bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Mengapa Marketplace Tidak Cukup untuk Berjualan Online

Mengapa Marketplace Tidak Cukup untuk Berjualan Online

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 28 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen Niagahoster

ecommerce-2140603_1920 (Copy)

Tidak bisa dipungkiri lagi jika tren belanja online kini sudah semakin menjamur. Hampir semua hal bisa ditemukan di online marketplace. Kehadiran marketplace ini tentu sangat membantu banyak orang.

Tidak hanya bagi konsumen, bagi penjual pun ini merupakan hal yang sangat menguntungkan. Mereka tidak perlu lagi memikirkan harus berjualan di mana. Marketplace seolah menjadi pasar yang baru, di mana mereka bisa berjualan dengan bebas.

Namun apakah dengan berjualan di marketplace saja sudah cukup. Dengan segala jangkauan dan kemudahan yang ditawarkan, mungkin banyak orang yang merasa sudah cukup. Namun jika dilihat lebih luas lagi bagi penjual, berjualan di marketplace saja tidak cukup.

Mengapa Marketplace Saja Tidak Cukup?

Mungkin akan banyak pertanyaan, mengapa marketplace tidak cukup untuk berjualan online? Alasan terpentingnya adalah karena di marketplace cukup sulit untuk membuat Anda dikenal.

Konsumen yang menggunakan marketplace biasanya mencari barang tanpa tahu siapa penjualnya. Selama barang yang mereka cari tersedia dengan harga yang cocok, maka siapa penjualnya menjadi urusan nomor sekian. Ini tentu cukup berpengaruh karena nama usaha Anda menjadi sulit naik. Selain itu beberapa alasan lainnya adalah :

1. Masalah Kepercayaan

trust

Satu hal yang masih menjadi masalah dalam belanja online adalah penipuan. Masalah ini lebih lanjut tentu akan menimbulkan masalah kepercayaan dari konsumen. Biasanya jika satu konsumen pernah merasa dirugikan ketika menggunakan marketplace, maka tingkat kepercayaannya akan berkurang. Tentu ini akan berpengaruh  jika toko Anda ada di marketplace tersebut.

2. Kebebasan Mengatur Tampilan

website design (Copy)

Alasan lain mengapa marketplace saja tidak cukup adalah karena tidak ada kebebasan untuk mengatur tampilan. Semua barang Anda akan dipajang menggunakan etalase yang sudah tersedia. Anda tidak bisa mengatur bagaimana barang akan dipajang.

Kreasi untuk menarik minat konsumen akan sulit dilakukan di sini. Hal ini akan membuat semua toko menjadi sama saja.

Alasan-alasan tersebut merupakan hal yang menjelaskan mengapa marketplace tidak cukup untuk diandalkan berjualan online. Lalu apa solusinya? Solusi termudah dan terbaik adalah dengan memiliki website toko online sendiri.

Inilah Pentingnya Memiliki Website

niagahoster-cover-artikel

Dengan website yang berisi toko online sendiri, maka Anda akan bebas untuk menentukan berbagai aturan sendiri. Anda akan bebas mendesain seperti apa barang dagangan akan dipajang.

Hal terpenting adalah, dengan memiliki website sendiri akan bisa meningkatkan kepercayaan dari konsumen Anda. Website akan menjadi salah satu tanda jika usaha Anda benar – benar ada. Website sendiri seolah menjadi tanda toko tersebut milik Anda.

Orang akan bebas memilih dan menghubungi Anda. Kebebasan ini tentu akan berbalas dengan meningkatnya rasa percaya dari konsumen.

Membuat website pun cukup mudah. Dan yang terpenting adalah murah. Modalnya hanya untuk beli domain saja. Apalagi saat ini ada promo domain murah yang akan sangat menguntungkan.

Dengan modal yang sangat minim namun dampak yang Anda terima akan sangat besar. Cobalah menggunakan website sendiri untuk toko online Anda, dan usaha Anda akan terlihat lebih menonjol dari yang lain. Konsumen akan lebih tertarik membeli di tempat Anda karena mereka merasa bertransaksi secara langsung dengan penjualnya.

Jika Anda sudah merasa tertarik untuk memiliki website sendiri, maka langkah pertama adalah memilih penyedia domain. Salah satu yang bisa Anda coba pilih adalah niagahoster. Selain terpercaya Anda juga bisa memanfaatkan promo domain murah yang tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha Anda.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram