Bacaterus / Peralatan Dapur / 10 Merk Kompor Listrik Induksi Satu Tungku yang Bagus

10 Merk Kompor Listrik Induksi Satu Tungku yang Bagus

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengisi dapur dengan peralatan memasak yang cantik dan berkualitas memang menyenangkan. Kalau kamu berencana mengubah dapur menjadi lebih modern, bisa dengan memilih kompor listrik. Dengan kompor listrik, kamu pun tak perlu lagi membeli gas.

Tertarik? Sebelum masuk rekomendasi kompor listrik yang sesuai, simak dulu jenis kompor listrik agar kamu tak salah beli dan bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jenis Kompor Listrik

Jenis Kompor Listrik

* sumber: www.pexels.com

Sejatinya, ada tiga jenis kompor listrik, yaitu kompor listrik elektrik, kompor listrik induksi, kompor listrik infrared. Pada kompor listrik elektrik biasanya panas dihasilkan dari konversi tenaga listrik mengalir melalui kabel nikrom lalu ke kawat besi yang berada di atas kompor. Hal ini yang membuat kompor listrik menjadi panas. Peralatan masaknya pun bisa dari bahan apapun.

Kompor listrik elektrik bisa dipilih bila kamu tak memiliki budget tinggi untuk membeli kompor listrik. Namun, proses pemanasannya memang membutuhkan cukup lama, permukaan kompor rentang panas, dan konsumsi listrik lebih besar daripada menggunakan kompor listrik induksi.

Jenis kedua yaitu kompor listrik induksi. Dengan desain yang modern, kompor listrik induksi ternyata hemat energi. Ini karena proses memasak yang bisa lebih singkat dari tipe elektrik. Ini karena proses pematangannya adalah dengan menginduksi peralatan masak. Selain itu, permukaan kompor tak mudah panas.

Akan tetapi, penggunakan alat memasak dibatasi dengan bahan besi dan stainless steel saja. Selain itu, bawahnya perlu dengan desain datar agar tak membuat goresan pada kaca permukaan kompor.

Yang kedua adalah jenis kompor listrik infrared yang menyatukan kompor listrik elektrik dengan kompor listrik induksi secara tidak langsung. Sistem pemanasannya menggunakan lampu halogen dalam logam anti-korosi. Memang permukaannya akan menjadi panas, sama seperti kompor listrik elektrik.

Namun, kompor listrik infrared memang bisa memasak dalam waktu yang lebih cepat, hemat energi, dan bisa menggunakan segala bahan peralatan masak yang kamu punya di rumah. Selain itu, terdapat kontrol mode panas yang bisa diatur.

Tertarik memilih kompor listrik? Kali ini, simak rekomendasi merk kompor listrik induksi yang dipilih oleh tim Bacaterus untuk dapur modern yang kamu miliki.

Merk Kompor Listrik Induksi yang Hemat Energi

Sudah banyak merk kompor listrik induksi yang hemat energi beredar di pasaran. Nah, Bacaterus merangkumnya menjadi 10 merk yang bisa kamu pilih untuk dipasang di dalam dapur modern.

1. Philips HD4932

Philips HD4932

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari kompor listrik dengan tombol yang cukup lengkap bisa memilih Philips HD4932. Merk satu ini memiliki sensor sentuh dari menyalakan, mematikan, mengatur suhu, sampai pengaktifan fitur lain. Dimensinya sebesar 36 x 29 x 6,5 cm dengan berat sebesar 4,4 kg.

Selain itu, lapisan atasnya yang terbuat dari kaca juga aman bila tak sengaja terpegang oleh si kecil. Dengan daya hampir 2100 watt, ia memiliki level daya sampai enam level. Semua bisa kamu atur dengan tombol yang sudah terpasang di kompornya.

2. Getra IC-1100

Getra IC-1100

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Beberapa kompor listrik merupakan jenis portable atau pun jenis ditanam. Kalau mencari keduanya, Getra IC-1100 bisa dijadikan pilihan. Kompor listrik induksi satu ini pun memiliki panel Kristal hitam yang bisa membuat panas rata. Selain itu, panel kontrol cukup sensitif dengan sentuhan ringan. Dimensi sebesar 21 x 24 x 5,8 cm bisa dipilih untuk dapur modernmu dengan lahan terbatas.

3. Cyprus KL-0071

Cyprus KL-0071

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cyprus KL-0071 paling cocok untuk kamu yang mencari kompor listrik induksi dengan daya rendah. Ia hanya membutuhkan daya listrik sebesar 100-600 watt saja. Selain itu, produk satu ini juga dilengkapi dengan fitur automatic shut-off yang sudah diatur menggunakan timer.

Serunya, kompor ini bisa otomatis mematikan diri saat peralatan masak seperti wajan atau panci di angkat. Kaca Kristal melapisi bagian atas kompor sehingga membuatnya mudah dibersihkan bila tak sengaja menumpahkan makanan.

4. Cosmos CIC991

Cosmos CIC991

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Menggunakan pengaturan suhu dan waktu secara manual, Cosmos CIC991 ini memiliki sistem pengamanan bertingkat. Kompor listrik induksi ini akan mati otomatis bila tak ada sentuhan pada tombol, serta alarm peringatan dan pengamatan dari jangkauan anak.

Lapisan atasnya menggunakan alas keramik. Kompor ini juga memiliki 9 fungsi memasak yang bisa kamu sentuh serta sesuaikan dengan kegunaan memasak. Daya listrik yang digunakan sebesar 300 – 1000 watt. Daya listrik ini bisa kamu atur, lho.

5. Modena PI 1316

Modena PI 1316

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tak hanya memiliki fitur pengaman untuk anak, Modena PI 1316 juga memiliki fitur pengaman untuk orang tua yang sudah sepuh. Produk satu ini dipasang double safety system sehingga bisa membuat dapur lebih aman dan nyaman. Modena PI 1316 juga memiliki level panas sampai 10 level. Ini memudahkanmu mengatur panas yang sesuai.

Modena PI 1316 jenis kompor listrik induksi portabel. Bagian atasnya dilapisi dengan kaca keramik sehingga mudah dibersihkan. Dengan ukuran 38 x 31 x 4 cm, produk ini memiliki berat sebesar 3,8 kg. Kompor listrik ini membutuhkan daya listrik sebesar 900 – 2000 watt.

Baca juga: 10 Jenis Kompor yang Paling Banyak Digunakan di Dapur

6. Kris Induction Cooker

Kris Induction Cooker

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kris juga tak kalah dalam mengeluarkan kompor listrik induksi. Kompor ini memiliki tiga mode, yaitu temperatur, power, dan timer. Ada fitur child lock sehingga bisa mengamankan dari jangkauan anak-anak. Dengan produk berdimensi 29 x 37 x 3,8 cm, kompor ini memiliki kapasitas daya sebesar 200 – 1300 watt.

7. HI-COOK IC-02

HI-COOK IC-02

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hi-Cook IC-02 sebenarnya adalah kompor listrik induksi kedua dari Hi-Cook yang sudah muncul sebelumnya. Produk ini memiliki fungsi berupa automatic shut-off bila tak ada panci di atasnya atau ukuran panci tak sesuai. Selain itu, ia juga akan mati otomatis bila kompor digunakan selama 4 jam terus menerus.

Desainnya menggunakan kaca hitam Kristal membuatnya elegan, kokoh, serta mudah dibersihkan. Daya listrik yang digunakan untuk mengoperasikan kompor ini adalah sebesar 500 – 1000 watt. Dimensinya sebesar 21 x 25 x 5,6 cm dengan berat sebesar 1,4 kg.

8. Kangaroo KG 412i

Kangaroo KG 412i

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari kompor listrik induksi dengan sentuhan warna emas? Kangaroo KG 412i jawabannya. Desainnya memang pencampuran warna hitam dan emas yang elegan. Dengan ukuran 32 x 39 x 6,5 cm, daya yang diperlukan sebesar 2100 watt. Lapisan atas dilapisi kaca yang tahan panas sekaligus anti gores. Selain itu, produk ini memiliki child lock yang menjaga keamanan dari tangan si kecil.

9. Midea IC 1613

Midea IC 1613

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bisa memasak pada suhu 120 watt atau 1600 watt, Midea IC 1613 bisa melakukannya. Produk ini memiliki ukuran 35,5 x 27 x 6,5 cm dilengkapi dengan timer serta fungsi perlindungan mumpuni. Ada sensor yang mampu mengecek suhu bila ada pada suhu abnormal dan langsung mati karena energi panas dikonversi.

10. Idealife IL-201

Idealife IL-201

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu merk dengan kualitas Jepang yang bisa kamu pilih untuk kompor listrik induksi adalah Idealife IL-201. Kompor ini memiliki desain elegan dengan permukaan dilapisi kaca. Ia memiliki satu tungku saja tetapi ada 9 mode memasak. Daya listriknya dimulai dari 200 – 2000 watt.

Daya listrik ini bisa kamu atur pada tombol yang tertanam pada kompor listrik, begitu pula dengan mode memasak tersebut. Dimensi Idealife IL-201 ini sebesar 25 x 30 x 4 cm dengan berat sebesar 2 kg.

Tertarik menggunakan kompor listrik induksi? Jangan lupa untuk merawat dan membersihkannya agar lebih awet. Yuk, ceritakan pengalamanmu menggunakan kompor listrik induksi di kolom komentar di bawah ini bila sudah kamu pakai beberapa waktu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *