat tak ada bedanya. Nah, B&G MacDonald’s Pure Maple Syrup memiliki tekstur lembut, rasa ringan hampir mirip dengan madu, tentu dengan kalori yang lebih rendah. Grade-nya adalah No.2 Amber.

8. Radiant Organic

Radiant Organic

Cek Harga di Lazada

Radiant Organic Maple Syrup adalah merk sirup maple yang mudah ditemukan di Indonesia. Grade No. 2 Amber yang dimiliki sirup maple ini bisa digunakan untuk memasak tanpa gula namun tetap gurih. Selain itu, ia pun dibuat dari bahan organik sehingga rasa yang dimiliki pun lebih kuat.

9. Thrive Market Organic

Thrive Market Organic

Memiliki sertifikat non-transgenik pada sirup maple merk Thrive Market, kemurnian akan produk satu ini tak perlu diragukan lagi. Sirup ini dibuat dari pohon maple liar di Vermont dengan grade A. Coba oleskan Thrive Market Organic Maple Syrup ini di atas pancake atau roti panggang, yum!

10. Green’s Maple Syrup

Green’s Maple Syrup

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin ada rasa smokey pada sirup maple untuk olesan pancake atau roti bakar, bisa memilih Green’s Maple Syrup. Tambahan rasa smokey ini memberikan rasa khas dan unik karena dimasak menggunakan ketel. Sirup buatan Australia ini memiliki kualitas tinggi dan sering dicari oleh konsumen.

Dengan mengetahui daftar merk maple syrup di atas, kamu pun tak perlu lagi bingung mengoleskan tambahan rasa di atas pancake sekaligus tak merasa bersalah. Jadi, maple syrup mana yang akan kamu tambahkan ke makanan favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *