bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / 10 Merk Jamu Terkenal di Indonesia dengan Segudang Manfaat

10 Merk Jamu Terkenal di Indonesia dengan Segudang Manfaat

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 23 April 2021

Jamu adalah minuman tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami atau rempah-rempah. Asal jamu sendiri belum diketahui dari mana. Namun, banyak peracik jamu yang berasal dari desa Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Minuman satu ini sudah tidak asing di Indonesia. Hampir setiap hari penjual jamu menjajakan dagangannya. Biasanya mereka berdagang sambil menggendong jamu jualannya. Botol-botol jamu tersusun rapi pada wadah yang terbuat dari rajutan bambu.

Seiring berjalannya waktu, kini jamu sudah diolah secara modern. Merk jamu pun terus bermunculan. Beberapa diantaranya paling dikenal dan sebagai pilihan jamu favorit masyarakat. Jamu memiliki kaya manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang.

Lalu, apa saja merk jamu terkenal di Indonesia yang wajib kamu tahu. Berikut informasi selengkapnya. Baca sampai bawah ya!

1. Iboe Natural Drink

merk jamu terkenal di Indonesia_Iboe Natural Drink

Iboe Natural Drink merupakan merek jamu yang cukup populer di Indonesia. Merek satu ini menghadirkan berbagai macam produk olahan jamu. Terbuat dari 100% bahan alami sehingga aman dikonsumsi oleh semua orang. Untuk mengonsumsi jamu ini kamu hanya perlu menghabiskan 1 atau 3 sachet per harinya.

Ada 9 varian jamu yang bisa kamu nikmati, yaitu kulit manggis, alang-alang, lidah buaya, kulit manggis, rosella, serta kunyit asam. Kemudian, temulawak, jahe, dan beras kencur. Mengonsumsi varian jamu Iboe Natural Drink dapat membuat tubuh lebih segar, meredakan nyeri sendi, pegal-pegal, dan mampu memperkuat daya imun tubuh. Untuk harga per-box dibanderol sekitar Rp12.000.

2. Herbadrink

merk jamu terkenal di Indonesia_Herbadrink

Herbadrink minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Pembuatannya berdasarkan resep jamu tradisional, kemudian diproses menggunakan teknologi modern. Herbadrink dibuat tanpa bahan pengawet dan resmi mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Harga per box-nya sekitar Rp18.000.

Ada banyak pilihan rasa herbal, yaitu temulawak, sari jahe, lidah buaya, beras kencur, kunyit asam plus madu, chrysanthemum, dan wedang uwuh. Mengonsumsi herbadrink mengandung banyak khasiat. Diantaranya adalah Dapat meredakan gejala panas dalam, melancarkan haid, menghangatkan badan, menjaga kesehatan fungsi hati, membantu mengurangi bau badan, dan meredakan gejala masuk angin.

3. Ginseng Kianpi Pil

merk jamu terkenal di Indonesia_Ginseng Kianpi Pil

Membutuhkan obat penggemuk badan? Ginseng Kianpi Pil pilihan yang tepat. Terbuat dari bahan utama ginseng sehingga baik untuk dikonsumsi tubuh. Meminum jamu merk satu ini secara rutin dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, jamu dalam bentuk pil ini juga dapat membantu peredaran darah lancar sekaligus menambah stamina. Per harinya cukup meminum 1 atau 2 pil Kianpi saja dan diminum pagi hari sebelum beraktivitas serta malam menjelang tidur. Ginseng Kianpi Pil tidak cocok dikonsumsi untuk ibu hamil dan anak usia di bawah 12 tahun.

4. Buyung Upik

merk jamu terkenal di Indonesia_Buyung Upik

Buyung Upik, minuman jamu tradisional ini sangat populer di kalangan anak-anak. Ya, minuman ini memang diracik khusus untuk menambah nafsu makan anak. Terkadang anak memang sulit makan, maka tidak heran jika para ibu memberikan si Kecil minuman Buyung Upik.

Rasanya tidak seperti jamu pada umumnya yang terbilang pahit. Buyung Upik menyediakan rasa manis dengan aneka varian. Anak-anak bisa pilih rasa coklat, anggur, original, mangga, dan jeruk. Satu box berisi 11 sachet, boleh dikonsumsi untuk anak usia 3-12 tahun. Untuk anak usia dibawah 7 tahun, cukup mengonsumsi setengah bungkus saja per harinya.

5. Sido Muncul Kunyit Asam

merk jamu terkenal di Indonesia_Kunyit Asam

Sido Muncul adalah perusahaan jamu terkenal di Indonesia. Sudah berdiri sejak tahun 1951 sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Perusahaan satu ini telah mengeluarkan berbagai macam produk jamu, salah satunya Kunyit Asam. Per box berisi 5 sachet dengan harga sekitar Rp13.000.

Jamu ini mengandung bahan utama kunyit dan asam jawa dan memiliki khasiat untuk memperbaiki metabolisme tubuh, kecantikan, menghilangkan bau badan, melancarkan haid, meluruhkan lemak, serta menghaluskan kulit. Cara minumnya pun cukup mudah, tinggal masukan sachet Kunyit Asam saja dalam gelas. Setelah itu, tuangkan air hangat sebanyak 150cc dan aduk hingga rata.

6. Jamu Wan Tong

merk jamu terkenal di Indonesia_Wan Tong

Jamu Wan Tong terkenal memiliki khasiat meredakan pegal linu, rematik, dan asam urat. Merk satu ini berasal dari tanaman herbal Cina. Satu box berisi 30 bungkus Jamu Wan Tong. Rasanya memang agak pahit, jadi sebaiknya diminum bersama madu dan jeruk nipis.

Produk satu ini tidak cocok untuk ibu hamil atau menyusui. Untuk aturan minumnya cukup mudah. Pertama sediakan air panas dalam gelas, masukan Jamu Wan Tong dan aduk merata. Sebaiknya minum jamu ini 2 kali sehari.

7. Wasiri

merk jamu terkenal di Indonesia_Wasiri

Wasiri merk jamu tradisional yang ampuh menyembuhkan penyakit wasir dan ambeien. Terbuat dari bahan rempah-rempah alami sehingga aman untuk dikonsumsi. Kamu tidak perlu khawatir mengonsumsi Wasiri, karena sudah terdaftar dalam BPOM.

Satu box nya berisi 100 pil, baik dikonsumsi sebelum makan dengan menggunakan air hangat. Jika diminum secara rutin manfaat lain yang kamu dapat, yaitu memperlancar peredaran darah dan mengecilkan benjolan selaput. Harga per box-nya sekitar Rp35.000 – Rp42.000.

8. Majakani Raket Madura

merk jamu terkenal di Indonesia_Majakani Raket Madura

Bagi wanita menjaga kebersihan alat vital merupakan suatu keharusan kan? Maka dari itu, ada Majakani Raket Madura merupakan jamu yang diracik khusus wanita. Majakani Raket Madura berguna untuk mengatasi masalah keputihan, gatal-gatal pada alat vital, mioma, dan pendarahan. 

Jamu satu ini berbentuk pil yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tidak perlu ragu memakainya karena telah terdaftar BPOM. Nah, harga per box cukup terjangkau, yakni sekitar Rp19.000 – Rp25.000 saja. Kamu bisa meminumnya 2 pil setiap hari sesudah makan.

9. Kiranti

merk jamu terkenal di Indonesia_Kiranti

Jika kamu main ke minimarket, pasti sudah tidak asing dengan minuman satu ini. Kiranti merupakan minuman yang mampu mengurangi nyeri haid pada wanita. Terbuat dari bahan-bahan herbal alami, seperti Atsiri dan Kurkuminoid, membuat jamu ini aman untuk dikonsumsi tubuh. 

Rupanya merk satu ini tidak hanya memiliki produk datang bulan saja, lho. Kiranti juga mempunyai varian untuk pegal linu. Seseorang boleh mengonsumsi Kiranti 1 sampai 2 kali sehari. Harga satuannya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp7.000.

10. Mustika Ratu Susut Perut

merk jamu terkenal di Indonesia_Mustika Ratu Susut Perut

Mustika Ratu merupakan perusahaan ternama yang telah berdiri sejak tahun 1975 di Indonesia. Perusahaan satu ini terkenal dengan aneka produk kecantikannya. Namun dibalik itu, perusahaan Mustika Ratu juga mempunyai produk herbal yang baik untuk kesehatan yakni Susut Perut.

Merk satu ini mengandung herbal daun jati belanda yang ampuh menurunkan berat badan. Untuk mengonsumsinya cukup 2 kali sehari sebelum makan. Dan agar hasilnya maksimal, harus disertakan dengan pola makan yang baik dan olahraga teratur. Satu box-nya dibandrol harga sekitar Rp28.00 – Rp58.000.

Nah, itulah berbagai macam merk jamu yang terkenal di Indonesia. Merk jamu tersebut kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Harganya pun tergolong terjangkau untuk semua orang. Kamu juga bisa mendapatkan jamu tersebut lewat aplikasi online kepercayaanmu.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram