Bacaterus / Rumah / 6 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun 2020

6 Merk Essential Oil Diffuser yang Bagus di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aromaterapi adalah cara yang baik untuk menciptakan lingkungan yang menyejukkan. Aromaterapi akan membantu menenangkan pikiran dan membuka jalan supaya bisa tidur nyenyak. Cara termudah untuk memulainya adalah dengan diffuser essential oil (minyak atsiri).

Diffuser adalah alternatif lilin, parfum dan pengharum lainnya yang bagus untuk mengharumkan ruangan Anda secara aman dan alami. Kenapa? Karena difusser menggunakan air dan essential oil, menyiptakan uap yang sehat dan harum untuk orang rumah hirup. Anda bisa menyesuaikan aroma essential oil yang digunakan dengan suasana hati atau kebutuhan.

Seperti ketika pilek, Anda menggunakan campuran eucalyptus oil dan cinnamon leaf oil. Kulit wajah sedang berjerawat? Pakai tea tree oil atau rosemary oil sudah paling cocok. Punya baby di rumah? Chamomile, lavender dan mandarin wanginya bisa memberikan efek menenangkan sekaligus mengusir nyamuk. Sebelum Anda mulai berbelanja, Bacaterus untuk mengetahui cara memilih diffuser minyak atsiri terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Cara Memilih Essential Oil Diffuser

Anda dapat memilih dari ratusan jenis diffuser yang ada di pasaran. Harga difusser ada yang sangat murah (di bawah 100 ribu) dan ada yang sampai 5 jutaan. Itu semua terserah Anda mau beli yang mana. Tapi, sebelum Anda membeli, pertimbangkan faktor-faktor dalam memilih diffuser di bawah ini.

1. Kapasitas

Kapasitas air diffuser itu berbeda-beda, loh! Kadang diffuser besar ada yang capacity-nya kecil, cuma menang di body-nya saja. Rata-rata kapasitas diffuser adalah 100 mililiter hingga (lebih dari) 1 liter air. Untuk diffuser yang sedang biasanya berkapasitas 300 mililiter.

Nah, kapasitas diffuser ini adalah hal utama yang harus Anda pikirkan, bukan desain dan merknya! Jika Anda tidak ingin repot mengisi ulang air terlalu sering, atau jika Anda memerlukan diffuser yang bekerja dalam waktu lama dan di ruangan yang besar, pilihlah diffuser yang kapasitas airnya besar juga.

Jika Anda membutuhkan aromaterapi untuk kamar kost-an atau ruangan yang tidak terlalu besar, diffuser 100 ml atau 300 ml juga sudah cukup, biasanya mereka bekerja selama 1-3 jam.

2. Timer

* sumber: scent-natural.com

Apakah Anda ingin mengatur diffuser Anda aktif selama satu, tiga atau lima jam? Ini adalah pertanyaan penting untuk dipertimbangkan saat membeli diffuser. Jika diffuser ada program timer-nya, Anda bisa pilih waktu bekerja diffuser walaupun kapasitas airnya sangat besar.

Misalnya, diffuser Anda kapasitasnya 1 liter, tapi Anda cuma akan ada di kamar itu selama 1 jam dan akan berangkat kerja. Nah, Anda tetap bisa mengisi diffuser dengan air hingga penuh, tapi atur timer-nya cuma 1 jam. Nanti difusser-nya akan mati setelah waktu yang diperintahkan. Diffuser yang canggih sudah ada remote control-nya juga.

3. Cakupan Area

* sumber: momcurls.com

Untuk kamar dan ruangan yang kecil, Anda tidak perlu terlalu memikirkan jangkauan diffuser Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakannya di ruang terbuka atau ruangan besar, cari diffuser dengan cakupan tinggi, kalau di AC seperti memilih PK-nya.

4. Intensitas

Untuk aroma atau kabut yang lebih kuat, pilih ‘nebulizer diffuser’. Karena jenis diffuser ini menguapkan minyak atsiri tanpa menggunakan panas sebelum mengeluarkan kabut halus. Jenis diffuser seperti ini sering lebih mahal daripada diffuser standar, tapi jika itu jenis intensitas yang Anda inginkan, maka pilihlah.

5. Kelembaban

Banyak essential oil diffuser berfungsi ganda sebagai pelembab udara yang mengeluarkan kabut sejuk. Ini bisa menjadi pilihan 2-in-1 yang bagus jika Anda tinggal di tempat dengan iklim kering.

Merk Diffuser yang Bagus

Nah, tadi itu merupakan beberapa poin yang sebaiknya Anda pikirkan ketika memilih diffuser. Sekarang, Bacaterus mau memberi tahu Anda sepuluh merk diffuser yang bagus! Check these out..

1. Young Living Dewdrop Diffuser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Young Living adalah brand diffuser yang paling terkenal di Indonesia. Brand ini memiliki standar kontrol kualitas yang ketat untuk membantu memastikan produk memenuhi spesifikasi yang ketat. Diffuser Young Living biasanya dijual dalam satu paket dengan minyak atsiri-nya.

‘Seed to Seal’ adalah serangkaian standar brand yang membantu memastikan setiap minyak esensial-nya murni dan aman digunakan seluruh keluarga Anda. Young Living Dewdrop Diffuser bisa Anda dapatkan secara online.

2. VicTsing Cool Mist Ultrasonic Diffuser

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=gWJDm3D98U0

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pertama-tama ada VicTsing Cool Mist Ultrasonic Diffuser. Diffuser ultrasonik yang ramping dari VicTsing ini menampilkan eksterior seperti serat kayu, dengan tutup ulir, dan cool mist yang bekerja terus menerus selama 10 jam. Walaupun diffuser ini memiliki timer opsional dan penghentian otomatis juga!

Padahal, tanki airnya cuma bisa menampung 300 ml. Berarti Anda bisa hemat air juga, karena 300 ml air bisa membuat kabut yang intens terus tercipta selama 10 jam, wow! Diffuser atau humidifier ini juga sangat tenang berkat teknologi ultrasound-nya.

Terus, Anda juga bisa memilih salah satu dari tujuh warna ambient untuk efek spa menyeluruh. Dengan jangkauan kabut 6-10 meter, jadi jika Anda menggunakannya di ruangan besar, diffuser akan bekerja lebih baik pada pengaturan yang kuat.

3. Stadler Form: Julia The Swinging Aroma Difusser

Cek Harga di Shopee

Ingin diffuser yang mewah dan bekerja dengan baik? Ultrasonic diffuser dari Stadler Form ini tidak tanggung-tanggung.. Mereka beroperasi selama 53 jam! Diffuser ini akan mengeluarkan wewangian hingga 18 jam pada operasi kontinu atau 53 jam pada mode interval, di mana mesin berjalan pada siklus 10 menit atau 20 menit. Itu adalah Aroma Swing, mode ayunan unik yang tidak banyak dimiliki diffuser lainnya.

Diffuser Stadler Form ni juga menawarkan fitur osilasi, jika Anda semburat kabut yang tenang. Agar cahayanya tidak mengganggu tidur malam Anda, LED dapat diredupkan atau dimatikan secara total.

Stadler Form mengeluarkan minyak esensialnya sendiri, tetapi semua wewangian bebas alkohol yang tersedia secara komersial juga akan berfungsi dengan baik. Stadler Form: Julia The Swinging Aroma Difusser tersedia dalam warna: Titanium, Black, White, Chili Red, Lime.

4. Vitruvi Stone Diffuser

Diffuser Vitruvi ini memancarkan 2.3 ons cairan air per jam, menjadikannya pilihan tepat bagi orang yang menginginkan diffuser yang menyebarkan aroma minyak esensial dan diffuser yang bekerja sebagai pelembab udara. Diffuser humidifier memiliki finishing porselen yang apik serta kaki yang stabil. Minimalis adalah kata kuncinya.

Diffuser batu warna putih matte ini dibuat dengan indah, sehingga dapat sekaligus berfungsi ganda sebagai dekorasi sederhana. Tapi, jika Anda menginginkan Vitruvi Stone Diffuser dalam warna lain juga ada, kok. Warna yang tersedia adalah Terracotta, White, Black, Charcoal (abu muda), Blush (pink pastel).

5. H50 Glass Oil Diffuser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ingin cool mist humidifier yang hadir dengan 7 warna LED? H50 Glass Oil Diffuser ini bisa menjadi pilihan Anda. Dengan body kaca yang cantik, rumah pun akan terlihat semakin indah. Ini adalah produk 3-in-1, dia bekerja sebagai diffuser, humidifier dan juga lampu malam!

Produk ini akan memberikan tiga mode, yaitu Continuous Mist, Intermittent Mist dan Lights Only. Diffuser-nya dapat diatur untuk melepaskan kabut udara dengan durasi 30 detik (berjalan sekitar 6 jam) atau kabut yang terus menerus tercipta (berjalan sekitar 3 jam).

Anda dapat memilih untuk memutar 7 warna sekaligus atau menjedanya pada warna yang menurut Anda paling menenangkan atau yang paling sesuai dengan suasana hati Anda.

6. Small Q Magic Mini Cup Humidifier

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tidak hanya di rumah atau di kamar saja, diffuser juga bisa digunakan di dalam mobil, loh! Beberapa diffuser memang bisa di-charge atau bisa beroperasi menggunakan kabel USB. Seperti Small Q Magic Mini Cup Humidifier ini. Ukurannya cuma 6x6x15.8 cm, Anda bisa menyelipkannya di mobil Anda tanpa mengganggu! Diffuser mini ini hadir dengan pilihan warna Pink, Blue dan White.

Sudahkah Anda tahu cara menggunakan diffuser? Pertama, isi tanki airnya dengan air suhu kamar (disarankan mineral karena air keran di Indonesia tidak semua bagus,). Kalau pun Anda mau pakai air keran, jangan posisikan diffuser di bawah air keran yang mengalir, loh, karena khawatir airnya masuk ke soket listrik. Jadi, ambil dulu air ke gelas baru tuangkan ke diffuser, baik itu air mineral atau air keran.

Terus, tambahkan minimal 3 tetes minyak esensial yang diinginkan, Anda bisa menambahkan hingga 10 tetes dan mencampur beberapa minyak dalam sekali penggunaan. Nyalakan diffuser dan nikmati aromanya!

Bukan cuma orang dewasa saja yang akan merasakan manfaat diffuser, tapi anak-anak juga, terutama bayi. Namanya juga bayi, mereka belum bisa berbicara jadi bisanya menangis ketika ada hal yang membuatnya tak nyaman.

Diffuser bisa menenangkan mereka, loh! Beberapa minyak atsiri juga bisa mencegah bayi dari penyakit seperti batuk pilek, terus menjauhkan mereka dari nyamuk juga. Yuk, beli diffuser Anda sekarang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *