Bacaterus / Fashion / Aksesoris / 10 Merk Cairan Softlens Terbaik dan Aman untuk Mata

10 Merk Cairan Softlens Terbaik dan Aman untuk Mata

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Desember 2018

Orang-orang yang menggunakan softlens (kontak lensa) pasti memerlukan yang namanya contact lens solution. Benda ini adalah cairan yang berguna untuk membersihkan dan mendesinfeksi softlens sebelum dan sesudah digunakan. Cairan ini juga diperlukan untuk menyimpan softlens di dalam tempat, karena softlens tidak boleh disimpan dalam keadaan kering.

Makanya, keberadaan cairan ini tidak bisa dilepaskan dari para pengguna softlens. Akan tetapi, sebelum membeli, ketahuilah terlebih dahulu bahwa ada beberapa jenis contact lens solution. Berikut adalah macam-macam cairan softlens yang ada di pasaran yang telah dirangkum oleh Bacaterus.

Jenis Cairan Softlens

1. Multipurpose Solution

Multipurpose Solution bio true

Yang pertama adalah Multipurpose Solution. Dari namanya mungkin sudah bisa ditebak, kalau cairan ini serbaguna, bisa dipakai sebagai apa saja, mulai dari membersihkan, mendesinfeksi, hingga menyimpan softlens. Cairan ini paling populer dan paling banyak ada di pasaran karena kepraktisannya. Anda tidak perlu membeli cairan pembersih dan penyimpan softlens secara terpisah lagi.

2. Hydrogen Peroxide Solution

Hydrogen Peroxide Solution

Yang kedua ada Hydrogen Peroxide Solution. Cairan ini bekerja untuk membersihkan dan mendesinfeksi lensa kontak, tidak bisa untuk menyimpan. Tipe cairan softlens ini biasanya dianjurkan untuk orang yang matanya sensitif terhadap bahan pengawet pada cairan softlens lainnya.

Ketika mencuci softlens dengan cairan hidrogen peroksida, Anda tidak bisa langsung menggunakannya ke mata, karena bahan kimianya dapat membuat iritasi. Bereskan rangkaian proses desinfeksi dan penetralan sebelum menggunakan softlens. Hydrogen Peroxide Solution hadir dengan botol pembersih khusus (lihat botol mungil di samping cairan).

Botol pembersih ini biasanya terbagi menjadi dua bagian, satu untuk mendesinfeksi dan satu lagi untuk menetralisir. Agak ribet memang, tapi kalau Anda peduli dengan kebersihan sesuatu yang ditempelkan pada organ penglihatan Anda, maka cairan hidrogen peroksida ini bisa Anda pertimbangkan.

3. Saline Solution

Saline Solution merk cairan softlens terbaik

Selanjutnya ada Saline Solution. Cairan ini tidak bisa dipakai sebagai disinfektan, karena fungsinya hanya untuk membilas lensa kontak yang sudah dibersihkan dan didesinfeksi dengan larutan lainnya. Contohnya, lensa kontak pertama-tama dibersihkan dengan cairan hidrogen peroksida, setelah itu dinetralkan kembali menggunakan saline solution. Diskusikan dengan dokter mata apakah Anda membutuhkan cairan saline ini atau tidak.

4. Daily Cleaner

Daily Cleaner

Jenis cairan softlens yang selanjutnya adalah Daily Cleaner. Sesuai namanya, cairan ini berfungsi sebagai pembersih, bukan disinfektan. Fungsinya adalah untuk mengendurkan dan menghilangkan endapan serta puing-puing kotoran dari lensa kontak. Cara menggunakannya, tuangkan daily cleaner ke telapak tangan secukupnya, lalu gosok kedua sisi lensa kontak Anda dengan lembut.

Cairan ini tidak bisa melengkapi kebutuhan kesterilan lensa kontak, sehingga Anda masih membutuhkan cairan lainnya seperti multipurpose solution untuk mendesinfektan dan membasuh lensa kontak setelah dibersihkan menggunakan daily cleaner. Cairan multipurpose solution juga dibutuhkan untuk menyimpan lensa kontak di tempatnya.

5. Enzymatic Protein Remover

Enzymatic Protein Remover

Enzymatic Protein Remover membersihkan benda-benda yang menumpuk di lensa kontak dari waktu ke waktu. Tentu penumpukan benda ini tak bisa Anda lihat dengan kasat mata, tapi sesungguhnya mereka ada di sana dan dapat mengganggu. Banyaknya benda yang menumpuk tergantung dari jenis lensa kontak yang Anda gunakan.

Pembersih enzymatic protein remover ini tersedia dalam bentuk cair dan tablet. Digunakan sehari-hari atau mingguan, tergantung keterangan yang ada pada kemasan enzymatic protein remover. Tanyakan dokter mata Anda sebelum menggunakan pembersih ini, ya.

6. Rigid Gas Permeable (RGP) Care System

Rigid Gas Permeable (RGP) Care System

Jenis cairan pembersih softlens yang terakhir adalah Rigid Gas Permeable (RGP) Care System. Jadi, lensa kontak juga sebenarnya ada dua jenis, yaitu yang lembut (softlens) dan yang keras (Rigid gas permeable lens—RGP atau GP lens). Lensa kontak rigid ini menggantikan bentuk alami kornea mata dengan permukaan pembiasan baru.

Lensa kontak kaku berbentuk bulat ini berguna untuk memberikan tingkat penglihatan yang lebih baik pada orang yang memiliki astigmatisme atau bentuk kornea terdistorsi seperti keratoconus. Para penggunanya membutuhkan periode adaptasi sebelum merasa nyaman menggunakan lensa kontak ini, karena teksturnya sangat berbeda dengan softlens yang selama ini lebih dikenal.

Lensa kontak rigid yang keras berbeda cara perawatannya dengan softlens. Lensa kontak keras memerlukan beberapa cairan berbeda untuk membasahi, membersihkan, dan mendesinfeksi. Jika Anda memakai lensa kontak keras, bicarakan dengan dokter mata Anda tentang sistem perawatan mana yang terbaik. Jangan pernah menggunakan produk perawatan lensa kontak keras pada lensa kontak lunak, ya.

Nah, itulah beberapa jenis cairan softlens yang ada di pasaran. Ternyata ada banyak juga macamnya, ya? Jadi, sesuaikanlah cairan dengan softlens yang Anda kenakan dan kebutuhan yang diperlukan. Bicaralah dengan penyedia perawatan mata atau dokter mata mengenai softlens dan cairan yang paling pas buat Anda. Sekarang, mari ketahui 10 merk cairan softlens yang paling bagus menurut Bacaterus.

10 Merk Cairan Softens Terbaik

1. Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution

Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution

Di posisi pertama merk cairan softlens terbaik ada Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution. Cairan ini dibuat dari HydraGlyde® Moisture Matrix yang menciptakan bantalan antara lensa kontak dan kornea, menjaga mata Anda terhidrasi dan nyaman sepanjang hari.

Cairan ini juga dilengkapi dengan sistem disinfektan ganda Polyquad® dan Aldox® untuk menyingkirkan mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi mata. Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Solution bagus digunakan untuk lensa hidrogel silikon. Anda dapat membeli cairan ini di Bukalapak melalui link ini dengan menyediakan dana sekitar Rp 100 – 150 ribu saja.

2. Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution

Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution

Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution bekerja seperti mata Anda. Menggunakan softlens dapat menjadi berat, apalagi kalau dipakainya setiap hari. Dengan Biotrue Multi-Purpose Solution, memakai lensa kontak menjadi terasa menyenangkan. Cairan softlens ini mengandung contains hyaluronan (HA) yang bekerja dengan menghidrasi lensa kontak dengan cara yang sama seperti cara mata Anda menghidrasi secara alami.

Cairan softlens Biotrue ini memiliki tingkat pH yang sama seperti air mata sehat, sehingga memungkinkan kinerja optimal dari disinfektan ganda. Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution harganya sedikit lebih murah dari cairan softlens Opti-Free, yaitu Rp 60 – 100 ribuan saja. Anda dapat membelinya secara online di Bukalapak dengan klik link ini.

3. Bausch + Lomb ReNu MultiPlus Multi-Purpose Solution

Bausch + Lomb ReNu MultiPlus Multi-Purpose Solution

Masih dari Bausch + Lomb, cairan softlens terbaik yang selanjutnya adalah ReNu MultiPlus Multi-Purpose Solution. Produk ini adalah larutan serbaguna untuk membersihkan lensa kontak. Ini sangat efektif untuk membunuh bakteri dan jamur sekaligus memberikan kelembaban yang seimbang, sehingga Anda akan merasakan sensasi lensa kontak yang segar dan baru setiap hari.

Anda tidak perlu lagi membeli Enzymatic Protein Remover, karena cairan pembersih ini sudah mampu menghapus endapan protein dengan sempurna, sehingga menjadikan lensa bersih dan penglihatan jelas. Cocok untuk lensa kontak berbahan hydrogel dan silicone hydrogel.

Buat yang masih ragu, Bausch + Lomb ReNu MultiPlus Multi-Purpose Solution sudah memenuhi standarisasi internasional FDA/ISO (Food and Drug Administration/International Organization for Standardization), sehingga dijamin aman. Cairan ini diperuntukkan pada penggunaan sehari-hari. Cairan softlens seharga Rp 50 – 60 ribuan ini dapat dibeli di Bukalapak lewat link ini.

4. PuriLens Plus Preservative Free Saline

merk cairan softlens terbaik PuriLens Plus Preservative Free Saline

Jika Anda tipe orang yang sebisa mungkin menghindari bahan artifisial, maka PuriLens Plus Preservative Free Saline dapat menjadi pilihan Anda. Karena tidak mengandung bahan pengawet, merk cairan softlens terbaik ini bisa dipakai oleh orang yang matanya sensitif dan kering.

Bahkan, tingkat pH-nya disamakan dengan air mata alami, sehingga Anda akan merasa nyaman menggunakannya. Dalam satu boksnya berisi 12 botol cairan PuriLens Plus Preservative Free Saline.

5. Bausch + Lomb Sensitive Eyes Multi-Purpose Solution

Bausch + Lomb Sensitive Eyes Multi-Purpose Solution

Pemilik mata sensitif harus ekstra hati-hati dalam memilih merk cairan softlens terbaik. Bausch + Lomb Sensitive Eyes Multi-Purpose Solution ini akan membersihkan, membilas, dan mendesinfektan softlens dengan baik. Jaga mata sensitif Anda tetap nyaman dengan menggunakan produk ini.

6. Clear Conscience Multi-Purpose Solution

Clear Conscience Multi-Purpose Solution

Merk cairan softlens terbaik yang ke-6 adalah Clear Conscience Multi-Purpose Solution. Dengan formula nyaman, cairan pembersih ini bisa dipakai untuk softlens biasa, lensa kontak silicone hydrogel, dan lensa kontak rigid gas permeable. Sesuai namanya, cairan ini memiliki banyak fungsi, yaitu untuk membersihkan, membilas, mendesinfeksi, mengkondisi, menghilangkan protein, mengurangi deposisi lipid, dan untuk menyimpan softlens.

Jangan pakai lensa kontak Anda jika belum direndam di dalam cairan ini selama 6 jam, ya. Walaupun pada botol masa expired-nya masih lama, cairan ini harus dibuang 3 bulan setelah dibuka, habis atau tidaknya cairan. Menggunakan cairan ini setelah lewat tiga bulan dibuka dapat menyebabkan cairan terkontaminasi dan membuat mata infeksi, kehilangan penglihatan, hingga kebutaan.

7. CLEAR CARE PLUS Cleaning & Disinfecting Solution

CLEAR CARE PLUS Cleaning & Disinfecting Solution

CLEAR CARE PLUS Cleaning & Disinfecting Solution adalah merk cairan softlens terbaik yang selanjutnya. Diformulasikan khusus dengan teknologi HydraGlyde® Moisture Matrix, lensa kontak Anda akan selalu terhidrasi dan dalam keadaan prima. Cairan ini tidak hanya membersihkan dan mendesinfektan lensa kontak, tapi juga melembabkan dengan kekuatan gelembung dari hidrogen peroksida.

8. Equate Saline Solution for Sensitive Eyes

 Equate Saline Solution for Sensitive Eyes

Satu lagi merk cairan softlens terbaik untuk mata sensitif, adalah Equate Saline Solution for Sensitive Eyes. Cairan ini diperuntukkan buat membersihkan softlens sehari-hari. Bilas softlens Anda sebelum dan sesudah dipakai, lalu simpan di tempatnya dengan menggunakan Equate Saline Solution. Jangan lupa beli cairan desinfektan juga, karena produk ini bukan merupakan desinfektan.

9. Lobob Optimum Cleaning, Disinfecting, and Storage Solution

Lobob Optimum Cleaning, Disinfecting, and Storage Solution

Jika kebanyakan merk cairan softlens terbaik sebelumnya hanya bisa dipakai untuk softlens (lensa kontak lunak) saja, kini ada produk khusus untuk lensa kontak rigid gas permeable (keras). Cairan ini berguna untuk menghilangkan endapan di permukaan lensa kontak, selain ini berfungsi sebagai pembersih, desinfektan, serta cairan untuk menyimpan lensa kontak. Cairan ini bukan untuk dipakai langsung ke mata, ya!

10. Menicon Unique pH Multi-Purpose Solution

merk cairan softlens terbaik Menicon Unique pH Multi-Purpose Solution

Rekomendasi merk cairan softlens terbaik yang terakhir adalah Menicon Unique pH Multi-Purpose Solution. Cairan multifungsi ini sangat efektif untuk lensa kontak tipe rigid gas permeable (yang keras). Fungsi cairan ini adalah untuk menghilangkan kotoran, protein, dan bakteri dari lensa kontak. Karena merupakan multi-purpose solution, Anda tidak perlu produk pembersih tambahan.

Nah, itulah beberapa macam cairan pembersih softlens serta merk yang rekomenditnya. Ternyata ada banyak sekali tipe cairan pembersih, ya? Semuanya berbeda tergantung fungsi dan mau dipakai pada softlens jenis apa. Pilihlah cairan yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang ingin membeli softlens buarkualitas, cari tahu rekomendasinya di artikel 10 Merk Softlens Terbaik ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment