Bacaterus / Kopi / 10 Merk Kopi Instan Tanpa Ampas, Cocok Buat Anak Muda

10 Merk Kopi Instan Tanpa Ampas, Cocok Buat Anak Muda

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak penggemar. Tak ada yang menandingi kenikmatan menyesap secangkir kopi pada pagi hari, setelah makan siang, saat bersantai pada sore hari, atau pun menjadi teman begadang menyelesaikan tugas saat tengah malam. Tapi, kadang uang saku tidak cukup untuk terus-menerus membeli kopi dari coffee shop, kan. Nah, kalau begitu, kamu bisa beralih ke kopi instan.

Jangan anggap remeh kopi instan! Mereka enak, loh. Ada banyak variannya, rasanya, bisa diolah lagi jadi aneka makanan dan minuman.. Terus, yang paling penting, harganya nggak bikin jebol kantong! Dengan seharga satu cangkir kopi di coffee shop, kamu bisa mendapatkan satu renceng kopi instan buat stok bulanan di rumah.

Ada kopi instan yang menyisakan ampas, tapi biasanya itu kurang disukai anak-anak muda. Nah, kalau kamu mencari merk kopi tanpa ampas, Bacaterus punya rekomendasinya di bawah ini.

1. Good Day

Cek Harga di Shopee

Merk kopi tanpa ampas yang paling populer di kalangan anak muda pasti Good Day. Merk kopi instan yang satu ini sudah akrab banget di lidah masyarakat Indonesia. Pilihan rasanya pun beragam. Ada Good Day Original, Mocacinno, Cappucino, Carrebian Nut, Vanilla Latte, Cappucino White, serta Coolin’ Coffee dan Coffee Freeze Mocafrio yang khusus dingin.

Kelebihan Good Day dari merk kopi instan lainnya adalah, rasa asamnya sudah dikurangi, jadinya aman buat orang yang berpenyakit maag. Terus, berbeda juga dari merk seberang, Good Day punya varian khusus untuk minuman dingin.

Tentu rasanya jadi lebih pas dan tidak hambar karena es kopi dingin menggunakan lebih banyak air (ditambah es pula yang nanti mencair) daripada kalau kamu bikin minuman dingin dari kopi untuk diseduh air panas.

2. NESCAFÉ Classic

Cek Harga di Shopee

Pasti tahu, dong, tren dalgona coffee? Rata-rata orang membuatnya dengan kopi ini, loh! NESCAFÉ Classic dipercaya memiliki rasa dan tekstur yang paling pas buat dibikin dalgona coffee. Sebenarnya kalau dalam segi rasa, dalgona coffee ya mirip dengan kopi susu saja, dengan banyak sekali susu dibandingkan kopinya. Yang membuat menarik adalah tampilannya.

Dalgona coffee disajikan seperti kopi-kopi di kedai, yaitu es batu yang banyak hingga setengah gelas, lalu tuang susu putih (bisa susu sapi, almond, apapun sesuai selera), baru di atasnya dituang whipped coffee supaya menggenang di atas susu.

Tren ini bertepatan dengan waktunya orang-orang karantina mandiri di rumah akibat pandemi Covid-19. Makanya kopi dalgona jadi seperti pengobat rindu kita yang tidak ke luar rumah.

Cara membuat dalgona coffe menggunakan NESCAFÉ Classic sangat mudah sekali. Resepnya adalah sebagai berikut: 2 sdm NESCAFÉ Classic, 2 sdm gula pasir (kalau tidak suka manis kurangi jadi 1 sdm, kalau suka manis boleh ditambah), 125 mL susu cair, es batu untuk memenuhi satu gelas.

Siapkan mangkuk kecil/pisin/piring ceper dengan pinggiran yang tinggi supaya kopi tidak ke mana-mana. Tuang kopi dan gula, lalu tambahkan 2 sdm air panas. Kamu bisa pilih mau mengaduk pakai mixer (berarti alasnya mangkuk plastik), atau pakai saringan kawat (berarti kamu bisa pakai pisin), dicocok-cocokkan saja.

Aduk terus sampai kopi berubah warna jadi cokelat muda dan teksturnya mengembang, kental seperti whipped cream. Di dalam gelas, masukkan es batu dan susu cair UHT pilihan kamu. Tambahkan whipped coffee di atasnya, lalu dalgona coffee pun siap dinikmati!

3. Indocafe Coffeemix 3 in 1

* sumber: jajanbaso.com

Cek Harga di Shopee

PT Sari Incofood adalah perusahaan yang membuat sereal, krimer (Max Creamer), minuman cokelat, teh, dan kopi. Untuk kopinya adalah Indocafe. Kamu pasti sering melihatnya di minimarket, supermarket, bahkan warung dekat rumahmu.

Bagi Incofood, Indonesia memiliki kondisi geo dan iklim yang ideal untuk produksi kopi. Dan, memang, sejak zaman penjajahan Belanda dulu negara kita sudah dikenal sebagai penghasil biji kopi terbaik.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1985 ini pun berlaku sebagai produsen dan pengekspor kopi instan terbesar di Indonesia. Bahkan, mereka lah yang mempelopori kopi instan mix 3 in 1 (kopi, gula, creamer/susu) yang banyak diikuti oleh merk lain.

Indocafe Coffeemix 3 in 1 menggunakan biji kopi asal Sumatera. Dikemas dalam bentuk sachet yang ringkas, kopi ini memiliki takaran pas dan nikmat disajikan panas maupun dingin.

4. Luwak White Koffie

Cek Harga di Shopee

Iconic dengan tagline “Aman bagi lambung”, Luwak White Koffie dulu sempat viral di internet. Ada video amatir yang mengklaim kopi ini berbahaya karena bisa terbakar. Ayo, ingat tidak videonya? Padahal, itu asumsi yang salah dan terkesan menjatuhkan.

Ridwan Tresna Nugraha, Ahli fisika teori dan material di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Universitas Tohoku, mengatakan melalui akun Facebook-nya, kalau semua minuman serbuk yang mengandung krimer pasti berpengaruh saat terkena panas. Krimer adalah minyak nabati, jadi otomatis saat minyak terkena api akan muncul reaksi.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Begitu teman-teman, jadi kopi ini aman dan tidak mengandung bubuk mercon, ya, hahaha. Lagi pula, produk yang sudah ada label BPOM-nya dan ada nomor izin edar pasti aman dikonsumsi, lah~

5. Kopiko

Cek Harga di Shopee

Kamu tahu permen kopi Kopiko, kan? Permen ini sudah menemani sejak gen milenial kecil. Sekarang, kamu bisa menikmati kopi tanpa ampas dari Kopiko juga, loh! Ini adalah campuran yang sempurna dari coffee mix.

Kopiko membuatnya dengan penuh cinta untuk para pecinta kopi. Ada varian Brown Coffee, Blanca (creamy), L.A. Coffee, dan Black 3inONE Strong n Rich. Dengan kandungan kopi, gula, dan krimer yang pas, semua kopi Kopiko juga sudah berlabel halal MUI, loh.

6. Tora Cafe

Cek Harga di Shopee

Ini terbilang produk baru, karena ‘kakak’nya adalah Torabika. Itu loh, kopi Cappucino instan yang ada choco granule alias serbuk cokelat terpisahnya? Torabika juga punya varian kopi krimer yang bernama Torabika 3inONE. Terus, yang dibintangi oleh Dian Sastro, Torabika Creamy Latte yang menjadi pelopor ‘gula pisah’ pada kopi.

Sama-sama dari Mayora, Tora Cafe ini lebih ke kopi ala kafe daripada cuma kopi instan biasa. #SiapSegerinMood kamu dengan empat varian Tora Cafe, yaitu Choco Latte, Caramel Latte, Milky Latte, dan Cappuccino. Buat yang varian Caramel ada tambahan sirup karamelnya. Semua variannya bisa kamu nikmati panas, tapi menurut yang sudah mencoba, kopinya lebih enak dalam kondisi dingin!

7. Caffino

Cek Harga di Shopee

Dimodeli pemeran film Dilan, yaitu Iqbaal Ramadhan, Caffino sukses menjebol pasar kopi instan buat anak muda. Kopi instan 3 in 1 ini mengklaim sebagai yang pertama di Indonesia untuk menggunakan kopi asli dan juga susu asli.

Jadi latte foam-nya lebih tebal dari merk kopi instan lain karena menggunakan susu sapi betulan. Dalam perilisannya, Caffino langsung hadir dalam tiga varian, yaitu Latte Classic, Mocca, dan Latte Choco Hazelnut.

8. Neo Coffee

Cek Harga di Shopee

WayZeni mana suaranya?? Kita semua, bahkan yang bukan penggemar WayV atau NCT pun pasti kaget melihat brand Indonesia menggandeng idol Korea yang terkenal seperti Lucas WayV, kan?

Mungkin karena nama kopi inia dalah Neo Coffee, dan NCT sendiri merupakan singkatan dari Neo Culture Technology. Jadi, mungkin dari situlah ide memboyong Lucas NCT sebagai brand ambassador mereka.

Neo Coffee mengajak kamu-kamu yang bosan dengan kopi instan biasa. Mereka mengklaim kopi Neo punya rasa yang gokil dan aroma yang manggil. Kopi ini hadir dalam dua rasa, yaitu Moccachino dan Caramel Machiato. Tahukah kamu, Neo Coffee merupakan yang pertama mengeluarkan kopi instan dengan rasa caramel machiato? Makanya, #CobainKuy!

9. FresCo

Cek Harga di Shopee

Kamu pasti lebih tahu kopi Kapal Api yang ada gambar kapal pesiarnya. Nah, ini adalah ‘anak’ dari kopi Kapal Api, yaitu FresCo dengan slogan “Fresh Kopinya!”. Kapal Api menggunakan biji kopi pilihan untuk membuat FresCo.

Lebih detilnya, mereka mencampur 100% biji kopi arabica dan robusta yang memiliki kualitas tinggi. Sehingga, menghasilkan kopi bubuk instan yang aromanya harum sekali dan rasanya lebih enak.

10. Excelso

Cek Harga di Shopee

Kalau kamu mau kopi tanpa ampas yang agak premium, tapi harganya masih terjangkau, ini ada Excelso. Kamu mungkin tahu kedai kopinya, nah mereka juga memproduksi biji kopi yang belum dihancurkan dan yang sudah bubuk dengan kemasan seperti ini. Kamu bisa menemukannya di supermarket.

Buat kamu yang belum tahu, Excelso ini bukan branch coffee shop luar negeri, loh. Excelso adalah perusahaan asli Indonesia di bawah naungan Kapal Api Group. Kopi bubuk Excelso ukuran 200 gram dihargai sekitar 25-30 ribuan.

Ya, itu tadi pilihan kopi instan tanpa ampas yang enak dan punya harga terjangkau. Selain harganya yang murah, kopi instan tanpa ampas juga punya banyak pilihan rasa dan mudah ditemukan di warung-warung. Jadi, mana kopi favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *