Bacaterus / Jamur / 11 Merk Kaldu Jamur Pengganti MSG untuk Melezatkan Masakan

11 Merk Kaldu Jamur Pengganti MSG untuk Melezatkan Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rasa masakan yang lezat tentu menyenangkan lidah. Tapi memberikan banyak MSG ke dalam makanan juga tak baik untuk kesehatan. Selain itu, akan mengakibatkan ketergantungan bila dikonsumsi berlebihan. Namun, ada caranya kok, bisa dengan memberikan sedikit saja atau menggantinya dengan kaldu jamur.

Kaldu jamur sekarang ini sedang bangkit karena sering digunakan para selebgram, vegetarian atau untuk tambahan rasa pada MPASI di atas 1 tahun. Ternyata ada banyak merk kaldu jamur yang bisa kamu pilih lho. Setidaknya ada 11 merk kaldu jamur pengganti MSG untuk masakan semakin lezat.

1. Totole

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Beberapa orang mungkin lebih familiar dengan merk Totole bila bersinggungan dengan kaldu jamur. Totole kaldu jamur bisa kamu gunakan pada seluruh menu masakan, apalagi berkuah seperti bakso, mie ayam, sayur sop, sayur bayam, dan sebagainya. Kalau kamu ingin menambahkan pada masakan yang digoreng pun bisa.

Totole menggunakan ekstrak jamur yang dibentuk kaldu. Rasanya tentu menambah kelezatan masakan. Namun, bila kamu terbiasa dengan rasa MSG yang kuat, kaldu jamur ini mungkin terasa samar. Apabila kamu hanya menyukai rasa agar ada rasanya saja, kaldu jamur Totole ini akan terasa sedap, ditambah aroma jamur yang membuat masakan semakin wangi.

Enaknya bila kamu menggunakan Totole adalah kamu tak akan merasa haus seperti menggunakan MSG pada umumnya. Selain itu, kaldu jamur merk ini juga aman dikonsumsi. Bisa kamu gunakan untuk tambahan kaldu untuk MPASI anak usia 1 tahun ke atas.

2. Pawon Ibun

Pawon Ibun

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pawon Ibun juga bisa dijadikan pilihan merk kaldu jamur selain Totole. Pawon Ibun memproduksi kaldu jamur tanpa tambahan gula, garam, pengawet, dan tentu saja tanpa MSG. Untuk penyimpanan bisa disimpan ke dalam kulkas atau freezer agar lebih awet.

Kaldu Jamur Pawon Ibun berbentuk butiran halus yang terbuat dari jamur merang dan bawang putih. Kamu bisa menambahkan kaldu jamur langsung ke atas makanan yang sudah matang, lho. Tabur langsung santap, lezat!

3. MD Kaldu Natural

MD Kaldu Natural

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

MD Natural Product mengeluarkan varian kaldu jamur untuk kamu yang menyukai masakan lezat wangi jamur yang menambah nafsu makan. Dikemas dalam botol 50 gram, kaldu jamur satu ini bisa menyedapkan segala makanan. Karena tanpa MSG, tentu terasa lebih sehat. Tak hanya varian rasa jamur, MD Natural Producy juga mengeluarkan rasa ayam, sapi, serta kelor.

4. Lemonilo

Lemonilo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Identik dengan mie instan sehat, Lemonilo juga mengeluarkan kaldu bubur non MSG yang bisa kamu pakai untuk masak. Selain tanpa tambahan MSG, kaldu jamur Lemonilo tidak mengandung pengawet, penguat rasa ataupun pewarna makanan.

Bahan pembuatan kaldu jamur Lemonilo adalah ekstrak jamur, garam, gula, lada serta maizena yang dikemas dalam kemasan 80 gram. Tak hanya kaldu jamur, Lemonilo mengeluarkan kaldu ayam kampung serta kaldu sapi yang bisa menjadi pilihan kaldu non MSG lainnya.

5. Enatura Kaldu Jamur

Enatura Kaldu Jamur

Salah satu perusahaan lokal yang memproduksi kaldu jamur adalah Enatura. Enatura Kaldu Jamur Alami terbuat dari jamur merang kering, garam, gula, tepung tapioka, kedelai, beras, serta merica. Tentu saja tanpa MSG dan sudah tersertifikasi oleh Dinas Kesehatan serta diuji di laboratorium.

Dikemas dalam botol 90 gram, Enatura Kaldu jamur ini rendah kalori, bebas gluten, serta halal sesuai dari pernyataan produsen. Kamu bisa menambahkan kaldu jamur ini pada makanan si kecil atau makanan keluarga. Rasa masakanmu akan lebih lezat dan sedap serta sehat.

Baca jugaMerk Kaldu Instan yang Enak untuk Penyedap Masakan

6. Bionic Farm Umamitake

Bionic Farm Umamitake

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu mencari kaldu jamur yang tak hanya bisa dinikmati keluarga tapi juga si kecil yang sedang MPASI, bisa mencoba Bionic Farm Umamitake. Bionic Farm Umamitake terbuat dari jamur shitake tanpa tambahan MSG. Makanan akan terasa lezat karena tambahan kaldu jamur yang dikemas dalam ukuran 75 gram.

7. Kaldu Jamur Alamie

Kaldu Jamur Alamie

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sudah terbiasa menggunakan kaldu jamur, bisa membeli sekaligus dalam ukuran besar, seperti Kaldu Jamur Non MSG Alamie. Dikemas dalam ukuran 100 gram, kaldu jamur satu ini dibuat menggunakan jamur merang kering, gula, garam, tepung tapioka, beras, kedelai, serta merica.

Kamu bisa menambahkan kaldu jamur pada segala jenis masakan bahkan gorengan. Bila kamu ingin membuat bakso, menambahkan kaldu jamur ini pada kuahnya bisa tercium aroma jamur dan rasa yang lebih lezat. Berani coba?

8. Kaldu Alami Cap Jamur Merang

Kaldu Alami Cap Jamur Merang

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila kamu baru saja mencoba untuk mengganti MSG ke kaldu jamur, bisa dengan memilih dalam kemasan sachet. Akan tetapi hampir semua kaldu jamur yang beredar dalam kemasan di atas 50 gram. Nah, bila ingin mencoba kaldu jamur dalam kemasan sachet berukuran 3 gram, bisa mencoba Kaldu Alami Cap Jamur Merang.

Tambahkan ke dalam masakan sebanyak 1 sendok teh sudah bisa memberikan rasa lezat. Tentu saja kaldu ini dibuat dari bahan alami seperti ekstrak jamur merang, gula, serta garam, tanpa pewarna serta tanpa pengawet.

9. Kaldu Jamur Nafisa

Kaldu Jamur Nafisa

* sumber: atozfamilystore.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi merk lokal yang mengeluarkan kaldu jamur adalah Nafisa. Beberapa mungkin mengenal merk Nafisa sebagai merk abon organik untuk anak-anak dan dewasa. Nafisa juga mengeluarkan kaldu jamur untuk pelengkap rasa masakan.

Dikemas dalam ukuran 80 gram, kaldu jamur Nafisa dibuat dari jamur tiram, bawang merah, bawang putih, pati modofikasi, anti kempal, serta merica. Kamu bisa menambahkan pada sup, masakan seperti tumisan atau gorengan, bahkan untuk bumbu snack, lho. Kaldu Jamur Nafisa bisa dinikmati oleh kamu yang memiliki alergen atau sedang menjalani diet vegetarian agar lebih sehat.

10. Maseko Kaldu Jamur

Maseko Kaldu Jamur

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari penyedap rasa yang tak mengandung MSG ternyata cukup banyak pilihan. Salah satunya adalah Maseko Kaldu Jamur. Maseko kaldu jamur bisa menggantikan penyedap rasa atau MSG yang tak baik untuk tubuh. Maseko Kaldu jamur bisa kamu tambahkan sesuai selera.

Penyedap rasa non MSG satu ini dibuat dari jamur pilihan, tepung maizena, merica, garam, gula, bawang merah, serta bawang putih. Produk yang dikeluarkan oleh Lingkar Organik ini dikemas dalam ukuran 100 gram. Ini cocok untuk kamu yang ingin memberikan makanan sehat ke seluruh anggota keluarga.

11. Royco Rasa Jamur

Royco Rasa Jamur

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu merk penyedap makanan yang cukup banyak digunakan di Indonesia, Royco akhirnya mengeluarkan produk kaldu rasa jamur. Kaldu ini dibuat tanpa penguat rasa serta tanpa pewarna sintetik. Komposisinya terdiri dari jamur, bawang, garam , gula, lada, susu, kunyit, lada, seledri, sampai anti kempal.

Kemasannya yang berwarna hijau menimbulkan ekspektasi bahwa penyedap keluaran Royco kali ini lebih sehat. Kemasannya pun 170 gram bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin menambahkan penyedap rasa pengganti MSG ke dalam masakan keluarga.

Dari daftar kaldu jamur pengganti MSG di atas, manakah yang sudah pernah kamu coba? Bagikan pengalaman rasa dengan kaldu jamur pilihanmu di kolom komentar. Kalau ada merk lain yang belum tercantum, bisa dituliskan juga, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *