Bacaterus / AC / 10 Merk AC yang Bagus dan Hemat Listrik untuk Rumah 2019

10 Merk AC yang Bagus dan Hemat Listrik untuk Rumah 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juli 2019

Air Conditioner (AC) merupakan alat elektronik yang dipakai untuk mendinginkan ruangan. Jika dahulu AC merupakan barang mewah. Kini, AC telah menjadi barang yang bisa dimiliki oleh semua orang. Karena harganya yang cukup terjangkau, AC bisa kita temukan di mana-mana, mulai dari rumah, minimarket, warung internet, rumah makan, hingga kantor atau tempat usaha kecil.

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia tentu mengalami musim panas (kemarau) selama kurang lebih 6 bulan. Nah, di musim panas inilah banyak orang yang memerlukan AC. AC dapat membuat kita merasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Jika Anda ingin membeli atau mengganti AC yang ada di rumah saat ini, cek terlebih dahulu daftar merk AC terbaik versi Bacaterus berikut ini. Berbagai merk ini dapat Anda jadikan referensi jika ingin membeli perangkat AC terbaik saat ini.

10 Merk AC yang Bagus dan Hemat Listrik

1. Daikin

Daikin Deluxe R32 FTM25JV14

Ketika membahas soal merk AC yang bagus, Anda pasti tidak akan melewatkan Daikin. Ini adalah merk AC yang sudah cukup lama berada di pasaran Indonesia. Daikin selalu konsisten menyediakan pendingin ruangan untuk hunian, komersil, dan industri. Untuk hunian, Daikin menyediakan AC split dan multiple split (1 mesin untuk 2 unit AC).

Adapun seri terbaik dari Daikin antara lain Urusara 7 (FTXZ), European Designed (FTKJ), Hi-Inverter (FTKV), dan Multi-S. Semua seri terbaru dari AC Daikin sudah dilengkapi dengan teknologi Inverter yang lebih hemat energi. Selain itu, Daikin juga sudah mengadopsi freon R32 yang tidak merusak lapisan ozon. AC dari Daikin ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

2. Panasonic

Panasonic Deluxe Inverter CS-S10RKP merk ac terbaik

Meskipun tidak berkonsentrasi pada satu jenis alat elektronik saja, Panasonic menyediakan berbagai jenis AC yang lengkap untuk konsumennya. Mulai dari single split, cassette type, ceiling type, sampai dengan floor standing type. Untuk AC hunian yang bisa dipakai di ruangan-ruangan tempat tinggal Anda, hampir semua seri AC Panasonic sudah dibekali teknologi inverter yang hemat energi dan mampu membuat AC lebih cepat dingin.

Dengan menggunakan beberapa seri AC Panasonic, Anda tak perlu lagi membeli air purifier karena Panasonic sudah menyediakan teknologi nanoe-G yang dapat menjernihkan udara dalam ruangan. Sebagai referensi, Anda bisa membeli AC Panasonic seri CS/CU-VU10SKP, CS/CU-XN5SKJ, dan sejumlah tipe lain yang fiturnya bisa disesuaikan dengan pilihan Anda. AC ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

3. Gree

Gree Merk AC yang Bagus

Gree adalah vendor pendingin ruangan yang berasal dari negeri tirai bambu. Selama ini, Gree selalu berusaha menyediakan produk AC berkualitas dengan harga yang terjangkau. Meskipun harganya ekonomis, Gree selalu mengedepankan teknologi dan fitur terbaru untuk setiap produknya.

Ada fitur Frozen Power yang mampu mendinginkan ruangan secara 30 persen lebih cepat dari pendingin ruangan lainnya meskipun AC baru dinyalakan. Selain itu, ada juga ECO Friendly yang membuat AC ini jadi lebih hemat energi.

Produk best-seller dari Gree antara lain adalah U-Crown Deluxe Inverter, Low Wat COO Series, Standard WOO Series, dan masih banyak lagi. Gree turut menyediakan kebutuhan AC untuk keperluan komersial. Berbagai AC Gree ini bisa Anda beli secara online lewat Bukalapak di link ini.

4. Sharp

Sharp Sayonara Panas Comfort ECO AH-A5SDL

Salah satu merk AC yang bagus dan tahan lama adalah AC yang diproduksi oleh Sharp. Sama seperti Panasonic, Sharp memang tidak berkonsentrasi pada satu jenis alat elektronik saja. Selain AC, Sharp juga menjual TV, kulkas, mesin cuci, dan masih banyak lagi. Lantas, apa yang membuat AC Sharp lebih istimewa dibanding merk AC lain?

Semua AC Sharp sudah dilengkapi dengan Plasmacluster untuk menghilangkan virus, jamur, alergen, dan bau di ruangan Anda. Sharp juga mengusung slogan “Sayonara panas!” untuk membuktikan bahwa AC-AC dari Sharp dapat mendinginkan ruangan secara lebih cepat. Pilihlah sendiri AC Sharp dengan fitur dan teknologi yang Anda butuhkan. AC Sharp ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

5. LG

LG

Bingung memilh AC dari berbagai merk yang ada di Indonesia? Pertimbangkan untuk membeli LG karena merk ini adalah salah satu yang terbaik di pasar Indonesia. Beberapa seri AC LG sudah dibekali dengan Ionizer Sterilization yang dapat mensterilisasi bakteri dan deodorasi hingga 99,9%. Pada seri LG D10SMV panelnya tersembunyi sehingga tampilan AC ini juga lebih cantik.

Fitur lain yang merupakan kebanggaan LG adalah Jet Cool yang dapat mendinginkan ruangan secara lebih cepat. Jika ingin pengaturan suhu yang lebih mudah, AC LG menawarkan fitur Active Energy Control yang dapat mengatur tingkat konsumsi listrik dan kapasitas pendinginan secara efektif.

Dengan semua fitur dan teknologi canggih ini, AC LG menjamin konsumsi listrik yang dibutuhkan semua produknya tergolong rendah. Anda bisa membeli AC LG ini secara online lewat Bukalapak di link ini.

6. Samsung

Samsung

Tak banyak produk AC yang diproduksi Samsung. Hanya beberapa seri AC Samsung saja yang terlihat di pasaran. Namun, kualitas AC Samsung memang tidak perlu diragukan lagi. Pendingin ruangan paling mutakhir keluaran Samsung mengusung desain segitiga yang membuat sirkulasi udara dingin lebih cepat dan menyebar secara merata ke seluruh ruangan.

Teknologi Digital Inverter yang menyertai produk AC Samsung mampu menghemat energi dan menjaga suhu ruangan agar tetap dingin tanpa perlu menyala-matikan AC. Di samping itu, semua unit outdoor Samsung dilapisi dengan lapisan anti-korosi yang mencegah mesin cepat karatan atau rapuh karena terpapar panas atau hujan. AC Samsung ini bisa Anda beli lewat Bukalapak di link ini.

7. AUX

AUX AC

AUX adalah merk AC yang bagus, tetapi kurang dikenal di Indonesia. Merk ini menyediakan AC split, floorstanding, portable, dan komersial. Material yang dipakai untuk membuat AC produksi AUX menjamin mesin dalam maupun luarnya akan terhindar dari karat.

Selain itu, dengan fitur Multi Fan Speed maka udara yang dikeluarkan dari AC jadi lebih cepat dingin meskipun Anda baru menyalakan AC tersebut. Semua AC keluaran AUX juga dijamin hemat energi. Beberapa model AC AUX yang cukup laris di pasaran antara lain adalah FO TYPE, DA TYPE, YR TYPE, dan FFR1 TYPE. Anda bisa membeli berbagai produk tersebut di Bukalapak di link ini.

8. Mitsubishi

Mitsubishi

Selama ini Anda mungkin mengira bahwa Mitsubishi adalah merk kendaraan bermotor. Sejatinya, Mitsubishi Electric bukan pemain baru dalam pasar barang elektronik. Brand ini sudah banyak memproduksi barang elektronik yang tahan lama, salah satunya pendingin ruangan.

Meskipun menyediakan AC split untuk kebutuhan pribadi, Mitsubishi lebih laris dalam penjualan produk tirai udara atau AC komersial yang diletakkan di langit-langit seperti di pusat perbelanjaan.

Teknologi terbaru yang dipersembahkan Mitsubishi adalah “I See Sensor” yang merealisasikan kontrol AC secara lebih baik sehingga kinerja AC jadi lebih optimal. Berbagai AC Mitsubishi bisa Anda dapatkan secara online melalui Bukalapak di link ini.

9. Changhong

Changhong CS-C09 QA

“Murah, tapi bukan murahan” Itulah motto bagi Changhong, sebuah vendor elektronik yang berasal dari negeri tirai bambu. Changhong hanya memproduksi TV dan AC. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa penjualan AC dari Changhong lebih unggul dari penjualan produk TV-nya. Kondensor AC Changhong memiliki sifat logam mulia emas untuk mencegah debu, karat, dan membuat AC lebih tahan lama.

Ada indikator LED di setiap AC Changhong yang tentunya membuat tampilannya terlihat canggih dan menarik. Tak hanya itu saja, Changhong juga mengusung teknologi Auto Clean, di mana saat Anda mematikan AC, maka AC tetap bekerja selama 3 menit dan otomatis mati sendiri untuk mencegah jamur dan bakteri berkembang dalam AC. AC dari Changhong ini bisa Anda beli secara online di Bukalapak melalui link ini.

10. Haier

Haier SAP-KC109FG3

Ingin mencari AC dengan harga murah dan kualitas yang bandel? Pertimbangkan untuk membeli AC dari merk Haier. Merk ini memberikan banyak pilihan pendingin ruangan jenis split yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tak tanggung-tanggung, Haier melengkapi produk pendingin ruangannya dengan teknologi Photocatalytic Filter untuk mengurangi bau dalam ruangan, Intelligent Air Flow untuk menebarkan udara dingin secara merata ke seluruh ruangan dan LED Display yang mempercantik tampilan AC Anda.

Dengan semua keunggulan ini, tak heran jika Haier menjadi merk AC yang bagus dan patut untuk Anda pertimbangkan. Anda bisa membeli AC Haier ini secara online lewat Bukalapak di link ini.

Rekomendasi merk AC yang Bagus Lainnya

Selain 10 AC di atas, kami juga masih  memiliki rekomendasi produk AC lainnya yang bisa Anda pertimbangkan karena kualitasnya juga tidak bisa dpandang sebelah mata. Berikut daftar lengkapnya:

11. Polytron

Polytron

Polytron merupakan brand elektronik dalam negeri dengan kualitas yang tidak kalah dengan merk-merk luar negeri. Merk ini terus berinovasi untuk mengembangkan produk yang canggih dengan desain yang cantik. Hal tersebut juga bisa dilihat dari tampilan AC-AC Polytron yang memang tampak mempercantik ruangan.

Tak hanya mengutamakan tampilan saja, Polytron juga membekali AC-nya dengan teknologi dan fitur yang canggih. Seperti salah satu varian AC-nya, yaitu Neuva Ice, yang mendinginkan ruangan lebih cepat dibanding AC dari merk lain. Bahkan, di body AC juga terdapat LED Screen untuk menunjukkan suhu yang diatur untuk AC tersebut.

Singkatnya, AC Polytron adalah AC bagus, canggih, dan dibandrol dengan harga terjangkau. Anda bisa membelinya melalui Bukalapak di link ini.

12. Midea

Midea

Bingung memilih merk AC yang bagus dengan harga yang sesuai dengan budget pribadi? Pilih saja AC Midea karena merk ini menawarkan AC yang cukup bandel dengan harga yang masuk akal. Meskipun popularitas Midea masih berada di bawah Panasonic, Sharp, dan Daikin, tetapi AC Midea sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir, seperti inverter misalnya.

Untuk beberapa jenis AC keluaran terbaru dari Midea sudah bisa dikontrol melalui smartphone dengan aplikasi khusus, lho. Tak hanya itu saja, Midea juga melengkapi beberapa seri AC keluarannya dengan 3D Surrounding Flow yang dapat mengedarkan udara sejuk hingga merata ke seluruh ruangan. Produk ini bisa dibeli melalui Bukalapak di link ini.

13. Akari

Akari

Tidak mau ketinggalan dengan sejumlah merk AC yang bagus lainnya, Akari juga turut memperkenalkan produk AC ke masyarakat Indonesia. Dari segi tampilan dan spesifikasi mungkin AC Akari masih kalah jauh jika dibandingkan dengan AC dari merk-merk besar lainnya. Akan tetapi, harga yang dibandrol untuk AC Akari memang sangat terjangkau.

Akari juga menawarkan varian AC low-watt untuk menghemat pemakaian listrik Anda. Di samping itu, ada juga teknologi Turbo Cooling di AC Akari untuk mendinginkan ruangan secara lebih cepat. AC Akari juga menggunakan freon yang ramah lingkungan. Anda bisa membeli produk ini melalui Bukalapak di link ini.

14. TCL

TCL

TCL adalah brand elektronik yang berasal dari Amerika Serikat. Meskipun kurang populer di Indonesia, tapi AC dari merk ini juga dipasarkan di negara kita. Usut punya usut, AC TCL ini terkenal dengan keawetannya. AC keluaran TCL sangat bandel. Bahkan, outdoor-nya didesain agar tahan terhadap segala jenis cuaca.

Saat ini, AC Split merupakan AC yang paling umum. TCL juga menyediakan AC Split untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Akan tetapi, merk ini juga menyediakan AC jenis window dan portable. Jadi, jika Anda masih fanatik dengan AC window, TCL menyediakan AC window terbaru sesuai kebutuhan Anda. Produk ini bisa dibeli melalui Bukalapak di link ini.

15. Sanken

Sanken

Merk Sanken juga menyediakan berbagai jenis AC yang Anda butuhkan, mulai dari AC split, AC minimalis, standing, dan platform yang menempel di langit-langit. Soal harga, Sanken menawarkan AC dengan desain dan spesifikasi mutakhir dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa membelinya melalui Bukalapak di link ini.

Adapun fitur yang terdapat di AC Sanken adalah Vitamin C Filter yang menyebarkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas, Germicidal Filter untuk menyaring virus dan bakteri sehingga udara dalam ruangan jadi lebih sehat, dan Blue Fin Evaporator untuk meningkatkan pertukaran kalori besar sehingga lebih hemat listrik dan ruangan jadi lebih cepat dingin.

Sedikit tips untuk Anda yang hendak membeli AC atau air cooler baru. Pilih toko elektronik yang ternama dan terpercaya untuk menghindari AC palsu atau produk refurbish. Pastikan Anda mendapat garansi resmi dari produsen AC tersebut, bukan garansi dari toko atau distributor. Yuk, segera pilih merk AC yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bacaterus juga memiliki panduan bagi Anda yang ingin membeli AC baru. Anda dapat membuka artikel cara memilih AC yang bagus ini untuk panduan memilih AC yang tepat untuk Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

31 pemikiran pada “10 Merk AC yang Bagus dan Hemat Listrik untuk Rumah 2019”

  1. makasih rekomend nya,, tapi klo aku sukanya pake daikin, lebih joss. hee

  2. Daikin kualitasnya bagus cuma lama dinginnya dan gak hemat2 juga utk urusan listriknya

  3. Apa mas sudah coba tuh teknologi inverternya?

  4. Mau pilih yg mn nih, jd bingung ane

  5. Hmm..

    iNi kan menurut link BACTERUS ya

    Kalau menurut saya sich ac MITSUBISHi ELECTRIC

    Suara nya silen bget oudor 19DB outdor 21DB
    Cuman kurang nya mitsubishi ga produksi ac 1/2pk 3/4pk untuk garansi compresor 5tahun spertpar 1tahun
    Dalem nya evavpertor nya tembaga semua mitsubishi masih original masih dari thailand semua ya
    Jadi jgn salah pisih ac ya
    buktiinya aja kualitas sama produck lain nya..

    Di garis bawah produck bagus itu di atas 10thun baru ada kerusakan..
    Di baru di katakan bagus

    • Terima kasih sudah berbagi pengalamannya. 🙂

  6. Ac paling silen 21Db oudor indor 19Db

  7. Gmn dg gree..kbetulan dr promonya katanya hemat listrik..betul gak ya

    • Gree yang ECO Friendly membuatnya lebih hemat energi.

  8. Saya sudah pakai daikin tidak mengecewakan. Sangat dingin dan hemat listrik.puas deh. Daikin

  9. Hadeeh baca artikel ini malah jadi binguuungg….krn semuanya di bilang baguus

  10. Jangan bingung ac sama aja, tinggal bagaimana cara menggunakan dan merawatnya. Saya pakai merk Electrolux sudah 5 tahun masih awet dan tetap dingin seperti baru.

    • Betul. Merk sebagus apapun kalau cara menggunakan dan merawatnya tidak baik mungkin akan cepat rusak. 👍🏻

  11. buat saya semua merk ac bagus..asal ..kita mampu merawatnya…betul kan..

  12. Buat saya sekarang AC sudah semakin banyak yang menurun kualitasnya, hehehe. Baru beli AC Panasonic, 2 minggu langsung bocor 🙁

    • Semoga masih garansi ya. Terima kasih infonya.

  13. Saya pakai ac daikin, tergoda karena banyak yang bilang awet, ternyata… Sama aja. Sudah ganti tiga unit, ternyata, kualitasnya sama aja kayak yg lain. Dua tahun kudu ganti ac baru. Parah juga. Not recommend deh.

    • Terima kasih infonya. Semoga bisa menemukan yang awet ya.

  14. Review yang baik tidak hanya menyebut kelebihannya tapi juga kekurangannya…dan di sini tidak ada, semua baik 😓

    • Karena judulnya adalah 10 Merk AC yang Bagus… jadi, yang dibahas adalah yang menurut kami bagus ya. Jika menurut Anda terdapat kekurangan, silakan disampaikan di kolom komentar ya kekurangannya agar bisa menjadi masukan untuk pembaca lainnya juga. Terima kasih.

  15. kalo saya pake ac tetangga aja….lebih dingin dan anget dan gak berisik seperti yang dirumah

  16. Bicara merk AC sama dgn bicara merk Mobil, ada Toyota, Honda, Mutsubishi, Suzuki, Mazda, BMW, Mercedez, Jeep, Proton, Wuling, dsb. Intinya Perawatan dan cara pakai. Satu lagi….harga tidak pernah bohong tentang kualitas, semua tergantung si pemakai. Terimakasih…

  17. Bingung sama orang yang bilang merk ini merk itu jelek, malah ada yg comment merk daikin sampai ganti 3 kali. Itu mah berarti orangnya masih awam tentang ac. Faktor keawetan ac itu sangat banyak :
    1. Pemasangan
    Ini adalah hal yang paling krusial, orang indo itu banyak yg ingin harga pasang yg semurah-murahnya, akhirnya pemasangan pun ngak sesuai sop, tidak divacuum, tidak menggunakan pipa tebal, dll. Dan banyak juga teknisi yg kerjanya asal2 memasang ac, akhirnya bocor disambungan neppel pipa yt membuat freon habis, bocor air di indoor karena pemasangan unit indoor kurang proporsional, kurang miring pipa drainnya sehingga air susah untuk turun

    2. Capacity
    Kebanyakan orang salah pilih kapasitas ac (undercapacity) membuat beban kerja ac meningkat sehingga kompressor susah untuk beristirahat dan membuat umur ac menjadi pendek. Contoh ac 1/2 pk buat ruangan 3×5 m itu salah besar, iya sih masih bisa dingin tapi itu jadi kurang dingin dan memperberat kerja kompressor sehingga kompressor susah beristirahat, ntar kalau umur ac pendek dan kurang dingin yg disalahin brand acnya. Kasian produsen ac juga sih yg disalahin karena kesalahan user itu sendiri. Rumus untuk menghitung kebutuhan ac itu adalah panjang x kali x 500btu (dengan asumsi tingginya 3m). Contoh 3x4x500= 6000btu, maka wajib pake ac min 3/4 pk.

    3. Perawatan
    Nah kebanyakan orang indo itu bersihin ac ketika acnya sudah ngak dingin. Itu kesalahan besar. Sebaiknya cuci ac itu 4-6 bulan sekali agar ac tetap dalam kondisi prima. Ac yg kotor akan menurunkan efisensi pendinginan karena filter indoor yg kotor menghalangi udara yg yg disedot dan dondensor outdoor yg kotor menurunkan efisiensi pembuangan panas. Dan orang indo banyak banget yg dibegoin sama tukang service ac dengan disuruh isi freon. Selama ac masih dingin dan tekanan freon sesuai standart tidak perlu isi freon. Kebanyakan tukang ac juga nakal dengan sengaja membbocorkan halus freon. Kalau disuruh minta isi freon, suruh cari cebocorannya dimana, jangan asal mau diisi freon. Menambahkan freon ac secara berkala juga tidak baik buat ac karena bisa membuat kompressor tidak stabil dan akhirnya ceoat jebol.

    4. Listrik
    Kondisi listrik dirumah juga harus stabil, walaupun sekarang banyak ac yg bisa bekerja low voltage, sebaiknya ac dipasang pada kondisi tegangan yg stabil. Kondisi tegangan yg tidak stabil akan mempengaruhi kerja kompressor.

    Saya dirumah punya ac merk sharp, toshiba, panasonic, lg, daikin, dan gree semuanya sehat, tidak ada ada yg bermasalah satupun, bahkan ada yg udh 10 tahun lebih. Awet semua acnya.
    Jadi yg bilang ac merk ini merk itu jelek berarti kemungkinan salah satu faktor diatas pasti mempengaruhi.
    Saya nulis panjang2 kayak gini karena masih miris dengan kondisi di indo

Tinggalkan komentar