Bacaterus / Logam / 10 Rekomendasi Merk Cat Besi yang Bagus dan tahan Lama

10 Rekomendasi Merk Cat Besi yang Bagus dan tahan Lama

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Coba ingat lagi, kapan terakhir kali kamu mengecat pagar, kusen, teralis, atau jendela rumah yang terbuat dari besi? Bila sudah terlalu lama dan mulai bosan dengan warna yang itu-itu saja, bisa kamu ubah tanpa harus merenovasi atau membeli baru. Tentu dengan mengecat ulang menggunakan cat besi yang sesuai.

Pada dasarnya, ada berbagai jenis cat besi dengan bahan dasar air ataupun minyak. Ada juga cat besi yang bisa dijadikan primer atau finishing. Selain itu, ada juga cat besi yang bisa diaplikasikan tak hanya pada permukaan besi melainkan pada permukaan kayu dan tembok. Dari banyaknya pilihan itu, Bacaterus memiliki rekomendasi 10 merk cat besi yang bagus untuk warnai bagian rumah kamu.

1. Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Mowilex Acrylic Gloss Enamel

Cek Harga di Shopee

Kalau kamu mencari cat besi anti karat dengan bahan dasar air, bisa memilih Mowilex Acrylic Gloss Enamel. Cat ini bisa diaplikasikan dengan mudah pada interior atau eksterior rumah. Lalu hasil yang terlihat adalah mengkilap bila diaplikasikan pada besi.

Keunggulan lain dari Mowilex Acrylic Gloss Enamel adalah anti karat dan mampu  bertahan lama tanpa cat mengelupas. Kemudian daya sebarnya yang luas juga memudahkan serta mempercepat proses pengecatan. Kamu pun bisa melakukan sendiri tanpa bantuan tukang.

2. Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Salah satu merk cat yang cukup terkenal di Indonesia adalah Kansai. Nah Kansai memiliki cat besi yang bagus untuk dipakai di rumah, yaitu Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel. Cat besi satu ini memiliki bahan dasar dari minyak. Jadi, kamu bisa mengecat di berbagai permukaan substrat, termasuk kayu.

Jadi, dalam satu kaleng ini, kamu bisa mengecat besi sampai segala furniture yang berbahan kayu seperti kusen, pintu, ataupun pagar besi. Pigmentasi warna yang dihasilkan juga cukup baik. Kualitas pun tak perlu diragukan. Serunya lagi, warna cat tak cepat pudar ataupun berkarat.

3. Avian High Gloss Enamel

Avian High Gloss Enamel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari cat besi dan kayu yang bisa memberikan efek glossy? Kamu bisa memilih Avian High Gloss Enamel. Merk cat satu ini bisa menutup maksimal bagian yang kamu cat, sampai air tak bisa tembus ke dalam. Nah, bila diaplikasikan pada kayu, bisa melindungi gigitan rayap serta tumbuhnya jamur.

4. Dulux V-Gloss Doff

Dulux V-Gloss Doff

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hasil akhir dengan kilap sempurna untuk tampilan interior adalah hal utama yang dimiliki Dulux V-Gloss Doff. Selain itu, cat besi satu ini sudah mengaplikasikan teknologi V-Active Formula untuk daya sebar yang luas. Bahkan 20% lebih luas dibandingkan cat besi lainnya sehingga lebih hemat.

Kamu bisa menggunakan cat ini untuk mengecat dengan banyak aplikator, seperti kuas, spray, sampai rol. Namun, produk ini dirancang untuk konstruksi besi dan kayu interior, ya. Jadi jangan sampai salah penggunaan.

5. Kansai Zinc Chromate Primer

Kansai Zinc Chromate Primer

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Memilih cat besi untuk melengkapi penampilan rumah ternyata tak bisa sembarangan. Nah, kalau kamu ingin mewarnai pagar rumah dengan cat bahan dasar lateks, perlu sekali menggunakan cat primer besi terlebih dahulu. Kamu bisa mencari cat primer dengan komposisi anti karat, tahan air, dan kelembaban.

Komposisi tersebut bisa kamu dapatkan di Kansai Zinc Chromate Primer. Tak hanya pada besi, cat besi primer ini bisa juga kamu aplikasikan pada material kayu maupun baja. Setelah diaplikasikan, kamu bebas memilih warna cat besi yang diinginkan. Menariknya, cat besi satu ini memiliki daya tempel yang baik dan cepat kering.

Baca juga: Merk Cat Tembok yang Bagus untuk Dinding Rumah

6. Emco Lux Cat Minyak

Emco Lux Cat Minyak

Lamanya suatu merk di Indonesia bisa menentukan salah satu indikator kualitas produknya, sama seperti Emco Lux. Emco Lux Cat Minyak sudah muncul selama beberapa puluh tahun dan memang terbukti sanggup melindungi permukaan besi dari karat.

Emco Lux Cat Minyak menyediakan tiga jenis kualitas yang dibedakan dengan tanda pada kemasan. Ada tiga kualitas yang perlu kamu ketahui, cat standar dengan harga murah, cat kualitas medium dengan tanda segitiga, terakhir cat kualitas terbaik ditandai tanda bintang. Harganya tentu berbeda satu sama lain.

Emco Lux Cat Minyak bisa memberikan finishing yang berkualitas, sebagai pelitur yang memberikan warna kilap tahan segala cuaca, serta daya sebar dan tutup yang optimal untuk segala furniture berbahan besi di rumah.

7. Glo-Tex Super Synthetic Paint Kayu dan Besi

Glo-Tex Super Synthetic Paint Kayu dan Besi

Terpikir untuk mengecat pagar atau furniture besi dan kayu dengan warna nyentrik dan tak biasa? Kamu perlu menjatuhkan pilihan pada Glo-Tex Super Synthetic Paint. Merk cat besi satu ini menggunakan alkyd synthetic sebagai bahan dasar. Kemudian ia bisa memberikan pewarnaan yang baik pada permukaan besi dan kayu.

Cat besi berbasis minyak ini bisa kamu aplikasikan pada jendela, pintu, logam, terali, kusen ataupun segala furniture besi dan kayu di rumah. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah dan juga cepat kering. Jadi kalau kamu mau mengecat sampai dua lapis, tak perlu menunggu lama.

8. Propan Go Fast A-1000

Propan Go Fast A-1000

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ada beberapa produk cat besi dari Propan. Namun bila kamu mencari cat besi yang ramah lingkungan, pilihannya jatuh kepada Propan Go Fast A-1000. Tak ada bau, anti racun, dan mampu melekat sempurna pada permukaan besi, kayu, sampai tembok!

Cat besi satu ini memiliki bahan dasar air dan tidak mudah pudar bahkan cepat kering dan tahan dalam berbagai kondisi cuaca. Namun, ia hanya memiliki warna dasar dalam pemilihan warna.

9. Seiv Wrought Iron Paint

Seiv Wrought Iron Paint

Cek Harga di Lazada

Mampu melindungi permukaan besi dari sinar UV, kondisi ekstrim cuaca, bahkan anti karat dengan penyebab solar, bensin, oli, sampai asam mineral, sudah pasti Seiv Wrought Iron Paint jawabannya. Tak hanya sebagai cat besi pada pagar rumah, cat satu ini bisa kamu aplikasikan di motor, mesin, sampai traktor, lho!

Dengan ketahanan yang luar biasa, Seiv Wrought Iron Paint tak mudah pudar dan terlihat baik saat diaplikasikan pada permukaan kayu dan besi.

10. Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory

Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory

Cek Harga di Shopee

Belum lengkap bila tak memasukkan Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory pada daftar merk cat besi yang bagus. Kamu bisa memilih Cat Kuda Terbang Trico Paint Factory karena harganya yang terjangkau.

Walau harga terjangkau, permukaan besi maupun kayu pada rumah kamu tetap ampuh melindungi. Selain itu, daya kilap yang tinggi, bisa diaplikasikan untuk interior dan eksterior.

Dari daftar di atas, adakah yang sudah kamu coba? Kalau ada, bisa bagikan pengalamanmu memakai merk tersebut di kolom komentar. Begitu juga kalau ada merk cat besi yang bagus lainnya juga bisa kamu tulis. Yuk, jangan ragu ceritakan pengalaman menggunakan cat besi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *