Bacaterus / Ikan / 10 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Februari 2019

Lagi asyik-asyiknya menyantap ikan, tiba-tiba tersedak duri di leher. Wah, pasti rasanya sangat mengganggu, ya! Ketika ada duri bandeng atau duri ikan lain yang nyangkut di leher, maka leher terasa seperti mengganjal. Bahkan, ketika dipakai untuk menelan, leher bagian dalam akan terasa tidak nyaman.

Tersedak duri di leher adalah hal yang mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang ketika menyantap ikan yang banyak durinya. Jika saat ini Anda sedang mengalaminya, coba 10 cara menghilangkan duri di tenggorokan dari Bacaterus ini. Jika cara pertama gagal, Anda masih bisa mencoba 9 cara lainnya.

10 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan

1. Batuk

Batuk Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan

Pada saat ada duri yang tertelan di tenggorokan, Anda bisa mengeluarkan duri tersebut dengan batuk. Meskipun saat itu Anda tidak ingin batuk, cobalah untuk batuk dan melakukan gerakan seperti hendak mengeluarkan dahak. Jika berhasil mencoba cara menghilangkan duri di tenggorokan yang satu ini, maka duri akan keluar bersamaan dengan air liur atau dahak Anda.

Jangan sesekali memasukkan jari ke tenggorokan untuk mengambil duri. Pertama, jari Anda tidak bersih dan penuh bakteri sehingga tindakan tersebut justru memasukkan bakteri ke dalam tubuh. Kedua, Anda bisa muntah dan isi perut akan keluar.

2. Air Garam

Air Garam

Bahaya duri ikan yang nyangkut di tenggorokan adalah radang tenggorokan dan infeksi yang menyebabkan sejumlah komplikasi lainnya, seperti demam, nyeri di tenggorokan sampai yang terburuk tenggorokan mengeluarkan nanah. Konon, air garam bermanfaat untuk membantu melunturkan duri yang menyangkut di tenggorokan.

Ambil segelas air hangat, lalu taburkan sedikit garam dapur dan aduk hingga merata. Minum air garam ini sampai habis agar duri yang menyangkut di tenggorokan akan terbawa masuk ke dalam saluran pencernaan dan tenggorokan pun terasa lebih lega.

3. Menelan Nasi Putih

Menelan Nasi Putih

Ketika ada duri yang nyangkut di tenggorokan, Anda bisa melunturkan duri tersebut dengan menelan nasi putih. Langsung ambil sekepal nasi putih, lalu bulatkan seperti bola ping-pong, kemudian langsung telan nasi tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu. Jangan membuat bulatan nasi terlalu besar agar Anda tidak tersedak.

Di samping itu, Anda juga harus menggunakan nasi putih hangat karena nasi yang panas bisa membuat tenggorokan terbakar. Jangan lupa untuk turut meminum segelas air setelah menelan nasi. Air berguna untuk mendorong nasi menggelontorkan duri yang menyangkut.

4. Minum Larutan Minyak Zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi pelumas alami untuk membuang duri yang berada di tenggorokan. Akan tetapi, Anda tidak perlu menelan minyak zaitun ini begitu saja. Agar tidak terasa lengket di mulut sebaiknya campur minyak zaitun dengan air hangat.

Cara menghilangkan duri di tenggorokan dengan larutan minyak zaitun ini adalah menelan segelas larutan air hangat dan minyak zaitun. Habiskan air minyak zaitun ini tanpa diberi jeda. Tekstur minyak zaitun yang lengket bisa melunturkan duri yang menyangkut di tenggorokan. Untuk menghilangkan rasa lengket di rongga mulut, minumlah air putih sebanyak mungkin.

5. Manuver Heimlich

Manuver Heimlich

Manuver Heimlich adalah sebuah gerakan yang bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Tujuan gerakan ini sebagai cara menghilangkan ketulangan di leher.

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan mengepalkan tangan dan letakkan sedikit di atas pusar. Cengkeram kedua kepalan tangan, lalu bungkukkan tubuh Anda. Bila perlu tumpu tubuh bagian bawah perut dengan meja atau kursi.

Kemudian, dorong dan tekan kepalan tangan agak miring ke atas lalu lepaskan. Ulangi gerakan ini sampai 6-10 kali sampai duri yang berada di tenggorokan tidak tersangkut lagi.

6. Tarik Daun Telinga

Tarik Daun Telinga

Entah mitos atau fakta, tetapi menurut orang-orang zaman dulu untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan kita harus menarik satu atau kedua daun telinga.

Cara ini cukup aneh, tapi bisa Anda coba karena siapa tahu berhasil. Sambil menarik daun telinga, telan makanan yang lunak atau minum sebanyak mungkin untuk melepaskan duri yang tersangkut di dalam tenggorokan.

Meskipun cara ini belum tentu 100 persen berhasil, tapi Anda bisa mencobanya jika duri tidak kunjung hilang meskipun Anda sudah melakukan berbagai cara yang kami sebutkan di atas.

7. Menelan Marshmallow

Menelan Marshmallow

Siapa yang tidak kenal marshmallow? Permen lunak seperti bantal ini memang sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, tahukah Anda bahwa marshmallow dapat menjadi bagian dari cara menghilangkan duri di tenggorokan? Bahkan, duri yang tidak bisa dihilangkan dengan air minum bisa dilunturkan dengan marshmallow.

Caranya cukup mudah, kunyah marshmallow seadanya, tidak perlu sampai benar-benar halus, lalu telan marshmallow tersebut. Jika berhasil, duri yang tadinya berada di tenggorokan akan masuk ke dalam pencernaan Anda bersama dengan permen marshmallow yang Anda makan. Makan 2-3 buah permen marshmallow dengan cara yang sama jika yang pertama tidak berhasil.

8. Minta Bantuan Orang untuk Menepuk Punggung

Minta Bantuan Orang untuk Menepuk Punggung

Pertolongan pertama apabila Anda tersedak duri adalah meminta bantuan orang lain untuk menepuk punggung Anda. Walaupun tingkat keberhasilan cara ini tidak terlalu besar, tetapi Anda bisa mencobanya untuk mengeluarkan duri yang terasa mengganggu di tenggorokan.

Anda harus berdiri membungkuk, sedangkan orang yang membantu Anda berada di samping Anda. Minta orang tersebut melingkarkan lengannya ke leher atau dada, lalu mintalah agar ia menepuk punggung bagian atas (tepat di antara dua tulang belikat). Ulangi gerakan tersebut sampai duri yang mengganjal benar-benar keluar.

9. Makan Pisang

Makan Pisang

Sebagai buah yang sangat lunak dengan tekstur yang sedikit lengket, pisang juga bermanfaat untuk menghilangkan duri di tenggorokan, lho. Namun, untuk kali ini Anda tidak boleh mengunyah pisang tersebut.

Cukup potong bisa menjadi beberapa bagian kecil, lalu telan pisang tersebut. Setelah menelan pisang segera minum air agar Anda tidak tersedak. Kelengketan pisang dapat menyeret duri yang mengganjal di tenggorokan agar jatuh ke dalam sistem pencernaan.

10. Konsultasi ke Dokter THT

Konsultasi ke Dokter THT

Apabila berbagai cara menghilangkan duri di tenggorokan sudah dicoba, tapi tidak kunjung membuahkan hasil, maka saatnya untuk menjadwalkan konsultasi ke dokter spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan).

Jika tulang yang tertelan sudah sangat mengganggu dan menyebabkan pembengkakan, kemungkinan besar dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan X-Ray dan laringoskopi untuk mengecek bagian belakang tenggorokan.

Akan tetapi, jika hal terburuk terjadi, seperti Anda kesulitan berbicara maka dokter akan menyuruh Anda memeriksa CT-Scan untuk mengetahui tingkat kerusakan pada tenggorokan.

10 cara menghilangkan duri di tenggorokan ini bisa membantu Anda untuk menghilangkan duri ikan yang tiba-tiba menyangkut dan terasa mengganjal di tenggorokan. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, duri yang menyangkut di tenggorokan bisa menyebabkan berbagai masalah pada tenggorokan.

Jadi, sebaiknya segera gunakan cara di atas untuk membersihkan duri yang menancap di bagian dalam tenggorokan. Tahu cara lainnya? Silakan bagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

5 pemikiran pada “10 Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan dengan Cepat”

  1. Thanks informasinya, penjelasan no 6 tarik daun telinga mampu menghilangkan tulang yang ada di tenggorokanku

  2. Alhamdullillah pake cara yg ke 6 berhasil ternyt bukan mitos yh cara no.6 Terimakasih infonya

  3. saya mencoba no menarikk daun teliga. berhasil.. yg lain gk

Tinggalkan komentar