Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Cara Mudah Membuat Nasi Bakar Spesial Ala Rumahan

Cara Mudah Membuat Nasi Bakar Spesial Ala Rumahan

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2019

Apakah Anda sudah pernah mencoba nasi bakar? Saat ini sudah banyak restoran atau tempat makan yang menjual nasi bakar, tentunya dengan cita rasa yang berbeda-beda. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan cita rasa yang kurang sesuai di lidah.

Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat nasi bakar itu cukup mudah didapatkan. Bahan-bahan tersebut tersedia di pasar tradisional maupun modern. Dengan sedikit kreasi, maka akan tercipta nasi bakar dengan cita rasa yang diinginkan. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat nasi bakar spesial rumahan ala Bacaterus:

Bahan-bahan:

  • 2 liter beras putih
  • 1 ons ikan teri medan
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 ekor ikan asin peda putih
  • 15 siung bawang merah
  • 5 tandan petai
  • 8 siung bawang putih
  • Penyedap rasa ayam secukupnya
  • 10 buah cabe merah
  • Daun pisang secukupnya
  • 10 buah cabe rawit merah
  • Tusuk gigi secukupnya
  • 5 batang serai
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 lembar daun salam segar

Cara Membuat Nasi Bakar:

1. Cuci beras sampai bersih. Masak nasi, sisihkan. Sambil menunggu nasi matang, persiapkanlah bahan-bahan yang lainnya.

2. Seduh ikan teri medan sebentar dengan air panas untuk menghilangkan zat-zat yang menempel serta untuk membuat ikan teri medan tidak terlalu asin, lalu tiriskan.

Masukan minyak goreng kedalam wajan, panaskan dengan api sedang. Kemudian, goreng ikan teri medan dalam api sedang hingga warnanya berubah kuning kecoklatan atau sudah terasa garing saat dikunyah.

Setelah matang, angkat ikan teri medan dan tiriskan.

ikan teri medan

3. Seduh ikan asin peda putih dengan air panas untuk menghilangkan zat-zat berbahaya yang mungkin saja menempel pada tubuh ikan asin peda pada saat pemrosesan pembuatan ikan asin peda tersebut. Penyeduhkan ikan asin peda juga bertujuan untuk membuat ikan menjadi tidak terlalu asin.

Hal ini berguna bagi seseorang yang menderita penyakit darah tinggi agar dapat mengonsumsi nasi bakar ini tanpa harus khawatir penyakitnya kambuh, asal makannya dengan porsi yang tepat tentunya.

Setelah ditiriskan, potong-potong ikan asin peda dengan ukuran sekitar 3-5 cm. Goreng ikan asin peda dengan minyak pada wajan bekas menggoreng ikan teri medan tadi sampai matang atau sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.

ikan asin peda

4. Kupas bawang merah dan bawang putih, sisihkan. Potong batang serai dan ambil bagian putihnya saja, lalu geprek supaya aroma wangi dari batang serai tercium saat dimasak. Kemudian, cuci bersih semua bahan tadi bersama daun salam lalu tiriskan. Iris tipis semua bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit merah.

Kemudian, goreng bawang putih terlebih dahulu sampai setengah matang, boleh menggunakan minyak bekas menggoreng ikan teri medan dan ikan asin peda tadi supaya aroma ikan meresap kedalam bawang dan bahan lainnya. Masukkan bawang merah, goreng sampai hampir matang lalu masukkan irisan cabe merah dan cabe rawit merah. Masukkan juga daun salam dan batang serai. Goreng semuanya sampai benar-benar matang.

cabe rawit

5. Bagi daun pisang menjadi beberapa bagian untuk membungkus nasi bakar. Jangan lupa daun pisangnya dilap terlebih dahulu sampai bersih dengan menggunakan kain bersih dan diberi sedikit air. Setelah itu, bakar sebentar daun pisang diatas api sedang supaya daun pisang tidak robek pada saat akan menggulung nasi bakar.

6. Kupas petai termasuk bagian kulit dalam yang membungkus petai. Anda boleh membagi dua petainya atau dalam kondisi utuh. Cuci bersih kemudian goreng sampai matang.

7. Cuci daun kemangi sampai bersih. Petik daunnya saja supaya batangnya yang besar-besar tidak ikut terbawa. Sisihkan.

daun kemangi

8. Nasi yang sudah matang dimasukkan kedalam wadah besar. Masukkan penyedap rasa ayam, ikan teri medan, bawang merah, bawang putih, serai dan daun salam yang sudah digoreng tadi. Aduk semuanya sampai rata. Cicipi sedikit untuk memastikan nasi sudah memiliki rasa yang tepat.

9. Siapkan daun pisang yang sudah dibakar tadi dan tusukan gigi. Masukkan campuran nasi tadi ke atas daun pisang. Taburi dengan petai sesuai selera. Taruh juga potongan ikan asin peda cukup 1 saja, atau jika takut terlalu asin, ikan asin peda bisa disajikan sebagai lauk tambahan (tidak dimasukkan ke dalam nasi).

10. Kemudian, gulung nasi sampai berbentuk seperti lontong. Sematkan tusuk gigi disamping masing-masing sisi untuk mencegah nasi keluar-keluar dari daun pisang. Panaskan teflon atau alat untuk membakar sate. Taruh gulungan nasi bakar tadi diatasnya.

Bolak balik segala sisi sampai daun berubah menjadi kehitaman. Gunakan dengan api kecil supaya aroma daun pisang meresap kedalam nasi bakar. Setelah seluruh sisi daun sudah dibakar, angkat lalu sajikan dipiring saji.

nasi bakar

Untuk teman lauk untuk nasi bakar, sajikan nasi bakar dengan potongan ikan asin peda tadi atau ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, sate usus, sate kulit, ikan asin jambal, jengkol balado, tumis kangkung, atau apa saja yang sesuai dengan selera Anda. Berhubung Author mendadak membuatnya, jadi hanya ada kerupuk putih saja.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Bagi yang alergi ikan asin, sebaiknya tidak memasukan ikan teri medan dan ikan asin peda kedalam gulungan nasi bakar. Begitu juga yang kurang menyukai petai, boleh tidak memasukannya ke dalam gulungan nasi bakar. Tapi pastinya cita rasanya akan berbeda dan mungkin sedikit kurang nendang. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar