bacaterus web banner retina

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun 2021

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Aromaterapi adalah cara yang baik untuk menciptakan lingkungan yang menyejukkan. Aromaterapi akan membantu menenangkan pikiran dan membuka jalan supaya bisa tidur nyenyak. Cara termudah untuk memulainya adalah dengan menggunakan diffuser essential oil (minyak atsiri).

Diffuser adalah alternatif dari lilin, parfum, dan pengharum lainnya yang lebih baik untuk mengharumkan ruangan Anda karena lebih aman dan alami. Kenapa? Karena difusser menggunakan air dan essential oil, menyiptakan uap yang menyehatkan dan wangi untuk kita hirup.

Anda juga bisa menyesuaikan aroma essential oil yang digunakan dengan suasana hati atau kebutuhan. Misalnya seperti ketika pilek, Anda bisa menggunakan campuran eucalyptus oil dan cinnamon leaf oil. Kulit wajah sedang berjerawat? Pakai tea tree oil atau rosemary oil sudah paling cocok.

Punya baby di rumah? Chamomile, lavender, dan mandarin wanginya bisa memberikan efek menenangkan sekaligus mengusir nyamuk. Lalu, bagaimanakah cara memilih diffuser yang tepat dan apa merk diffuser terbaik di pasaran saat ini? Sebelum Anda mulai berbelanja, Bacaterus akan memberi tahu cara memilih diffuser minyak atsiri terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Cara Memilih Essential Oil Diffuser

Anda dapat melihat ratusan jenis diffuser di pasaran. Harga difusser sangat beragam, ada yang sangat murah (di bawah 100 ribu) dan ada yang sampai jutaan. Itu semua tergantung Anda mau beli yang mana. Tapi, sebelum Anda membeli, pertimbangkan faktor-faktor dalam memilih diffuser di bawah ini dulu, ya.

1. Kapasitas

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 1Sumber: innogear.com

Kapasitas air diffuser itu berbeda-beda, loh! Kadang diffuser yang ukurannya besar malah capacity-nya kecil, cuma menang di body-nya saja. Jadi, jangan terkecoh dengan ukuran luar diffuser-nya, ya. Rata-rata kapasitas diffuser adalah 100 mililiter hingga 3 liter air. Untuk diffuser yang sedang biasanya berkapasitas 300, 400, dan 500 mililiter.

Nah, kapasitas diffuser adalah hal utama yang harus Anda pikirkan, bukan desain dan merknya! Jika Anda tidak ingin repot mengisi ulang air terlalu sering, atau jika Anda memerlukan diffuser yang bisa bekerja dalam waktu lama dan di ruangan yang besar, pilihlah diffuser yang kapasitas airnya besar juga.

Jika Anda membutuhkan aromaterapi untuk kamar kost-an atau ruangan yang tidak terlalu besar, diffuser 100 ml atau 300 ml juga sudah cukup. Kapasitas air diffuser berpengaruh pada waktu penggunaan. Biasanya, diffuser berkapasitas kecil bekerja selama 1-3 jam.

2. Timer

Apakah Anda ingin mengatur diffuser Anda aktif selama satu, tiga, atau lima jam? Ini adalah pertanyaan penting untuk dipertimbangkan saat membeli diffuser. Jika diffuser ada program timer-nya, Anda bisa pilih waktu diffuser-nya bekerja walaupun kapasitas airnya sangat besar.

Misalnya, diffuser Anda kapasitasnya 1 liter, tapi Anda cuma akan ada di kamar itu selama 1 jam dan akan berangkat kerja. Nah, Anda tetap bisa mengisi diffuser dengan air hingga penuh, tapi atur timer-nya 1 jam saja. Nanti difusser-nya akan mati setelah waktu yang diperintahkan. Diffuser yang lebih canggih lagi sudah include remote control juga biasanya.

3. Cakupan Area

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 5

Untuk kamar dan ruangan yang kecil, Anda tidak perlu terlalu memikirkan jangkauan diffuser Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakannya di ruang terbuka atau ruangan besar, cari diffuser dengan cakupan tinggi. Kalau di AC seperti memilih PK-nya, gitu.

4. Intensitas

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 7

Untuk aroma atau kabut yang lebih kuat, pilih 'nebulizer diffuser'. Karena jenis diffuser ini akan menguapkan minyak atsiri tanpa menggunakan panas sebelum mengeluarkan kabut halus. Jenis diffuser seperti ini sering lebih mahal daripada diffuser standar, tapi jika itu jenis intensitas yang Anda inginkan, maka pilihlah.

5. Kelembaban

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 9Sumber: freepik.com/

Banyak essential oil diffuser berfungsi ganda sebagai pelembab udara yang mengeluarkan kabut sejuk. Jenis diffuser ini bisa menjadi pilihan 2-in-1 yang bagus jika Anda tinggal di tempat dengan iklim kering.

Merk Diffuser yang Bagus

Nah, tadi itu merupakan beberapa poin yang sebaiknya Anda pikirkan ketika memilih diffuser. Sekarang, Bacaterus mau memberi tahu Anda sepuluh merk diffuser yang bagus! Check these out..

1. Young Living Desert Mist Diffuser

Young Living adalah brand diffuser yang paling terkenal di Indonesia. Brand ini memiliki standar kontrol kualitas yang ketat untuk membantu memastikan produk memenuhi spesifikasi yang terbaik.


Baca juga:

Diffuser Young Living biasanya dijual dalam satu paket dengan minyak atsiri-nya. 'Seed to Seal' adalah serangkaian standar brand yang membantu memastikan setiap minyak esensial-nya murni dan aman digunakan seluruh keluarga Anda.

Anda pasti sudah tahu Young Living Dewdrop Diffuser? Itu adalah produk original-nya Young Living sebelum ada varian diffuser lainnya dari brand tersebut. Kalau sekarang sudah ada banyak tipe diffuser yang dikeluarkan Young Living. Salah satu yang best seller adalah Young Living Desert Mist Diffuser.

Young Living Desert Mist Ultrasonic Diffuser berfungsi sebagai pelembab udara, alat penyemprot, dan penebar aroma dalam satu produk. Terinspirasi dari desain teralis Maroko yang stylish, Desert Mist Diffuser menghadirkan tampilan cantik dan modern untuk ruangan Anda, sambil menyemprotkan uap minyak atsiri yang harum dan menyehatkan.

2. Bonnels Diffuser

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 13

Rekomendasi selanjutnya adalah Bonnels Diffuser. Untuk variannya, Bonnels menamainya dengan kapasitas. Misalnya Bonnels Diffuser 100 ml, 300 ml, dan sebagainya. Banyak diffuser yang lebih murah, atau bahkan lebih mahal, namun belum tentu sebagus diffuser Bonnels. Merk ini juga mengeluarkan banyak varian essential oil yang menarik untuk dicoba.

3. Stadler Form: Julia The Swinging Aroma Difusser

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 15

Ingin diffuser yang mewah dan bekerja dengan baik? Ultrasonic diffuser dari Stadler Form ini tidak tanggung-tanggung. Produk ini bisa beroperasi selama 53 jam! Diffuser ini akan mengeluarkan wewangian hingga 18 jam pada operasi kontinu atau 53 jam pada mode interval, di mana mesin berjalan pada siklus 10 menit atau 20 menit.

Itu adalah teknologi Aroma Swing, mode ayunan unik yang tidak banyak dimiliki diffuser lainnya. Diffuser Stadler Form juga menawarkan fitur osilasi, jika Anda menginginkan semburat kabut yang tenang. Agar cahayanya tidak mengganggu tidur malam Anda, LED diffuser dapat diredupkan atau dimatikan secara total.

Stadler Form mengeluarkan produk minyak esensialnya sendiri, tetapi semua wewangian bebas alkohol yang tersedia secara komersial juga akan berfungsi dengan baik dengan diffuser ini. Ingin mengoleksinya? Stadler Form: Julia The Swinging Aroma Difusser tersedia dalam warna: Titanium, Black, White, Chili Red, dan Lime.

4. Mommytime Waterless Aroma Diffuser

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 17

Semua diffuser pasti menggunakan air, benar? Tapi, tidak dengan Mommytime Waterless Aroma Diffuser. Produk ini bisa menguapkan essential oil tanpa perlu ditambahkan air sama sekali. Desainnya pun unik seperti kue macaron. Dan, Anda dapat membawa diffuser ini ke mana-mana karena dapat di-charge.

Cara menggunakan Waterless Diffuser ini adalah dengan membuka tutupnya melawan arah jarum jam, lalu tuangkan 3 tetes essential oil pada kapas di dalam diffuser. Tinggal nyalakan diffuser Anda, dan selesai! Diffuser ini akan bekerja 5-6 jam jika baterainya dalam kondisi penuh.

5. Natuna Essential Oil Diffuser

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 19

Diffuser yang satu ini dari merk lokal, loh. Kerennya, Natuna Essential Oil Diffuser mungkin satu-satunya brand diffuser yang berani memberikan garansi seumur hidup. Ini adalah investasi jangka panjang yang paling cerdas.

Selain memiliki kualitas mumpuni, Natuna Therapeutic Aroma Diffuser ini juga memiliki kapasitas yang besar dan menggunakan teknologi ultrasonik. Setiap pembelian bisa include remot juga, tapi hanya selama persediaan masih ada, ya.

6. Sesa Diffuser Aromatherapy

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 21

Sesa Diffuser Aromatherapy ini fungsi utamanya adalah sebagai humidifier dan aroma terapi, tapi bisa sekaligus menjadi lampu hias LED juga dengan berbagai tampilan warna. Dengan desain kayu yang sangat cantik, memang diffuser ini cocok buat sekalian jadi pajangan minimalis. Penggunaan daya listriknya pun kecil, hanya 9 Watt saja.

7. Remax RL-CH02 Car Metal Essential Oil Diffuser

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 23

Tidak hanya di rumah atau di kamar saja, diffuser juga bisa digunakan di dalam mobil, loh! Beberapa diffuser memang bisa di-charge atau bisa beroperasi menggunakan kabel USB, jadi kamu bisa menggunakannya di meja kerja kantor atau di mobil. Seperti Remax RL-CH02 Car Metal Essential Oil Diffuser ini.

Anda bisa menaruh diffuser ini di dashboard maupun di kursi penumpang. Terbuat dari material Allumunium Alloy dan teknologi high gloss, laser engraving, dan anodizing treatment, diffuser ini memiliki tampilan yang elegan dan unik. Saat Anda dalam perjalanan jauh, tidak ada lagi sumpek dan suntuk di dalam mobil dengan Remax Car Metal Diffuser.

8. Perfin PHMA06 Air Humidifier

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 25

Mencari diffuser yang harganya kurang dari 200 ribu? Ada, kok. Perfin PHMA06 Air Humidifier bukanlah produk abal-abal. Berkapasitas besar, yaitu 500 ml, diffuser ini dapat bekerja selama 8 jam.

Lalu, bagaimana jika Anda kurang mengisi airnya atau ternyata airnya sudah habis sebelum 8 jam? Tenang, karena diffuser ini akan mati secara otomatis jika itu terjadi. Produk ini sudah include remot, loh!

9. Kova Vabel Humidifier

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 27

Dari GOTO Hardware, merk dagang ini membuat diffuser juga yang diberi nama Kova Vabel Humidifier. Kisaran harganya hanya Rp 100 - 130 ribuan. Mau udara di ruangan lebih nyaman tak perlu mahal! Jika ruangan ada tercium aroma tidak sedap, udaranya kurang lembab, atau jika Anda membutuhkan lampu tidur yang cahayanya redup, produk ini juga cocok buat Anda.

10. KONKA Aromatherapy Diffuser

10 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun [year] 29

Terakhir, Bacaterus merekomendasikan KONKA Aromatherapy Diffuser. Produk ini akan menyemburkan uap ultrasonik dengan tanpa suara sama sekali (lebih rendah dari 20dB). Karena beratnya hanya 280 gram, Anda bisa membawanya ke mana-mana. Padahal kapasitas diffuser ini cuma 380 ml, tapi bisa bekerja selama 12 jam lamanya. Diffuser ini tidak akan bocor dan memiliki 7 warna lampu malam LED yang bisa diganti sesuka hati. Keren!

Cara Menggunakan Diffuser

Sudahkah Anda tahu cara menggunakan diffuser? Pertama, isi tanki airnya dengan air suhu kamar (disarankan mineral karena air keran di Indonesia tidak semua bagus,). Kalau pun Anda mau pakai air keran, jangan posisikan diffuser di bawah air keran yang mengalir, loh, karena khawatir airnya masuk ke soket listrik. Jadi, ambil dulu air ke gelas baru tuangkan ke diffuser, baik itu air mineral atau air keran.

Terus, tambahkan minimal 3 tetes minyak esensial yang diinginkan, Anda bisa menambahkan hingga 10 tetes dan mencampur beberapa minyak dalam sekali penggunaan. Nyalakan diffuser dan nikmati aromanya!

Bukan cuma orang dewasa saja yang akan merasakan manfaat diffuser, tapi anak-anak juga, terutama bayi. Namanya juga bayi, mereka belum bisa berbicara jadi bisanya menangis ketika ada hal yang membuatnya tak nyaman.

Nah, diffuser bisa membantu menenangkan bayi yang rewel, loh! Beberapa minyak atsiri juga bisa mencegah bayi dari penyakit seperti batuk pilek, terus menjauhkan mereka dari nyamuk juga. Yuk, beli diffuser Anda sekarang. Mana diffuser yang menjadi incaran Anda?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram