Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Menu Prasmanan Sederhana yang Jadi Favorit Tamu Undangan

10 Menu Prasmanan Sederhana yang Jadi Favorit Tamu Undangan

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2018

Sajian prasmanan di pesta atau acara-acara tertentu memudahkan para tamu untuk mengambil sendiri makanan favoritnya dengan porsi yang sesuai kebutuhan. Sayangnya, terkadang ada menu makanan yang tidak terjamah alias tidak menjadi favorit para tamu. Biasanya menu tersebut kurang familiar rasanya di lidah para tamu sehingga mereka enggan untuk mencobanya.

Agar Anda tidak salah pilih makanan untuk prasmanan, Bacaterus akan merekomendasikan 10 menu prasmanan sederhana yang pasti jadi favorit para tamu. Menu-menu ini biasanya selalu ada dalam berbagai acara. Jadi, para tamu pasti cukup familiar dengan menu makanan berikut ini.

10 Menu Prasmanan Sederhana

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng Menu Prasmanan Sederhana

* sumber: dlinacatering.com

Menu prasmanan sederhana yang wajib ada di setiap acara adalah nasi goreng. Kita semua tahu bahwa nasi adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa tidak kenyang kalau belum makan nasi. Jadi, nasi goreng adalah menu yang pas untuk dihadirkan di setiap prasmanan.

Nasi goreng adalah pengganti nasi putih. Nasi goreng prasmanan ini lauknya bisa berupa telur dan potongan daging ayam. Agar lebih berwarna, tambahkan potongan wortel dan kacang polong ke dalam nasi goreng ini. Tamu pasti akan mengambil nasi goreng sebagai makanan pokok sebelum mereka menjajal lauk lainnya.

2. Mie Goreng

Mie Goreng

* sumber: banjarsarigroup.blogspot.com

Kalau ada nasi goreng pasti ada mie goreng. Sudah menjadi rahasia umum jika mie goreng merupakan makanan sejuta umat, khususnya masyarakat Indonesia. Menu yang satu ini sebenarnya sederhana tapi pasti sangat disukai oleh para tamu undangan.

Masukkan mie goreng dalam daftar menu prasmanan Anda. Mie goreng sederhana isinya adalah telur, daging ayam, dan sawi. Setelah mengambil nasi goreng, para tamu akan lanjut mengambil mie goreng meskipun keduanya sama-sama sumber karbohidrat. Mie goreng merupakan menu yang sangat universal. Bahkan, anak-anak yang hadir di acara Anda pasti akan menyukai mie goreng.

3. Sate Ayam

Sate Ayam

* sumber: familycatering.co.id

Yang satu ini adalah makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan sate ayam. Menu yang satu ini wajib ada dalam prasmanan. Selain harganya tidak terlalu mahal, sate ayam sudah pasti disukai oleh para tamu.

Sate ayam disajikan terpisah dari bumbu kacangnya. Kalau ada budget lebih, sebaiknya tambahkan potongan lontong sebagai pelengkapnya. Namun, jika budget Anda terbatas tak masalah menyajikan sate ayamnya saja karena para tamu bisa makan dengan nasi putih atau nasi goreng yang sudah Anda sajikan.

4. Soto

Soto

*

Kalau gule kambing terlalu mahal bagi Anda, sajikan makanan berkuah yang lebih ekonomis, seperti soto misalnya. Soto merupakan menu prasmanan sederhana khas nusantara yang pasti membuat banyak orang rela mengantri. Apapun jenis sotonya, baik soto ayam atau soto daging, semua tamu pasti akan menyukainya.

Soto harus disajikan dalam keadaan hangat agar semua tamu tetap berselera makan. Sajikan soto di panci besar dan jangan lupa untuk meletakkan kompor di bawah panci tersebut untuk menjaga kehangatan kuah soto. Jika ingin soto yang ekonomis, sebaiknya sajikan saja soto ayam lengkap dengan potongan telur dan bihunnya.

5. Ikan Asam Manis

Ikan Asam Manis

* sumber: karuniacateringbekasi.com

Ikan goreng tepung dengan saus asam manis adalah Chinese food yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Menu makanan yang satu ini sudah mulai sering dihadirkan dalam berbagai acara prasmanan. Untuk ikannya sendiri biasanya menggunakan ikan gurami atau ikan kakap.

Kehadiran ikan asam manis dalam menu prasmanan dapat menjadi variasi berbeda karena Anda tidak perlu melulu menyajikan ayam. Ikan cenderung lebih murah dibanding daging sapi. Jadi, pertimbangkan untuk menyajikan menu ini di prasmanan sederhana Anda.

6. Cap Cai

Cap Cai

* sumber: berkahcatering-surabaya.blogspot.com

Ingin menyajikan sayuran di prasmanan tapi bingung memilih menu apa? Cap cai bisa menjadi hidangan sayuran super lengkap untuk prasmanan Anda. Chinese food yang satu ini sudah banyak disukai oleh masyarakat Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menyajikannya.

Cap cai adalah makanan yang berisi wortel, kembang kol, sawi, daging ayam, dan bakso sapi yang dimasak dengan ditambahkan sedikit tepung tapioka agar kuahnya lebih kental. Makanan ini bisa menjadi ide bagi Anda yang bingung memilih sajian sayuran untuk prasmanan. Pasalnya, cap cai berisi sayuran yang sangat lengkap.

Selain cap cai, Anda boleh menyajikan sayuran lain seperti tumis sawi, tumis brokoli, atau tumis buncis wortel. Hindari sayuran seperti pecel atau gado-gado karena makanan ini tidak dapat tahan terlalu lama.

7. Ayam Goreng

Ayam Goreng

Tak ada yang tak menyukai ayam goreng. Menu prasmanan sederhana ini selalu menjadi favorit bagi para tamu. Ayam goreng yang dipotong kecil-kecil ini akan menjadi menu yang paling dinanti oleh tamu. Mengapa harus dipotong kecil-kecil? Potongan ayam yang kecil memudahkan para tamu mengambil dan menyantapnya.

Menu yang satu ini sudah pasti ekonomis. Satu ekor ayam bisa menghasilkan 20-25 potongan ayam goreng yang tersaji di meja prasmanan. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan ayam goreng dalam menu hidangan prasmanan acara Anda.

8. Daging Lada Hitam / Bistik Daging

Daging Lada Hitam

* sumber: tawanrestaurant.com

Menu prasmanan sederhana sejatinya tidak selalu diisi dengan hidangan olahan ayam atau sayuran. Sesekali Anda boleh menambahkan menu daging sapi pada prasmanan Anda. Ada beberapa tips agar Anda bisa menyajikan hidangan olahan daging sapi tanpa perlu mengeluarkan budget ekstra.

Potong daging sapi tipis-tipis dengan ukuran yang kecil. Kemudian daging sapi ini bisa dimasak dengan saus lada hitam atau bistik. Agar makanan terlihat banyak, tambahkan pelengkap lain seperti bawang bombay dan paprika.

9. Sup

Sup

* sumber: selerasa.com

Sup selalu menjadi makanan pembuka yang wajib ada dalam setiap acara prasmanan. Sebagai pemilik acara Anda lah yang berhak menentukan jenis sup yang disajikan. Adapun pilihan sup yang bisa disajikan di prasmanan adalah sup krim, sup ayam, sup daging, atau sup asparagus.

Sama seperti soto, sup juga harus disajikan dalam keadaan hangat agar para tamu berselera untuk menyantapnya. Sediakan panci yang besar untuk menampung sup dan letakkan kompor di bawah panci untuk tetap menjaga kehangatan sup tersebut.

10. Es Buah

Es Buah

* sumber: pn-baturaja.go.id

Sebagai makanan penutup, es buah memang wajib ada dalam setiap prasmanan. Es buah adalah dessert yang ekonomis dibanding es krim. Potongan buah-buahan disajikan dengan air gula dan es batu sehingga rasanya pasti sangat segar.

Kalau tak sempat menyajikan es buah, buah potong juga bisa menjad alternatif untuk melengkapi menu prasmanan sederhana Anda. Namun, kami tetap merekomendasikan es buah agar para tamu bisa mencicipi dessert yang lebih segar.

Nah, inilah menu prasmanan sederhana rekomendasi Bacaterus. Pada dasarnya, menu makanan prasmanan bisa diatur sesuai budget. Jadi, jika Anda kurang cocok dengan menu-menu ini, Anda boleh mengubah menu makanannya sesuai selera dan budget. Punya rekomendasi menu prasmanan favorit? Yuk, share kepada kami dan pembaca lain dengan menulis komentar di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment