Bacaterus / Toilet / 5 Cara Mengatasi WC Tersumbat Pembalut dengan Mudah

5 Cara Mengatasi WC Tersumbat Pembalut dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2019

Kamu galau karena toilet di rumah mampet akibat tersumbat pembalut? Hmmm, mendingan gak usah galau, deh. Mengapa? Karena Bacaterus punya solusi mengatasi WC tersumbat pembalut yang tentunya tergolong mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Nah, penasaran, kan, cara apa saja yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah WC tersumbat? Simak langsung saja ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menggunakan Penyedot Toilet

Cara yang pertama adalah menggunakan penyedot toilet. Cara ini merupakan salah satu cara mengatasi wc yang tersumbat yang tergolong mudah untuk dilakukan. Namun, tentu diperlukan kesabaran ekstra untuk menerapkannya. Nah, buat kamu yang ingin tahu, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Siram dengan Air Panas
cuci ulang dengan air panas

* sumber: infograph.venngage.com

Sebelum menggunakan penyedot toilet, sebaiknya siramlah alat penyedot toilet dengan menggunakan air panas. Mengapa harus memakai air panas? Alasannya agar karet pada alat penyedot toilet menjadi lebih lunak, sehingga alat sedot toiletnya dapat dengan mudah menutup saluran toilet dengan rapat.

  • Masukkan Alat Sedot

mengatasi wc tersumbat pembalut 1

Setelah selesai menyiram alat dengan menggunakan air panas, masukkanlah alat sedot toilet/WC kedalam mangkuk toilet. Agar lebih mudah, kamu bisa menyiramkan air sebanyak kurang lebih dua gayung ke dalam mangkuk toiletnya. Oh ya, jangan lupa untuk memastikan alat sedotnya menutupi lubang saluran dengan sempurna.

  • Dorong dan Tarik Alat Sedotnya

mengatasi wc tersumbat pembalut 2

Setelah memastikan alat sedotnya menutupi lubang saluran toilet, kamu bisa mulai menekan alat tersebut di lubang toilet secara perlahan, supaya udara masuk ke dalam toiletnya. Setelah menekannya ke bawah, tarik alat tersebut agar sumbatannya lebih kendur. Ulangilah proses dorong-tarik alat sedot toilet hingga sumbatannya berhasil terbuka.

  • Cek Ulang dengan Mengguyurkan Air ke Saluran Toilet

mengatasi wc tersumbat pembalut 3

Nah, untuk mengetahui apakah toilet masih tersumbat atau tidak, guyurkan air dengan menggunakan gayung atau alat lainnya ke dalam toilet atau kamu tinggal menekan flusher jika toiletnya bukan toilet jongkok.

Nah, kalau aliran airnya sudah lancar, artinya toilet kamu sudah tidak lagi tersumbat. Tetapi, bila aliran airnya sudah mengalir sedangkan salurannya masih tersumbat, kamu bisa mengisi mangkuk toiletnya dengan air lagi, lalu dorong atau tekan alat sedot sampai toiletnya tidak tersumbat.

2. Menggunakan Garam

Kamu juga bisa menggunakan garam dapur untuk mengatasi wc yang tersumbat, lho. Untuk mengetahuinya, simak langkah-langkah mengatasi wc tersumbat dengan menggunakan garam dapur berikut ini.

  • Pilih Jenis Garam yang Akan Digunakan

Garam Kasar

Nah, kalau kamu ingin menggunakan garam dapur untuk mengatasi wc yang tersumbat pembalut, pertama-tama, kamu harus menentukan dulu jenis garam yang ingin digunakan. For your info, jenis garam yang cocok untuk dipakai adalah garam batu. Jika tidak ada garam batu di rumah, kamu bisa juga menggunakan garam dapur biasa.

  • Periksa Genangan Air di Toilet

Jaga Toilet agar Tetap Kering

Jika garamnya sudah siap, periksalah genangan air di mangkuk WC atau toilet. Pastikan genangan air di mangkuk tidak melebihi batas wajar. Kalau airnya penuh, kamu harus sabar menunggu hingga air di mangkuk toiletnya surut.

  • Tuangkan Garam dan Tunggu

Garam

Nah, setelah semuanya siap, tuangkanlah garam sebanyak satu cangkir ke dalam lubang toilet. Kemudian tambahkan satu cangkir soda kue dan satu liter air mendidih. Setelah itu, diamkan dan tunggu selama kurang lebih delapan jam atau bahkan hingga semalam suntuk

Jika sudah melewati batas waktu, siram lubang toilet dengan air dalam jumlah banyak untuk mendorong pembalut yang menyumbat saluran toilet.

3. Menggunakan Gantungan Baju

Selain alat sedot dan garam dapur, kamu juga bisa memakai gantungan baju berbahan kawat untuk mengatasi wc tersumbat pembalut. Cara ini bisa digunakan bila posisi penyumbat di dalam saluran airnya tidak terlalu dalam. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Luruskan Gantungan Baju

mengatasi wc tersumbat pembalut wiki 1

Jika kamu ingin menggunakan gantungan baju untuk mengatasi wc tersumbat pembalut, kamu harus membuka gantungan baju terlebih dahulu dengan menggunakan tang. Sebelumnya, usahakan memilih gantungan baju yang terbuat dari kawat, ya.

Setelah terbuka, luruskan gantungan bajunya, dengan ujung tajam di bagian bawah dan pengait di bagian atas. Nah, jika sudah selesai, bungkuslah bagian tajam dari kawat dengan menggunakan kain lap. Hal ini ditujukan untuk menjaga lapisan porselen toilet dari kerusakan yang disebabkan oleh bagian ujung dari kawat yang tajam.

  • Masukkan Ke dalam Toilet

mengatasi wc tersumbat pembalut wiki 2

Setelah alatnya siap, bengkokkan alat agar dapat masuk ke dalam saluran air toilet dengan sempurna seperti yang terlihat pada gambar di atas. Nah, jika sudah selesai, masukkan kawat gantungan baju ke dalam lubang saluran air toilet. Dorong dan gerakkan alat secara melingkar dan tekan agar sumbatannya bisa teratasi.

  • Siram Toilet

mengatasi wc tersumbat pembalut wiki 3

Jika sudah selesai, cek kembali dengan cara menyiramkan air ke dalam toilet. Jika airnya mengalir dengan lancar, maka cara di atas sudah berhasil untuk membantu kamu mengatasi WC tersumbat oleh sampah pembalut.

4. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring yang kamu punya di rumah juga bisa jadi solusi mudah mengatasi wc tersumbat, lho. Penasaran gimana cara mengatasinya? Simak langsung saja langkah-langkahnya berikut ini.

  • Panaskan Air
Masukan Telur ke Dalam Air Panas

* sumber: id.upost.info

Nah, sebelum mengatasi wc tersumbat dengan menggunakan sabun cuci piring yang ada dirumah, pertama-tama panaskanlah air dalam jumlah yang cukup banyak. Didihkan air hingga terasa panas, namun tidak sampai benar-benar mendidih.

  • Tuang Sabun Cuci Piring dan Tunggu
Rebus

* sumber: itnmalangnews.com

Setelahnya, tuang sabun cuci piring sebanyak setengah cangkir ke dalam air yang sedang dipanaskan tadi. Tunggu hingga selesai. Oh ya, kamu tidak perlu air dengan campuran sabun cuci piring ini sampai mendidih, ya. Cukup hingga suhunya benar-benar panas saja.

  • Tuang Campuran Air dan Sabun Cuci Piring kedalam Toilet
tips menghilangkan bau WC yang menguap Jaga Tetap Kering

* sumber: blog.doctoroz.com

Jika sudah selesai merebus campuran air dan sabun cuci piring, tuangkanlah ke dalam mangkuk toilet dan tunggu selama kurang lebih lima belas menit. Setelahnya, siram toilet dengan air atau tekan flusher berkali-kali. Jika aliran air sudah lancar, maka metode ini sudah berhasil kamu terapkan.

5. Menggunakan Soda Api

Soda api juga bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi wc yang tersumbat. Untuk mengetahui caranya, yuk simak langsung saja ulasan di bawah, ya.

  • Periksa Genangan Air
tips menghilangkan bau wc yang menguap

* sumber: www.signaturehardware.com

Sebelum menuangkan soda api ke dalam toilet, periksa terlebih dulu genangan air yang ada di dalam mangkuk toiletnya. Jika airnya penuh, tunggu hingga surut sampai dengan batas normal seperti biasanya.

  • Tuang Soda Api
soda api

* sumber: www.processindustryinformer.com

Setelah genangan air dirasa cukup, tuang soda api sebanyak setengah cangkir ke dalam toilet. Tunggu dan biarkan soda api bereaksi dengan air yang ada di dalam toilet selama kurang lebih sepuluh menit.

  • Alirkan Air

Alirkan Air

Nah, jika sudah selesai, alirkan air ke dalam toilet. Jika air mengalir dengan lancar ke saluran air toilet, maka metode ini sudah berhasil. Nah, kalau belum membuahkan hasil, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas hingga saluran toiletnya benar-benar tidak tersumbat.

Nah itulah lima cara mengatasi wc tersumbat pembalut yang mudah. Oh ya, ketika akan melakukan cara-cara di atas, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan juga masker penutup hidung agar anggota tubuh kamu tetap terjaga kebersihannya.

Jika kamu memiliki tips atau metode lainnya seputar cara mengatasi wc tersumbat pembalut, silakan bagikan secara langsung dengan pembaca Bacaterus lainnya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar