Bacaterus / Ubur-Ubur / Cara Mengobati Sengatan Ubur-Ubur Serta Tips Mengatasinya

Cara Mengobati Sengatan Ubur-Ubur Serta Tips Mengatasinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Bermain dan berenang di pantai memang mengasyikkan. Terutama, bila aktivitas tersebut dilakukan selama liburan, bersama dengan teman atau keluarga tercinta. Namun, berenang di pantai tidak selamanya aman. Terkadang, tak sedikit orang yang terkena sengatan ubur-ubur saat berenang.

Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus ingin membagikan informasi mengenai cara mengobati sengatan ubur-ubur. Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, untuk mengetahui metode apa saja yang bisa digunakan.

Cara Mengobati Sengatan Ubur-ubur

Jangan panik ketika Anda tersengat ubur-ubur, karena Anda bisa mengatasinya dengan cara yang mudah dan aman berikut ini:

1. Menggunakan Air Garam

Salah satu cara mengobati sengatan ubur-ubur yang efektif adalah dengan menggunakan larutan garam dalam air hangat. Simak langkah-langkah berikut untuk mengetahui metode pengobatannya.

  • Larutkan Garam dengan Air Hangat

Air hangat

Pertama-tama siapkanlah air hangat dalam gelas terlebih dahulu. Kemudian masukkan garam dan larutkan garam tersebut dengan air hangat.

  • Lepaskan Tentakel Ubur-ubur

Gunakan Pinset cara menghilangkan bengkak akibat ulat bulu

Sebelum mengobati sengatan ubur-ubur dengan air garam, lepaskan terlebih dulu tentakel yang masih menempel di bagian tubuh yang terkena sengatan. Gunakanlah pinset atau alat lainnya yang ada di sekitar kamu untuk melepaskan tentakel dari ubur-ubur. Ingat, lepaskan dengan hati-hati, ya.

  • Tuang Air Garam
Rendam Air Garam

* sumber: recipesfortom.blogspot.com

Setelah proses melepas tentakel ubur-ubur yang menempel sudah selesai, segera tuangkan larutan air garam tadi ke bagian tubuh yang disengat ubur-ubur. Ingat, gunakan air hangat, ya.

2. Menggunakan Krim Pencukur

Selain menggunakan larutan garam dengan air hangat, krim pencukur juga diklaim mampu mengobati sengatan ubur-ubur. Nah, untuk mengetahui caranya, simak langsung saja ulasan berikut.

  • Siapkan Krim Pencukur

L’Occitane CADE Shaving Cream for Men

Jika kamu tidak ingin menggunakan air garam, kamu bisa menggunakan krim pencukur untuk mengobati sengatan ubur-ubur dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh sengatan tersebut.

  • Aplikasikan Krim pada Bagian Tubuh yang Tersengat
krim pencukur cara mengobati sengatan ubur-ubur

* sumber: lifestyle.okezone.com

Nah, ambillah krim pencukur yang kamu punya sesegera mungkin, jika kamu tersengat ubur-ubur. Kemudian, aplikasikan krim pencukur secara langsung kepada bagian tubuh yang terkena sengatan ubur-ubur agar rasa sakitnya berkurang. Oh ya, jika tentakel dari ubur-uburnya masih menempel, segera lepaskan dengan menggunakan pinset atau alat lainnya yang tersedia.

3. Menggunakan Cabai yang Sudah Ditumbuk

Selain menggunakan shaving cream atau krim pencukur dan juga larutan garam dalam air hangat, kamu bisa menggunakan cabai yang telah ditumbuk untuk mengobati sengatan ubur-ubur. Simak ulasan berikut untuk mengetahui caranya.

  • Siapkan Cabai dan Alat Penumbuk

 

Nah, jika kamu ingin menggunakan cara tradisional untuk mengobati sengatan ubur-ubur ini, siapkanlah cabai secukupnya. Jangan lupa siapkan alat penumbuk ataupun ulekan untuk menumbuk cabai.

  • Oleskan Tumbukan Cabai

Cabai

Setelah selesai menumbuk atau mengulek cabai, oleskan tumbukan cabainya ke bagian tubuh yang disengat oleh ubur-ubur. Setelahnya, minumlah air hangat.

Hal yang Harus Dihindari

Ada beberapa hal yang harus kamu hindari kala menjadi korban sengatan ubur-ubur. Ingin tahu hal apa sajakah itu? Simak langsung saja ulasan berikut ini.

  • Jangan Gunakan Air Tawar
minum air putih

* sumber: www.sciencedaily.com

Sengatan ubur-ubur tidak bisa langsung diobati menggunakan air tawar. Alasannya karena terdapat konsentrasi air garam pada sel-sel racun hewan yang satu ini. Jika bukan diobati menggunakan larutan air garam, sel racunnya bisa pecah. Jadi, usahakan untuk menggunakan air garam, ya.

  • Jangan Gunakan Alkohol Secara Langsung
Alkohol cara menghilangkan noda tinta di tas

* sumber: www.shefinds.com

Kamu juga perlu menghindari penggunaan alkohol secara langsung. Mengapa? Menggunakan alkohol secara langsung dapat menyebabkan penyebaran racun yang lebih banyak sehingga rasa sakitnya akan terasa lebih parah.

  • Hindari Penggunaan Air Kencing
tips menghilangkan bau WC yang menguap Jaga Tetap Kering

* sumber: blog.doctoroz.com

Jangan pernah mengobati bagian tubuh dengan menggunakan air kencing atau air seni, ya. Karena air kencing atau air seni tidak akan bisa mengobati atau mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang terkena sengatan.

  • Jangan Gunakan Pakaian yang Sama

menjemur pakaian

Nah, jika kamu tersengat ubur-ubur di pantai, sebaiknya hindari penggunaan pakaian yang sama atau yang kamu kenakan saat kamu tersengat. Sebisa mungkin buanglah pakaian tersebut agar kamu tetap aman dan nggak disengat oleh ubur-ubur lagi.

  • Jangan Menggaruk Luka dengan Tangan

Jangan Digaruk

Hal yang harus kamu hindari saat terkena sengatan ubur-ubur adalah menggaruk luka menggunakan tangan. Ya, jangan garuk bagian tubuh yang tersengat ubur-ubur agar luka atau racunnya tidak menyebar.

Tips Agar Terhindar dari Sengatan Ubur-Ubur

Selain cara mengobatinya, ada beberapa tips bermanfaat agar kamu bisa terhindar dari sengatan ubur-ubur yang berbahaya. Simak langsung saja ulasan berikut ini untuk mengetahui tips-tipsnya.

  • Perhatikan Kondisi Lokasi
Pantai Joras

* sumber: banjarmasin-culture.blogspot.com

Jika kamu ingin berenang secara langsung di pantai, jangan lupa perhatikan kondisi lokasi tempatmu berenang. Pastikan pantai atau lokasinya aman dari hewan berbahaya seperti ubur-ubur agar kamu tidak tersengat.

  • Gunakan Pakaian Renang

Baju Renang

Jika kamu ingin berenang di sekitar pantai, sebaiknya gunakanlah baju renang agar kamu aman dan tidak terkena sengatan dari ubur-ubur. Selain aman, penggunaan baju renang juga tentunya bisa membuat kenyamanan kamu saat berenang bertambah.

Kenali Gejalanya

Nah, terkadang seseorang bisa saja tidak sadar bahwa dirinya telah disengat oleh ubur-ubur. Tersengat oleh ubur-ubur bisa menimbulkan reaksi alergi yang tergolong berat, lho. Berikut beberapa gejala yang muncul saat tubuh tersengat ubur-ubur.

  • Mual

Mengatasi Mual dan Muntah

Salah satu gejala yang muncul kala tersengat oleh ubur-ubur adalah rasa mual. Ya, jika kamu merasa mual sehabis berenang di pantai, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh sengatan ubur-ubur.

  • Susah Bernapas

Risiko Gangguan Pernapasan

Selain merasa mual, kamu juga akan kesulitan bernapas jika kamu tersengat oleh hewan yang satu ini. Nah, jadi hati-hati ketika kamu mengalami kesulitan bernapas berbarengan dengan rasa mual atau juga denyut jantung yang meningkat.

  • Ruam di Kulit

Ruam Pada Kulit

 

Jika terdapat ruam di kulit yang menyebar dan terasa sakit, bisa jadi ruam tersebut juga diakibatkan oleh sengatan ubur-ubur. Nah, jadi kalau habis berenang kamu menemukan ruam di kulit dan ruamnya menimbulkan rasa sakit, sebaiknya segera diobati. Bisa jadi ruam yang kamu alami juga diakibatkan oleh sengatan hewan yang satu ini.

  • Kehilangan Kesadaran

cara menghilangkan ngorok saat tidur

Nah, gejala lainnya dari tersengat ubur-ubur adalah hilangnya kesadaran. Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas serta sempat kehilangan kesadaran, maka bisa jadi kamu telah disengat ubur-ubur.

Tips Lainnya

Nah, bacaterus juga punya beberapa tips lainnya yang berguna untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan ubur-ubur. Untuk mengetahuinya, yuk simak langsung saja ulasan berikut ini.

  • Gunakan Es Batu
Masukkan dalam Wadah Berisi Es Batu

* sumber: www.hgtv.com

Untuk membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkan akibat sengatan ubur-ubur, gunakanlah es batu jika tersedia di rumah. Caranya, gunakanlah kain atau benda lainnya untuk membungkus es batu, lalu aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.

  • Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit
Minum Obat AINS atau NSAIDs

* sumber: www.flanderstoday.eu

Kamu juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan setelah tersengat ubur-ubur. Tapi ingat, gunakanlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan, ya.

  • Periksa ke Dokter

Konsultasi pada Dokter cara mengonsumsi minyak biji rami

Bila rasa sakit yang ditimbulkan semakin parah, atau kamu tidak kunjung sembuh setelah tersengat, segera pergi ke rumah sakit terdekat dan konsultasikan pada dokter agar kamu dapat segera pulih.

Nah itulah tiga cara mengobati sengatan ubur-ubur yang efektif dan mudah. Jangan lupa terapkan juga tips yang sudah kami bahas agar kamu bisa terhindar dari sengatan ubur-ubur.

Oh ya, jika kamu memiliki tips atau mengetahui metode lainnya seputar cara mengobati sengatan ubur-ubur yang efektif, silakan bagikan secara langsung dengan pembaca Bacaterus lainnya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar