bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 10 Ide Menu Sahur untuk Anak Kost dengan Bahan Sederhana

10 Ide Menu Sahur untuk Anak Kost dengan Bahan Sederhana

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 27 Maret 2021

Berpuasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah yang wajib ditunaikan oleh seluruh umat muslim di mana pun. Momen yang berlangsung satu tahun sekali itu akan lebih menyenangkan jika  dijalankan bersama keluarga di rumah. Terutama suasana saat santap sahur atau berbuka bersama. 

Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan keistimewaan itu. Sebagian harus rela jauh dari rumah karena suatu alasan, entah merantau untuk melanjutkan kuliah atau bekerja. Kondisi tersebut mau tidak mau harus diterima dan tidak bisa dijadikan alasan untuk malas berpuasa, termasuk malas untuk sahur. 

Sahur sendirian di perantauan rasanya memang tidak terlalu menyenangkan, tapi jika Anda ingat pada berkah yang Allah berikan, rasa malas itu niscaya akan berubah jadi semangat! Setelah bersemangat Anda bisa mulai memikirkan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Jika bingung, beberapa ide menu sahur untuk anak kost pada artikel ini bisa sedikit membantu.

Menu-menu di bawah ini mengedepankan kepraktisan tanpa mengurangi kelezatan dan kandungan nutrisinya. Untuk menyiapkannya Anda tak perlu repot karena bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat, murah dan sehat. Cara memasaknya pun sederhana dan singkat saja. Penasaran? Inilah ide menu sahur yang praktis untuk Anda anak-anak kost tercinta!

1. Omelet Sayur

 Omelet Sayur

Jika selama ini Anda hobi dengan omelet mie, puasa nanti coba ganti mie dengan sayuran. Omelet sayuran tidak kalah lezat. Ia juga lebih sehat karena mengandung banyak nutrisi pada setiap sayuran yang dipakai. Pilihan sayurannya beragam dan bisa disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di warung terdekat. Bagaimana membuatnya dan apa saja yang dibutuhkan? 

Sayuran yang bisa dipakai untuk menu ini antara lain tomat, bayam, tauge, kol atau kubis dan wortel. Tidak sulit bukan mencarinya? Lalu siapkan dua butir telur, garam atau penyedap rasa, lada bubuk dan minyak untuk menggorengnya. Membuatnya cukup mudah, pertama kocok dua butir terlebih dahulu, kemudian jika akan menggunakan bayam, panaskan air lalu rendam bayam yang sudah disiangi dan dicuci hingga layu. 

Setelah layu, masukkan ke dalam kocokan telur. Tambahkan irisan tomat, irisan wortel, kol, dan tauge jika berselera. Jangan lupa beri perasa dan kocok lagi hingga semua bahan tercampur rata. Panaskan minyak, tunggu hingga panas, lalu goreng.  Omelet sayur pun siap disantap untuk makan sahur!

3. Roti Panggang Telur, Keju dan Sosis

Roti Panggang Telur, Keju dan Sosis

Ide menu sahur untuk anak kost yang kedua ini tidak kalah praktis! Yaitu roti bakar dengan telur keju dan sosis. Cara membuatnya sangat simple! Anda tidak perlu memiliki toaster, cukup panggang roti diatas teflon menggunakan sedikit margarin. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana membuatnya?

Pertama Anda harus menyiapkan dua lembar roti tawar, mentega (untuk memanggang dan olesan), satu butir telur, sosis seperlunya, garam, mayonaise dan saus. Langkah pertama adalah memanggang roti terlebih dahulu di atas teflon yang sebelumnya sudah diolesi mentega. Panggang hingga sedikit berubah warna agak kecoklatan.

Selanjutnya, goreng telur seperti biasa. Anda boleh membuat orak-arik, telur dadar atau telur ceplok, yang penting jangan lupa tambahkan sedikit garam. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa mencampurkan irisan sosis saat mengorak-arik atau mendadar telur. Setelah matang, taruh telur dan sosis di atas roti, beri parutan keju cepat leleh lalu tutup sebentar. Panggang kembali dengan api kecil lalu angkat dan roti siap disantap untuk sahur!

3. Nasi Gila Sederhana

Nasi Gila Sederhana

Nasi gila cukup mudah didapatkan di pinggir-pinggir jalan. Ia salah satu pilihan menu makanan yang enak, murah dan tidak macam-macam. Nah! Bagaimana jika untuk sahur kali ini Anda membuat nasi gila sendiri? Tidak perlu terlalu lengkap seperti nasi gila abang-abang, yang penting praktis, lezat dan nutrisi terpenuhi.

Pertama Anda harus menyiapkan satu butir telur, tiga buah bakso ukuran sedang, sosis dan sawi hijau atau sayur apa pun sesuai selera. Untuk bumbunya cukup sediakan bawang bombay, 2 siung bawang putih, kecap manis, saus tiram, saus cabai, garam atau penyedap serta minyak untuk menumis dan sedikit air.

Iris telur dan bakso terlebih dahulu. Selanjutnya iris bawang bombay dan dua siung bawang putih, lalu panaskan minyak dan tumis bebawangan itu hingga harum.  Kemudian masukkan irisan bakso, sosis dan sawi hijau, tak lama masukkan kocokan telur lalu diamkan hingga telur setengah matang. Anda bisa mulai menambahkan kecap manis, saus tiram, saus cabai, penyedap dan air lalu aduk rata. Tunggu hingga air sedikit menyusut, tes rasa dan selesai! Anda bisa menyajikannya dengan nasi hangat. 

4. Tumis Buncis dan Kornet Anti Ribet

Tumis Buncis dan Kornet Anti Ribet

Saat menjadi anak kost, semua ingin yang praktis, termasuk masakan. Apalagi untuk menyiapkan sahur. Menu yang satu ini cukup praktis, kok, kandungan gizinya pun tetap diperhatikan, yaitu tumis buncis dan kornet. Anda hanya perlu membeli buncis di warung, kornet sapi kalengan, bawang merah, bawang putih, cabai (jika suka pedas), garam, lada bubuk, penyedap, saus tiram dan sedikit air. 

Siangi buncis terlebih dahulu setelah dicuci bersih. Selanjutnya tumis dua bawang yang sudah diiris, lalu masukkan irisan cabai. Setelah itu masukkan kornet kalengan, aduk hingga setengah matang. Kemudian masukkan buncis, saus tiram, garam, penyedap, lada bubuk, dan sedikit air lalu aduk. Tunggu hingga buncis matang, tes rasa, dan tumisan pun siap dihidangkan,

5. Orak-arik Telur Sayur

Orak-arik Telur Sayur

Buncis sisa dari resep nomor 4 bisa Anda manfaatkan untuk membuat orak-arik telur sayur sebagai menu sahur. Hanya perlu tambahkan wortel dan dua butir telur. Bahan atau bumbu lain yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan. Anda cukup menyediakan dua siung bawang merah dan putih, cabai (jika suka pedas), garam, penyedap, gula dan saus tiram. 

Pertama tumis bawang putih yang sudah diiris hingga harum, masukkan bawang merah, tumis kembali hingga keluar aroma dan layu. Masukkan cabai dan buncis yang sudah diiris serong serta irisan wortel. Diamkan beberapa saat sampai semua mulai layu.

Sembari menunggu, kocok dua butir telur. Jangan lupa beri tambahan sedikit garam. Kemudian masukkan kocokan telur, diamkan sebentar lalu mulai orak-arik hingga mereka tercampur. Setelahnya beri garam, penyedap, saus tiram dan sedikit air. Tes rasa dan orak-arik sayur siap dimakan bersama nasi hangat!

6. Pecel Sayur

Pecel Sayur

Ide menu sahur untuk anak kost yang selanjutnya ini sangat sehat karena terdiri dari rebusan sayur. Cukup pakai tiga macam sayur saja, seperti tauge, timun dan bayam. Tauge dan bayam bukan tipe sayuran yang membutuhkan waktu lama untuk direbus, jadi dua sayuran itu cukup aman bahkan saat waktu sahur sangat mepet.

Beri tambahan telur rebus atau tahu goreng sebagai pelengkap. Untuk bumbu Anda bisa membeli bumbu pecel siap pakai yang hanya perlu diseduh sebentar menggunakan air hangat. Bumbu pecel siap pakai tidak sulit didapatkan, harganya pun relatif terjangkau.   

7. Tempe/Tahu/Telur Dadar Penyet Kemangi

Tempe/Tahu/Telur Dadar Penyet Kemangi

Menu ini tidak disarankan untuk Anda yang punya masalah dengan lambung ya, tapi jika ingin mencobanya, pakai sedikit cabai saja. Salah-salah puasa Anda bisa terganggu karena perut terasa tidak nyaman. Resep satu ini sangat sederhana tapi rasanya luar biasa. Membuatnya pun tidak membutuhkan waktu lama dan bahan-bahan yang rumit.

Anda hanya perlu menyiapkan tempe dan tahu goreng atau telur dadar. Untuk sambel penyetannya, siapkan cabai (sesuai selera), bawang putih, kencur, kemangi, garam dan penyedap. Cara menyajikannya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuat sambal dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi, lalu masukkan tempe, tahu goreng atau telur dadar kemudian penyet atau tekan-tekan hingga semuanya bercampur. Terakhir tambahkan kemangi agar lebih sedap.  

8. Nasi Goreng Abon

Nasi Goreng Abon

Punya stock abon di kostan dan bosan memakannya dengan cara yang itu-itu saja? Anda bisa mengkreasikannya dengan membuat nasi goreng abon. Menu sahur untuk anak kost yang selanjutnya ini juga cukup simple. Bahan-bahan yang diperlukan hanya satu piring nasi, satu butir telur, abon, dan bumbu nasi goreng instan!

Jika ingin lebih sedap, Anda bisa menumis bebawangan terlebih dulu kemudian masukkan telur. Aduk hingga telur setengah matang lalu masukkan nasi, abon dan bumbu nasi goreng instan. Viola! Menu sahur Anda sudah jadi dan siap disantap! Praktis, kan?

9. Kreasi Sarden

Kreasi Sarden

Sarden selalu menjadi salah satu makanan andalan yang praktis. Anda cukup memanaskannya dan sarden siap disantap sebagai lauk. Khusus untuk bulan puasa, menu sarden yang biasa Anda makan, sebaiknya dikreasikan dengan dicampur bersama bahan-bahan lain. Pasalnya kebutuhan gizi selama puasa harus tetap terpenuhi agar puasa lancar dan badan tetap ternutrisi. 

Bahan lain yang bisa dicampurkan antara lain brokoli, pipilan jagung manis, jamur tiram, tomat, tahu atau tempe dan telur rebus. Pilihannya tentu saja kembali pada selera Anda, jika tidak suka brokoli bisa ganti dengan yang lain. Kreasi sarden termasuk menu sahur untuk anak kost yang mudah dibuat. Anda bisa mencobanya!

10. Spaghetti Carbonara Ala Anak Kost

Spaghetti Carbonara Ala Anak Kost

Ide menu sahur untuk anak kost yang terakhir ini adalah alternatif jika Anda bosan dengan nasi apalagi mie, yaitu pasta! Pasta yang dipilih kali ini adalah jenis spaghetti karena kita akan membuat spaghetti carbonara ala anak kost. Bahan yang dibutuhkan mudah didapat di minimarket. Antara lain, spaghetti, susu full cream, mentega, telur, sosis, bawang bombay, penyedap, lada dan keju.

Cara membuatnya cukup ringkas. Pertama Anda perlu merebus spaghetti terlebih dahulu kemudian tiriskan setelah matang. Tumis bawang bombay menggunakan satu sendok mentega hingga layu dan harum, masukkan telur dan sosis hingga keduanya matang. Lalu tuang susu secukupnya dan masukkan spaghetti. Terakhir tambahkan parutan keju, penyedap dan lada. Tes rasa lalu sajikan!

Sepuluh ide menu sahur anak kost pada artikel ini semuanya mudah dibuat, selain itu bahan-bahannya juga murah, mudah didapat dan tetap memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai sekarang semoga tidak ada lagi alasan untuk makan sahur dengan makanan yang asal kenyang ya! Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram