Bacaterus / Alat Tulis / 12 Merk Cat Air yang Bagus untuk Pemula dan Profesional

12 Merk Cat Air yang Bagus untuk Pemula dan Profesional

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kamu yang baru mulai belajar menggambar dengan cat air, kamu mungkin ingin tahu cat air manakah yang bagus untuk kamu coba. Cat air manakah yang sesuai dengan kondisi keuanganmu juga kemampuanmu yang mungkin masih pemula atau yang sudah mulai serius. Beberapa cat air ini mungkin bisa jadi pilihan kamu.

Cat Air Untuk Pemula

Bagi kamu yang baru menikmati hobi menggambar dengan cat air, kamu perlu tahu beberapa merk cat air yang bisa kamu pakai untuk memulai hobi baru kamu. Ulasan ini bisa membantu kamu untuk memilih cat air yang cocok untuk kamu yang masih pemula.

1. Winsor & Newton Cotman Sketchers Pocket Box

Winsor & Newton Cotman Sketchers Pocket Box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cat air ini banyak direkomendasikan oleh para pengajar, dan populer dikalangan para pelajar. Keunggulan dari cat air ini adalah memiliki ketahanan warna yang luar biasa, warnanya cerah, serta teksturnya bagus, dan kita dapat membeli isi ulangnya secara terpisah. Cat air ini hadir dalam bentuk box isi 12 warna disertai dengan kuas dan tutupnya dapat digunakan sebagai palet.

Kekurangan dari cat air ini, bahan cat airnya terbuat dari sintetis bukan bahan alami. Jika kamu tertarik untuk membelinya di Indonesia cat air ini dijual dengan harga di kisaran 350 ribu di toko online.

2. Prima Marketing Confections: The Classic

Prima Marketing Confections The Classic

Cek Harga di Shopee

Cat air Prima Marketing memiliki 12 warna dalam bentuk pan atau padat, dengan wadahnya yang terbuat dari logam sehingga sangat mudah untuk dibawa bepergian. Selain itu kamu bisa membeli isi ulang catnya secara terpisah. Cat air ini juga tersedia dalam beragam warna. Paletnya sangat bagus saat digunakan untuk mencampur warna.

Kekurangan dari cat air ini tidak terdapat kuas yang dijual bersama produknya, selain itu tidak terdapat rating untuk ketahanan warna. Jika kamu tertarik membeli cat air ini di toko online cat air ini dijual di kisaran harga 400-600 ribu.

3. Reeves 24 Pack Paint Set

Reeves 24 Pack Paint Set

Cek Harga di Shopee

Kamu bisa mendapatkan cat air ini dengan  kualitas yang bagus, tetapi dengan harga yang cukup murah. Walaupun agak berair karena dijual dalam bentuk tube, hal itu membuat cat air ini lebih mudah dicampur dengan air. Cat air ini memiliki konsistensi warna yang bagus, cepat kering, dan tidak memiliki bau yang menyengat. Cat air yang cocok bagi kamu yang baru mulai belajar.

Kekurangan dari cat air ini, karena cat airnya dijual dalam bentuk tube sehingga tidak terdapat kuas ataupun palet. Jika kamu tertarik untuk membelinya, di toko online cat air ini dijual di kisaran harga 175 ribu sampai dengan 280 ribu.

4. Royal Talens Van Gogh

Royal Talens Van Gogh

Cek Harga di Lazada

Cat air ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan warna, warnanya tidak akan cepat pudar. Selain itu cat air ini  kering dengan cepat  dan warnanya akan tetap terlihat cerah bahkan setelah cat airnya mengering. Cat air ini dapat membaur dengan sangat baik. Cat air ini memiliki wadah plastik dengan cat berbentuk tube juga tersedia dalam bentuk padat atau pan.

Kekurangannya mungkin harganya yang agak mahal, tetapi sepadan dengan kualitasnya. Jika kamu tertarik untuk membelinya, cat ini dijual di toko online dengan harga di kisaran 400 ribu, sedangkan untuk harga satuan tubenya dengan isi 10ml harganya diantara 50-60 ribu .

5. Daniel Smith Extra Fine Essentials Introductory

Daniel Smith Extra Fine Essentials Introductory

Cat Air Daniel Smith adalah brand cat air yang berasal dari Amerika Serikat. Cat air ini merupakan cat air yang bagus untuk orang yang dalam masa transisi dari seorang pemula ke profesional, sangat bagus untuk siswa yang sudah banyak pengalaman. Cat air ini sangat unik satu setnya sangat minimalis hanya terdiri dari 6 tube cat air. Kamu juga bisa membeli cat air ini dalam bentuk satuan.

Kekurangan dari cat air ini  dalam satu setnya tidak terdapat kuas ataupun palet. Jika kamu tertarik dengan cat air ini kamu bisa membelinya secara satuan, ada lebih dari 235 warna yang bisa kamu beli. Harga untuk cat air untuk satu tube-nya di toko online di kisaran 66 – 89 ribu.

6. Sennelier La Petite Aquarelle Paint Set

Sennelier La Petite Aquarelle Paint Set

Sennelier adalah perusahaan Perancis  yang membuat cat air untuk pemula dengan yang menggunakan madu dalam cat airnya. Madu digunakan untuk membuat sapuan kuas lebih lancar. Selain itu madu membuat cat air tampak cerah dan tahan lama. Dalam satu setnya terdapat 24 warna dengan wadah dari plastik, dan tutupnya dapat digunakan sebagai palet.

Kekurangan dari cat air ini dalam satu setnya tidak menyertakan kuas di dalamnya tetapi terdapat strap pada bagian bawah wadahnya. Jika kamu tertarik untuk mencoba cat air ini kamu bisa membelinya dengan harga sekitar 500rb – 700 rb.

Cat Air Untuk Profesional

Cat air yang biasa digunakan oleh seniman profesional biasanya cat airnya menggunakan bahan alami, selain itu menggambar menjadi menyenangkan karena catnya lebih halus. Berikut ini beberapa cat air untuk seniman profesional

1. Holbein

Holbein

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Holbein adalah merk cat air yang berasal dari Jepang, cat air ini dikatakan memiliki banyak keunggulan. Cat air ini memiliki tekstur yang halus tidak berbutir, cat air dalam tubenya tidak cepat mengering. Selain itu keunggulan lainnya adalah warnanya yang cerah, tahan lama dan tidak mudah retak. Cat air  ini memberikan semua hal yang diinginkan oleh seorang seniman.

Kekurangannya ukurannya yang kecil yaitu isinya hanya 5 ml. Jika kamu menginginkan gambar dengan kualitas yang baik kamu bisa mencobanya. Cat air Holbein isi 12 di toko online kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 500- 700rb.

2. Schmincke Horadam Aquarell

Schmincke Horadam Aquarell

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cat air yang berasal dari Jerman  yang telah memiliki pengalaman lebih dari 130 tahun. Schmincke Horadam adalah sebuah perusahaan yang menetapkan standar untuk sebuah cat air. Cat air ini memiliki kualitas yang sangat baik yang diharapkan oleh seniman profesional. Cat air ini memiliki pigmentasi yang sama antara yang dalam bentuk tube ataupun yang padat.

Kekurangannya pada harganya yang cukup mahal dan tidak disertai kuas dalam satu setnya, tetapi kamu akan mendapatkan kualitas yang terbaik. Bagi kamu yang tertarik kamu bisa mendapatkan cat air ini dengan harga sekitar Rp 1.600.000 untuk set isi 12.

3. M. Graham

M. Graham

Cat air ini menitik beratkan pada penggunaan bahan alami dalam produknya, mereka menggunakan madu dalam produk cat airnya. Selain itu produknya ramah lingkungan dan tidak beracun, serta mereka menggunakan bahan yang seratus persen terbarukan. Cat air dalam tubenya tidak mudah mengeras walaupun disimpan cukup lama.

Kekurangan dari cat air ini adalah pilihan warnanya yang lebih sedikit dibandingkan produk lain. Jika kamu pecinta lingkungan mungkin kamu mau mencoba cat air ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 800 rb untuk set isi 10, tetapi kamu bisa membeli satuan dengan harga sekitar 55-65 rb.

4. Winsor & Newton Professional Lightweight Sketchers’ Box

Winsor & Newton Professional Lightweight Sketchers’ Box

Merk Cat air yang sudah tidak asing lagi, merk yang sudah sangat terkenal ini telah mengeluarkan produk untuk pengguna pemula. Hal  yang membedakan dari produk untuk pemula adalah penggunaan bahan yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Cat air ini mendapatkan penilaian yang baik untuk sifat permanen dan ketahanan terhadap cahaya, serta teksturnya.

Kekurangan dari cat air ini adalah isi cat air dalam tubenya yang hanya 7.5 ml. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga  sekitar 123 – 255 rb per tubenya. Jika kamu ingin membeli satu set harganya sekitar 1 jutaan.

5. Sennelier French Metal Set

Sennelier French Metal Set

Cek Harga di Shopee

Merk Cat air ini adalah salah satu merk cat air yang menggunakan madu pada cat airnya, agar cat air mudah untuk dibasahi kembali, serta mencegahnya agar tidak retak. Cat air ini memiliki wadah yang ringan sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Cat Air ini memiliki pigmentasi yang bagus dan cerah, dengan warna yang kaya.

Kekurangan cat air ini agak sulit untuk ditemukan, hal itu dikarenakan produk ini tidak dibuat secara masal. Jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkannya dengan harga di kisaran 1 juta untuk 12 warna dan 2 juta untuk 24 warna.

6. Royal Talens Rembrandt

Royal Talens Rembrandt

Cek Harga di Lazada

Cat Air Rembrandt merupakan cat air dari perusahaan yang sama dengan cat air Royal Talens Van Gogh. Hal yang membedakannya dari Van Gogh adalah satu setnya terdiri dari 48 pan cat air, dengan kualitas yang sangat baik. Cat airnya memiliki ketahanan, transparansi, dan warna yang permanen. Cat air ini memiliki wadah logam disertai dengan kuas, cocok untuk dibawa bepergian.

Kekurangan dari cat air ini yaitu harganya yang cukup mahal. Jika kamu tertarik untuk mencobanya kamu bisa mendapatkan cat air ini dengan harga di kisaran Rp 2.700.000.

Nah itulah beberapa merk cat air yang bisa kamu coba, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu. Apakah kamu masih pemula atau seniman profesional? Apakah kamu lebih suka dalam bentuk tube yang  cair atau pan yang padat? Manakah cat air yang akan kamu coba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *