Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Fakta Unik Binatang Panda Raksasa yang Sangat Lucu

10 Fakta Unik Binatang Panda Raksasa yang Sangat Lucu

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 September 2018

Apakah kamu menyukai binatang panda yang berukuran besar? Pada umumnya banyak sekali yang menyukai binatang ini karena tingkah polahnya yang lucu dan menggemaskan. Panda adalah binatang mamalia yang dikategorikan sebagai jenis beruang.

Binatang ini mempunyai ciri khas, yakni bulu-bulu yang berwarna hitam dan putih di seluruh tubuhnya dan juga lingkaran berwarna hitam yang mengelilingi matanya. Kalian tentu pasti sudah tahu bahwa binatang ini berasal dari Negara Cina.

Namun masih banyak lagi fakta yang wajib kamu ketahui. Nah, untuk mengetahui fakta selengkapnya tentang panda raksasa, berikut adalah 10 fakta unik tentang panda.

10 Fakta Unik Binatang Panda Raksasa

1. Tempat Tinggal Panda Raksasa

tempat tinggal panda

* sumber: www.worldwildlife.org

Panda hidup di hutan bambu dan tersebar luas di seluruh Cina selatan dan timur, serta negara tetangga Myanmar dan Vietnam utara. Namun, karena meningkatnya populasi manusia, spesies panda ini hanya dapat ditemukan di provinsi Sichuan, Shaanxi dan Gansu di sekitarnya.

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), panda yang hidup di alam liar terdapat sekitar 1000 ekor dan dapat ditemukan di Minshan dan Qinling. Namun, 100 ekor panda tinggal di kebun binatang di seluruh dunia.

2. Ukuran Tubuh Panda Raksasa

ukuran tubuh panda

* sumber: news.nationalgeographic.com

Panda raksasa memiliki nama ilmiah yaitu Ailuropoda melanoleuca yang berarti black and white cat-foot. Panda raksasa ini dapat terlihat dari bentuk yang besar dan berwarna hitam serta putih. Panda raksasa tumbuh dan berkembang antara 1,2 meter sampai dengan 1,5 meter. Sedangkan berat badan panda raksasa memiliki berat sekitar 75kg sampai dengan 135kg.

3. Makanan Panda Raksasa

makanan panda raksasa

* sumber: www.oceanpark.com.hk

Fakta selanjutnya adalah mengenai makanan panda. Hewan mamalia ini berjenis omnivora, mereka sesekali memakan hewan kecil dan ikan. Namun, makanan utama atau sekitar 99%  yang sering di makan oleh panda adalah tanaman terutama bambu.

Panda mampu memakan bambu sampai 12 atau 38 kilo bambu sehari. Panda dewasa bahkan mampu menghabiskan 45 kilo bambu sehingga berat badan panda ini bisa mencapai 150 kg di penangkaran.  Selain itu, pada saat makan, panda-panda ini dapat menghabiskan waktu sekitar 14 jam hanya untuk makan lho!.

4. Tingkah Laku Panda Raksasa

tingkah laku panda

* sumber: www.bbc.com

Fakta selanjutnya adalah mengenai tingkah laku panda. Menurut Kamu apakah panda raksasa adalah binatang yang jinak atau buas? Binatang panda memang jarang sekali menyerang manusia. Panda bisa dikatakan binatang jinak meskipun jarang bertemu manusia karena habitatnya yang jauh dari populasi manusia.

Meskipun panda dikategorikan jinak akan tetapi kamu harus berhati-hati karena panda ini bisa menyerang manusia pada saat mereka merasa terancam atau ketika berusaha melindungi diri dan melindungi bayi-bayi panda yang terancam.

Jadi, kita sebagai manusia harus bisa menjaga diri agar tidak mengganggu dan membuat takut panda, karena meskipun hidup di penangkaran, panda tetap saja makhluk liar seperti di habitat aslinya.

5. Panda Raksasa Ketika Ulang Tahun

panda ketika ultah

* sumber: www.chinahighlights.com

Di tempat penangkarannya atau di kebun binatang, panda juga merayakan ulang tahunnya loh. Panda yang berulang tahun itu diberikan kue ulang tahun layaknya manusia saat ulang tahun. Kira-kira kue ulang tahun semacam apa yang diberikan pada panda?

Ternyata kue ulang tahun panda pun disesuaikan khusus untuk panda yaitu kue yang benar-benar sehat dan terbuat dari es dan sayur-sayuran. Uniknya lagi lilin-lilin yang ada pada kue ulang tahun panda terbuat dari batang bambu. Ya, jelas bambu adalah makanan kesukaan panda hehe.

Contohnya adalah pada tanggal 10 Juli 2017,  di kebun binatang Berlin. Panda yang berasal dari negara Cina yang diketahui bernama Meng Meng menerima kue ulang tahun, pada saat itu Meng Meng berusia 4 tahun. Lucu dan menggemaskan bukan? Gambar di atas adalah foto Meng Meng saat ia berulang tahun dengan kuenya yang unik.

6. Bayi Panda Raksasa

bayi panda raksasa

* sumber: abcnews.go.com

Seorang ibu panda akan melahirkan setiap dua tahun sekali, namun tidak jarang seorang induk panda akan menunggu selama tiga atau empat tahun sebelum melahirkan. Bayi panda yang baru lahir memiliki ciri berwarna pink, berukuran sangat kecil dan matanya terlihat buta, Mereka benar-benar tidak berdaya dan bergantung pada ibunya.

Ukuran bayi panda sekitar 10 sampai 15 cm dan berat badannya sekitar 100 sampai 200gram. Ibu panda akan merawat bayinya sepenuh hati dan tidak akan lengah sedikit pun perhatiannya. Ibu panda akan membelai bayinya dan membersihkan badan bayi panda dengan lidahnya.

Ada insiden yang mengejutkan yaitu dari rekaman video juga gambar penelitian. Terkadang, saat ibu panda sedang tidur ia mungkin tidak sengaja dan tidak sadar telah menimpa bayi panda sehingga bayi tersebut mati. Kasihan juga bayinya ya Good Readers.

7. Musuh Panda Raksasa

musuh panda

* sumber: sites.google.com

Fakta selanjutnya adalah serangan musuh pada panda. Musuh utama panda adalah manusia. Orang-orang kebanyakan akan berburu panda untuk mengambil bulunya yang lebat dan unik itu. Bulu panda tersebut kemudian diperjual belikan dengan harga yang sangat mahal, sehingga panda terancam punah akibat masalah tersebut.

Musuh panda berikutnya adalah macan tutul. Macan tutul akan menyerbu atau menyerang panda yang baru beranjak dewasa atau yang masih muda. Namun, ketika panda muda itu berada di sekitar ibunya maka ibunya akan membela anaknya dan menyerang balik kepada macan tutul sehingga musuh tersebut ketakutan dan menghindar.

8. Panda Raksasa Dewasa

panda dewasa

* sumber: animals.sandiegozoo.org

Panda yang telah beranjak dewasa sering hidup menyendiri atau hanya hidup dengan pasangannya saja. Panda merupakan makhluk yang soliter. Coba tebak berapa umur panda yang telah dewasa? Usia kedewasaan panda jantan sekitar 6 sampai 7 tahun dan betina sekitar 4 sampai 5 tahun.

Pertemuan antar kelompok panda jarang terjadi. Namun pertemuan itu terjadi hanya pada saat musim kawin yang sangat singkat. Namun, panda cukup sering  berkomunikasi dengan satu sama lain. Tahukah Kamu, panda  berkomunikasi seperti apa? Panda cukup sering berkomunikasi melalui vokalisasi dan penandaan aroma bau.

Panda raksasa akan aktif pada senja hingga malam hari. Sepanjang hari itu panda akan membuat sarang di gua, pohon dan rumpun yang lebat. Saat menjelajahi wilayah mereka, panda akan menandai rute mereka dengan menyemprotkan air kencingnya dan  menggoreskan benda pada batang pohon.

9. Kebiasaan Unik Panda Raksasa

kebiasaan unik panda

* sumber: www.conservationmagazine.org

Fakta unik panda selanjutnya mengenai panda yakni mereka pandai dalam memanjat pohon. Selain itu, panda juga memiliki kemampuan berenang yang bagus. Panda sulit ditemukan di alam liar saat mereka tinggal di antara tanaman bambu yang lebat dan tebal di hutan tua yang menjadi tempat kesukaan panda.

Panda raksasa ini adalah makhluk yang menyukai keheningan. Panda raksasa tidak mengaum seperti beruang lainnya, namun mereka memiliki 11 panggilan berbeda, empat diantaranya bisa digunakan saat musim kawin.

10. WWF Sang Pelindung Panda

wwf pelindung panda

* sumber: wwf.panda.org

Pada tahun 1979, WWF diundang oleh pemerintah Cina untuk bekerja sama dalam konservasi panda. Selanjutnya tahun 1980, Dr George Schaller memulai program penelitian pertama tentang ekologi dan perilaku panda liar yang dilakukan untuk WWF dan bekerjasama dengan ilmuwan Cina.

Pada tahun 1997, WWF memprakasai program konservasi berbasis masyarakat di Kabupaten Pingwu, Provinsi Sichuan, yang merupakan rumah bagi panda terbesar di Cina. Program tersebut mengajarkan bagaimana masyarakat lokal untuk melindungi habitat panda tanpa mengorbankan ekonomi masyarakat itu sendiri.

WWF memperkenalkan kepada masyarakat tentang kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan baru seperti meningkatkan kesadaran lokal tentang konservasi dan wisata. Pada akhir tahun 2003, pemerintah Cina telah membentuk dan melindungi 1.040.000 ha dan sekitar 45% dari total habitat panda raksasa.

Itulah penjelasan tentang 10 fakta unik tentang binatang panda raksasa yang dapat menambah wawasan pengetahuan Kamu. Apakah Kamu sudah pernah melihat binatang panda? Ayo ceritakan pengalaman seru kalian saat melihat hewan lucu ini dan Kamu bisa ceritakan di kolom komentar ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Suka membaca, menulis, mewarnai, menyukai hewan kura-kura, penggemar band asal Australia 5 Seconds of Summer (5SOS) dan suka banget sama Rilakkuma :D

Leave A Comment