Bacaterus / Kecap / 9 Merk Kecap Ikan yang Cocok untuk Melezatkan Makanan

9 Merk Kecap Ikan yang Cocok untuk Melezatkan Makanan

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak semua orang belum memahami kegunaan kecap ikan. Padahal kecap ikan bisa dijadikan penambah rasa gurih dan kekhasan oriental pada makanan. Semua hidangan tumisan, nasi goreng, maupun mie goreng bisa ditambahkan kecap ikan. Menariknya, masing-masing kecap ikan memiliki kekhasan masing-masing.

Sebelum mengetahui merk kecap ikan yang melezatkan makanan, sebaiknya ketahui dulu perbedaan kecap ikan buatan Thailand dan juga buatan Vietnam. Setelah itu bisa melihat merk kecap ikan untuk membuat masakanmu lebih kaya rasa.

Kenalan dengan Kecap Ikan

Kenalan dengan Kecap Ikan

* sumber: www.epicurious.com

Kecap ikan dibuat dari ikan teri yang difermentasikan dengan garam. Kemudian didiamkan selama 6 bulan sampai dua tahun. Lamanya proses ini tergantung dari hasil yang diinginkan.

Selama proses fermentasi tersebut, ikan akan mengeluarkan cairan yang kaya akan asam amino. Nah, ada dua jenis kecap ikan yang perlu kamu ketahui berdasarkan negara pembuatnya yaitu nuoc nam dan nam pla.

Nam pla adalah kecap ikan yang berasal dari Thailand. Biasanya rasa nam pla lebih asin dan kuat. Sedangkan nuoc nam adalah kecap ikan yang berasal dari Vietnam. Rasa yang dihasilkan cenderung lebih kuat rasa ikan. Keduanya sama-sama menggunakan ikan teri yang difermentasi untuk membuatnya.

Tips Memilih Kecap Ikan

Tips Memilih Kecap Ikan

* sumber: www.bbc.co.uk

Agar bisa mendapatkan rasa masakan maksimal dari kecap ikan, kamu perlu mengetahui tips memilih kecap ikan yang sesuai. Pertama, pilih berdasarkan negara pembuatnya. Kecap ikan yang berasal dari Thailand memiliki rasa asin dan aroma kuat. Sedangkan dari Vietnam cenderung memiliki rasa lebih manis, mirip  kecap ikan dari Korea Selatan.

Kedua, memilih kecap ikan sesuai lama fermentasi. Dengan memerhatikan lama fermentasi, kamu bisa mendapatkan aroma yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Ketiga, kandungan pada kecap ikan. Tak hanya dengan kecap ikan, hampir semua hal memang perlu kamu tahu kandungan di dalamnya.

Memang pada dasarnya, kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan teri dan garam. Akan tetapi beberapa produk menambahkan bahan lain seperti gandum hidrolisis serta gula. Tiap tambahan kandungan disematkan untuk rasa yang berbeda. Misalnya saja kecap ikan yang ditambahkan gula sangat cocok untuk makanan berkuah.

Sedangkan yang tidak ditambahkan gula sangat pas untuk menu rebusan untuk menambah cita rasa. Beberapa orang, sekarang ini cenderung memilih kecap ikan tanpa tambahan. Ini berkaitan dengan menjaga kesehatan dan melindungi cita rasa alami.

9 Merk Kecap Ikan yang Bisa Dipilih

Nah, setelah mengetahui tips memilih kecap ikan, saatnya kamu memilih merk kecap ikan yang cocok untuk menghuni rak bumbu di dapur rumah.

1. KAF

KAF

Bila kamu mencari kecap ikan dengan rasa umami, bisa memilih KAF Fish Sauce Kecap Ikan. Merk yang berasal dari Thailand ini dikemas dalam ukuran 200 ml. Rasa umami yang kuat dikeluarkan dari kecap ikan satu ini tak perlu lagi menambahkan MSG ke dalam masakanmu.

Pasalnya rasanya sudah dibuat menjadi lebih lezat. Kamu bisa mencampurkan kecap ikan ini ke dalam masakan tumis maupun rebus. Rasa gurih lezat memanjakan indra pengecapmu.

2. Squid Brand

Squid Brand

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Beberapa orang ada yang menyukai aroma yang cukup kuat dari kecap ikan untuk ditambahkan ke dalam hidangan. Bila kamu salah satunya, bisa memilih Squid Brand Fish Sauce.

Kecap ikan keluaran Squid Brand menggunakan ikan yang difermentasi alami selama 18 bulan. Ikan yang digunakan adalah ikan segar. Tentu hasilnya adalah aroma kuat dan kaya akan protein alami. Kamu pun bisa mengganti garam dengan memasukan kecap ikan ini.

Squid Brand Fish Sauce terbuat dari anchovy extract, gula, serta garam. Dikemas dalam botol ukuran 725 ml, produk ini berasal dari Thailand yang terkenal dengan hidangannya yang kaya rasa.

3. Narcissus

Narcissus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin memilih kecap ikan yang berasal dari Indonesia, kamu bisa memilih Narcissus Kecap Ikan Fish Gravy. Biasanya dikemas dalam botol berukuran 600 ml, kecap ikan ini terbuat dari air, ikan 14,87%, garam, MSG, pewarna karamel kelas III, serta pengawet kalium sorbat.

Rasa yang dihasilkan daro Narcissus Kecap Ikan Fish Gravy adalah rasa gurih serta asin. Kamu bisa mendapatkan rasa maksimal dari hidangan Chinese Food bila menggunakan kecap ikan satu ini.

4. Royal Gold

Royal Gold

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Memasak hidangan seafood memang gampang-gampang susah. Ada beberapa trik khusus agar seafood tetap terasa tanpa tercium amis. Kamu bisa menambahkan Royal Gold Fish Sauce untuk menciptakan rasa lezat tanpa menghilangkan rasa asli hidangan laut.

Kamu bisa mencampurkan kecap ikan ini ke hidangan ikan berdaging putih. Jangan lupa tambahkan bawang putih, perasan lemon, serta madu. Rasanya akan lebih keluar sekaligus juicy.

Kecap ikan yang berasal dari Thailand ini dibuat dari ikan teri, gula, serta garam. Bila sudah jadi, dikemas dalam botol kaca berukuran 725 ml untuk digunakan oleh koki rumahan sampai koki professional.

5. Finna

Finna

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kamu mungkin sering mendengar merk Finna bila berkaitan dengan kecap ikan. Merk yang berasal dari Indonesia ini memiliki dua jenis kecap ikan yang bisa kamu gunakan.

Ada King Lobster Fish Sauce yang terbuat dari ekstrak ikan teri, gula, serta garam. Rasanya justru ada sensasi segar di lidah. Kamu bisa menambahkan kecap ikan ini pada masakan rebusan atau panggang.

Selanjutnya ada Kecap Ikan Cap Oyster yang cocok untuk membuat menu khas Thailand. Warna jernih pada kecap ikan satu ini akan membuat menu masakanmu memiliki rasa otentik, asin, gurih menyenangkan lidah.

Baca juga: Sebelum Memasak, Mari Kenali Jenis-Jenis Kecap Berikut Ini

6. Tiparos

Tiparos

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kecap ikan lain yang berasal dari Thailand yang bisa dipilih adalah Tiparos Fish Sauce. Tiparos Fish Sauce ini terbuat dari air, ikan teri, gula, serta garam. Kecap ikan satu ini cocok untuk kamu yang menyukai proses yang dilakukan secara alami. Ya, kecap ikan satu ini tidak ditambah bahan pengawet, perasa, bahkan kimia.

Rasa kecap ikan merk Tiparos ini memiliki rasa yang cukup lembut untuk campuran masakan rumahan sederhana. Kamu bisa menambah rasa langsung pada masakan yang sudah disajikan menggunakan kecap ikan satu ini.

7. Cap Ikan Merah Djoe Hoa

Cap Ikan Merah Djoe Hoa

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu merk kecap ikan yang sering kamu lihat pada restoran Chinese Food di Indonesia, Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa. Kecap ini muncul pada 1942 menggunakan air, hasil fermentasi ikan dengan garam. Uniknya, resep ini digunakan dari pertama kali muncul sampai sekarang.

Rasa yang sudah dikenali masyarakat membuatnya lebih mudah untuk dipilih. Tambahkan kecap ikan satu ini pada makanan berkuah seperti bakso, soto, maupun pindang. Tak hanya itu, makanan Chinese Food akan terasa lebih berselera menggunakan Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa.

8. Daesang Chung Jung Won

Daesang Chung Jung Won

Cek Harga di Shopee

Pencinta drama Korea tentu tahu aneka makanan seperti kimchi ataupun tteokpokki. Makanan tersebut menambahkan kecap ikan agar lebih lezat dan mengeluarkan rasa khas. Tak hanya untuk hidangan Korea, kamu bisa menggunakannya untuk masakan rumahan.

Salah satu kecap ikan dari negeri Ginseng tersebut adalah Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce. Tekstur pada kecap ikan satu ini lebih kental dan juga kaya rasa. Walau kental, kecap ini bisa menyerap sempurna tanpa bau amis.

9. CJ CheilJedang

CJ CheilJedang

Bila kamu mencari kecap ikan yang dibuat bukan dari ikan teri, bisa memilih CJ CheilJedang Hasunjung Fish Sauce. Pasalnya, kecap ikan yang berasal dari Korea Selatan ini terbuat dari belut pasir, garam, udang kecil, dan sebagainya.

Rasanya tentu beda dari kecap ikan pada umumnya. Ada rasa umami dengan aksen manis. CJ CheilJedang Hasunjung Fish Sauce cocok digunakan sebagai bumbu rendaman bulgogi rumahan, panggang daging, atau dakgalbi. Yum!

Jadi, kecap ikan mana yang akan menempati rak bumbu di dapurmu dan melezatkan hidangan yang kamu buat? Yuk, jawab pertanyaan ini dalam kolom komentar dan juga sertakan alasanmu memilihnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *