Bacaterus / AC / 10 Rekomendasi Merk AC Portable untuk Menyejukkan Ruangan

10 Rekomendasi Merk AC Portable untuk Menyejukkan Ruangan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

AC portable hadir untuk menjawab permasalahan orang-orang yang tidak ingin dipusingkan dengan instalasi ataupun maintanance yang ribet. Karena AC portable tidak membutuhkan outdoor unit dan instalasinya pun tidak membutuhkan teknisi. Instalasi yang dibutuhkan untuk AC portable hanya menghubungkan selang ke AC dan mengarahkan ujung selang ke luar jendela.

Ukurannya yang relatif kecil dan mudah untuk dipindahkan, membuat AC portable menjadi salah satu opsi terbaik bagi kalian yang tinggal di rumah, kamar atau apartemen sewa. Bagi kalian yang masih dalam pencarian AC portable, kalian tidak perlu khawatir, karena kami sudah merangkum 10 merk AC portable terbaik yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Midea PF Portable

Midea PF Portable

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

PF Portable ini merupakan seri AC portable dari salah satu merk AC ternama yakni Midea. Seri ini hadir dalam 2 jenis yaitu PF Portable 9K dengan kapasitas 1 PK dengan daya sebesar 1015 watt yang ideal untuk ruangan berukuran maksimal 18m2. Sedangkan, PF Portable 12K hadir dengan kapasitas  1.5 PK  dengan daya sebesar 1350 watt yang cocok untuk ruangan berukuran maksimal 24m2.

AC portable dari Midea ini dilengkapi dengan Self Evaporative System sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi membuang air hasil kondensasi AC.  Lalu, terdapat juga silver ion filter yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri.

Dan ia juga dilengkapi fitur sleep mode yang dapat membuat AC secara otomatis mengatur suhu agar tidur menjadi lebih nyaman sekaligus menghemat penggunaan energi listrik.Tidak hanya itu, ia sudah dilengkapi dengan sistem Auto Protection, sehingga apabila terjadi kebocoran pada pipa AC, unit akan secara otomatis mati total.

Untuk yang berminat AC Portable Midea jenis PF Portable 9K dapat kalian beli dengan harga sekitar 3.6 juta. Sedangkan untuk jenis  PF Portable 12K ditawarkan dengan harga sekitar 4.2 juta.

2. Sharp CV-P10TCY

Sharp CV-P10TCY

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi AC portable selanjutnya berasal dari merk terkenal yaitu Sharp. AC portable milik Sharp ini dilengkapi dengan kapasitas sebesar 1 PK atau 8500 BTU yang artinya ia efektif untuk mendinginkan ruangan berukuran maksimal 17m2. Sedangkan untuk daya, AC portable membutuhkan 960 watt.

AC portable ini dilengkapi juga dengan teknologi khas AC Sharp yaitu Plasmacluster Ion Generator yang diklaim dapat membunuh bakteri dan juga virus. Lalu, fitur Turbo Cool Function membuat AC dapat bekerja lebih cepat untuk mendinginkan ruangan.

Dan menariknya Sharp CV-P10TCY ini mempunyai fitur Refresh (Laundry) mode yang dapat menghilangkan bau pada pakaian yang basah. Selain itu, terdapat fitur Sleep Operation yang mampu mengatur suhu secara otomatis, sehingga membuat tidur kalian lebih nyaman.

Untuk membawa pulang satu unit AC portable Sharp CV-P10TCY yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik ini, kalian harus menyiapkan budget sekitar 6 jutaan.

3. AUX Portable L

AUX AC Portable L

Cek Harga di Shopee

Produsen AC asal China yaitu AUX menawarkan juga produk AC portable untuk para konsumen yang menyukai kepraktisan. AUX Portable L series ini tersedia dalam dua kapasitas berbeda yaitu  1 PK dengan daya listrik sebesar 1030 watt dan 1.5 PK yang membutuhkan daya sebesar 1370 watt.

AC AUX L series ini menggunakan jenis freon yang ramah lingkungan yaitu freon R410A. Dengan demikian, ia tidak berpotensi untuk merusak lapisan ozon, namun tetap efisien untuk mendinginkan ruangan. Terdapat juga fungsi dehumidifier yang dapat mengurangi kelembapan udara. Sehingga, cocok untuk ruangan dengan kondisi terlalu lembab.

Jika AC portable merk AUX ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, kalian dapat membeli AUX Portable LR 1 PK dengan range harga sekitar 3.5-4 jutaan. Sedangkan yang berkapasitas 1.5 PK dijual dengan harga sekitar 4.6 jutaan.

4. Close Comfort Portable Air Conditioner

Close Comfort Portable Air Conditioner

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi yang sedang mencari AC portable dengan daya listrik yang kecil, AC Portable dari merk Close Comfort ini bisa menjadi pilihan ideal untuk kalian. Hal ini dikarenakan, daya yang dibutuhkan AC ini hanya mencapai 300 watt.  AC portable ini bahkan diklaim dapat menghemat penggunaan energi hingga sebesar 85%, jika dibandingkan dengan AC lainnya.

Meskipun kapasitas AC Portable ini hanya mencapai 0.5 PK yang pada umumnya hanya dapat menjangkau ruangan berukuran 10m2. Namun, hal itu menjadi pengecualian untuk AC ini. Karena AC Close Comfort dilengkapi dengan teknologi yang fokus mendinginkan area dimana kalian berdiri, duduk, atau tidur.  Sehingga, ia tidak akan “membuang energi” untuk mendinginkan area ruangan yang kosong.

Dan hal unik lainnya adalah AC portable dari Close Comfort ini tidak memerlukan selang seperti AC portable pada umumnya.  Sehingga, ia dapat langsung digunakan tanpa instalasi.

Close Comfort Portable Air Conditioner hadir dalam dua jenis yaitu PC9 dan PC9+. PC 9 dibanderol dengan harga sekitar 3.8 juta, namun  tidak dilengkapi dengan remote control. Sedangkan, PC9+ sudah dilengkapi remote control dan power inverter, namun harga yang ditawarkan lebih mahal yaitu sekitar 5 juta.

5. Best Life Portable Type PX

Best Life Portable Type PX

Best Life Portable Type PX ini terdiri dari 2 jenis yaitu 09 PX dan 12 PX. 09 PX memilki kapasitas 1 PK dan membutuhkan daya listrik sebesar 1200 watt. Sedangkan, 12 PX memiliki kapasitas 1.5 PK dengan konsumsi listrik sebesar 1500 watt.

Salah satu keluhan yang sering dilayangkan untuk AC adalah suaranya yang bising, namun AC portable dari Best Life ini low noise yang artinya suara yang dihasilkan tidak terlalu bising. Selain itu, material yang digunakan oleh produk ini diklaim break resistant alias tidak cepat rusak.

Dan AC Portable PX09 milik Best Life ini dapat kalian beli dengan harga sekitar 3 jutaan sedangkan jenis 12 PX ditawarkan dengan harga sekitar 4 jutaan.

Baca juga: Merk AC yang Bagus dan Hemat Listrik untuk Rumah

6. Trends TPS07

Trends TPS07

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk AC portable  produksi Singapura ini dilengkapi dengan tiga fungsi yaitu cooling, heating serta dehumidifying. Yang artinya AC ini dapat menyaring udara yang lembab, sehingga ia cocok untuk digunakan di dalam ruangan berkondisi lembab.

Trends TPS07 memiliki kapasitas 5000 BTU  yang cocok untuk digunakan dalam ruangan kecil dengan ukuran maksimal 10m2. Lalu, jika kalian membeli AC portable ini kalian tidak perlu repot-repot membuang air kondensasi, karena ia secara otomatis akan diuapkan.

Terdapat juga fitur sleeping mode yang dapat mengatur suhu secara otomatis untuk membuat tidur kalian lebih nyaman. Untuk konsumsi listrik, AC portable ini membutuhkan daya sekitar 700 watt. Sedangkan untuk harga,  AC portable Trends TPS07 ini ditawarkan dengan harga berkisar 2-3 jutaan.

7. LG LP1419IVSM

LG LP1419IVSM

LG LP1419IVSM memiliki kapasitas sebesar 14.000 BTU yang sudah dilengkapi dengan Wi-Fi dan SmartThinQ Technology. Sehingga, AC portable ini dapat dikontrol dari mana saja melalui aplikasi smartphone, Google Assistant dan Alexa.

AC LG ini juga dilengkapi teknologi Lo-Decibel, sehingga ia tidak mengeluarkan suara bising yang mengganggu. Lalu, teknologi Dual Inverter Compressor membuat unit ini mampu mendinginkan secara maksimal sekaligus dapat menghemat energi hingga 40% dibandingkan dengan AC non inverter.

Fitur dan performa yang ditawarkan LG LP1419IVSM membuat ia dinobatkan sebagai AC portable terbaik oleh Wirecutter. Namun sayangnya, AC Portable dari LG ini belum tersedia di LG Indonesia. Maka, untuk mendapatkannya kalian harus memesan lewat marketplace luar seperti Amazon,eBay dan lain sebagainya dengan harga berkisar 700 dollar atau sekitar 10 jutaan.

8. Honeywell HL12CESWB

Honeywell HL12CESWB

Honeywell HL12CESWB ini merupakan AC portable berkapasitas 12000 BTU yang dilengkapi dengan 3 fungsi yaitu cooling, dehumidifing, dan fan. Sehingga cocok digunakan dalam ruangan berukuran 24m2. Lalu, dilengkapi juga dengan dual filter yang mampu mem-filter debu dan partikel-partikel kecil lainnya dengan efektif.

Terdapat juga auto evaporation yang dapat membuat air kondensasi berevaporasi secara otomatis. AC Portable Honeywell ini juga tidak memimbulkan suara bising, meskipun ia dinyalakan dalam speed yang tinggi. Bussiness insider bahkan menyebut bahwa Honeywell HL12CESWB merupakan AC Portable paling sunyi.

Honeywell HL12CESWB sayangnya belum tersedia di Honeywell Indonesia. Sehingga, harus di pesan melalui e-commerce luar. Jika kalian berminat, Honeywell HL12CESWB ini dapat dibeli dengan harga 590 dollar atau sekitar 8.8 jutaan.

9. Frigidaire FGPC1244T1

Frigidaire FGPC1244T1

Jika kalian bosan dengan bentuk AC portable yang kotak dan bulky, maka AC portable Frigidaire FGPC1244T1 layak untuk dipertimbangkan. AC portable ini memiliki desain ramping dan tinggi, sehingga ia terlihat lebih modern sekaligus tidak memakan tempat.

Selain itu, AC portable ini juga sudah  dilengkapi dengan Wi-Fi. Sehingga, ia dapat dikontrol dengan mudah melalui smartphone.  Tidak hanya itu, ia juga dapat dikendalikan oleh Google Assistant dan Alexa. Unit ini juga memiliki kemampuan untuk menghembuskan angin secara 360 derajat.

Frigidaire FGPC1244T1 ini dibekali dengan kapasitas 12.000 BTU yang mampu untuk menjangkau ruangan berukuran 24m2. Dan untuk mendapatkan AC portable dengan desain futuristic ini kalian harus menyiapkan budget sebesar 600 dollar atau sekitar 9 juta.

10. Whynter ARC-14SH

Whynter ARC-14SH

Selain difungsikan sebagai pendingin ruangan, AC portable Whynter ARC-14SH dapat juga digunakan sebagai heater. Unit AC ini memiliki kapasitas sebesar 14.000 BTU sebagai pendingin dan 13.000 BTU sebagai penghangat  ruangan.

AC portable ini dilengkapi dengan dual hose, sehingga ia dapat membuat ruangan lebih cepat dingin dibandingkan dengan AC portable pada umumnya. Performanya dalam mendinginkan suhu inilah yang membuatnya  dijuluki sebagai AC portable terbaik oleh Good Housekeeping Institute.

Sayangnya, Whynter ARC-14SH tidak dijual secara bebas di marketplace Indonesia. Sehingga, kalian harus memesannya melalui marketplace global seperti Amazon dan lain sebagainya. Dan harga satu unit Whynter ARC-14SH ini berada di kisaran 512 dollar atau sekitar 7.6 juta.

Itu dia merk AC portable terbaik yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan, prefensi, dan budget yang tersedia. Dari kesepuluh list di atas kira-kira AC portable dari merk mana yang paling ingin kalian beli? Share jawabannya dibawah ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *