Bacaterus / Dinding / 9 Merk Cat Pelapis Anti Bocor yang Paling Bagus

9 Merk Cat Pelapis Anti Bocor yang Paling Bagus

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak ingin bukan, rumah impian yang sudah Anda bangun harus menghadapi kebocoran. Apalagi Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada musim hujan, masalah yang sering muncul adalah kebocoran atau rembesan air. Bila tak diatasi bisa menimbulkan jamur bahkan lapuk.

Agar hal itu tak terjadi, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan dengan memberikan cat pelapis anti bocor. Setidaknya ada 9 merk cat pelapis anti bocor yang paling bagus yang bisa dijadikan andalan di rumah Anda.

1. Bitadur Waterproofing

Bitadur

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mungkin merk cat pelapis anti bocor satu ini belum banyak yang mengetahuinya. Bital Asia mengeluarkan produk cat pelapis anti bocor bernama Bitadur. Bitadur Waterproofing ini bisa melapisi full acrylic copolymer resin dengan bahan dasar air. Ketahanannya juga cukup lama. Serunya, cat pelapis satu ini bisa dicampur dengan warna macam-macam, lho.

2. Drylok

Drylok Original Latex

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk cat pelapis anti bocor yang bisa Anda gunakan untuk menghindari bocor di rumah adalah menggunakan merk Drylok. Drylok tak hanya menutup permukaan dinding rumah saja, tetapi menyerap sampai ke dalam dan membuat ikatan bersama material dinding. Jadi jangan kaget bila dinding rumah Anda tak bisa ditembus air dalam jangka waktu lama.

Merk keluaran negara Amerika ini memiliki dua jenis cat Drylok, yaitu Drylok Original Latex dan Drylok Latex Extreme. Drylok Original Latex ini terbilang ringan. Jadi kalau Anda ingin membuat area basement, cuci baju, ataupun gudang menjadi waterproof, bisa menggunakan jenis satu ini.

Tekstur Drylok Original Latex ini adalah pasir dengan perlindungan 2-3 kali lebih tahan lama. Tak ada bau menyengat, mudah dibersihkan adalah keunggulan dari cat pelapis anti bocor satu ini. Warna yang tersedia adalah off-white dengan flat finish yang bisa ditambahkan pigmen warna.

Sedangkan Drylok Latex Extreme adalah jenis yang lebih kuat karena mampu menahan tekanan air sampai 15 psi atau setara dengan kedalaman air 10 meter. Teksturnya mirip cat tembok serta aman bagi kesehatan dan lingkungan. Hal tersebut dijamin oleh sertifikasi Green Wise.

Selain itu, Drylok Latex Extreme tidak mengeluarkan bau menyengat, tahan jamur, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Pilihan warnanya memang hanya putih terang tetapi bisa dicampurkan dengan berbagai warna lain. Ada dua ukuran yang bisa dipilih, 946 ml dan 3,7 liter.

3. Sika Raintite

Sika Raintite

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Walau merk Sika Raintite tak seterkenal merk cat pelapis anti bocor lain, tetap harus dimasukan ke dalam daftar. Pasalnya merk satu ini memiliki harga terjangkau. Ia bisa menahan air dari hujan atau siraman air. Kemudian cat ini dikhususkan untuk penggunaan atap, dinding luar, dan akrilik.

Sika Raintite tersedia dalam tiga ukuran yang bisa Anda pilih. Mulai dari ukuran 1 kg, 4 kg, sampai 20 kg. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan di rumah.

4. Dulux Aquashield

Dulux Aquashield

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa yang tak mengenal merk Dulux? Hampir semua orang bila menyebutkan nama merk cat akan menjawab Dulux. Dulux memang merajai hampir segala dunia cat yang ada. Untuk cat pelapis anti bocor, merk satu ini mengeluarkan Dulux Aquashield.

Dulux Aquashield sudah disematkan dengan Hydroshield Technology yang bisa memberikan lapisan film 60% lebih tebal dan daya tolak air yang lebih baik. Bahkan menurut hasil pengujian Southeast Asia, South Asia and Middle East RD&I Product Development Center, AkzoNobel Decorative Paints, cat pelapis ini memiliki kekuatan 2 kali lebih kuat melindungi.

Bila menggunakan merk satu ini, kebocoran dan rembesan air tak akan Anda alami lagi di rumah. Tertarik? Anda bisa membeli salah satu dari tiga ukuran kemasan yang disediakan, yaitu 1 kg, 4 kg, dan 20 kg. Sedangkan warna yang bisa Anda pilih mulai dari White, Dark Grey, Light Grey, serta Transparent.

5. WelProof

WelProof

Cek Harga di Shopee

Bila Anda mencari cat pelapis anti bocor untuk melapisi talang, beton, asbes, seng, lantai, dasar bak air, sampai dinding kamar mandi, bisa memilih menggunakan WelProof. WelProof juga bisa memperbaiki retak rambut pada permukaan tembok agar selalu kering dan kedap air.

Selain itu, merk cat anti bocor satu ini juga bisa melindungi permukaan dari kelembaban serta jamur. Bahan cat satu ini ditambahkan anti alkali yang aman untuk kesehatan. Tak hanya itu, harganya juga cukup terjangkau. Ada tiga ukuran yang bisa Anda pilih, yaitu ukuran 1 kg, 4 kg, dan 20 kg.

6. No Drop

No Drop

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau menyebut No Drop, ingatan akan langsung memanggil kembali iklan yang menceritakan sepasang suami istri yang kebocoran dan menyebutkan “bocor..bocor..” dengan logat bule yang khas. Kemudian muncul orang yang memperkenalkan No Drop.

Memang No Drop adalah cat pelapis anti bocor yang kedap air sekaligus anti jamur. Tak hanya dinding, permukaan beton, galvanis, asbes, sampai terakota juga bisa diaplikasikan oleh No Drop. Selain itu, merk ini juga terkenal elastisitas dan tahan lama. Ada tiga pilihan kemasan yang bisa dipilih, yaitu 1 kg, 4 kg, dan 20 kg.

7. Propan Ultraflex Membrane UFM-930

Propan Ultraflex Membrane UFM-930

Cek Harga di Shopee

Propan memiliki berbagai pilihan cat pelapis anti bocor. Namun bila Anda mencari cat pelapis anti bocor untuk kebutuhan dak beton bisa memilih Ultraflex Membrane UFM-930. Car pelapis satu ini bisa melindungi permukaan dak beton yang terekspos dari sinar matahari, dan juga air hujan yang menyebabkan kebocoran.

Bahan dasar dari Propan Ultraflex Membrane UFM-930 adalah Modified Polyurethane Acrylic Water Based. Ia bisa menahan genangan air, sinar matahari langsung dan bisa digunakan tidak hanya untuk dak beton tetapi juga atap genteng, asbes, balkon, serta kamar mandi. Silakan memilih ukuran 1 kg, 4 kg, atau 20 kg untuk kebutuhan di rumah.

8. Jotun Jotashield Colour Extreme

Jotun Jotashield Colour Extreme

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Namun kedua musim ini bisa merusak lapisan dinding rumah karena diterpa panas dan hujan. Nah, agar hal tersebut tak terjadi, Anda bisa memilih Jotun Jotaplast.

Jotun Jotaplast digunakan untuk melapisi area dinding ataupun langit rumah agar bisa menutup sempurna permukaan dari kebocoran. Pengaplikasiannya cukup mudah bahkan mudah kering dan bisa mencegah jamur muncul karena ruangan lembab. Jotun Jotaplast hanya menyediakan dua ukuran yaitu 3,5 liter dan 8 liter.

9. Aquaproof

Aquaproof

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Daya lekat kuat, elastis 500% sampai 600%, kedap air, tahan lama, mudah mengaplikasikan, serta ditunjang dengan warna menarik adalah kelebihan dari Aquaproof. Cat pelapis anti bocor ini bisa Anda aplikasikan permukaan beton atau dinding. Bahkan Anda bisa mengaplikasikan cat pelapis ini menggunakan airless spray, lho.

Ukuran yang tersedia untuk cat dengan bahan utama polimer sintetis ada 1 kg, 4 kg, dan 20 kg. Pilihan warnanya pun ada 24! Mulai dari transparan, putih, abu muda, abu, hitam, beige, mocca, coklat muda, cokelat, terakota, kuning muda, kuning, kuning tua, krim, markisa, hijau muda, hijau limau, hijau tua, biru muda, biru, oranye muda, oranye, merah muda, sampai merah.

Nah, kalau Anda ingin mengaplikasian pada interior maupun eksterior, bisa memilih Aquaproof Pro. Ia memiliki sifat waterponding resistance sehingga pas digunakan untuk dak beton rumah. Untuk Aquaproof Pro menyediakan ukuran 4 kg dan 20 kg dengan pilihan warna abu-abu dan putih.

Dari 9 daftar merk cat pelapis anti bocor di atas, mana yang sudah Anda gunakan atau akan Anda pilih untuk kebutuhan rumah? Semoga Anda bisa menemukan produk cat anti bocor yang paling cocok untuk rumah Anda.

Jangan lupa juga untuk cek bahasan: 13 Warna Cat Rumah yang Bagus Menurut Tren Terbaru dan 10 Merk Cat Tembok yang Bagus untuk Dinding Rumah untuk referensi lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *