Bacaterus / Biskuit / 10 Merk Biskuit Bayi yang Bagus, Sehat dan Aman Dikonsumsi

10 Merk Biskuit Bayi yang Bagus, Sehat dan Aman Dikonsumsi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mayoritas bayi mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan ke atas. Tapi, sudah ada gigi atau pun belum, usia 6 bulan merupakan waktunya bayi mulai makan. National Institutes of Health menyarankan kita sebagai orang tua untuk menyediakan makanan yang aman, lembut, mudah dikunyah dan nyaman di mulut bayi.

Gusi bayi memang terkesan kuat, buktinya ketika gigi mereka belum tumbuh saja sudah bisa gigit-gigit makanan. Tapi, Anda harus menghindari makanan keras, kasar dan beku untuk bayi karena dapat menyebabkan kerusakan gusi, gigi dan mulut bayi, loh!

Nah, mom & dad tenang saja karena biskuit bayi dirancang khusus untuk bayi yang baru belajar makan hingga kanak-kanak yang sudah banyak giginya. Biskuit bayi itu sehat, lunak dan mudah dikunyah. Mereka mudah larut di mulut bayi, yang memungkinkan bayi mengonsumsinya tanpa banyak upaya dan tekanan mengunyah.

Mayoritas biskuit bayi di pasaran mengklaim dapat memberi bayi Anda nutrisi dan vitamin sehat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak Anda. Dengan berlalunya waktu, penggunaan biskuit tumbuh gigi semakin meningkat karena mudah dikonsumsi dan memberikan nutrisi kepada bayi. Berikut adalah merk biskuit bayi yang bagus yang sudah Bacaterus kumpulkan sesuai jenis dan usianya.

1. Promina Marie Susu

* sumber: cookpad.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebenarnya biskuit marie adalah biskuit yang sangat mirip dengan Rich Tea Biscuit, yaitu biskuit standar untuk teman minum teh premium khas Inggris. Kalau biskuit rich tea populer di tanah Inggris saja, biskuit marie lebih dikenal secara global. Biskuit jenis ini kadang disebut juga biskuit maria, mariebon, marietta dll. Jadi, marie itu bukan brand tapi jenis biskuitnya, ya!

Untuk orang dewasa ada berbagai merk biskuit marie yang terkenal, seperti Regal, Khong Guan, Roma, A.T.B, Nissin dan sebagainya. Nah, kalau untuk bayi, ada Promina Marie Susu. Ini adalah biskuit yang telah difortifikasi dengan zat besi, vitamin A, protein, kalsium, serta minyak ikan. Menurut klaimnya, sebagai finger food, Marie Susu Promina ini dapat menstimulasi:

  • Kemampuan menggenggam (palmer grasp),
  • Kemampuan menjimpit (pincer grasp),
  • Kemampuan mengunyah dan menggigit, dan
  • Pertumbuhan gigi.

Biskuit ini dapat dimakan langsung untuk perkembangan keterampilan makan dan bicara. Tapi, biskuit ini juga dapat ditambahkan susu atau air panas untuk menjadi makanan selingan diantara jam makan utama bayi.

Anda juga bisa berkreasi membuat biskuit ini menjadi puding seperti contoh gambar di atas. Selain merk Promina, coba juga SUN Biskuit Marie Susu. Biskuit marie seperti ini bisa dikonsumsi dari 6 bulan ke atas.

2. Heinz Farley’s Rusk

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Makanan cemilan anak ini bisa dikonsumsi untuk anak dari usia 6 bulan-5 tahun. Heinz Farley’s Rusk terbuat dari tepung gandum, gula, minyak nabati, kalsium karbonat, niasin, zat besi, vitamin A (mengandung antioksidan tokoferol), vitamin D dan lain-lain.

Jika anak Anda sudah bisa makan sendiri, biskuit ini bisa disajikan secara langsung. Untuk kemasan yang sudah dibuka, pindahkan biskuit ke tempat kedap udara supaya kualitas biskuit tetap terjaga.

Tapi, jika mereka masih belajar makanan yang disaring, lebih baik lumatkan biskuit Farley’s dengan mencampurnya dengan air atau susu panas. Buang jika makanannya tidak habis, jangan dimasukkan kulkas untuk dihangatkan kembali, ya!

3. Milna Biskuit Bayi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sekarang Bacaterus merekomendasikan versi murah dari Farley’s Rusks, yaitu Milna Biskuit Bayi. Ini adalah makanan bayi dari usia 6 bulan-1 tahun. Bentuk, tekstur dan komposisi biskuit ini paling tepat untuk mendukung pertumbuhan optimal anak Anda. Berikut ini adalah kandungan biskuit Milna:

  • AA & DHA untuk perkembangan otak dan retina mata,
  • Prebiotik FOS untuk kesehatan saluran pencernaan,
  • Kalsium susu dan vitamin D untuk pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi,
  • Vitamin C dan E untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, serta
  • 11 vitamin dan 5 mineral lainnya.

Biskuit ini tersedia dalam rasa: Original, Jeruk, Kacang Hijau, Pisang, Beras Merah dan Apel Jeruk. Milna Biskuit Bayi mampu mestimulasi pertumbuhan gigi dengan bentuk dan teksturnya yang khusus, cocok untuk gigitan pertama si kecil.

Biskuit ini juga sangat mudah larut di air atau ASI, sehingga bisa menjadi bubur yang bergizi lengkap dan seimbang untuk MPASI. Kalau mau dijadikan bubur, masukkan 2 keping biskuit ke mangkuk. lalu tambahkan susu/air panas secukupnya. Aduk hingga biskuit menjadi bubur dengan tekstur yang diinginkan.

4. Promina Biskuit Rusk

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Biscuit rusk adalah biskuit bundar cembung yang berpori. Jenis biskuit seperti ini paling populer di pasaran, karena sudah bisa dimakan oleh bayi usia 6 bulan ke atas. Biskuit ini tidak keras untuk gusi bayi, mudah lumer di mulut, serta mengandung susu. Biskuit ini akan menstimulasi bayi untuk belajar memegang benda, mengigit dan mengunyah.

Dilengkapi dengan omega 3, omega 6 dan kolin untuk perkembangan otak, serta kalori yang tidak terlalu tinggi, Promina Biskuit Rusk cocok sebagai cemilan. Produk ini dijual dalam kemasan 130 gram dengan rasa Beras Merah, Kacang Hijau, serta Rasa Susu.

5. SUN Biskuit Bayi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kita sudah sangat familiar dengan bubur bayi dari brand SUN. Kini, kita bisa memberi buah hati SUN Biskuit Bayi. Biskuit ini mengandung AA dan DHA yang bagus untuk perkembangan otak dan retina sang bayi. Lalu, kandungan prebiotik FOS-nya mampu menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga bayi tidak mudah diare atau sembelit.

Kandungan kalsium dan Vitamin D di dalamnya berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Ada pula kandungan zat besi yang mampu mencegah bayi anemia. Sementara, tambahan vitamin C dan vitamin E berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh agar anak Anda tidak mudah sakit. Merk ini bisa menjadi pilihan Anda yang sedang hemat budget karena harganya sangat terjangkau.

6. Heinz Biscotti Snack

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

H. J. Heinz, atau lebih dikenal sebagai Heinz, adalah perusahaan pengolahan makanan asal Amerika. Perusahaan ini didirikan oleh Henry John Heinz pada tahun 1869. Jadi, pengalamannya sudah jauh sekali, ya? Tak perlu diragukan lagi produk-produknya Heinz, deh!

Coba berikan Heinz Biscotti Snack untuk anak Anda yang sudah banyak giginya atau diatas 1 tahun. Biskuit berbentuk finger ini sehat, bergizi dan aman dikonsumsi bayi. Biskuit ini tidak mengandung perasa, pewarna, atau pun pengawet buatan. Semua bahannya natural, untuk rasa buahnya dari puree buah asli, rasa manisnya dari gula alami. Pokoknya recommended!

7. Lo Bello Baby Biscuits

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Masih biskuit finger food, kali ini Bacaterus merekomendasikan Lo Bello Baby Biscuits. Walaupun ini biskuit, tapi teksturnya agak crispy. Biskuit ini juga mudah dikunyah, kok. Tak perlu ragu lagi memberikan biskuit yang mengandung 6 vitamin dan 5 mineral ini untuk buah hati Anda.

8. Healthy Times Organic Hugga Bear Cookies

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Healthy Times Organic Hugga Bear Cookies bisa menjadi pilihan jika Anda ingin anak-anak mengonsumsi makanan yang organik. Biskuit ini hadir dalam empat varian, yaitu Whole Wheat Flour yang berarti rasa original, rasa Chocolate Chips yang menggunakan organic choco chips, rasa Organic Honey dan terakhir rasa Organic Vanilla Flavor.

9. Gerber Graduates Lil’ Biscuits

Gerber Graduates Lil’ Biscuits dimasak dengan cara dipanggang. Dibuat dengan menggunakan gandum utuh, kosher dairy, serta 3 mineral penting: kalsium, zat besi dan seng. Biskuit ini sangat baik untuk bayi Anda. Tak ada perasa, pewarna dan pemanis buatan. Tidak menggunakan sirup jagung yang tinggi fruktosa juga. Hanya biskuit yang enak dan sehat.

10. Morinaga Manna Biscuits

* sumber: www.japancandystore.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Terakhir, ada biskuit dari Jepang, nih. Morinaga Manna Biscuits adalah biskuit berbentuk kepala karakter brand Morinaga. Karena bentuknya yang bite size, disarankan untuk bayi di atas usia 7 bulan, ya.

Biskuit Morinaga Manna ini sudah dibuat sejak tahun 1930, loh! Legendaris banget, ya? Biskuit ini awalnya dibuat untuk bayi berusia 7 bulan dan seterusnya, itulah sebabnya biskuit berbentuk seperti wajah bayi yang menggemaskan, tetapi biskuitnya bagus untuk dinikmati anak-anak dan orang dewasa. Biskuit ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung kalsium, zat besi, serta vitamin B1, B2, dan D.

Nah, itu dia 10 merk biskuit bayi yang bagus versi Bacaterus. Yang terpenting bukan merknya sebenarnya, tapi kecocokan bentuk, tekstur dan kandungan dari biskuit tersebut dengan anak Anda. Sebelum membeli, lihat panduan usianya, apakah biskuit tersebut cocok untuk usia 6 bulan atau untuk 1 tahun ke atas.

Lalu, lihat kandungannya apakah mereka mengandung soya, gluten, kacang, dll yang mungkin harus dihindari oleh anak Anda. Apakah Anda sudah punya biskuit andalan yang difavoritkan si kecil?

Oh iya, selain soal biskuit bayi, Bacaterus juga sempat membahas beberapa hal soal peralatan bayi, seperti Merk Tisu Basah Khusus Bayi dan Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *