Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Januari 2019

Perkembangan brand kosmetik di Indonesia semakin pesat. Dari segi kemasan maupun kualitas merek kosmetik dalam negeri tidak kalah jika dibandingkan dengan brand kosmetik internasional. Bahkan, beberapa merek kosmetik lokal justru sering dikira brand kosmetik dari luar karena kemasannya yang sangat mewah.

Berminat untuk mencoba merek kosmetik lokal? Di Indonesia ada sejumlah merek kosmetik dalam negeri dengan kualitas yang sangat baik, lho. Bacaterus akan memberikan informasi mengenai 10 merek kosmetik lokal terbaik yang wajib Anda miliki. Check this out!

1. BLP Beauty

BLP Beauty Merk Kosmetik Lokal

* sumber: journal.sociolla.com

BLP Beauty adalah merek kosmetik lokal yang digagas oleh beauty vlogger bernama Lizzie Parra. Lizzie sendiri cukup dikenal sebagai beauty influencer karena aktif berbagi tips dan tutorial makeup melalui blog, YouTube, dan Instagram.

Berawal dengan merilis produk lip coat, kini BLP Beauty sudah memproduksi eyeliner, bedak, bulu mata palsu, sampai dengan kuas makeup. Bahkan, BLP Beauty juga sudah membuka beberapa store di pusat perbelanjaan.

2. Rollover Reaction

Rollover Reaction

* sumber: www.vemale.com

Banyak yang mengira bahwa Rollover Reaction adalah brand makeup dari luar negeri. Padahal, Rollover Reaction adalah karya dari seorang anak bangsa bernama Naya Tinanda. Pengemasan yang mewah dan berkelas membuat brand makeup ini tampak seperti produk internasional.

Produk pertama yang diproduksi Rollover Reaction adalah lip and cheek cream. Setelah produk pertamanya sukses di pasaran, Naya bersama teman-temannya menambah varian produknya mulai dari eyetint, eyebrow perfector, dan face mist.

3. Mineral Botanica

Mineral Botanica

Mineral Botanica juga merupakan brand kosmetik lokal yang sering dikira sebagai brand kosmetik impor. Di antara berbagai jenis merek kosmetik dalam negeri, Mineral Botanica menyediakan produk kosmetik yang paling lengkap. Tak hanya kosmetik saja, merek ini pun mulai memasarkan produk skin care berkualitas.

Dari awalnya hanya memproduksi lip cream, kini Mineral Botanica sudah memproduksi eye shadow, foundation, blush on, eyeliner, dan lain-lain. Menariknya, semua produk Mineral Botanica dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Emina

Emina

* sumber: journal.sociolla.com

Berpikir bahwa Emina adalah brand kosmetik Korea sejenis Etude House? No, ini merupakan merek kosmetik lokal yang membidik konsumen remaja yang baru mengenal makeup. Namun, banyak juga konsumen Emina yang berasal dari kalangan dewasa.

Emina menyediakan produk kosmetik yang super lengkap, mulai dari lipstick, lip cream, primer, eye shadow, eyeline, compact powder, dan masih banyak lagi. Brand ini turut memproduksi skin care dan body care. Hampir sebagian besar produk Emina dibandrol dengan harga di bawah 100 ribu rupiah, lho!

5. Polka

Polka

* sumber: www.popbela.com

Dikemas dalam packaging yang sangat colorful, Polka adalah brand kosmetik lokal yang juga dipasarkan di Amerika Serikat dan Australia.

Tak banyak varian kosmetik yang ditawarkan Polka, hanya Mattenes Lip Lacquer dan Mattenes Eye & Brow Lacquer. Namun, produk ini tetap digandrungi oleh pecinta produk lokal di Indonesia. Meskipun belum membuka store sendiri, Polka sudah bisa dibeli secara online melalui Shopee, lho!

6. ESQA

ESQA

* sumber: www.vemale.com

Tak banyak merek kosmetik lokal yang bisa memasarkan produknya sampai ke pasar internasional. Namun, ESQA bisa menembusnya dan berhasil memiliki tempat di hati para konsumen Indonesia.

ESQA menyediakan produk makeup yang sangat lengkap, ada lip liquid, lip crayon, cheek palette, eyeliner, dan brow pomade pencil. Soal harga ESQA tetap memasang harga yang cukup terjangkau kok. Anda bisa membeli produk-produk ESQA di sini.

7. Candy Color

Candy Color

* sumber: lippielust.com

Kalau lip kit Kylie Cosmetics harganya tidak terjangkau oleh bujet, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli pewarna bibir sejenis dari brand lokal, namanya Candy Color. merek kosmetik dalam negeri ini menyediakan lip cream dengan pilihan warna yang nampak serupa dengan koleksi Kylie Cosmetics.

Kemasan lip cream Candy Color juga terlihat sangat girly. Bahkan, sekilas produk ini tidak nampak seperti produk kosmetik dari dalam negeri.

8. Make Over

Make Over

* sumber: kintakun-collection.co.id

Satu lagi merek kosmetik lokal yang kerap disangka sebagai brand dari luar negeri, yaitu Make Over. Make Over menyediakan produk makeup berkualitas premium dengan  harga yang masih bisa ditolerir dibanding produk dari brand internasional.

Yang membuat Make Over digilai oleh pencinta kosmetik adalah variannya yang sangat lengkap. Anda bisa membeli foundation, powder, blush, contour, eye liner, eye shadow, mascara, eye brow pencil, lipstick, sampai dengan berbagai koleksi palette dari brand Make Over.

Meskipun Make Over sudah memiliki sejumlah gerai di pusat perbelanjaan, Anda tetap bisa membeli produk Make Over secara online di official store Make Over yang ada di Shopee.

9. Goban

Goban

* sumber: editorial.femaledaily.com

Goban juga merupakan merek kosmetik lokal yang best seller di Indonesia. Selain dikemas dalam kemasan yang “internasional” banget, Goban juga menawarkan produk dengan kualitas yang sangat baik.

Setelah sukses menjual melted matte lips di pasar Indonesia, Goban juga merambah pasar highlighter dengan turut memproduksi illuminating highlighter. Harga produk-produk dari Goban cukup bersahabat dan kualitasnya memang setara dengan produk makeup dari brand luar negeri.

10. Beauty Story

Beauty Story

* sumber: endifeng.blogspot.com

Yang satu ini juga sering disangka sebagai brand makeup dari Korea. Padahal, Beauty Story adalah brand lokal yang kemasannya memang teenager banget. Nampaknya merek ini memang membidik konsumen dari kalangan remaja.

Sebagai brand lokal, koleksi produk makeup dari Beauty Story cukup lengkap. Tak hanya menyediakan kosmetik wajah saja, Beauty Story juga menyediakan kosmetik kuku dan kuas makeup. Soal harga, brand ini menjual produk-produknya dengan harga yang sangat bersahabat.

Nah, sudah tahu 10 merek kosmetik lokal yang sering disangka sebagai brand dari luar negeri kan? Mari cintai produk dalam negeri dengan memilih brand-brand kosmetik lokal ini untuk mempercantik diri Anda. Semua produk tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di Shopee. Selain harganya yang cukup terjangkau, Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik lainnya.